
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mekanika dan Elektronika |
2120102153 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Analisis masalah |
PLO-11 |
Perancangan dan pengembangan solusi yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan |
PLO-14 |
Pengetahuan sains dan teknik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPL 1 a Kemampuan Identifikasi fakta spesifik mengenai matematika, sains, dan teknik yang diperlukan untuk situasi tertentu (Pengetahuan apa yang dibutuhkan) b.Mampu mengubah situasi dunia nyata menjadi model yang sesuai dengan mata kuliah terkait c. Mampu mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari fakta-fakta spesifik matematika, sains, dan teknik untuk mendapatkan perilaku kinerja yang diberikan input tertentu.
|
PO - 2 |
CPL 2 Mampu memperoleh data tentang variabel yang sesuai dalam bidang Teknik Mesin. b. Mampu membandingkan data dan hasil eksperimen dengan model teoritis yang sesuai. c. Mampu menjelaskan perbedaan yang diamati antara model dan percobaan
|
PO - 3 |
CPL 4 Mampu merumuskan masalah dan mengidentifikasi masalah / variabel utama b. Kemapuan mengenali beberapa solusi yang diperlukan. c. Mampu menganalisis solusi alternatif untuk masalah teknik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-11 | PLO-14 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Memahami tentang resultan 2 buah gaya searah dalam satu titik tangkap. Memahami resultan 2 buah gaya berlawanan arah dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan 2 buah gaya yangmembentuk sudut 900 dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan 2 buah gaya yang membentuk sudut sembarang dalam satu titik tangkap. Memahami tentang resultan untuk lebih dari 2 buah gaya dalam satu titik tangkap. Memahami dalil Momen dari Varignon. Memahami tentang syarat-syarat grafis untuk keseimbangan suatu susunan gaya Datar. Memahami syarat-syarat teknik keseimbangan. Memahami cara menentukan titik berat gambar-gambar datar. Memahami diagram Cremona untuk kerangka datar. Memahami cara cara irisan Culman dan Ritter |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ferdinand P. Bear dan E.Russell Johnston, Jr. 1987. Statika. (Mekanika untuk Insinyur), Erlangga Jakarta
- Russel C. Hibbler. Engineering Mechanics:Statics, 13th edition. Prentice Hall
- Russel C Hibbler. Mechanics of Material, 8th edition. Prentice Hall
- S. Timosenko, DH Young. 1990. Mekanika Teknik, Jakarta, Penerbit Erlangga
- Soenarko. 1988. Mekanika Kekuatan Material 1. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Iskandar, S.T., M.T. Dr. Mohammad Effendy, S.T., M.T. Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc. ARIS PURWANTO |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar |
Mampu menentukan resultan dari dua gaya atau lebih dengan menggunakan vector Mampu menghitung resultan dari dua gaya atau lebih dengan menggunakan vektor |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar |
Mampu menghitung besarnya resultan lebih dari 2 gaya secara grafis Menganalisis besarnya resultan dan dua buah gaya Menggambarkan resultan dari lebih 2 gaya |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengetahui yang dimaksud gaya-gaya pada bidang datar |
- Menguraikan gaya dalam komponen. Menentukan komponen tegak lurus suatu gaya, Menjumlahkan gaya dengan menambahkan
- Gaya 3D
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Kesetimbangan suatu partikel |
- Memahami keseimbangan partikel
- Menganalisa keseimbangan partikel
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Gaya dalam bidang ruang |
Memahami konsep gaya dalam bidang ruang Menguraikan komponen gaya dalam bidang ruang |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Statika benda tegar |
- Memahami gaya luar dan gaya dalam
- Memahami momen gaya terhadap sumbu
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Jenis Tumpuan |
Memahami jenis-jenis tumpuan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
Tes |
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Konsep tegangan, regangan dan sifat-sifat material |
Menjelaskan tentang tegangan, regangan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis Tegangan Normal dan Tegangan Geser |
- Mahasiswa mampu menganalisa Tegangan Normal
- Mahasiswa mampu menganalisa Regangan Normal
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Analisis tegangan akibat beban torsi atau Momen Puntir |
Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan akibat beban torsi/momen puntir |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Analisa Tegangan akibat bending murni |
Mahasiswa mampu menganalisa tegangan yang diakibatkan bending murni |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Analisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang |
Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Analisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang |
Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa tegangan (normal dan geser) akibat beban lintang |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Teori kegagalan statik (akibat beban tunggal) dan angka keamanan |
Mahasiswa mengetahui teori kegagalan statik dan mampu menganalisa bahan |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Tes |
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
|
|
15% |