
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sistem Basis Data |
5720103199 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu membangun, mengelola, menggunakan dan mengamankan database dengan alat dan teknik dalam sistem basis data yang akan menghasilkan model relasional |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan Relational Database Management System (RDBMS) untuk membuat sistem basis data sederhana
|
PO - 2 |
Mahasiswa mamahami konsep normalisasi basis data sebagai bagian dari metode pengujian kualitas rancangan basis data
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dan definisi dari basis data, mulai dari komponen penyusun basis data, arsitektur dan perancanganbasis data dengan menggunakan pendekatan model relasional ( entity relationship diagram). Selain itu dibahas tentang konsep mapping antaramodel konseptual kedalam model fisik basis data. Selanjutnya dikenalkan konsep normalisasi basis data sebagai bagian dari metode pengujiankualitas rancangan basis data. Setelah itu dipelajari konsep pengolahan basis data dengan pendekatan notasi aljabar relasional yang diperkuat dengan pengenalan konsep dan implementasi penggunaan bahasa query (SQL) melalui DDL dan DML. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
- Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. Monica Cinthya, M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep basis data |
- Mahasiswa dapat menyimpulkan definisi basis data
- Mahasiswa dapat menyebutkan komponen penyusun basis data
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip basis data
- Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai contoh penerapan basis data
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL) 3x50 |
Menjelaskan materi pembelajaran secara rinci mulai dari berbagai definisi basis data, sejarah basis data, komponen penyusun, arsitektur basis data dan berbagai penerapan basis data 3x50 |
Materi: Pengenalan Basis Data Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merancang model konseptual basis data relasional |
- Mahasiswa dapat mendefinisikan simbol ERD
- Mahasiswa mampu mendefinisikan dalam dunia nyata menjadi simbol ERD
- Mahasiswa dapat menggunakan simbol ERD untuk menggambarkan model konseptual dari studi kasus
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menjelaskan materi mengenai simbol-simbol dalam perancangan model basis data relasional dengan menggunakan ERD 3 x 50 |
Materi: Merancang model konseptual basis data relasional Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu melakukan mapping dari model konseptual ke dalam model fisik dari basis data |
- Mahasiswa dapat menggunakan software DIA untuk menggambarkan CDM sebuah studi kasus
- Mahasiswa dapat menyebutkan aturan-aturan mapping CDM ke PDM
- Mahasiswa dapat menggunakan aturan mapping untuk menggambarkan model fisik basis data dari sebuah studi kasus
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL) 3x50 |
Latihan studi kasus mengenai penggunaan simbol ERD untuk menggambar CDM dengan menggunakan software DIA. Selanjutnya, dijelaskan mengenai konsep mapping dari CDM ke PDM 3x50 |
Materi: Mapping Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan perancangan basis data dengan metode ERD |
- Mahasiswa dapat menterjemahkan hasil analisis sistem ke dalam konsep ERD
- Mahasiswa dapat menterjemahkan hasil konsep ERD kedalam basis data berupa tabel-tabel
- Mahasiswa dapat menentukan relasi antar tabel
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Memberikan berbagai studi kasus yang diilustrasikan dalam bentuk penyelesaian masalah melalui sebuah contoh dan soal latihan 3 x 50 |
Materi: Konsep ERD Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menggunakan program aplikasi tertentu untuk perancangan basis data |
- Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai perangkat lunak database designer
- Mahasiswa dapat menggambarkan CDM dengan menggunakan software
- Mahasiswa dapat merubah CDM menjadi PDM dengan menggunakan software.
