Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kulitatif

7310103024

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

29 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Diana Rahmasari




Dr. Diana Rahmasari




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

PLO-7

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu secara kritis mengambangkan pemahaman dan menjelaskan filosofi dan karakateristik penelitian kualitatif dan perbedaan dasarnya dengan penelitian kuantitatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengaplikasikan masing-masing desain penelitian kualitatif secara logis ke dalam suatu tema penelitian.

PO - 3

Mahasiswa mampu secara mandiri melakukan pengumpulan dan melakukan analisis data kualitatif.

PO - 4

Mahasiswa mampu secara kritis mengevaluasi validitas data kualitatif melalui trianggulasi dan peka terhadap etika penelitian kualitatif.

PO - 5

Mahasiswa mampu menerapkan salah satu desain penelitian kualitatif untuk memecahkan suatu persoalan secara ilmiah dan akademis yang dituangkan dalam bentuk rencana penelitian (proposal).

PO - 6

Mahasiswa mampu melakukan pelaporan penelitian kualitatif secara reflektif dan naratif dengan menerapkan nilai-nilai humaniora yang dituangkan dalam proyek mini riset.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Mahasiswa akan mempelajari landasan filosofis, paradigma interpretatif, dan karakteristik penelitian kualitatif yang relevan untuk mengeksplorasi fenomena psikologis dalam konteks sosial, budaya, dan subjektivitas individu.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
  2. Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
  3. Camic, Paul M. (Ed) (2021). Qualitative Research in Psychology Expanding Perspectives in Methodology and Design, Second Edition. Washington: American Psychological Association.

Pendukung :

  1. Braun, Virginia & Clarke, Victoria (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
  2. Glaser, Barney G. & Strauss, Anselm L. (2009) .The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Piscataway: Transaction Publishers.
  3. Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.
  4. Creswell, John W. & Creswell, J. David (2022). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Dosen Pengampu

Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami hakikat, filosofi, dan tujuan pendekatan kualitatif dalam penelitian

  1. Pemahaman materi
  2. Kemampuan identifikasi
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Akurasi identifikasi filosofis

Bentuk Penilaian :
Tes
Pengantar, kontrak belajar, dan diskusi kelas

Materi: Introduction to Qualitative Inquiry and Research Design Philosophical Assumptions and Interpretive Frameworks
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
4%

2

Minggu ke 2

Mengkaji perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara kritis dalam konteks riset

  1. Kemampuan identifikasi
  2. Kemampuan klasifikasi
  3. Pemikiran kritis
Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi
  2. Akurasi klasifikasi
  3. Kedalaman analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah interaktif, komparasi artikel penelitian, dan diskusi kritis

Materi: The Selection of a Research Approach
Pustaka: Creswell, John W. & Creswell, J. David (2022). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
4%

3

Minggu ke 3

Mendemonstrasikan desain penelitian fenomenologi, grounded theory, dan naratif dalam suatu topik penelitian (konsep dan aplikasi)

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan simulasi aplikatif
Kriteria:
  1. Relevansi konsep dan aplikasi
  2. Kesesuaian pemahaman

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian fenomenologi, grounded theory, dan naratif

Materi: Five Qualitative Approaches to Inquiry
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Materi: Generating Theory by Comparative Analysis
Pustaka: Glaser, Barney G. & Strauss, Anselm L. (2009) .The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Piscataway: Transaction Publishers.

Materi: Doing Narrative Research
Pustaka: Camic, Paul M. (Ed) (2021). Qualitative Research in Psychology Expanding Perspectives in Methodology and Design, Second Edition. Washington: American Psychological Association.
4%

4

Minggu ke 4

Mendemonstrasikan desain penelitian grounded theory dan naratif dalam suatu topik penelitian (konsep dan aplikasi)

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan simulasi aplikatif
Kriteria:
  1. Relevansi konsep dan aplikasi
  2. Kesesuaian pemahaman

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian studi kasus dan etnografi

Materi: The Selection of a Research Approach
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis perbedaan karakteristik dan kegunaan masing-masing kelima desain penelitian kualitatif

  1. Pemahaman konsep
  2. Kemampuan klasifikasi
  3. Keaktifan diskusi
Kriteria:
  1. Ketepatan klasifikasi
  2. Kesesuaian pemahaman
  3. aktif berkontribusi pada jalannya diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelas dan review book chapter

Materi: Five Different Qualitative Studies
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
4%

6

Minggu ke 6

Mendesain rancangan penelitian kualitatif berbasis proyek: pemilihan desain dan perumusan masalah

