
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Kulitatif |
7310103024 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
29 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diana Rahmasari
|
Dr. Diana Rahmasari
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu secara kritis mengambangkan pemahaman dan menjelaskan filosofi dan karakateristik penelitian kualitatif dan perbedaan dasarnya dengan penelitian kuantitatif.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan masing-masing desain penelitian kualitatif secara logis ke dalam suatu tema penelitian.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu secara mandiri melakukan pengumpulan dan melakukan analisis data kualitatif.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu secara kritis mengevaluasi validitas data kualitatif melalui trianggulasi dan peka terhadap etika penelitian kualitatif.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menerapkan salah satu desain penelitian kualitatif untuk memecahkan suatu persoalan secara ilmiah dan akademis yang dituangkan dalam bentuk rencana penelitian (proposal).
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu melakukan pelaporan penelitian kualitatif secara reflektif dan naratif dengan menerapkan nilai-nilai humaniora yang dituangkan dalam proyek mini riset.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Mahasiswa akan mempelajari landasan filosofis, paradigma interpretatif, dan karakteristik penelitian kualitatif yang relevan untuk mengeksplorasi fenomena psikologis dalam konteks sosial, budaya, dan subjektivitas individu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Camic, Paul M. (Ed) (2021). Qualitative Research in Psychology Expanding Perspectives in Methodology and Design, Second Edition. Washington: American Psychological Association.
|
Pendukung : |
|
- Braun, Virginia & Clarke, Victoria (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Glaser, Barney G. & Strauss, Anselm L. (2009) .The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Piscataway: Transaction Publishers.
- Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association.
- Creswell, John W. & Creswell, J. David (2022). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si.,Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami hakikat, filosofi, dan tujuan pendekatan kualitatif dalam penelitian |
- Pemahaman materi
- Kemampuan identifikasi
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Akurasi identifikasi filosofis
Bentuk Penilaian : Tes |
Pengantar, kontrak belajar, dan diskusi kelas
|
|
Materi: Introduction to Qualitative Inquiry and Research Design Philosophical Assumptions and Interpretive Frameworks Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mengkaji perbedaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara kritis dalam konteks riset |
- Kemampuan identifikasi
- Kemampuan klasifikasi
- Pemikiran kritis
|
Kriteria:
- Ketepatan identifikasi
- Akurasi klasifikasi
- Kedalaman analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah interaktif, komparasi artikel penelitian, dan diskusi kritis
|
|
Materi: The Selection of a Research Approach Pustaka: Creswell, John W. & Creswell, J. David (2022). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mendemonstrasikan desain penelitian fenomenologi, grounded theory, dan naratif dalam suatu topik penelitian (konsep dan aplikasi) |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan simulasi aplikatif
|
Kriteria:
- Relevansi konsep dan aplikasi
- Kesesuaian pemahaman
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian fenomenologi, grounded theory, dan naratif
|
|
Materi: Five Qualitative Approaches to Inquiry Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. Materi: Generating Theory by Comparative Analysis Pustaka: Glaser, Barney G. & Strauss, Anselm L. (2009) .The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. Piscataway: Transaction Publishers. Materi: Doing Narrative Research Pustaka: Camic, Paul M. (Ed) (2021). Qualitative Research in Psychology Expanding Perspectives in Methodology and Design, Second Edition. Washington: American Psychological Association. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mendemonstrasikan desain penelitian grounded theory dan naratif dalam suatu topik penelitian (konsep dan aplikasi) |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan simulasi aplikatif
|
Kriteria:
- Relevansi konsep dan aplikasi
- Kesesuaian pemahaman
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah interaktif, simulasi konseptual, review artikel penelitian studi kasus dan etnografi
|
|
Materi: The Selection of a Research Approach Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis perbedaan karakteristik dan kegunaan masing-masing kelima desain penelitian kualitatif |
- Pemahaman konsep
- Kemampuan klasifikasi
- Keaktifan diskusi
|
Kriteria:
- Ketepatan klasifikasi
- Kesesuaian pemahaman
- aktif berkontribusi pada jalannya diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelas dan review book chapter
|
|
