Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Basis Data

5720103199

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu membangun, mengelola, menggunakan dan mengamankan database dengan alat dan teknik dalam sistem basis data yang akan menghasilkan model relasional

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan Relational Database Management System (RDBMS) untuk membuat sistem basis data sederhana

PO - 2

Mahasiswa mamahami konsep normalisasi basis data sebagai bagian dari metode pengujian kualitas rancangan basis data

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7
PO-1
PO-2

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dan definisi dari basis data, mulai dari komponen penyusun basis data, arsitektur dan perancanganbasis data dengan menggunakan pendekatan model relasional ( entity relationship diagram). Selain itu dibahas tentang konsep mapping antaramodel konseptual kedalam model fisik basis data. Selanjutnya dikenalkan konsep normalisasi basis data sebagai bagian dari metode pengujiankualitas rancangan basis data. Setelah itu dipelajari konsep pengolahan basis data dengan pendekatan notasi aljabar relasional yang diperkuat dengan pengenalan konsep dan implementasi penggunaan bahasa query (SQL) melalui DDL dan DML.

Pustaka

Utama :

  1. Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
  2. Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom.

Monica Cinthya, M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep basis data

  1. Mahasiswa dapat menyimpulkan definisi basis data
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan komponen penyusun basis data
  3. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip basis data
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai contoh penerapan basis data
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL)
3x50
Menjelaskan materi pembelajaran secara rinci mulai dari berbagai definisi basis data, sejarah basis data, komponen penyusun, arsitektur basis data dan berbagai penerapan basis data
3x50
Materi: Pengenalan Basis Data
Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
8%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu merancang model konseptual basis data relasional

  1. Mahasiswa dapat mendefinisikan simbol ERD
  2. Mahasiswa mampu mendefinisikan dalam dunia nyata menjadi simbol ERD
  3. Mahasiswa dapat menggunakan simbol ERD untuk menggambarkan model konseptual dari studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menjelaskan materi mengenai simbol-simbol dalam perancangan model basis data relasional dengan menggunakan ERD
3 x 50
Materi: Merancang model konseptual basis data relasional
Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu melakukan mapping dari model konseptual ke dalam model fisik dari basis data

  1. Mahasiswa dapat menggunakan software DIA untuk menggambarkan CDM sebuah studi kasus
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan aturan-aturan mapping CDM ke PDM
  3. Mahasiswa dapat menggunakan aturan mapping untuk menggambarkan model fisik basis data dari sebuah studi kasus
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL)
3x50
Latihan studi kasus mengenai penggunaan simbol ERD untuk menggambar CDM dengan menggunakan software DIA. Selanjutnya, dijelaskan mengenai konsep mapping dari CDM ke PDM
3x50
Materi: Mapping
Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan perancangan basis data dengan metode ERD

  1. Mahasiswa dapat menterjemahkan hasil analisis sistem ke dalam konsep ERD
  2. Mahasiswa dapat menterjemahkan hasil konsep ERD kedalam basis data berupa tabel-tabel
  3. Mahasiswa dapat menentukan relasi antar tabel
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Memberikan berbagai studi kasus yang diilustrasikan dalam bentuk penyelesaian masalah melalui sebuah contoh dan soal latihan
3 x 50
Materi: Konsep ERD
Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menggunakan program aplikasi tertentu untuk perancangan basis data

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai perangkat lunak database designer
  2. Mahasiswa dapat menggambarkan CDM dengan menggunakan software
  3. Mahasiswa dapat merubah CDM menjadi PDM dengan menggunakan software.
  4. Mahasiswa dapat melakukan koneksi dari rancangan kedalam software RDBMS

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menjelaskan fitur dari software database designer dan bagaimana menggunakannya untuk menyelesaikan kasus perencangan CDM, PDM sampai koneksi ke dalam software RDBMS
3 x 50
Materi: Penggunaan Program Aplikasi Microsoft Access
Pustaka:
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu merancang basis data dengan teknik normalisasi

  1. Mahasiswa dapat menunjukan FD dari sebuah tabel
  2. Mahasiswa dapat membedakan bentuk-bentuk normalisasi
  3. Mahasiswa dapat melakukan normalisasi tabel
Kriteria:

-

Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menjelaskan konsep Functional Dependency (FD) dan berbagai bentuk normalisasi mulai dari bentuk normal pertama (1st NF) sampai dengan bentuk normal ke lima (5th NF)
3 x 50
Materi: Normalisasi
Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan perancangan basis data dengan teknik normalisasi

