
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
civil society dan pemberdayaan masyarakat |
6720102017 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
2 Agustus 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mi’rojul Huda
|
.......................................
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Memahami konsep-konsep dasar, teori dan dasar metodologi ilmu politik. (CPL Asosiasi) |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan diri secara profesional sebagai ilmuan, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, praktisi, dan komunikator politik yang adaptif terhadap perkembangan industri politik di tengah dinamika kebangsaan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian dan model gerakan civil society sebagai gerakan masyarakat.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat memahami strategi dan metode pemberdayaan masyarakat
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan yang berlangsung di masyarakat
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menyumbangkan ide-ide kreatif terkait upaya dana kegiatan pemberdayaan masyarakat.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang gerakan civil society serta strategis dalam melakukan pemberdayaan masyarakat. Teknik dan strategi dalam melakukan pemberdayaan masyarakat diperlukan dengan memaknai masyarakat sebagai ‘subjek’. Oleh karena itu, studi pemberdayaan dan bentuk-bentuk partisipasi diperlukan. Perkuliahan ini juga akan memberi pengenalan lebih jauh mengenai berbagai gerakan civil society yang telah terjadi dan berbagai bentuk serta gerakan pemberdayaan yang telah dilakukan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lutfi J Kurniawa. 2012. Negara, civil society dan demokratisasi : membangun gerakan sosial dan solidaritas sosial dalam merebut perubahan. Intras press
- Muhammad. 2018. Perubahan Sosial Pergeseran Paradigma Masyarakat Tradisional dalam Perkembangan Modernitas. Pustaka Pelajar.
- Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press.
- Mardikanto, Totok & Poerwoko Soebiato. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.
- Soetomo. 2015. Pemberdayaan Masyarakat: Mungkinkah Muncul Antitesisnya? Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Suhaimi, Ahmad. 2016. Buku Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Yogyakarta: Dee Publish.
- Wrihatnolo, Randi R dan Riant Nugroho D. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Feulner, Frank. 2001. “Consolidating Democracy in Indonesia: Contributions of Civil Society and State. Part One: Civil Society”, United Nations Support Facility for Indonesian Recovery (UNSFIR),
|
Pendukung : |
|
- . Amien, A.M. 2005. Kemandirian Lokal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Tjokrowinoto, P. 2004. Pembangunan, Dilema, dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Dosen Pengampu
|
Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si. Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan |
- Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan.
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 60 menit |
|
Materi: Silabus singkat, Rencana Penugasan Pustaka: Materi: Kontrak Perkuliahan Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami pengertian civil society |
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian civil soviety
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep civil society sebagai gerakan sosial
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 60 menit |
|
Materi: Pemberdayaan sebagai Pembangunan Masyarakat Pustaka: Materi: Mardikanto, Totok & Poerwoko Soebiato. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta. Pustaka: Materi: Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dimensi- dimensi Pemberdayaan Masyarakat & Civil Society dalam perspektif demokratisasi. |
- Ketepatan dalam memahami konsep civil society
- Ketepatan dalam menjelaskan dimensi pemberdayaan masyarakat dan civil society dalam perspektif demokratisasi
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 60 Menit |
|
Materi: Konsep utama Kekuatan Politik. 1. Partai politik 2. Birokrasi 3. Civil Society 4. Elit Sosial Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan menganalisis Negara, Pasar, dan Civil Society |
Ketetapan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
DL PBL Penugasan Mahasiswa 1 x (2x50) menit |
|
Materi: Negara, Pasar dan Civil Society Pustaka: |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami pengelolaan sumber daya, baik itu sumber daya produksi maupun sumber daya lokal, dan memahami karekteristik pengelolaan sumber daya berbasis komunitas. |
Respon aktif mahasiswa di kelas. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 120 menit |
|
Materi: Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Komunitas Pustaka: Materi: Suhaimi, Ahmad. 2016. Buku Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Konsep Pembangunan Partisipatif Wilayah Pinggiran dan Desa. Yogyakarta: Dee Publish. Pustaka: |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami prinsip-prinsip dalam proses pemberdayaan; pendekatan-pendekatan yang dalam pemberdayaan, dan strategi-strategi pemberdayaan masyarakat. |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab. 120 menit |
|
Materi: Prinsip, Pendekatan dan Strategi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pustaka: Materi: Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press. Pustaka: |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengetahui ragam metode pemberdayaan masyarakat. |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Metode Pemberdayaan Masyarakat Pustaka: Materi: Hikmat, Harry. 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press. Pustaka: |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Uts |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami tentang Politik Islam Kontemporer |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaika n gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
- Diskusi tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Mubarak, MZ. 2004. Geneologi Islam Radikal di Indonesia. Jakarta: LPES. Pustaka: Materi: Diamond, L .2003. Developing Democracy. Yogyakarta: IRE Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis dan mengevaluasi kegiatan di sektor agraris atau pertanian (penugasan kelompok). |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan
|
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab 120 |
|
Materi: Castellss,Manuel . 2010. The Power of identity. Wiley- Blackwell: John Wiley Publication Pustaka: |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu keberpihakan agama kepada rakyat |
- Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan
- Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan.
|
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Tes |
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab 120 |
|
Materi: Gaus Gilbert,Paul. 2010. Cultural Identity and Political Ethics. Edinburg: Edinburg University Press Pustaka: |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pemberdayaan masyaraat melalui ekonomi kreatif (penugasan kelompok) |
Ketepatan memahami dan membuat materi yang diberikan Penjelasan dan analisis yang sesuai dengan materi yang dipresentasikan. |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
-Pembuatan makalah tugas kelompok dan presentasi tugas kelompok
-Diskusi tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif/ Bahan kajian (pustaka) dibebaskan sesuai pilihan mahasiswa/mahasiswi Pustaka: |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis praktik pemberdayaan masyarakat, baik oleh pemerintah, maupun pihak swasta dengan kunjungan langsung ke lokasi pemberdayaan masyarakat. |
Mahasiswa dapat memahami strategi dan metode pemberdayaan yang dilaksanakan. |
Kriteria:
Kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaa n masyarakat Bentuk Penilaian : Tes |
- Pengamatan langsung ke lokasi pemberdaya an masyarakat
- Diskusi tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Praktikum Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu berpartisipasi dalam webinar atau kuliah umum pemberdayaan masyarakat bersama aktor/fasilitator pemberdayaan masyarakat. |
Respon aktif mahasiswa saat webinar atau kuliah umum pemberdayaan masyarakat. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-Tatap muka langsung atau tidak langsung
-Ceramah dan tanya jawab 120 menit |
|
Materi: Kuliah Tamu/Webinar: Pemberdayaan Masyarakat Pustaka: |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjawab soal- soal essai sebagai tugas Ujian Akhir Semester |
Pengerjaan soal- soal essai sesuai indikator penilaian yang ditetapkan dosen pengampu |
Kriteria:
Ketepatan jawaban essai sesuai indikator-indikator penilaian yang ditetapkan dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Jawaban terhadap soal-soal esai. 120 menit |
|
Materi: Persiapan Ujian Akhir Semester Pustaka: |
4% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
|
Materi: Ujian Akhir Semestar Pustaka: |
30% |