Materi: Five Different Qualitative Studies Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mendesain rancangan penelitian kualitatif berbasis proyek: pemilihan desain dan perumusan masalah |
- Pemilihan desain penelitian
- Perumusan masalah
|
Kriteria:
- Ketepatan pemilihan desain
- rasionalisasi pemilihan desain
- Ketepatan perumusan masalah
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop perancangan proyek riset dan menyusun draft proposal riset kualitatif sederhana
|
|
Materi: How to Situate Your Mission: Title Page, Abstract, and Introduction How to Describe Your Inquiry Process: The Method Section Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: wawancara |
- Kualitas data yang diperoleh
- Teknik wawancara
|
Kriteria:
- Kelengkapan dan kedalaman data
- Penguasaan alur wawancara
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Simulasi wawancara dan role-play
|
|
Materi: Data Collection Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: observasi dan dokumentasi |
- Kemampuan merancang rencana observasi dan dokumentasi
- Penguasaan teknik observasi dan dokumentasi
- Penguasaan pelaporan observasi dan dokumentasi
|
Kriteria:
- Kelengkapan dan kedalaman data
- Ketepatan implementasi teknik observasi
- Sistematika struktur pelaporan observasi dan dokumentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Praktik observasi lapangan mini
|
|
Materi: Data Collection Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang dan mempraktikkan teknik pengumpulan data: FGD & analisis dokumen |
- Kemampuan merancang rencana FGD dan analisis dokumen
- Penguasaan teknik FGD dan analisis dokumen
- Penguasaan notulensi FGD dan analisis dokumen
|
Kriteria:
- Kelengkapan dan kedalaman data
- Ketepatan implementasi teknik FGD dan analisis dokumen
- Sistematika struktur notulensi FGD dan analisis dokumen
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Simulasi FGD, analisis dokumen
|
|
Materi: Data Collection Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengintegrasikan teknik coding ke dalam hasil data yang diperoleh |
Penguasaan proses coding |
Kriteria:
Efektifitas langkah-langkah coding Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop coding data kualitatif
|
|
Materi: Fundamentals of Qualitative Data Analysis Pustaka: Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi validitas data penelitian qualitative melalui trianggulasi |
- Pemahaman konsep
- Pemahaman aplikatif
- Pemikiran evaluatif
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Ketepatan penerapan trianggulasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif dan penugasan
|
|
Materi: Standards of Validation and Evaluation Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian kualitatif |
- Pemahaman konsep
- Kepekaan etika penelitian
|
Kriteria:
- Kedalaman pemahaman materi
- Ide inisiasi penegakan etika penelitian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif dan simulasi skenario etika riset
|
|
Materi: Ethical Issues in Analysis Pustaka: Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun pendahuluan dan deskripsi metode penelitian kualitatif |
- Struktur pendahuluan proposal
- Struktur pelaporan metode
|
Kriteria:
- Relevansi dan signifikansi alur pendahuluan
- Sistematika pelaporan metode secara operasional
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop menulis review bagian pendahuluan dan metode pada proposal masing-masing
|
|
Materi: How to Describe Your Inquiry Process: The Method Section Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association. Materi: Telling Your Qualitative Story: How the Purpose of Your Research Influences Your Reporting Pustaka: Levitt, Heidi M (2020). Reporting Qualitative Research in Psychology How to Meet APA Style Journal Article Reporting Standards, Revised Edition. Washington: American Psychological Association. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun Bagian Hasil dan Pembahasan secara Tematis |
- Narasi pelaporan
- Penyajian data, analisis, dan pembahasan
|
Kriteria:
- Keterbacaan dan kekayaan narasi reflektif
- Konsistensi penyajian data, analisis, dan pembahasan
|
Latihan membuat tabel tema-subtema menulis ringkasan hasil dan pembahasan
|
|
Materi: Writing a Qualitative Study Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun Refleksi Peneliti dan Implikasi Penelitian |
Kemampuan menyusun refleksi dan implikasi penelitian kualitatif |
Kriteria:
Relevansi refleksi dan implikasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi interaktif dan latihan menulis bagian reflektif dan penutup
|
|
Materi: Writing a Qualitative Study Pustaka: Creswell, John W. & Poth, Cheryl N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menyajikan dan Mempresentasikan Laporan Penelitian |
- Penyampaian gagasan
- Sinkronasi ide paparan dan tulisan
- Menjawab pertanyaan audiens
|
Kriteria:
- Kejelasan penyampaian gagasan
- Relevansi ide paparan dan tulisan
- Ketajaman dalam menjawab pertanyaan audiens
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Sesi presentasi proyek akhir dan umpan balik sejawat (peer-review)
|
|
|
10% |