
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra |
8811102219 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.
|
Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.
|
Dr. Titik Indarti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra. |
PLO-6 |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; |
PLO-11 |
Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Cakupan materi meliputi pengertian kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra, sejarah perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia, proses pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra, desain silabus dan rencana pembelajarannya. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan kuliah, diskusi, dan lokakarya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
- Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle.
- Moore, A. (2014). Understanding the School Curriculum: Theory, politics and principles. New York: Routledge.
- Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New York: Pearson Education
- Nation, I. S., & Macalister, J. (2009). Language curriculum design. New York: Routledge.
- Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge.
- Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP.
- 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.
|
Pendukung : |
|
- artikel-artikel jurnal
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd. Dr. Heny Subandiyah, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
Kriteria:
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. Materi: - Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
Kriteria:
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
Kriteria:
1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. Materi: - Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle. Materi: - Pustaka: Moore, A. (2014). Understanding the School Curriculum: Theory, politics and principles. New York: Routledge. Materi: - Pustaka: Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New York: Pearson Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press. Materi: - Pustaka: Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
uts |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS
|
|
Materi: - Pustaka: artikel-artikel jurnal |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi
|
|
Materi: - Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press. |
20% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: artikel-artikel jurnal |
10% |