
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Masalah Gender, Ham dan Industri |
6920102050 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
10 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Team MBKM
|
Team MBKM
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya; |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
PLO-10 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep gender dan HAM dalam menganalisis struktur industri kontemporer (C3)
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis ketidaksetaraan gender, isu hak pekerja, dan tantangan hak asasi manusia dalam konteks industri untuk mengidentifikasi masalah utama dan peluang perubahan.
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas program corporate social responsibility dalam mengatasi isu gender dan HAM di sektor industri (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas hubungan kompleks antara isu gender, hak asasi manusia, dan dinamika industri dalam perspektif sosiologis. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana konstruksi gender mempengaruhi partisipasi dan perlakuan dalam dunia industri, serta implikasinya terhadap pemenuhan hak asasi manusia. Ruang lingkup mencakup analisis ketimpangan gender di tempat kerja, dampak industrialisasi terhadap relasi gender, perlindungan hak pekerja perempuan, dan kebijakan industri yang responsif gender. Tujuan mata kuliah adalah mengembangkan kemampuan analitis mahasiswa dalam mengkritisi masalah sosial kontemporer di sektor industri melalui lensa gender dan HAM, serta membekali mahasiswa dengan perspektif yang diperlukan untuk merumuskan solusi yang berkeadilan gender. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lorber, Judith. (2020). Gender Inequality: Feminist Theories and Politics (6th ed.). Oxford University Press. Buku komprehensif tentang teori feminis dan analisis ketidaksetaraan gender di berbagai sektor, termasuk industri.
- Connell, Raewyn. (2021). Gender and Power: Society, the Person, and Sexual Politics. Polity Press. Menjelaskan konsep gender order, relasi kekuasaan, dan dampaknya pada dunia kerja dan industri.
- Benería, Lourdes, Günseli Berik & Maria Floro. (2015). Gender, Development and Globalization: Economics as if All People Mattered (2nd ed.). Routledge.
- Nussbaum, Martha C. (2011). Creating Capabilities: The Human Development Approach. Harvard University Press.
- Crenshaw, Kimberlé. (2017). On Intersectionality: Essential Writings. The New Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menganalisis struktur industri dengan perspektif gender dan HAM, serta mengidentifikasi masalah dan peluang dalam konteks industri kontemporer. |
Menjelaskan definisi dan konsep utama |
Kriteria:
Refleksi singkat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Interactive lecture & diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pengertian dan ruang lingkup gender dan HAM, Struktur industri kontemporer: karakteristik dan tantangan, Integrasi perspektif gender dan HAM dalam analisis industri, Studi kasus: Isu gender dan HAM di berbagai sektor industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Konsep dasar gender |
Membedakan gender vs seks biologis, stereotip, peran sosial |
Kriteria:
Ulasan konsep Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Konsep gender dan HAM dalam konteks industri, Struktur dan dinamika industri kontemporer, Analisis kasus ketidaksetaraan gender dan pelanggaran HAM di sektor industri, Pendekatan evaluasi berbasis kesetaraan dan HAM Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Konsep dasar HAM |
- Menjelaskan prinsip-prinsip HAM dan relevansinya di industri
- Kemampuan menyusun rekomendasi berbasis analisis untuk perbaikan kebijakan
|
Kriteria:
Ringkasan bacaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi literatur 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar kebijakan industri dan kaitannya dengan gender dan HAM, Studi kasus kebijakan industri di berbagai sektor dan dampaknya terhadap gender, Analisis regulasi HAM dalam konteks industri dan pekerjaan, Teknik analisis kebijakan berbasis gender dan HAM Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyimpulkan implikasi kebijakan industri terhadap isu gender dan HAM di lingkungan kerja. |
- Mampu menggambarkan keterkaitan ketiganya dalam konteks kerja
- Kemampuan menyusun rekomendasi berbasis analisis untuk perbaikan kebijakan
|
Kriteria:
tuntasDiskusi kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus 2 X 50 |
|
Materi: Konsep kebijakan industri dan kaitannya dengan gender dan HAM, Studi kasus kebijakan industri di berbagai sektor (manufaktur, jasa, teknologi), Analisis dampak kebijakan terhadap kesenjangan gender dan pelanggaran HAM, Pendekatan evaluasi kebijakan berbasis prinsip kesetaraan dan keadilan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Ketidaksetaraan gender di tempat kerja |
Mengidentifikasi kasus diskriminasi gender |
Kriteria:
Laporan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Analisis kasus 2 X 50 |
Analisis Kritis Laporan CSR Perusahaan, Mahasiswa diminta untuk memilih satu laporan CSR perusahaan industri tertentu, menganalisis efektivitas programnya dalam mengatasi isu gender dan HAM, serta memberikan rekomendasi perbaikan berbasis bukti
|
Materi: Konsep dan prinsip CSR dalam konteks gender dan HAM, Standar dan indikator evaluasi program CSR, Studi kasus implementasi CSR di sektor industri, Teknik analisis dampak program CSR terhadap isu gender dan HAM Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Masalah HAM dalam hubungan industrial |
Menghubungkan isu pelanggaran HAM dengan praktik kerja |
Kriteria:
Paper singkat Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Role-play & simulasi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dan prinsip CSR dalam konteks gender dan HAM, Framework evaluasi program CSR, Studi kasus program CSR perusahaan industri, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Evaluasi kebijakan ketenagakerjaan |
