Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanika dan Elektronika

2120102153

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Analisis masalah

PLO-11

Perancangan dan pengembangan solusi yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan

PLO-14

Pengetahuan sains dan teknik

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPL 1 a Kemampuan Identifikasi fakta spesifik mengenai matematika, sains, dan teknik yang diperlukan untuk situasi tertentu (Pengetahuan apa yang dibutuhkan) b.Mampu mengubah situasi dunia nyata menjadi model yang sesuai dengan mata kuliah terkait c. Mampu mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari fakta-fakta spesifik matematika, sains, dan teknik untuk mendapatkan perilaku kinerja yang diberikan input tertentu.

PO - 2

CPL 2 Mampu memperoleh data tentang variabel yang sesuai dalam bidang Teknik Mesin. b. Mampu membandingkan data dan hasil eksperimen dengan model teoritis yang sesuai. c. Mampu menjelaskan perbedaan yang diamati antara model dan percobaan

PO - 3

CPL 4 Mampu merumuskan masalah dan mengidentifikasi masalah / variabel utama b. Kemapuan mengenali beberapa solusi yang diperlukan. c. Mampu menganalisis solusi alternatif untuk masalah teknik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-11PLO-14
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Memahami tentang resultan 2 buah gaya searah dalam satu titik tangkap. Memahami resultan 2 buah gaya berlawanan arah dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan 2 buah gaya yangmembentuk sudut 900 dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan 2 buah gaya yang membentuk sudut sembarang dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan untuk lebih dari 2 buah gaya dalam satu titik tangkap. Memahami dalil Momen dari Varignon. Memahami tentang syarat-syarat grafis untuk keseimbangan suatu susunan gaya Datar. Memahami syarat-syarat teknik keseimbangan. Memahami cara menentukan titik berat gambar-gambar datar. Memahami diagram Cremona untuk kerangka datar. Memahami cara cara irisan Culman dan Ritter

Pustaka

Utama :

  1. Ferdinand P. Bear dan E.Russell Johnston, Jr. 1987. Statika. (Mekanika untuk Insinyur), Erlangga Jakarta
  2. Russel C. Hibbler. Engineering Mechanics:Statics, 13th edition. Prentice Hall
  3. Russel C Hibbler. Mechanics of Material, 8th edition. Prentice Hall
  4. S. Timosenko, DH Young. 1990. Mekanika Teknik, Jakarta, Penerbit Erlangga
  5. Soenarko. 1988. Mekanika Kekuatan Material 1. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pendukung :

Dosen Pengampu

Iskandar, S.T., M.T.

Dr. Mohammad Effendy, S.T., M.T.

Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc.

ARIS PURWANTO

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar

Mampu menentukan resultan dari dua gaya atau lebih dengan menggunakan vector Mampu menghitung resultan dari dua gaya atau lebih dengan menggunakan vektor

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

2

Minggu ke 2

Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar

Mampu menghitung besarnya resultan lebih dari 2 gaya secara grafis Menganalisis besarnya resultan dan dua buah gaya Menggambarkan resultan dari lebih 2 gaya

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

3

Minggu ke 3

Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar

  1. Menguraikan gaya dalam komponen. Menentukan komponen tegak lurus suatu gaya, Menjumlahkan gaya dengan menambahkan
  2. Gaya 3D
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

4

Minggu ke 4

Kesetimbangan suatu partikel

  1. Memahami keseimbangan partikel
  2. Menganalisa keseimbangan partikel
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

5

Minggu ke 5

Gaya dalam bidang ruang

Memahami konsep gaya dalam bidang ruang Menguraikan komponen gaya dalam bidang ruang

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

6

Minggu ke 6

Statika benda tegar

  1. Memahami gaya luar dan gaya dalam
  2. Memahami momen gaya terhadap sumbu
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

7

Minggu ke 7

Jenis Tumpuan

Memahami jenis-jenis tumpuan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

8

Minggu ke 8

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50

15%

9

Minggu ke 9

Konsep tegangan, regangan dan sifat-sifat material

Menjelaskan tentang tegangan, regangan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis Tegangan Normal dan Tegangan Geser

  1. Mahasiswa mampu menganalisa Tegangan Normal
  2. Mahasiswa mampu menganalisa Regangan Normal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

11

Minggu ke 11

Analisis tegangan akibat beban torsi atau Momen Puntir

Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan akibat beban torsi/momen puntir

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

12

Minggu ke 12

Analisa Tegangan akibat bending murni

Mahasiswa mampu menganalisa tegangan yang diakibatkan bending murni

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

13

Minggu ke 13

Analisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang

Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

14

Minggu ke 14

Analisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang

Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

15

Minggu ke 15

Teori kegagalan statik (akibat beban tunggal) dan angka keamanan

Mahasiswa mengetahui teori kegagalan statik dan mampu menganalisa bahan

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

5%

16

Minggu ke 16

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 70%
2. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.