Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Elemen Mesin

2120104172

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

3

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T., Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc., RIZKY HAURA NINDYA SAFITRI




Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc




PRIYO HERU ADIWIBOWO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Kerja secara mandiri dan kelompok

PLO-7

Analisis masalah

PLO-11

Perancangan dan pengembangan solusi yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan

PLO-14

Pengetahuan sains dan teknik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip dasar perancangan elemen mesin dalam menyelesaikan masalah teknik sederhana (C3)

PO - 2

Menganalisis beban dan tegangan pada berbagai komponen mesin untuk menentukan kriteria kegagalan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kinerja sistem transmisi daya (gear, belt, chain) berdasarkan parameter operasional (C5)

PO - 4

Menciptakan desain sambungan (baut, las, keling) yang memenuhi persyaratan kekuatan dan keamanan (C6)

PO - 5

Menganalisis karakteristik fatigue dan failure pada komponen mesin melalui pendekatan eksperimental (C4)

PO - 6

Mengevaluasi efisiensi dan performa sistem bantalan (bearing) dalam berbagai kondisi operasi (C5)

PO - 7

Menerapkan metode perancangan poros dan aksesorisnya sesuai standar teknik (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7PLO-11PLO-14
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Elemen Mesin membahas prinsip-prinsip perancangan komponen mesin yang umum digunakan dalam industri, meliputi analisis tegangan, defleksi, kelelahan, dan kegagalan material. Tujuannya adalah memberikan pemahaman mendalam tentang perhitungan dan pemilihan elemen mesin seperti poros, bantalan, roda gigi, pegas, sambungan, dan transmisi daya. Ruang lingkup mencakup penerapan standar perancangan, faktor keamanan, serta integrasi berbagai elemen menjadi sistem mesin yang fungsional dan andal.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

  1. Khurmi, R. S., & Gupta, J. K. (2005). A Textbook of Machine Design (S.I. Units). New Delhi: Eurasia Publishing House (Pvt.) Ltd.

Dosen Pengampu

AHMAD SAEPUDDIN

SLAMET PRASETYO UTOMO

RIZKY HAURA NINDYA SAFITRI

Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T.

Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T.

Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc.

Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.