Menilai kebijakan equity di perusahaan |
Kriteria:
Presentasi kelompok Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Panel discussion 2 X 50 |
|
Materi: Teori sosiologi gender dan analisis sistem industri, Prinsip-prinsip HAM dalam konteks ketenagakerjaan dan industri, Studi kasus ketimpangan gender dalam rantai pasok berbagai industri, Metodologi perancangan model intervensi sosiologis, Teknik evaluasi dan pengukuran dampak intervensi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Strategi advokasi berbasis gender & HAM |
Menilai efektivitas strategi advokasi |
Kriteria:
Laporan evaluasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kritis 2 X 50 |
|
Materi: Konsep kebijakan industri dan implementasinya, Dampak kebijakan terhadap kesetaraan gender di tempat kerja, Dampak kebijakan terhadap perlindungan HAM pekerja, Studi kasus kebijakan industri di berbagai sektor Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan model intervensi sosiologis yang komprehensif dan aplikatif untuk mengurangi ketimpangan gender dalam konteks rantai pasok industri, serta mengevaluasi dampak potensialnya terhadap kesetaraan gender dan HAM pekerja. |
- Kemampuan merancang model intervensi yang relevan dengan konteks industri
- Kesesuaian model dengan prinsip HAM dan keberlanjutan industri
- Kemampuan presentasi dan argumentasi ilmiah
|
Kriteria:
tuntas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, studi kasus, dan simulasi intervensi. 2 X 50 |
Merancang draft model intervensi sosiologis dalam format digital (misalnya diagram flow, presentasi, atau dokumen tertulis) dan mengunggahnya ke LMS untuk peer review dan umpan balik dosen
|
Materi: Teori sosiologi gender dan intervensi sosial, Analisis rantai pasok industri dan titik rawan ketimpangan gender, Prinsip HAM dalam konteks industri dan ketenagakerjaan, Teknik perancangan model intervensi sosiologis, Studi kasus intervensi gender di berbagai sektor industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pengenalan tools analisis gender & HAM |
Menggunakan framework analisis gender dalam studi kasus |
Kriteria:
tuntas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop 2 X 50 |
|
Materi: Konsep relasi kuasa dalam organisasi industri, Teori feminis tentang kuasa dan gender di tempat kerja, Prinsip HAM dalam konteks industri dan ketenagakerjaan, Studi kasus ketimpangan gender dan pelanggaran HAM di sektor industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menguraikan, dan mengevaluasi bentuk-bentuk relasi kuasa dalam organisasi industri serta merumuskan rekomendasi berbasis perspektif feminis dan HAM untuk menciptakan lingkungan kerja yang setara dan berkeadilan. |
Mengolah data dengan perspektif gender & HAM |
Kriteria:
Draft laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bimbingan & kerja kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Konsep relasi kuasa dalam organisasi industri, Teori feminis tentang kuasa dan gender di tempat kerja, Prinsip HAM dalam konteks industri dan ketenagakerjaan, Studi kasus ketimpangan kuasa dan pelanggaran HAM di industri, Strategi penguatan kesetaraan dan keadilan melalui pendekatan feminis dan HAM Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Peran stakeholder dalam industri |
Mengidentifikasi peran pekerja, serikat, pengusaha, pemerintah |
Kriteria:
Peer review Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi mapping 2 X 50 |
|
Materi: Kebijakan Ketenagakerjaan Nasional (UU Ketenagakerjaan, Perlindungan Pekerja Perempuan), Standar Internasional Perlindungan Pekerja (ILO Convention, CEDAW), Analisis Dampak Kebijakan terhadap Kelompok Rentan, Studi Kasus Implementasi Kebijakan di Sektor Industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan feminis untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah gender di lingkungan industri. |
Menyusun policy brief berbasis teori & data |
Kriteria:
Draft policy brief Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar metode penelitian feminis, Teknik pengumpulan data sensitif gender, Analisis data dengan perspektif feminis, Studi kasus masalah gender di industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan feminis untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah gender di lingkungan industri. |
Menyajikan temuan secara sistematis & persuasif |
Kriteria:
tuntas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi akademik
|
Merancang proposal penelitian feminis online, Menganalisis studi kasus gender di industri melalui diskusi forum
|
Materi: Konsep dasar metode penelitian feminis, Teknik pengumpulan data sensitif gender, Analisis data dengan perspektif feminis, Studi kasus masalah gender di industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Refleksi etis & pengalaman lapangan |
Menulis refleksi kritis tentang dilema etis di industri |
Kriteria:
Esai reflektif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi reflektif 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar metode penelitian feminis, Teknik pengumpulan data sensitif gender, Analisis data dengan perspektif feminis, Studi kasus masalah gender di industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan feminis untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah gender di lingkungan industri. |
- Kemampuan merancang proposal penelitian feminis
- Kualitas interpretasi hasil penelitian
|
Kriteria:
tuntas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi penelitian. 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar metode penelitian feminis, Teknik pengumpulan data sensitif gender, Analisis data dengan perspektif feminis, Studi kasus masalah gender di industri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |