
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF |
8510404024 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
1 |
1 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Drs. T. CHOLIK MUTOHIR, MA., Ph.D.
|
.......................................
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. |
PLO-8 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memetakan dan menguraikan konsep-konsep dasar epistemologi dalam hubungannya dengan metodologi penelitian lanjut bidang keolahragaan (PENJAS) serta mampu mengimplementasikan sebagai landasan dan subjek analisis berbagai persoalan keolahragaan.
|
PO - 2 |
Sub-CPMK1 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif olahraga (PENJAS)
|
PO - 3 |
Sub-CPMK2 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kualitatif olahraga (PENJAS)
|
PO - 4 |
Sub-CPMK3 Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian mixed merthod olahraga (PENJAS)
|
PO - 5 |
Sub-CPMK4 Mampumengidentifiksi masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan memecahkan masalah berbasis data memetakan medan kajian filsafat olahraga
|
PO - 6 |
Sub-CPMK5 Mampu Menyusun proposal penelitian dalam PENJAS yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penjabaran implementasi filsafat olahraga sebagai landasan dan subjek analisis berbagai persoalan keolahragaan dalam tiga matra, yakni ontologi, aksiologi, dan epistemologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
- Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
- Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.
- Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
- Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
- Hyllegard, R., Mood, D.P, Morrow, J.R. (1996). Interpreeting Research in Sport and Exercise Science. %th Edition. St. Louis: Mosby
- Thomas, J.R., Nelson, J.K, Silverman, S.J. (2011). Research Methods in Physical Activity. 6th Edition. Chapaign Il: Human Kinetics
- Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications.
- Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
TOHO CHOLIK MUTOHIR ANUNG PRIAMBODO ADVENDI KRISTIYANDARU JUNAIDI BUDI PRIHANTO Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D. Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D. Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph.D. Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph.D. Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian lanjut dalam olahraga meliputi: KUAN, KUAL, & MIXED METHOD |
- Menjelaskan beberapa konsep Metode penelitian lanjut
- Menunjukkan Karakteristik penelitian lanjut
- Mengapresiasi berbagai pendekatan Penelitian KUAN. KUAL & MIXED METHOD
|
Kriteria:
Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 400 menit |
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian lanjut dengan metode KUAN, KUAL & MIXED METHOD
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu merumuskan masalah, identifikasi variabel dan hipotesis, desain pengumpulan dan analisis data, interpretasi dan penarikan simpulan dalam Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD |
- Mendiskusikan tugas-tugas terkait langkah-langkah Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD.
- Menganalisis kritis artikel penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dari Jurnal bereputasi identifikasi.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok 3x50 |
Membaca berbagai Artikel Penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dalam bidang keolahragaan
Membuat catatan skematik (PPT)terkait desain, masalah, variabel, kerangka berpikir, pengumpulan data, analisis data, dan simpulan
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (1) dengan Deskriptif, Regresi & ANOVA |
- Menjelaskan dan mendiskusikan penelitian KUAN lanjut.
- Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan dan diskusi 400 menit |
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVE yang menggunakan analisis Statistik: Desktiptif, Regresi, dan ANOVA
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (2) dengan Analisis Faktor & SEM |
- Membaca berbagai Artikel terkait Penelitian KUAN Surve
- Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga, yakni Analisis Faktor dan SEM
|
Kriteria:
Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawab
|
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVEI dengan analisis Statistik Analisis Faktot dan SEM
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami dan beberapa menjelaskanpenelitian lanjut KUAL (1) dengan pendekatan Case Study, Ethnografi, Fenomenologi, & Grouded Theory. |
- Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAl lanjut
- Mendisain penelitian KUAL sesuai dengan masalah penelitian
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
|
• Membaca berbagai tulisan tentang tugas- tugas Pnelitian KUAL Eksperimen
• Merefleksikan tugas Penelitian Lanjut KUAL tersebut sebagai subjek analisis sesuai karakteristiknya.
persoalan keilmuan
• Membuat catatan skematik (PPT) terkait Penelitian KUAL dan mendiskusikan dalam kelas
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
UTS mengidentifikasi kemampuan memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian KUAN & KUAL olahraga |
Menyusun salah satu metode penelitian KUAN Lanjut dalam suatu Manuscript (2500-3000 kata) |
Kriteria:
Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
|
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 3x 24 jam Pustaka: |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengalisis hasil penelitian KUAL dengan melakukan Reviu Jurnal secara sistematis |
Mengidentifikasi artikel relevan, menganalisis dan mensintesis menjadi manuscript singkat (1500 kata) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
|
Mengerjakan Tugas Reviu Artikel yang dipilih
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mendisain penelitian KUAL (1) dengan pendalaman pada Studi Kasus & Fenomenologi |
- Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Studi Kasus & Fenomenologi) .
- Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Studi Kasus atau Fenomenologi.
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok 3x50 |
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian KUAL focus pada pendekatan Studi Kasus dan Fenomenologi
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mendisain penelitian KUAL (2) dengan pendalaman pada Ethnografi & Grouded Research |
- Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Ethnografi & Grounded Research)
- Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Ethnografi & Grounded Research
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 3x50 |
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian KUAL focus pada pendekatan Studi Kasus dan Fenomenologi
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Sequential |
- Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Sequential) .
- Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Sequential)
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 3x50 |
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Sequential.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated |
- Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
- Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3x50 |
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
UAS mengidentifikasi kemampuan memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian KUAN & KUALatau MIXED METHOD ke dalam PROPOSAL PENELITIANDISERTASI dalam bidang olahraga |
Menyususn Proposal Penelitian Disertasi (S3) sesuai topik yang dipilih dengan standar Penulisan Proposal PPS UNESA |
Kriteria:
Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
|
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 6 x 24 jam dan dilaporkan 24 Jam sebelum penutupan penyerahan Nilai Akhir Pustaka: |
40% |
13
Minggu ke 13 |
|
Menyususn Proposal Penelitian Disertasi (S3) sesuai topik yang dipilih dengan standar Penulisan Proposal PPS UNESA |
Kriteria:
Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Memaparkan rancangan penelitian yang dititikberatkan pada penentuan rumusan masalah dan kajian pustaka
|
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 6 x 24 jam dan dilaporkan 24 Jam sebelum penutupan penyerahan Nilai Akhir Pustaka: |
40% |
14
Minggu ke 14 |
|
Menyususn Proposal Penelitian Disertasi (S3) sesuai topik yang dipilih dengan standar Penulisan Proposal PPS UNESA |
Kriteria:
Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Memaparkan rancangan penelitian yang dititikberatkan pada metode penelitian yang akan diterapkan
|
Materi: Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 6 x 24 jam dan dilaporkan 24 Jam sebelum penutupan penyerahan Nilai Akhir Pustaka: |
40% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |