Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Pembiayaan Pendidikan

8610402135

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




AMROZI KHAMIDI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin.

PLO-6

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Pengantar Analisis Pembiayaan Pendidikan

PO - 2

Membuat Perencanaan keuangan

PO - 3

Pengelolaan Keuangan

PO - 4

Interpretasi Keuangan

PO - 5

Hakekat modal kerja

PO - 6

analisis struktir modal

PO - 7

analisis dividen

PO - 8

Balance Scorecard

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis pembiayaan pendidikan mengkaji konsep pembiayaan pendidikan dan aplikasi pembiayaan pendidikan. Topik pembiayaan pendidikan meliputi: Kajian teori, konsep, dan landasan hukum, model pembiayaan pendidikan

Pustaka

Utama :

  1. Anwar, I. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  2. Amtu, O. (2013). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
  3. Dadang, S. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  4. Sholeh, M (2023) Manajemen Keuangan untuk Lembaga Pendidikan. CV. Bandung
  5. Hidayat, A., & Rusdiana. (2022). Buku Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Konsep dan Prinsip Tata Kelola Biaya Pendidikan (1st ed.). CV Pustaka Setia. Rusdiana. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Filosofi,Konsep, dan Aplikasi). Pusat Penelitian Penerbitan UIN SGD. Surahman, S. (2021). PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN JANGAN KARENA MAHAL SEKOLAH BATAL. In Hibana, Sarwoko, & A. Susilo (Eds.), Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu (1st ed.). Estu Utomo Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

MUHAMAD SHOLEH

IMA WIDIYANAH

Dr. Ima Widiyanah, M.Pd.

Dr. Ima Widiyanah, M.Pd.

Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.

Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Analisis Pembiayaan Pendidikan

performance; project based learning; UTS; UAS

Kriteria:

menjelaskan analisis pembiayaan pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
2 JP
5%

2

Minggu ke 2

Pembiayaan Pendidikan di Sekolah

Mampu menjelaskan pembiayaan Pendidikan di sekolah

Kriteria:

Menjelaskan pembiayaan Pendidikan di sekolah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
5%

3

Minggu ke 3

mampu menjelaskan konsep pembiayaan pendidikan

Kriteria:

memahami Konsep pembiayaan pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring
5%

5

Minggu ke 5

Investasi bidang Pendidikan

mampu menjelaskan Investasi bidang Pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Daring
Daring
5%

6

Minggu ke 6

Produksi dalam pendidikan

Produksi dalam pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
2 JP
5%

7

Minggu ke 7

Dasar-dasar penganggaran pendidikan

Dasar-dasar penganggaran pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
15%

9

Minggu ke 9

Peran Kebijakan pemerintah dalam pendidikan

Peran Kebijakan pemerintah dalam pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55
5%

10

Minggu ke 10

Sistem dan mekanisme penganggaran Pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Daring
5%

11

Minggu ke 11

Analisis Biaya Pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Daring
Analisis Biaya Pendidikan
5%

12

Minggu ke 12

Analisis Biaya Pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
5%

13

Minggu ke 13

Penatausahaan keuangan Pendidikan

Penatausahaan keuangan Pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
2 JP
5%

14

Minggu ke 14

Pengawasan penggunaan anggaran Pendidikan

Pengawasan penggunaan anggaran Pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Daring
Daring. diskusi dan tanya jawab
5%

15

Minggu ke 15

Pengelolaan dana bantuan, hibah, dan kesejahteraan personil pendidikan

Kriteria:

Istimewa; 90-100, Sangat Baik; 76-089, Cukup; 56-75, Kurang; 0-55


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Daring
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mampu membuat project analisis pembiayaan pendidikan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Daring
Daring
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 73.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20.84%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5.84%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.