
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT |
6120902072 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis teori customer relationship management dari sudut pandang pelanggan dan organisasi. . Students analyze the theory of customer relationship management from the perspective of customers and organizations.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis Customer Acquisition Matrix di perusahaan Students are able to analyze the Customer Acquisition Matrix in companies
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis Customer Activities di perusahaan Students are able to analyze the Customer Activities in companies
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Customer-Based Value Strategy di perusahaan Students are able to analyze the Customer-Based Value Strategy in companies
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji CRM sebagai strategi bisnis yang mengintegrasikan proses internal dan jaringan eksternal untuk menciptakan dan memberikan nilai bagi pelanggan sasaran dan bagi organisasi. Mata kuliah ini akan mengambil pandangan ‘pemasaran‘ yang lebih luas dari sekedar merancang sebuah produk, mengiklankan, menetapkan harga dan mendistribusikannya kepada konsumen. Mata kuliah berbasis case study ini mengkaji peran pemangku kepentingan, seperti staf internal, pemasok, dan kelompok berpengaruh, dalam membentuk hubungan dengan pelanggan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. .
- 2. Knox, S., Payne, A., Ryals, L., Maklan, S., & Peppard, J. (2007). Customer relationship management. Routledge
- 3. Buttle, F. (2004). Customer relationship management. Routledge.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami Customer Acquisition Matrix |
- aktifitas
- partisipatif
|
Kriteria:
Power point Non-test technique: Power point Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi
|
Ceramah, diskusi
|
Materi: menilai Matriks Akuisisi Konsumen Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . Materi: interpretasi nilai Matriks Akuisisi Konsumen Pustaka: Materi: memahami Customer Acquisition Matrix Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merumuskan implementasi Customer Activity Students are able to formulate the implementation of Customer Activity |
Aktifitas partisipatif |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi
|
Ceramah, diskusi
|
Materi: menilai Aktivitas konsumen Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . Materi: interpretasi Customer Activity Pustaka: Materi: merumuskan implementasi Customer Activity Students are able to formulate the implementation of Customer Activity Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
2% |
3
Minggu ke 3 |
menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Aktifitas partisipatif |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi
|
|
Materi: menilai Strategi Customer-Based Value Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . Materi: interpretasi Strategi Customer-Based Value Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Aktifitas partisipatif |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyusun Laporan Rencana Kegiatan Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya di perusahaan/badan usaha/yayasan. |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Test: Dokumen LRK Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Penilaian dokumen LRK
|
|
Materi: menjelaskan laporan rencana kegiatan (LRK) dan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy |
Kriteria:
- Non-test technique: Lab Mandiri
- Logbook Praktikum
- Kehadiran dalam Magang MBKM/KKn/Magang Mandiri
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik kerja di perusahaan 1 semester 5 x 8 hari kerja |
|
Materi: menidentifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy Pustaka: 1. Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer relationship management. Springer-Verlag GmbH Germany, part of Springer Nature 2006, 2012, 2018. . |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Seminar Hasil Kegiatan Magang / Studi / KKN Mandiri / Program lainnya di perusahaan/badan usaha/yayasan. |
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Kriteria:
Test : Laporan Akhir Kegiatan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
menyusun laporan akhir kegiatan hasil identifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy di perusahaan
|
|
Materi: menyusun laporan akhir kegiatan hasil identifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy di perusahaan Pustaka: Materi: presentasikan laporan akhir kegiatan hasil identifikasi Consumer Acquisition, Consumer Activity, dan Customer-Based Value Strategy di perusahaan Pustaka: |
20% |