
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Estetika Seni Budaya Nusantara |
8810904845 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
2 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Trisakti, M.Si
|
.......................................
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menganaslis teori pendidikn seni, teori seni dan budaya Nusantara khususnya Jawa Timur. |
PLO-9 |
Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi ruang lingkup filsafat keindahan secara pespektif Barat dan Timur
|
PO - 2 |
Menganalisis pemahaman tentang estetika seni budaya Nusantara dengan menggunakan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner
|
PO - 3 |
Menganalisis permasalahan seni budaya Nusantara dengan menggunakan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner
|
PO - 4 |
Menyusun artikel ilmiah hasil kajian seni budaya Nusantara dalam pendekatan interdisipliner atau multidisipliner
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis pemahaman tentang estetika pada seni budaya Nusantara dan dapat mengkaji serta menyusun artikel ilmiah tentang ragam seni dan budaya Nusantara dengan pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor
- 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.
- 3. Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta : ISI Press
- 4. Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia
- 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner
- 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press
- 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004.
- 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal
|
Pendukung : |
|
- 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul
- 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press.
- 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787
- 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672
- 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum. Dr. Trisakti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang sejarah perkembangan eatetika Barat dan estetika Timur |
- 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup filsafat estetika Barat dan timur
- 1.2 Menjelaskan sejarah perkembangan estetika barat dan timur
- 1.3 Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan lisan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Materi: Pengantar filsafat estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: pengertian estetika seni rupa Pustaka: 3. Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta : ISI Press Materi: pengantar estetika Pustaka: 4. Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Materi: Estetika klasik sampai kontemporer Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang sejarah perkembangan eatetika Barat dan estetika Timur |
- 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup filsafat estetika Barat dan timur
- 1.2 Menjelaskan sejarah perkembangan estetika barat dan timur
- 1.3 Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan lisan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Materi: Pengantar filsafat estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: pengertian estetika seni rupa Pustaka: 3. Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta : ISI Press Materi: pengantar estetika Pustaka: 4. Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Materi: Estetika klasik sampai kontemporer Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang sejarah perkembangan eatetika Barat dan estetika Timur |
- 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup filsafat estetika Barat dan timur
- 1.2 Menjelaskan sejarah perkembangan estetika barat dan timur
- 1.3 Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan lisan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Materi: Pengantar filsafat estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: pengertian estetika seni rupa Pustaka: 3. Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta : ISI Press Materi: pengantar estetika Pustaka: 4. Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Materi: Estetika klasik sampai kontemporer Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang sejarah perkembangan eatetika Barat dan estetika Timur |
- 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup filsafat estetika Barat dan timur
- 1.2 Menjelaskan sejarah perkembangan estetika barat dan timur
- 1.3 Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan lisan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Materi: Pengantar filsafat estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: pengertian estetika seni rupa Pustaka: 3. Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta : ISI Press Materi: pengantar estetika Pustaka: 4. Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Materi: Estetika klasik sampai kontemporer Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menjelaskan ragam, Karakter seni dan Budaya Nusantara serta konsep estetika Nusantara, |
- 1. Mengidentifikasi ragam, karakteristik seni budaya nusantara
- 2. Menjelaskan ragam, karakteristik estetika seni budaya Nusantara
- 3. Mengkaji konsep estetika seni budaya Nusantara
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan dan dikerjakan tepat waktu dan dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pengantar estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: sejarah estetika Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan ragam, Karakter seni dan Budaya Nusantara serta konsep estetika Nusantara, |
- 1. Mengidentifikasi ragam, karakteristik seni budaya nusantara
- 2. Menjelaskan ragam, karakteristik estetika seni budaya Nusantara
- 3. Mengkaji konsep estetika seni budaya Nusantara
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan dan dikerjakan tepat waktu dan dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pengantar estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: sejarah estetika Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mengkaji estetika Nusantara dari ragam, Karakter seni dan Budaya Nusantara |
- 1. Mengidentifikasi ragam, karakteristik seni budaya nusantara
- 2. Menjelaskan ragam, karakteristik estetika seni budaya Nusantara
- 3. Mengkaji konsep estetika seni budaya Nusantara
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan dan dikerjakan tepat waktu dan dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pengantar estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: sejarah estetika Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mengkaji estetika Nusantara dari ragam, Karakter seni dan Budaya Nusantara |
- 1. Mengidentifikasi ragam, karakteristik seni budaya nusantara
- 2. Menjelaskan ragam, karakteristik estetika seni budaya Nusantara
- 3. Mengkaji konsep estetika seni budaya Nusantara
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan dan dikerjakan tepat waktu dan dapat menjawab pertanyaan dengan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
Penugasan, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pengantar estetika Pustaka: 1. Ali, Matius. 2010. Filsafat India : Sebuah Pengantar Hinduisme dan Buddhisme. Tangerang : Sanggar Luxor Materi: pengertian estetika Pustaka: 2. Dharsono, Sony Kartika. 2007. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Materi: sejarah estetika Pustaka: 5. Suryajaya, Martin. 2016. Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Jakarta : Gang Kabel dan Indie Book Corner Materi: estetika paradok Pustaka: 6. Sumardo, Jakob. 2006. Estetika Paradoks. STSI Bandung : Sunan Ambu Press |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengkajian Seni Budaya Nusantara dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipline |
