Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

BISNIS DIGITAL SCIENTIFIC WRITING

6120902076

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Achmad Kautsar, S.E., M.M.




Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami dasar penulisan ilmiah, struktur dan jenis artikel ilmiah, pemahaman mendalam mengenai prosiding dan jurnal ilmiah, penerbit ilmiah dan indeks bereputasi

PO - 2

Mengimplementasikan proses mengkomunikasikan karya ilmiah yang baku dan sesuai pedoman penulisan, terhindar dari tingginya nilai kemiripan naskah dan penulisan gaya pustaka yang sesuai guna dapat menerbitkan artikel ilmiahnya pada prosiding internasional bereputasi, jurnal nasional bereputasi atau jurnal internasional bereputasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-8PLO-10PLO-11
PO-1    
PO-2   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memahami dasar penulisan ilmiah, struktur dan jenis artikel ilmiah, pemahaman mendalam mengenai prosiding dan jurnal ilmiah, penerbit ilmiah dan indeks bereputasi. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan proses mengkomunikasikan karya ilmiah yang baku dan sesuai pedoman penulisan, terhindar dari tingginya nilai kemiripan naskah dan penulisan gaya pustaka yang sesuai guna dapat menerbitkan artikel ilmiahnya pada prosiding internasional bereputasi, jurnal nasional bereputasi atau jurnal internasional bereputasi.

Pustaka

Utama :

  1. Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
  2. Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
  3. Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/10.1002/joe.22178
  4. Lim, W. M. (2022). The art of revising for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(1), 5-9. https://doi.org/10.1002/joe.22184
  5. Lim, W. M. (2022). Choosing a good research topic for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 42(2), 5-8. https://doi.org/10.1002/joe.22187
  6. Oviedo-García, M. Á. (2021). Journal citation reports and the definition of a predatory journal: The case of the Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). Research Evaluation, 30(3), 405-419. https://doi.org/10.1093/reseval/rvab020
  7. Ristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Indonesia. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf

Pendukung :

  1. Ahmad (2021). Karya Tulis Ilmiah: Pengertian, Fungsi, Struktur dan Contoh KTI. Gramedia.com. https://www.gramedia.com/literasi/karya-tulis-ilmiah/
  2. Dirjendikti. (2012). Surat Edaran Wajib Publikasi Karya Ilmiah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta, Indonesia. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/02/Edaran_Dirjen_Dikti_152_E_T_2012_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf
  3. Dirjendiktiristek (2024). Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) Pada Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://drive.google.com/file/d/1_xsfZd6OuewVi98FLxzyqif6GbQXcCo_/view
  4. Emerald. (2024). Autor guidelines, article classification, Emerald Insight. https://www.emeraldgrouppublishing.com/journal/ijem?distinct_id=00311de9-fc43-48f3-a5f8-793f2a17ed18&_ga=2.19219003.244856563.1657477413-599362397.1647503923
  5. Lane, Chloe (2024). How to use the QS World University Rankings by Subject. Topuniversities.com, Leicestershire, Inggris. https://www.topuniversities.com/subject-rankings/methodology

Dosen Pengampu

Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M.

Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com.

Dr Muhammad Fachmi, S.E., M.M.

Achmad Kautsar, S.E., M.M.

Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dasar scintific writing dan tujuannya

  1. Menjelaskan tentang dasar penulisan ilmiah
  2. Menjelaskan tentang tujuan penulisan ilmiah
  3. Menjelaskan tentang etika dalam penulisan ilmiah
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Dirjendikti. (2012). Surat Edaran Wajib Publikasi Karya Ilmiah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta, Indonesia. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/......
2%

2

Minggu ke 2

Mampu mengenali tentang karya ilmiah, jenis karya ilmiah dan contoh karya ilmiah

  1. Menjelaskan tentang ciri-ciri, struktur, jenis dan contoh karya ilmiah
  2. Menjelaskan tentang perbedaan artikel, jurnal, prosiding, penerbit, artikel jurnal dan artikel prosiding
  3. Menjelaskan tentang perbedaan jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional terindeks global, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.

Materi: Karya ilmiah, jenis karya ilmiah dan contoh karya ilmiah
Pustaka: Ristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Indonesia. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/...
3%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan proses pencarian artikel ilmiah yang sesuai dan berkualitas pada prosiding internasional, jurnal nasional terindeks atau jurnal internasional bereputasi

  1. Menjelaskan tentang cara mencari jurnal ilmiah (Internet-based resources)
  2. Menjelaskan tentang cara mencari prosiding ilmiah (Internet-based resources)
  3. Menjelaskan tentang cara menyusun arsip karya ilmiah
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
2%

4

Minggu ke 4

Mampu melakukan proses pencarian kualitas karya ilmiah berbasis penerbit bereputasi

  1. Mengetahui kualitas artikel ilmiah
  2. Mengetahui kualitas penerbit jurnal berdasarkan indeks Scopus, WoS, Copernicus, DOAJ, Sinta, lainnya
  3. Mengetahui jurnal dan penerbit predator atau berbahaya
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu melakukan proses pencarian kualitas karya ilmiah berbasis penerbit bereputasi

  1. Mengetahui kualitas artikel ilmiah
  2. Mengetahui kualitas penerbit jurnal berdasarkan indeks Scopus, WoS, Copernicus, DOAJ, Sinta, lainnya
  3. Mengetahui jurnal dan penerbit predator atau berbahaya
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.

