Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PERENCANAAN PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA GOLF

8520204758

T=1

P=2

ECTS=4.77

4

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan golf, termasuk periodisasi, analisis kebutuhan, dan evaluasi performa atlet.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang program latihan golf yang terstruktur, berbasis data, dan sesuai dengan kebutuhan atlet.

PO - 3

Mahasiswa memiliki sikap profesional, bertanggung jawab, dan mampu bekerja dalam tim dalam menyelesaikan proyek perencanaan program latihan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip, dan implementasi perencanaan program latihan pada cabang olahraga golf. Dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL), mahasiswa akan dilatih untuk merancang program latihan golf secara sistematis berdasarkan analisis kebutuhan atlet, prinsip periodisasi, dan tujuan latihan yang spesifik. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas, kemampuan kolaborasi, dan keterampilan penyelesaian masalah selama proses perencanaan.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
  2. McCormack, B. (2019). Golf Fitness Training: Improve Your Performance and Avoid Injury

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengenalan konsep dasar perencanaan program latihan golf.

Membuat ringkasan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur
100 menit
5%

2

Minggu ke 2

Memahami prinsip dan komponen perencanaan

membuat analisis kebutuhan latihan

Kriteria:

analisis kebutuhan latihan atlet golf


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi
200 menit
studi literatur
Materi: latihan fisik golf
Pustaka: McCormack, B. (2019). Golf Fitness Training: Improve Your Performance and Avoid Injury
5%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan analisis kebutuhan atlet

menyusun lapotran analisis kebutuhan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur
100 menit
Materi: kebutuhan fisik atlet golf
Pustaka: McCormack, B. (2019). Golf Fitness Training: Improve Your Performance and Avoid Injury
5%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep periodisasi latihan

Menyusun kerangka periodisasi

Kriteria:
  1. Menyusun kerangka periodisasi
  2. laporan kerangka periodisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi kelompok
200 menit

Materi: Pweriodisdasi latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

5

Minggu ke 5

Memahami konsep periodisasi latihan

Menyusun kerangka periodisasi

Kriteria:
  1. Menyusun kerangka periodisasi
  2. laporan kerangka periodisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi kelompok
200 menit

Materi: Pweriodisdasi latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

6

Minggu ke 6

Menyusun program latihan awal (persiapan umum)

Kriteria:

Program latihan (persiapan umum)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: persiapan umum
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

7

Minggu ke 7

Menyusun program latihan awal (persiapan umum)

Kriteria:

Program latihan (persiapan umum)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: persiapan umum
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

8

Minggu ke 8

Menyusun program latihan awal (persiapan umum)

Kriteria:

Program latihan (persiapan khusus)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: persiapan umum
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

9

Minggu ke 9

Menyusun program latihan awal (persiapan khusus)

Menyusun program latihan awal (persiapan khusus)

Kriteria:

Program latihan (persiapan khusus)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: persiapan umum
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
10%

10

Minggu ke 10

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Menyusun program latihan awal (kompetisi)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun program latihan awal (recovery)

Menyusun program latihan awal (recovery)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
2%

15

Minggu ke 15

Menyusun program latihan awal (recovery)

Menyusun program latihan awal (recovery)

Kriteria:

Program latihan (persiapan kompetisi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop, kerja kelompok
200 menit
Studi literatur
100 menit
Materi: fase kompetisi
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics
0%

16

Minggu ke 16

Evaluasi program latihan

mampu mengevaluasi program latihan

Kriteria:

Evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop

Materi: evaluasi program
Pustaka: McCormack, B. (2019). Golf Fitness Training: Improve Your Performance and Avoid Injury
3%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 77.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.5%
3. Penilaian Praktikum 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.