  1. Pemilihan desain penelitian
  2. Perumusan masalah
Kriteria:
  1. Ketepatan pemilihan desain
  2. rasionalisasi pemilihan desain
  3. Ketepatan perumusan masalah

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop perancangan proyek riset dan menyusun draft proposal riset kualitatif sederhana

Materi: How to Situate Your Mission: Title Page, Abstract, and Introduction How to Describe Your Inquiry Process: The Method Section
Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.
10%

7

Minggu ke 7

Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: wawancara

  1. Kualitas data yang diperoleh
  2. Teknik wawancara
Kriteria:
  1. Kelengkapan dan kedalaman data
  2. Penguasaan alur wawancara

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum
Simulasi wawancara dan role-play

Materi: Data Collection
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

8

Minggu ke 8

Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: observasi dan dokumentasi

  1. Kemampuan merancang rencana observasi dan dokumentasi
  2. Penguasaan teknik observasi dan dokumentasi
  3. Penguasaan pelaporan observasi dan dokumentasi
Kriteria:
  1. Kelengkapan dan kedalaman data
  2. Ketepatan implementasi teknik observasi
  3. Sistematika struktur pelaporan observasi dan dokumentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Praktik observasi lapangan mini

Materi: Data Collection
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

9

Minggu ke 9

Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: FGD & analisis dokumen

  1. Kemampuan merancang rencana FGD dan analisis dokumen
  2. Penguasaan teknik FGD dan analisis dokumen
  3. Penguasaan notulensi FGD dan analisis dokumen
Kriteria:
  1. Kelengkapan dan kedalaman data
  2. Ketepatan implementasi teknik FGD dan analisis dokumen
  3. Sistematika struktur notulensi FGD dan analisis dokumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Simulasi FGD, analisis dokumen

Materi: Data Collection
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

10

Minggu ke 10

Mengintegrasikan teknik coding ke dalam hasil data yang diperoleh

Penguasaan proses coding

Kriteria:

Efektifitas langkah-langkah coding


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop coding data kualitatif

Materi: Fundamentals of Qualitative Data Analysis
Pustaka: Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi validitas data penelitian qualitative melalui trianggulasi

  1. Pemahaman konsep
  2. Pemahaman aplikatif
  3. Pemikiran evaluatif
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Ketepatan penerapan trianggulasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif dan penugasan

Materi: Standards of Validation and Evaluation
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

12

Minggu ke 12

Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian kualitatif

  1. Pemahaman konsep
  2. Kepekaan etika penelitian
Kriteria:
  1. Kedalaman pemahaman materi
  2. Ide inisiasi penegakan etika penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif dan simulasi skenario etika riset

Materi: Ethical Issues in Analysis
Pustaka: Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun pendahuluan dan deskripsi metode penelitian kualitatif

  1. Struktur pendahuluan proposal
  2. Struktur pelaporan metode
Kriteria:
  1. Relevansi dan signifikansi alur pendahuluan
  2. Sistematika pelaporan metode secara operasional

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop menulis review bagian pendahuluan dan metode pada proposal masing-masing

Materi: How to Describe Your Inquiry Process: The Method Section
Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.

Materi: Telling Your Qualitative Story: How the Purpose of Your Research Influences Your Reporting
Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.
10%

14

Minggu ke 14

Menyusun Bagian Hasil dan Pembahasan secara Tematis

  1. Narasi pelaporan
  2. Penyajian data, analisis, dan pembahasan
Kriteria:
  1. Keterbacaan dan kekayaan narasi reflektif
  2. Konsistensi penyajian data, analisis, dan pembahasan
Latihan membuat tabel tema-subtema menulis ringkasan hasil dan pembahasan

Materi: Writing a Qualitative Study
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
10%

15

Minggu ke 15

Menyusun Refleksi Peneliti dan Implikasi Penelitian

Kemampuan menyusun refleksi dan implikasi penelitian kualitatif

Kriteria:

Relevansi refleksi dan implikasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi interaktif dan latihan menulis bagian reflektif dan penutup

Materi: Writing a Qualitative Study
Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
10%

16

Minggu ke 16

Menyajikan dan Mempresentasikan Laporan Penelitian

  1. Penyampaian gagasan
  2. Sinkronasi ide paparan dan tulisan
  3. Menjawab pertanyaan audiens
Kriteria:
  1. Kejelasan penyampaian gagasan
  2. Relevansi ide paparan dan tulisan
  3. Ketajaman dalam menjawab pertanyaan audiens

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Sesi presentasi proyek akhir dan umpan balik sejawat (peer-review)

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 6%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Penilaian Praktikum 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 4%
5. Tes 10%
90%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.