
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Pembiayaan Pendidikan |
8610402135 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
AMROZI KHAMIDI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin. |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Pengantar Analisis Pembiayaan Pendidikan
|
PO - 2 |
Membuat Perencanaan keuangan
|
PO - 3 |
Pengelolaan Keuangan
|
PO - 4 |
Interpretasi Keuangan
|
PO - 5 |
Hakekat modal kerja
|
PO - 6 |
analisis struktir modal
|
PO - 7 |
analisis dividen
|
PO - 8 |
Balance Scorecard
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | ✔ | | | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis pembiayaan pendidikan mengkaji konsep pembiayaan pendidikan dan aplikasi pembiayaan pendidikan. Topik pembiayaan pendidikan meliputi: Kajian teori, konsep, dan landasan hukum, model pembiayaan pendidikan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anwar, I. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Amtu, O. (2013). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
- Dadang, S. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Sholeh, M (2023) Manajemen Keuangan untuk Lembaga Pendidikan. CV. Bandung
- Hidayat, A., & Rusdiana. (2022). Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Konsep dan Prinsip Tata Kelola Biaya Pendidikan (1st ed.). CV Pustaka Setia. Rusdiana. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Filosofi,Konsep, dan Aplikasi). Pusat Penelitian Penerbitan UIN SGD. Surahman, S. (2021). PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN JANGAN KARENA MAHAL SEKOLAH BATAL. In Hibana, Sarwoko, & A. Susilo (Eds.), Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu (1st ed.). Estu Utomo Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MUHAMAD SHOLEH IMA WIDIYANAH Dr. Ima Widiyanah, M.Pd. Dr. Ima Widiyanah, M.Pd. Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Analisis Pembiayaan Pendidikan |
performance; project based learning; UTS; UAS |
Kriteria:
menjelaskan analisis pembiayaan pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab 2 JP |
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pembiayaan Pendidikan di Sekolah |
Mampu menjelaskan pembiayaan Pendidikan di sekolah |
Kriteria:
Menjelaskan pembiayaan Pendidikan di sekolah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
mampu menjelaskan konsep pembiayaan pendidikan |
Kriteria:
memahami Konsep pembiayaan pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Investasi bidang Pendidikan |
mampu menjelaskan Investasi bidang Pendidikan |
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Daring
|
Daring
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Produksi dalam pendidikan |
Produksi dalam pendidikan |
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab 2 JP |
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Dasar-dasar penganggaran pendidikan |
Dasar-dasar penganggaran pendidikan |
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Peran Kebijakan pemerintah dalam pendidikan |
Peran Kebijakan pemerintah dalam pendidikan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
|
Sistem dan mekanisme penganggaran Pendidikan |
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Daring
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Analisis Biaya Pendidikan |
|
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Daring
|
Analisis Biaya Pendidikan
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Analisis Biaya Pendidikan |
|
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penatausahaan keuangan Pendidikan |
Penatausahaan keuangan Pendidikan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab 2 JP |
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Pengawasan penggunaan anggaran Pendidikan |
Pengawasan penggunaan anggaran Pendidikan |
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Daring
|
Daring. diskusi dan tanya jawab
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Pengelolaan dana bantuan, hibah, dan kesejahteraan personil pendidikan |
|
Kriteria:
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Daring
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mampu membuat project analisis pembiayaan pendidikan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Daring
|
Daring
|
|
15% |