Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kurikulum Pendidikan Bahasa-Sastra

8811102219

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

19 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.




Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.




Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.

PLO-6

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

PLO-11

Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-5PLO-6PLO-7PLO-11
PO-1 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra. Cakupan materi meliputi pengertian kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra, sejarah perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia, proses pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra, desain silabus dan rencana pembelajarannya. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan kuliah, diskusi, dan lokakarya.

Pustaka

Utama :

  1. Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
  2. Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle.
  3. Moore, A. (2014). Understanding the School Curriculum: Theory, politics and principles. New York: Routledge.
  4. Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New York: Pearson Education
  5. Nation, I. S., & Macalister, J. (2009). Language curriculum design. New York: Routledge.
  6. Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge.
  7. Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP.
  8. 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.

Pendukung :

  1. artikel-artikel jurnal

Dosen Pengampu

Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.

Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

Kriteria:

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.

Materi: -
Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle.
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

Kriteria:

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

Kriteria:

1. Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa Inggris di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.

Materi: -
Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle.
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan perkembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di dunia dari penerjemahan injil, karya sastra, silabus, dan kurikulum

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan presentasi

Materi: -
Pustaka: Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Boston: Heinle & Heinle.

Materi: -
Pustaka: Moore, A. (2014). Understanding the School Curriculum: Theory, politics and principles. New York: Routledge.

Materi: -
Pustaka: Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues. New York: Pearson Education
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.

Materi: -
Pustaka: Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

Materi: -
Pustaka: Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

Materi: -
Pustaka: Nation, I. S., & Macalister, J. (2011). Case studies in language curriculum design. New York: Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

uts

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
UTS

Materi: -
Pustaka: artikel-artikel jurnal
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi

Materi: -
Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.
20%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi

Materi: -
Pustaka: Richards, J.C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: CUP.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: Braine, G. (Ed.). (2014). Teaching English to the world: History, curriculum, and practice. New York: Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: 1) Wilkins, D. A. (1976). Notional syllabuses: A taxonomy and its relevance to foreign language curriculum development. Oxford: Oxford Univ Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra di Indonesia sesuai teori pengembangan kurikulum pendidikan Bahasa dan sastra.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi

Materi: -
Pustaka: artikel-artikel jurnal
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.