- 1. Menjelaskan konsep teori- teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
- 2. Menjelaskan konsep Interdisipliner/ Multidisipliner
- 3. Menjelaskan Interdisipliner & Multidisipliner Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pendekatan interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan multidisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mengkajian Seni Budaya Nusantara dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipline |
- 1. Menjelaskan konsep teori- teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
- 2. Menjelaskan konsep Interdisipliner/ Multidisipliner
- 3. Menjelaskan Interdisipliner & Multidisipliner Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pendekatan interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan multidisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mengkajian Seni Budaya Nusantara dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipline |
- 1. Menjelaskan konsep teori- teori seni budaya bentukan pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
- 2. Menjelaskan konsep Interdisipliner/ Multidisipliner
- 3. Menjelaskan Interdisipliner & Multidisipliner Sebagai pendekatan Pengkajian Seni Budaya
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Ceramah, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pendekatan interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan multidisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan kajian dengan baik dan tepat waktu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pendekatan interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin dan transdisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: teori konsep budaya Pustaka: 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: semiotika Pustaka: 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: kajian budaya Pustaka: 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787 Materi: psikologi seni Pustaka: 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672 Materi: kajian budaya tradisi Pustaka: 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan pengkajian interdisipliner/ multidisipliner |
- 1. Menentukan objek material kajian seni budaya Jawa Timur
- 2. Menentukan interdisiplin atau multidisilin sebagai pendekatan kajian seni budaya Jawa Timur
- 3. Menyusun artikel ilmiah kajian seni budaya Jawa Timur dalam pendekatan interdisiplin atau multidisilin
- 4. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai dengan bahasan kajian dengan baik dan tepat waktu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: pendekatan interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin dan transdisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: teori konsep budaya Pustaka: 1. Piliang, Yasraf AMir. 2004. Wacana Seni Rupa dalam Pendekatan Cultural Studies. Makalah disampaikan dalam acara Studium General berjudul Materi: semiotika Pustaka: 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: kajian budaya Pustaka: 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787 Materi: psikologi seni Pustaka: 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672 Materi: kajian budaya tradisi Pustaka: 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi hasil kajian seni budaya Nusantara |
- Mempresentasikan Artikel hasil kajian seni budaya Nusantara dalam perspektif interdisiplin/multidisilin
- 2. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai bahasan dengan baik dan benar dan dipresentasikan dengan baik di depan kelas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: kajian interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin dan transdisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: semiotika Pustaka: 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: kajian budaya Pustaka: 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787 Materi: kajian seni pertunjukan Pustaka: 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672 Materi: kajian budaya Pustaka: 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi hasil kajian seni budaya Nusantara |
- Mempresentasikan Artikel hasil kajian seni budaya Nusantara dalam perspektif interdisiplin/multidisilin
- 2. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai bahasan dengan baik dan benar dan dipresentasikan dengan baik di depan kelas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: kajian interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin dan transdisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: semiotika Pustaka: 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: kajian budaya Pustaka: 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787 Materi: kajian seni pertunjukan Pustaka: 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672 Materi: kajian budaya Pustaka: 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi hasil kajian seni budaya Nusantara |
- Mempresentasikan Artikel hasil kajian seni budaya Nusantara dalam perspektif interdisiplin/multidisilin
- 2. Keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
Mengerjakan tugas sesuai bahasan dengan baik dan benar dan dipresentasikan dengan baik di depan kelas Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Penugasan, presentasi, tanya jawab, diskusi 4 x 50 |
Materi: kajian interdisiplin Pustaka: 7. Adi, Ida Rochani. 1998. “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Amerika” dalam jurnal Humaniora , No. 7, Januari – Maret 1998. 2. Kaelan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humanora. Yogyakarta: Paradigma 3. Klein, Julie Thompson. 1990. Interdiciplinarity, History, Theory and Practice. Ohio: Wayne State University Press 4. Latttuca, Lisa R. 2001. Creating Interdisciplinarity: Interdisciplinary Research and Teaching Among College and University Faculty. Nashville: Vanderbilt University Press 5. Moran, Joe. 2002. Interdisciplinarity. London and New York: Routledge 6. Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2004. Materi: Pendekatan interdisiplin dan Multisidiplin dan transdisiplin Pustaka: 8. Sudikan, Setya Yuwana. 2017. “Pendekatan, Interdispliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra”. e- Journal Materi: semiotika Pustaka: 2. de Marisnis, Marco. 1993. Semiotics of Performance. Bloomington and Indianapolis: Indana University Press. Materi: kajian budaya Pustaka: 3. Trisakti,dkk. 2022.” Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance”. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal Vol.3,No.4, Oktober 2022 Page 783-787 Materi: kajian seni pertunjukan Pustaka: 4. Juwariyah, Anik. Dkk. 2023. “Conserving the traditional Indonesian performance art “langen tayub” through “waranggana” creativities”. Cogent Arts and Humanities, 2023, 10(1), 2247672 Materi: kajian budaya Pustaka: 5. Trisakti, dkk. 2025. “Pedagogis Strategis in teaching Sodoran dance to young performers”. Research in dance Education . Research in Dance Education.Volume 26, Issue 2 (2025) Routledge Taylor and Francis Group. |
10% |