
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian |
2010189122 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
3 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
UNIT THREE KARTINI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-14 |
Memformulasikan ide ide baru (new research question/desain/model baru) di bidang teknik elektro dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang rekayasa |
PLO-15 |
Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi. |
PLO-16 |
Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menguasai metode perancangan sistem rekayasateknik elektro terkini melalui proses penyusunan rencana projek
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-14 | PLO-15 | PLO-16 | PO-1 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah metodologi penelitian berisi tentang proses ilmiah tentang tahapan penelitian, Research Methodology: An Introduction, Defining the Research Problem, Research Design, Sampling Design, Measurement and Scaling Techniques, Methods of Data Collection, Processing and Analysis of Data, Sampling Fundamentals, Proses Testing, dan Interpretation and Report Writing. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
- Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download;jsessionid=664AECAC339E0C2AD06D8BAF52BCDD0E?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf
- Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/postgrads/documents/RM sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf
- Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE.
- Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html
|
Pendukung : |
|
- Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/enteng/ENTENG1.html
|
Dosen Pengampu
|
RADEN RORO HAPSARI PENI AGUSTI LILIK ANIFAH Dr. Raden Roro Hapsari Peni Agustin Tjahyaningtijas, S.Si., M.T. Dr. Raden Roro Hapsari Peni Agustin Tjahyaningtijas, S.Si., M.T. Prof. Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T. Prof. Dr. Lilik Anifah, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami tentang Research Methodology: An Introduction |
Mahasiswa mampu menjelaskan Research Methodology secara umum sesuai dengan bidang engineering |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning dan DI 3 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode perancangan sistem rekayasa teknik elektro dalam studi kasus tertentu
|
Materi: Research Methodology: An Introduction Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan |
Mahasiswa mampu mendefinisikan Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan |
Kriteria:
- Kehadiran
- Pemecahan Masalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning 3 X 50 |
|
Materi: Research Problem sesuai studi kasus yang diberikan Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. Materi: Research Problem Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning 3 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode perancangan sistem rekayasa teknik elektro terkini dalam studi kasus
|
Materi: Konsep dasar perancangan sistem rekayasa teknik elektro, Metode perancangan terkini dalam teknik elektro, Penyusunan rencana projek Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Mahasiswa mampu mendesain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Project based learning 3 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode perancangan sistem rekayasa teknik elektro terkini
|
Materi: desain riset sesuai studi literatu yang telah dilakukan Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat |
Mahasiswa mampu melakukan Sampling Design dari rancangan penelitian yang telah dibuat |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Sampling Design Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: measurement and Scaling Techniques Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Mahasiswa mampu melakukan measurement and Scaling Techniques |
Bentuk Penilaian : Tes |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Measurement and Scaling Techniques Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf Materi: measurement and Scaling Techniques Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
15% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis |
Mahasiswa menyelesaikan project berupa draft proposal thesis dengan hasil sesuai dengan aturan penulisan proposal thesis bagian bab 1 dan riset review |
Kriteria:
Skor penilaian 0 - 100 sesuai kualitas projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 3 X 50 |
|
|
30% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat berlatih mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang |
Mahasiswa dapat mengimplementasikan Methods of Data Collection dalam riset sesuai dengan bidang |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Mahasiswa mampu memilih Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Processing and Analysis of Data sesuai dengan bidang dan kasus yang telah dilakukan review Pustaka: Hong, L. Y. (2006). RESEARCH METHODS IN ENGINEERING AND SCIENCE. , http://www.wabri.org.au/... sci_eng_notes/Eng_Leung.pdf |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
Mahasiswa mampu mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
|
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. Materi: Proses Testing Pustaka: Dodig-Crnkovic, G. (2002). COMPUTER SCIENCE IN A THEORY OF SCIENCE DISCOURSE. Master Thesis in Computer Science. http://citeseerx.ist.psu.edu/...?, doi=10.1.1.12.5766&rep=rep1&type=pdf |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Keaktifan dalam diskusi |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui rencana riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan presentasi 3x50 menit |
|
Materi: mendesain Proses Testing untuk draft proposal thesis Pustaka: Kumar, R. (2005). Research methodology – A step-by-step guide for beginners. SAGE. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi projek |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui pendekatan inter atau multidisipliner melalui rencana riset yang disusun. |
Kriteria:
Skor penilaian 0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi projek 3x50 menit |
|
Materi: Proposal riset/thesis Pustaka: Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE. Materi: Presentasi projek Pustaka: Liles, D.; Johnson, M.; Meade, L.; Underdown, D. (1995). Enterprise Engineering: A discipline?, Society for Enterprise Engineering (SEE) Conference, Orlando, FL, http://www.webs.twsu.edu/... |
30% |