
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Talenta |
7320104231 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
4 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Meita Santi Budiani, M.Psi., Psikolog
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi S.Psi., M.Si.
|
YOHANA WURI SATWIKA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan teknik asesmen psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan desain intervensi psikologi berdasarkan prinsip kode etik psikologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengukur kinerja talenta secara objektif dan memberikan umpan balik yang konstruktif
|
PO - 2 |
Mampu mengidentifikasi dan mengembangkan talenta dalam organisasi
|
PO - 3 |
Mampu erancang dan mengimplementasikan strategi manajemen talenta
|
PO - 4 |
mampu mengelola talenta dalam organisasi dengan efektif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Manajemen Talenta pada program studi Psikologi S1 bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, teori, dan praktik terkait manajemen sumber daya manusia khususnya dalam konteks pengelolaan talenta di berbagai organisasi. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang identifikasi, pengembangan, retensi, dan pemanfaatan talenta individu dalam mencapai tujuan organisasi. Ruang lingkupnya meliputi strategi manajemen talenta, assessment talenta, pengelolaan kinerja, pengembangan karir, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam manajemen talenta. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people.
- David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition.
- George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development.
- Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
DIANA RAHMASARI NI WAYAN SUKMAWATI PUSPITADEWI MEITA SANTI BUDIANI Meita Santi Budiani, S.Psi., M.Psi. Meita Santi Budiani, S.Psi., M.Psi. Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, S.Psi., M.Psi., Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui pengertian, komponen, hubungan antar posisi, dan hubungan antar posisi struktur organisasi |
Mengetahui pengertian, komponen, hubungan antar posisi, dan hubungan antar posisi struktur organisasi |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Struktur Organisasi Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. Materi: Struktur Organisasi Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/...... |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mengetahui pengertian, tujuan, proses, dan indikator keberhasilan perencanaan sumber daya manusia |
Mengetahui pengertian, tujuan, proses, dan indikator keberhasilan perencanaan sumber daya manusia |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Perencanaan sumber daya manusia Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. Materi: Perencanaan Sumber Daya Manusia Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengetahui dan memahami tujuan, komponen, serta proses perencanaan jenjang karier dan pengembangan talenta |
Mengetahui tujuan, komponen, serta proses perencanaan jenjang karier dan pengembangan talenta |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Perencanaan Jenjang Karier dan Pengembangan Talenta Pustaka: Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mengetahui dan memahami pengertian, tujuan, komponen, serta tantangan dalam analisis jabatan. |
Menjelaskan pengertian, tujuan, komponen, serta tantangan dalam analisis jabatan. |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Analisis Jabatan Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/... |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mengetahui dan memahami tujuan, metode, dan tantangan dalam penilaian kinerja |
Menjelaskan tujuan, metode, dan tantangan dalam penilaian kinerja |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Penilaian kinerja Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/... |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mengetahui dan memahami tujuan, perbedaan, jenis, serta proses dalam pelatihan dan pengembangan |
Menjelaskan tujuan, perbedaan, jenis, serta proses dalam pelatihan dan pengembangan |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Pelatihan dan Pengembangan Pustaka: Berger, L. A., & Berger, D. R. (2003). The talent management handbook: creating organizational excellence by identifying, developing, and promoting your best people. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mengetahui dan memahami proses, kriteria, serta tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi |
Mampu menjelaskan proses, kriteria, serta tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Proses Rekrutmen dan Seleksi Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kelengkapan Bahasa |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: Review materi Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mengetahui jenis-jenis prediktor dan aplikasi teknologi dalam proses rekrutmen dan seleksi |
Mengetahui jenis-jenis prediktor dan aplikasi teknologi dalam proses rekrutmen dan seleksi |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: Prediktor dan aplikasi dalam rekrutmen dan seleksi Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengetahui kriteria, tantangan, serta prosedur dalam penempatan dan promosi |
Menjelaskan kriteria, tantangan, serta prosedur dalam penempatan dan promosi |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Prosedur Penempatan dan Promosi Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/... |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mengetahui dan memahami pengertian, permasalahan, serta solusi dari demosi, mutasi dan manajemen pegawai |
Mampu menjelaskan pengertian, permasalahan, serta solusi dari demosi, mutasi dan manajemen pegawai |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Permasalahan demosi, mutasi dan manajemen pegawai Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/... |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mengetahui dan memahami tahapan, peran, dan tantangan dalam project rekrutmen |
Mengetahui tahapan, peran, dan tantangan dalam project rekrutmen |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: Project Rekrutmen Pustaka: David G. Collings, Geoffrey T. Wood, L. T. S. (2015). Human Resource Management A Critical Approach 2nd Edition. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengetahui komponen, jenis dan penilaian kompetensi kerja |
Menjelaskan komponen, jenis dan penilaian kompetensi kerja |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Kompetensi Kerja Pustaka: Shields, J. (2019). MANAGING EMPLOYEE PERFORMANCE AND REWARD. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/... |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mengetahui komponen utama, tahapan pelaksanaan, serta kriteria penilaian dalam asesmen center |
Menjelaskan komponen utama, tahapan pelaksanaan, serta kriteria penilaian dalam asesmen center |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: Pelaksanaan Asesmen Center Pustaka: George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu melakukan asesmen center dengan benar |
Melakukan asesmen center dengan benar |
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
Materi: Project Asesmen Center Pustaka: George C. Thornton, & Rupp, D. E. (n.d.). ASSESSMENT CENTERS IN HUMAN RESOURCE MANAGEMENT Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS) |
- Kelengkapan gagasan
- Sistematika
- Tatabahasa
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: Review materi Pustaka: |
25% |