- Mahasiswa dapat melakukan koneksi dari rancangan kedalam software RDBMS
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menjelaskan fitur dari software database designer dan bagaimana menggunakannya untuk menyelesaikan kasus perencangan CDM, PDM sampai koneksi ke dalam software RDBMS 3 x 50 |
Materi: Penggunaan Program Aplikasi Microsoft Access Pustaka: |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang basis data dengan teknik normalisasi |
- Mahasiswa dapat menunjukan FD dari sebuah tabel
- Mahasiswa dapat membedakan bentuk-bentuk normalisasi
- Mahasiswa dapat melakukan normalisasi tabel
|
Kriteria:
- |
Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menjelaskan konsep Functional Dependency (FD) dan berbagai bentuk normalisasi mulai dari bentuk normal pertama (1st NF) sampai dengan bentuk normal ke lima (5th NF) 3 x 50 |
Materi: Normalisasi Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan perancangan basis data dengan teknik normalisasi |
- Mahasiswa dapat menunjukan FD dari sebuah tabel
- Mahasiswa dapat membedakan kondisi kenormalan dari sebuah tabel
- Mahasiswa dapat melakukan normalisasi tabel
- Mahasiswa dapat menggambar skema relasi tabel hasil normalisasi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menyajikan berbagai bentuk formulir yang ada disekitar kita dan bagaimana melakukan proses dekomposisi informasi sampai dengan menghasilkan model perancangan basis data secara fisik 3 x 50 |
Materi: Normalisasi Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
- Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan terkait konsep dasar basis data
- Mahasiswa dapat memecahkan masalah perancangan basis data dengan teknik ERD
- Mahasiswa dapat memecahkan masalah perancangan basis data dengan teknik Normalisasi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Virtual Learning 2 x 50 |
UTS 2 x 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menulis algoritma query melalui aljabar relasional |
- Mahasiswa dapat menyebutkan operator dasar dalam Aljabar Relasional (AR)
- Mahasiswa dapat menggunakan simbol AR untuk menyelesaikan masalah
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menjelaskan Konsep Aljabar Relasional dengan Menunjukan Berbagai Operasi Dasar AR 3 x 50 |
Materi: Aljabar Relasional (AR) Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan query dengan notasi Aljabar Relasional (AR) |
- Mahasiswa dapat menulis algoritma pemecahan masalah dengan AR
- Mahasiswa dapat menterjemahkan simbol AR kedalam sintaks SQL sederhana
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Mengerjakan soal AR dengan berbagai operasi, serta penjelasan bagaimana mengkonversi simbol AR kedalam bahasa SQL 3 x 50 |
Materi: Aljabar Relasional (AR) Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menulis query dengan SQL (Structured Query Language) |
- Mahasiswa dapat menyebutkan sintaks SQL untuk DDL
- Mahasiswa dapat menyebutkan sintaks SQL untuk DML
- Mahasiswa dapat menggunakan Query Builder dalam aplikasi RDBMS
- Mahasiswa dapat menuliskan sintaks SQL untuk menyelesaikan masalah
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menjelaskan konsep sintaks SQL baik untuk DDL maupun DML dan dilengkapi dengan contoh penulisannya dan hasil eksekusinya dalam program aplikasi 3 x 50 |
Materi: SQL Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menulis query dengan SQL kompleks |
- Mahasiswa dapat membedakan berbagai jenis sintaks SQL untuk DML
- Mahasiswa dapat menunjukkan berbagai function, operator dan parameter SQL
- Mahasiswa dapat menulis sintaks SQL untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Membahas berbagai jenis query, join, where condition, function, operation and parameter dalam sintaks SQL 3 x 50 |
Materi: SQL Kompleks Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana |
- Mahasiswa dapat membuat tabel dalam softwate DBMS
- Mahasiswa dapat membuat Query dalam software RDBMS
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menunjukkan bagaimana membuat tabel dan diagram relationship dalam aplikasi RDBMS serta dijelaskan dasar pembuatan Query untuk membuat form/report 3 x 50 |
Materi: Penggunaan Software RDBMS Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana |
- Mahasiswa dapat membuat tabel dalam softwate DBMS
- Mahasiswa dapat membuat Query dalam software RDBMS
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menunjukkan bagaimana membua form dan report 3 x 50 |
Materi: Penggunaan Software RDBMS Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana |
Mahasiswa dapat membuat Switchboard aplikasi dengan software RDBMS |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL) 3 x 50 |
Menunjukkan bagaimana membuat form untuk switchboard manager/ main menu 3 x 50 |
Materi: Penggunaan Software RDBMS Pustaka: |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan Hasil Project Akhir dalam pembuatan RDBMS |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning (PBL) 2 x 50 |
UAS 2 x 50 |
Materi: UAS Pustaka: |
25% |