Materi: Jurnal dan penerbit predator atau berbahaya
Pustaka: Oviedo-García, M. Á. (2021). Journal citation reports and the definition of a predatory journal: The case of the Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). Research Evaluation, 30(3), 405-419. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengetahui dan mengenal karya ilmiah berbasis IMRaD

  1. Mengetahui karakteristik karya ilmiah
  2. Mengenal intruksi untuk penulis pada suatu jurnal (guideline author) pada setiap jurnal berbeda
  3. Mengetahui sistematika karya ilmiah berbasis Introduction, Methodology, Result, and Discussion
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengetahui dan mengenal karya ilmiah berbasis IMRaD

  1. Mengetahui karakteristik karya ilmiah
  2. Mengenal intruksi untuk penulis pada suatu jurnal (guideline author) pada setiap jurnal berbeda
  3. Mengetahui sistematika karya ilmiah berbasis Introduction, Methodology, Result, and Discussion
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.

Materi: Dasar scintific writing dan tujuannya
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
2 x 50
Ujian Tengah Semester
2 x 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
20%

9

Minggu ke 9

Mampu mengkomunikasi karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar

  1. Mengetahui penggunaan tata bahasa indonesia yang baku dalam penelitian, tanda baca, dll
  2. Mengetahui pembuatan tabel yang sesuai pada karya ilmiah
  3. Mengetahui pembuatan grafik/gambar yang sesuai pada karya ilmiah
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
2%

10

Minggu ke 10

Mampu menerapkan penulisan karya ilmiah yang terbebas dari similiarity

  1. Mengetahui teknik parafrase agar terhindar dari tingginya nilai kemiripan
  2. Mengetahui praktik menggunakan aplikasi anti plagiasi seperti Turnitin
  3. Mengetahui praktik melihat kebaharuan penelitian pada web Scopus database
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu melakukan praktik dalam cara mensitasi rujukan ilmiah

  1. Mengetahui perbedaan macam-macam gaya penulisan daftar pustaka
  2. Mengetahui praktik praktik reference manager ke Ms.Word (Mendeley, Endnote)
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
2%

12

Minggu ke 12

Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah

  1. Melakukan praktik penyusunan introduction
  2. Melakukan praktik penyusunan methods
  3. Melakukan praktik penyusunan results
  4. Melakukan praktik penyusunan discussion
  5. Melakukan praktik penyusunan literatur review
  6. Melakukan praktik penyusunan conclusion
  7. Melakukan praktik penyusunan reference
  8. Melakukan praktik penyusunan abstract
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah

  1. Melakukan praktik penyusunan introduction
  2. Melakukan praktik penyusunan methods
  3. Melakukan praktik penyusunan results
  4. Melakukan praktik penyusunan discussion
  5. Melakukan praktik penyusunan literatur review
  6. Melakukan praktik penyusunan conclusion
  7. Melakukan praktik penyusunan reference
  8. Melakukan praktik penyusunan abstract
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah

  1. Melakukan praktik penyusunan introduction
  2. Melakukan praktik penyusunan methods
  3. Melakukan praktik penyusunan results
  4. Melakukan praktik penyusunan discussion
  5. Melakukan praktik penyusunan literatur review
  6. Melakukan praktik penyusunan conclusion
  7. Melakukan praktik penyusunan reference
  8. Melakukan praktik penyusunan abstract
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu melakukan praktik penyusunan artikel ilmiah

  1. Melakukan praktik penyusunan introduction
  2. Melakukan praktik penyusunan methods
  3. Melakukan praktik penyusunan results
  4. Melakukan praktik penyusunan discussion
  5. Melakukan praktik penyusunan literatur review
  6. Melakukan praktik penyusunan conclusion
  7. Melakukan praktik penyusunan reference
  8. Melakukan praktik penyusunan abstract
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Karya ilmiah sesuai dengan ketentuan dan kaidah ilmiah yang baik dan benar
Pustaka: Coffin, C., Curry, M. J., Goodman, S., Hewings, A., Lillis, T., & Swann, J. (2005). Teaching academic writing: A toolkit for higher education. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester

Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester
2 x 50
Membuat Artikel Ilmiah Ujian Akhir Semester
2 x 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Kirub, A. (2014). Essentials of scientific writing. Farmer’s Research Group II (FRGII) Project of JICA.

Materi: Penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi
Pustaka: Lim, W. M. (2022). The art of writing for premier journals. Global Business and Organizational Excellence, 41(6), 5-10. https://doi.org/...
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 18%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.