
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
BISNIS DIGITAL SCIENTIFIC WRITING |
6120902076 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Achmad Kautsar, S.E., M.M.
|
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami dasar penulisan ilmiah, struktur dan jenis artikel ilmiah, pemahaman mendalam mengenai prosiding dan jurnal ilmiah, penerbit ilmiah dan indeks bereputasi
|
PO - 2 |
Mengimplementasikan proses mengkomunikasikan karya ilmiah yang baku dan sesuai pedoman penulisan, terhindar dari tingginya nilai kemiripan naskah dan penulisan gaya pustaka yang sesuai guna dapat menerbitkan artikel ilmiahnya pada prosiding internasional bereputasi, jurnal nasional bereputasi atau jurnal internasional bereputasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memahami dasar penulisan ilmiah, struktur dan jenis artikel ilmiah, pemahaman mendalam mengenai prosiding dan jurnal ilmiah, penerbit ilmiah dan indeks bereputasi. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan proses mengkomunikasikan karya ilmiah yang baku dan sesuai pedoman penulisan, terhindar dari tingginya nilai kemiripan naskah dan penulisan gaya pustaka yang sesuai guna dapat menerbitkan artikel ilmiahnya pada prosiding internasional bereputasi, jurnal nasional bereputasi atau jurnal internasional bereputasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
- Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
- Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
- Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
- Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187
- Oviedo-García, M. Á. (2021). Journal citation reports and the definition of a predatory journal: The case of the Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). Research Evaluation, 30(3), 405-419. https://doi.org/10.1093/reseval/rvab020
- Ristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Indonesia. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf
|
Pendukung : |
|
- Ahmad (2021). Karya Tulis Ilmiah: Pengertian, Fungsi, Struktur dan Contoh KTI. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/literasi/karya-tulis-ilmiah/
- Dirjendikti. (2012). Surat Edaran Wajib Publikasi Karya Ilmiah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta, Indonesia. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Edaran_Dirjen_Dikti_152_E_T_2012_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf
- Dirjendiktiristek (2024). Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) Pada Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://drive.google.com/file/d/1_xsfZd6OuewVi98FLxzyqif6GbQXcCo_/view
- Emerald. (2024). Autor guidelines, article classification, Emerald Insight. https://www.emeraldgrouppublishing.com/journal/ijem?distinct_id=00311de9-fc43-48f3-a5f8-793f2a17ed18&_ga=2.19219003.244856563.1657477413-599362397.1647503923
- Lane, Chloe (2024). How to use the QS World University Rankings by Subject. Topuniversities.com, Leicestershire, Inggris. https://www.topuniversities.com/subject-rankings/methodology
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M. Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com. Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M. Achmad Kautsar, S.E., M.M. Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dasar scintific writing dan tujuannya |
- Menjelaskan tentang dasar penulisan ilmiah
- Menjelaskan tentang tujuan penulisan ilmiah
- Menjelaskan tentang etika dalam penulisan ilmiah
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Dirjendikti. (2012). Surat Edaran Wajib Publikasi Karya Ilmiah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta, Indonesia. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/...... |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengenali tentang karya ilmiah, jenis karya ilmiah dan contoh karya ilmiah |
- Menjelaskan tentang ciri-ciri, struktur, jenis dan contoh karya ilmiah
- Menjelaskan tentang perbedaan artikel, jurnal, prosiding, penerbit, artikel jurnal dan artikel prosiding
- Menjelaskan tentang perbedaan jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional terindeks global, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. Materi: Karya ilmiah, jenis karya ilmiah dan contoh karya ilmiah Pustaka: Ristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Indonesia. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/... |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu melakukan proses pencarian artikel ilmiah yang sesuai dan berkualitas pada prosiding internasional, jurnal nasional terindeks atau jurnal internasional bereputasi |
- Menjelaskan tentang cara mencari jurnal ilmiah (Internet-based resources)
