
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Karakter |
6220103168 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Insyirah Putikadea, S.E., M.A., CPA
|
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Ak
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, nilai-nilai budaya nasiona dan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
|
PO - 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
|
PO - 3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
|
PO - 4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-3 | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai pengembangan karakter yang mencakup pemahaman tentang bagaimana sikap dan perilaku harus diwujudkan dalam konteks yang tepat, serta bertujuan untuk mengembangkan karakter pribadi yang handal dan tangguh, berjiwa kepemimpinan, memiliki kepercayaan diri, mudah beradaptasi dan inisiatif. Selain itu, mata kuliah ini juga berfokus pada pembentukan identitas diri yang kuat sesuai dengan kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang dimiliki yang akan mendukung kesuksesan di bidang profesional dalam dunia kerja. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
- Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
- Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication
- Timothy Wibowo. Success Begins with Character
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami sikap dan perilaku dalam konteks yang tepat |
- 1. Kontrak perkuliahanKetepatan memahami konsep sikap dan perilaku Ketepatan memahami dan menganalisi konsep diri serta manajemen waktu
- 2. Ketepatan memahami konsep sikap dan perilaku
- 3. Ketepatan memahami dan menganalisi konsep diri serta manajemen waktu
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
|
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami kemampuan interpersonal dan intrapersonal dalam dunia kerja |
- 1. Ketepatan memahami konsep interpersonal
- 2. Ketepatan Memahami konsep intrapersonal
- 3. Ketepatan Menjelaskan kecerdasan emosional
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisas 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 X 50 |
Materi: Personality Development & Character Pustaka: Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami kemampuan interpersonal dan intrapersonal dalam dunia kerja |
- Ketepatan memahami konsep interpersonal
- Ketepatan Memahami konsep intrapersonal
- Ketepatan Menjelaskan kecerdasan emosional
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisas 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 X 50 |
Materi: Personality Development & Character Pustaka: Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan mengembangkan kesiapan mental sebagai pribadi yang handal dan tangguh |
- Ketepatan menjelaskan konsep hardskill dalam dunia kerja
- Ketepatan Menjelaskan peranan softskill dan hardskill dalam dunia kerja
- Ketepatan Memahami fungsi softskill dan hardskill dalam dunia kerja
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami dan mengembangkan kesiapan mental sebagai pribadi yang handal dan tangguh |
- Ketepatan menjelaskan konsep hardskill dalam dunia kerja
- Ketepatan Menjelaskan peranan softskill dan hardskill dalam dunia kerja
- Ketepatan Memahami fungsi softskill dan hardskill dalam dunia kerja
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif |
- 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
- 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
- 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif |
- 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
- 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
- 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif |
- 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
- 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
- 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personal Development Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter personal dalam berpikir kritis dan analitis |
- 1. Ketepatan memahami konsep berpikir kritis
- 2. Ketepatan menerapkan perilaku berpikir analitis dalam suatu kondisi
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Analysis & Critical Thinking Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter dalam membangun hubungan sesuai kebutuhan dunia kerja |
- 1. Ketepatan memahami konsep hubungan bisnis
- 2. Ketepatan menerapkan cara membangun hubungan sukses
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Character Development on the Workplace Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang adaptif dalam dunia kerja |
- 1. Ketepatan memahami cara bergaul dalam dunia kerja
- 2. Ketepatan menciptakan budaya excellent
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Character Development on the Workplace Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memotivasi diri dan mengembangkan karakter leadership |
- Ketepatan memahami karakter individu
- Ketepatan memotivasi diri
- Ketepatan memahami konsep kepemimpinan
- Ketepatan menerapkan karakter kepemimpinan dalam dunia kerja
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Leadership Character Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan mengembangkan karakter percaya diri dalam dunia kerja |
- Ketepatan memahami perilaku personal
- Ketepatan mengembangkan kepercayaan diri dalam dunia kerja guna menunjang karir profesional
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Character Development Pustaka: Timothy Wibowo. Success Begins with Character |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami dan mengembangkan diri sebagai profesional yang sukses dalam karir |
- Ketepatan memahami konsep kesuksesan
- Ketepatan memahami manajemen sukses
- Ketepatan mengelola dan mengembangkan diri dalam pencapaian prestasi
- Ketepatan pengembangan hardskill dan softskill dalam rangka mencapai prestasi profesional
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Personality Development & Character Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan kemampuan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis |
- Ketepatan menjelaskan konsep komunikasi bisnis
- Ketepatan memahami konsep negosiasi bisnis
- Ketepatan mengimplementasikan komunikasi dan negosiasi dalam dunia profesional
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Menyusun draft laporan akhir 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Leadership Character Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menerapkan kemampuan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis |
- Ketepatan menjelaskan konsep komunikasi bisnis
- Ketepatan memahami konsep negosiasi bisnis
- Ketepatan mengimplementasikan komunikasi dan negosiasi dalam dunia profesional
|
Kriteria:
Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan
Proyek Mahasiswa: Menyusun draft laporan akhir 3 x 50 |
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA 3 x 50 |
Materi: Leadership Character Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge |
10% |