  1. Mahasiswa dapat menunjukan FD dari sebuah tabel
  2. Mahasiswa dapat membedakan kondisi kenormalan dari sebuah tabel
  3. Mahasiswa dapat melakukan normalisasi tabel
  4. Mahasiswa dapat menggambar skema relasi tabel hasil normalisasi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL),
Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menyajikan berbagai bentuk formulir yang ada disekitar kita dan bagaimana melakukan proses dekomposisi informasi sampai dengan menghasilkan model perancangan basis data secara fisik
3 x 50
Materi: Normalisasi
Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

  1. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan terkait konsep dasar basis data
  2. Mahasiswa dapat memecahkan masalah perancangan basis data dengan teknik ERD
  3. Mahasiswa dapat memecahkan masalah perancangan basis data dengan teknik Normalisasi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Virtual Learning
2 x 50
UTS
2 x 50
Materi: UTS
Pustaka:
25%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menulis algoritma query melalui aljabar relasional

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan operator dasar dalam Aljabar Relasional (AR)
  2. Mahasiswa dapat menggunakan simbol AR untuk menyelesaikan masalah
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menjelaskan Konsep Aljabar Relasional dengan Menunjukan Berbagai Operasi Dasar AR
3 x 50
Materi: Aljabar Relasional (AR)
Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memecahkan permasalahan query dengan notasi Aljabar Relasional (AR)

  1. Mahasiswa dapat menulis algoritma pemecahan masalah dengan AR
  2. Mahasiswa dapat menterjemahkan simbol AR kedalam sintaks SQL sederhana
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Mengerjakan soal AR dengan berbagai operasi, serta penjelasan bagaimana mengkonversi simbol AR kedalam bahasa SQL
3 x 50
Materi: Aljabar Relasional (AR)
Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menulis query dengan SQL (Structured Query Language)

  1. Mahasiswa dapat menyebutkan sintaks SQL untuk DDL
  2. Mahasiswa dapat menyebutkan sintaks SQL untuk DML
  3. Mahasiswa dapat menggunakan Query Builder dalam aplikasi RDBMS
  4. Mahasiswa dapat menuliskan sintaks SQL untuk menyelesaikan masalah
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menjelaskan konsep sintaks SQL baik untuk DDL maupun DML dan dilengkapi dengan contoh penulisannya dan hasil eksekusinya dalam program aplikasi
3 x 50
Materi: SQL
Pustaka: Elmasri & Navathe.2016.Fundamental of Database Systems, 7th edition.Edinburg : Pearson Education Limited
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menulis query dengan SQL kompleks

  1. Mahasiswa dapat membedakan berbagai jenis sintaks SQL untuk DML
  2. Mahasiswa dapat menunjukkan berbagai function, operator dan parameter SQL
  3. Mahasiswa dapat menulis sintaks SQL untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Membahas berbagai jenis query, join, where condition, function, operation and parameter dalam sintaks SQL
3 x 50
Materi: SQL Kompleks
Pustaka: Ramakrishnan, Raghu, Gehrke, Johannes.2003.Database Management Systems, 3rd Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana

  1. Mahasiswa dapat membuat tabel dalam softwate DBMS
  2. Mahasiswa dapat membuat Query dalam software RDBMS

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menunjukkan bagaimana membuat tabel dan diagram relationship dalam aplikasi RDBMS serta dijelaskan dasar pembuatan Query untuk membuat form/report
3 x 50
Materi: Penggunaan Software RDBMS
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana

  1. Mahasiswa dapat membuat tabel dalam softwate DBMS
  2. Mahasiswa dapat membuat Query dalam software RDBMS

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menunjukkan bagaimana membua form dan report
3 x 50
Materi: Penggunaan Software RDBMS
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menggunakan RDBMS untuk membuat sistem basis data sederhana

Mahasiswa dapat membuat Switchboard aplikasi dengan software RDBMS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem-Based Learning (PBL)
3 x 50
Menunjukkan bagaimana membuat form untuk switchboard manager/ main menu
3 x 50
Materi: Penggunaan Software RDBMS
Pustaka:
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan Hasil Project Akhir dalam pembuatan RDBMS

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning (PBL)
2 x 50
UAS
2 x 50
Materi: UAS
Pustaka:
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 41.49%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53.99%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5.49%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.