- Menjelaskan tentang cara mencari prosiding ilmiah (Internet-based resources)
- Menjelaskan tentang cara menyusun arsip karya ilmiah
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu melakukan proses pencarian kualitas karya ilmiah berbasis penerbit bereputasi |
- Mengetahui kualitas artikel ilmiah
- Mengetahui kualitas penerbit jurnal berdasarkan indeks Scopus, WoS, Copernicus, DOAJ, Sinta, lainnya
- Mengetahui jurnal dan penerbit predator atau berbahaya
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu melakukan proses pencarian kualitas karya ilmiah berbasis penerbit bereputasi |
- Mengetahui kualitas artikel ilmiah
- Mengetahui kualitas penerbit jurnal berdasarkan indeks Scopus, WoS, Copernicus, DOAJ, Sinta, lainnya
- Mengetahui jurnal dan penerbit predator atau berbahaya
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. Materi: Jurnal dan penerbit predator atau berbahaya Pustaka: Oviedo-García, M. Á. (2021). Journal citation reports and the definition of a predatory journal: The case of the Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). Research Evaluation, 30(3), 405-419. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengetahui dan mengenal karya ilmiah berbasis IMRaD |
- Mengetahui karakteristik karya ilmiah
- Mengenal intruksi untuk penulis pada suatu jurnal (guideline author) pada setiap jurnal berbeda
- Mengetahui sistematika karya ilmiah berbasis Introduction, Methodology, Result, and Discussion
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengetahui dan mengenal karya ilmiah berbasis IMRaD |
- Mengetahui karakteristik karya ilmiah
- Mengenal intruksi untuk penulis pada suatu jurnal (guideline author) pada setiap jurnal berbeda
- Mengetahui sistematika karya ilmiah berbasis Introduction, Methodology, Result, and Discussion
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 |
Ujian Tengah Semester 2 x 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengkomunikasi karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar |
- Mengetahui penggunaan tata bahasa indonesia yang baku dalam penelitian, tanda baca, dll
- Mengetahui pembuatan tabel yang sesuai pada karya ilmiah
- Mengetahui pembuatan grafik/gambar yang sesuai pada karya ilmiah
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan penulisan karya ilmiah yang terbebas dari similiarity |
- Mengetahui teknik parafrase agar terhindar dari tingginya nilai kemiripan
- Mengetahui praktik menggunakan aplikasi anti plagiasi seperti Turnitin
- Mengetahui praktik melihat kebaharuan penelitian pada web Scopus database
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu melakukan praktik dalam cara mensitasi rujukan ilmiah |
- Mengetahui perbedaan macam-macam gaya penulisan daftar pustaka
- Mengetahui praktik praktik reference manager ke Ms.Word (Mendeley, Endnote)
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah |
- Melakukan praktik penyusunan introduction
- Melakukan praktik penyusunan methods
- Melakukan praktik penyusunan results
- Melakukan praktik penyusunan discussion
- Melakukan praktik penyusunan literatur review
- Melakukan praktik penyusunan conclusion
- Melakukan praktik penyusunan reference
- Melakukan praktik penyusunan abstract
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah |
- Melakukan praktik penyusunan introduction
- Melakukan praktik penyusunan methods
- Melakukan praktik penyusunan results
- Melakukan praktik penyusunan discussion
- Melakukan praktik penyusunan literatur review
- Melakukan praktik penyusunan conclusion
- Melakukan praktik penyusunan reference
- Melakukan praktik penyusunan abstract
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah |
- Melakukan praktik penyusunan introduction
- Melakukan praktik penyusunan methods
- Melakukan praktik penyusunan results
- Melakukan praktik penyusunan discussion
- Melakukan praktik penyusunan literatur review
- Melakukan praktik penyusunan conclusion
- Melakukan praktik penyusunan reference
- Melakukan praktik penyusunan abstract
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah |
- Melakukan praktik penyusunan introduction
- Melakukan praktik penyusunan methods
- Melakukan praktik penyusunan results
- Melakukan praktik penyusunan discussion
- Melakukan praktik penyusunan literatur review
- Melakukan praktik penyusunan conclusion
- Melakukan praktik penyusunan reference
- Melakukan praktik penyusunan abstract
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester |
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester 2 x 50 |
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester 2 x 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA. Materi: Penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/... |
30% |