Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sastra Digital

8820102232

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




RESDIANTO PERMATA RAHARJO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

PLO-11

Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dasar sastra digital dalam menganalisis karya sastra berbasis teknologi (C3)

PO - 2

Menganalisis struktur dan pola dalam karya sastra digital menggunakan tools analisis teks (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas karya sastra digital berdasarkan kriteria estetika dan teknis (C5)

PO - 4

Menciptakan karya sastra digital inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip penulisan sastra digital dalam konteks akademik dan profesional (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak teknologi digital terhadap perkembangan sastra Indonesia (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas berbagai platform digital dalam penyebaran karya sastra (C5)

PO - 8

Menciptakan konten sastra digital yang adaptif untuk berbagai audiens dan media (C6)

PO - 9

Menerapkan metode penelitian digital dalam kajian sastra Indonesia (C3)

PO - 10

Menganalisis intertekstualitas dalam karya sastra digital dan tradisional (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu mengembangkan konsep dasar sastra digital serta mampu menerapkannya melalui kegiatan terstruktur dan mandiri guna menganalisis sastra digital dan fenomena sosial sehingga menghasilkan artikel untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Hoover, D. L., Culpeper, J., & O’Halloran, K. (2016). Digital literary studies. Routledge.

    2. Ahmadi, A. (2023). Teori sastra. Surabaya.

    3. Murray, S. (2018). The digital literary sphere: reading, writing, and selling books in the internet era. Johns Hopkins University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

PRIMA VIDYA ASTERIA

YOGA RIFQI AZIZAN

LAILA LUPITA ARDHIYANTI

Laila Lupita Ardhiyanti, S.Pd., M.Pd.

Laila Lupita Ardhiyanti, S.Pd., M.Pd.

Dr. Yoga Rifqi Azizan, M.Pd.

Dr. Yoga Rifqi Azizan, M.Pd.

Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.

Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menjelaskan, dan menerapkan elemen-elemen sastra digital serta menganalisis karya sastra berbasis teknologi dengan tepat.

  1. Kemampuan mengidentifikasi konsep dasar sastra digital
  2. Kemampuan menerapkan konsep dalam analisis karya sastra berbasis teknologi
  3. Ketepatan dalam menghubungkan teknologi dengan unsur sastra

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi contoh karya sastra digital..

Materi: Pengertian dan ruang lingkup sastra digital, Perkembangan teknologi dalam sastra, Jenis-jenis karya sastra digital, Teknik analisis karya sastra berbasis teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menerapkan konsep dasar sastra digital untuk menganalisis karya sastra berbasis teknologi dengan tepat dan kritis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen teknologi dalam karya sastra digital
  2. Ketepatan dalam menerapkan konsep sastra digital untuk analisis
  3. Kedalaman analisis terhadap interaksi antara sastra dan teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan demonstrasi analisis karya sastra digital..
1

Materi: Konsep dasar sastra digital dan perkembangannya, Teknologi sebagai medium dalam karya sastra, Metode analisis karya sastra berbasis teknologi, Contoh penerapan dalam karya sastra digital kontemporer
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menerapkan tools analisis teks untuk menguraikan struktur naratif, pola linguistik, dan fitur stilistika dalam karya sastra digital, serta menginterpretasikan hasil analisis untuk memahami kompleksitas karya tersebut.

  1. Kemampuan menggunakan tools analisis teks (seperti Voyant Tools, AntConc, atau lainnya) untuk mengidentifikasi struktur dan pola dalam teks sastra digital.
  2. Ketepatan dalam menganalisis dan menginterpretasikan data hasil analisis, termasuk frekuensi kata, distribusi tema, dan hubungan antar elemen teks.
  3. Kemampuan menyajikan temuan analisis dalam bentuk visual atau laporan yang jelas dan terstruktur.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Kombinasi ceramah interaktif, demonstrasi tools analisis teks, diskusi kelompok, dan praktikum mandiri dengan bimbingan dosen..
Analisis teks menggunakan tools online (seperti Voyant Tools) dengan submisi laporan hasil analisis melalui LMS, Mahasiswa diminta untuk memilih satu karya sastra digital, menganalisis struktur dan polanya menggunakan tools analisis teks, dan mengirimkan laporan analisis yang mencakup visualisasi data dan interpretasi.
Materi: Konsep dasar analisis teks digital dan penerapannya dalam sastra., Pengenalan tools analisis teks (contoh: Voyant Tools, AntConc, TXM)., Teknik analisis struktur naratif dan pola linguistik dalam karya sastra digital., Interpretasi hasil analisis dan visualisasi data teks.
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.