Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

civil society dan pemberdayaan masyarakat

6720102017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

2 Agustus 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mi’rojul Huda




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Memahami konsep-konsep dasar, teori dan dasar metodologi ilmu politik. (CPL Asosiasi)

PLO-10

Mampu mengembangkan diri secara profesional sebagai ilmuan, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, praktisi, dan komunikator politik yang adaptif terhadap perkembangan industri politik di tengah dinamika kebangsaan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami pengertian dan model gerakan civil society sebagai gerakan masyarakat.

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami strategi dan metode pemberdayaan masyarakat

PO - 3

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan yang berlangsung di masyarakat

PO - 4

Mahasiswa dapat menyumbangkan ide-ide kreatif terkait upaya dana kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang gerakan civil society serta strategis dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Teknik dan strategi dalam melakukan pemberdayaan masyarakat diperlukan dengan memaknai masyarakat sebagai ‘subjek’. Oleh karena itu, studi pemberdayaan dan bentuk-bentuk partisipasi diperlukan. Perkuliahan ini juga akan memberi pengenalan lebih jauh mengenai berbagai gerakan civil society yang telah terjadi dan berbagai bentuk serta gerakan pemberdayaan yang telah dilakukan.

Pustaka

Utama :

  1. Lutfi J Kurniawa. 2012. Negara, civil society dan demokratisasi : membangun gerakan sosial dan solidaritas sosial dalam merebut perubahan. Intras press
  2. Muhammad. 2018. Perubahan Sosial Pergeseran Paradigma Masyarakat Tradisional dalam Perkembangan Modernitas. Pustaka Pelajar.
  3. Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.
  4. Mardikanto, Totok & Poerwoko Soebiato. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.
  5. Soetomo. 2015. Pemberdayaan Masyarakat: Mungkinkah Muncul Antitesisnya? Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Suhaimi, Ahmad. 2016. Buku Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Yogyakarta: Dee Publish.
  8. Wrihatnolo, Randi R dan Riant Nugroho D. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  9. Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR),

Pendukung :

  1. . Amien, A.M. 2005. Kemandirian Lokal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Tjokrowinoto, P. 2004. Pembangunan, Dilema, dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dosen Pengampu

Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si.

Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan

  1. Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan.
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
60 menit

Materi: Silabus singkat, Rencana Penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak Perkuliahan
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami pengertian civil society

  1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian civil soviety
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep civil society sebagai gerakan sosial
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
60 menit

Materi: Pemberdayaan sebagai Pembangunan Masyarakat
Pustaka:

Materi: Mardikanto, Totok & Poerwoko Soebiato. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.
Pustaka:

Materi: Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Memahami dimensi- dimensi Pemberdayaan Masyarakat & Civil Society dalam perspektif demokratisasi.

  1. Ketepatan dalam memahami konsep civil society
  2. Ketepatan dalam menjelaskan dimensi pemberdayaan masyarakat dan civil society dalam perspektif demokratisasi
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
60 Menit

Materi: Konsep utama Kekuatan Politik. 1. Partai politik 2. Birokrasi 3. Civil Society 4. Elit Sosial
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan menganalisis Negara, Pasar, dan Civil Society

Ketetapan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
DL PBL Penugasan Mahasiswa
1 x (2x50) menit

Materi: Negara, Pasar dan Civil Society
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami pengelolaan sumber daya, baik itu sumber daya produksi maupun sumber daya lokal, dan memahami karekteristik pengelolaan sumber daya berbasis komunitas.

Respon aktif mahasiswa di kelas.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
120 menit

Materi: Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Komunitas
Pustaka:

Materi: Suhaimi, Ahmad. 2016. Buku Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Yogyakarta: Dee Publish.
Pustaka:
3%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami prinsip-prinsip dalam proses pemberdayaan; pendekatan-pendekatan yang dalam pemberdayaan, dan strategi-strategi pemberdayaan masyarakat.

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab.
120 menit

Materi: Prinsip, Pendekatan dan Strategi dalam Pemberdayaan Masyarakat
Pustaka:

Materi: Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.
Pustaka:
3%

7

Minggu ke 7

Mampu mengetahui ragam metode pemberdayaan masyarakat.

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: Metode Pemberdayaan Masyarakat
Pustaka:

Materi: Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.
Pustaka:
4%

8

Minggu ke 8

UTS

Uts

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
120 menit

Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami tentang Politik Islam Kontemporer

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaika n gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
- Diskusi tanya jawab
120 menit

Materi: Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES.
Pustaka:

Materi: Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE
Pustaka:
4%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis dan mengevaluasi kegiatan di sektor agraris atau pertanian (penugasan kelompok).

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab
120

Materi: Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley- Blackwell: John Wiley Publication
Pustaka:
4%

11

Minggu ke 11

Mampu keberpihakan agama kepada rakyat

  1. Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
  2. Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab
120

Materi: Gaus Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press
Pustaka:
4%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan masyaraat melalui ekonomi kreatif (penugasan kelompok)

Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab
120 menit

Materi: Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif/ Bahan kajian (pustaka) dibebaskan sesuai pilihan mahasiswa/mahasiswi
Pustaka:
4%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis praktik pemberdayaan masyarakat, baik oleh pemerintah, maupun pihak swasta dengan kunjungan langsung ke lokasi pemberdayaan masyarakat.

Mahasiswa dapat memahami strategi dan metode pemberdayaan yang dilaksanakan.

Kriteria:

Kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaa n masyarakat


Bentuk Penilaian :
Tes
- Pengamatan langsung ke lokasi pemberdaya an masyarakat
- Diskusi tanya jawab
120 menit

Materi: Praktikum
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Mampu berpartisipasi dalam webinar atau kuliah umum pemberdayaan masyarakat bersama aktor/fasilitator pemberdayaan masyarakat.

Respon aktif mahasiswa saat webinar atau kuliah umum pemberdayaan masyarakat.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Tatap muka langsung atau tidak langsung
-Ceramah dan tanya jawab
120 menit

Materi: Kuliah Tamu/Webinar: Pemberdayaan Masyarakat
Pustaka:
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menjawab soal- soal essai sebagai tugas Ujian Akhir Semester

Pengerjaan soal- soal essai sesuai indikator penilaian yang ditetapkan dosen pengampu

Kriteria:

Ketepatan jawaban essai sesuai indikator-indikator penilaian yang ditetapkan dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Jawaban terhadap soal-soal esai.
120 menit

Materi: Persiapan Ujian Akhir Semester
Pustaka:
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

Materi: Ujian Akhir Semestar
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26%
2. Tes 74%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.