Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Karakter

6220103168

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Insyirah Putikadea, S.E., M.A., CPA




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Ak




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, nilai-nilai budaya nasiona dan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PO - 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PO - 3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai pengembangan karakter yang mencakup pemahaman tentang bagaimana sikap dan perilaku harus diwujudkan dalam konteks yang tepat, serta bertujuan untuk mengembangkan karakter pribadi yang handal dan tangguh, berjiwa kepemimpinan, memiliki kepercayaan diri, mudah beradaptasi dan inisiatif. Selain itu, mata kuliah ini juga berfokus pada pembentukan identitas diri yang kuat sesuai dengan kemampuan intrapersonal dan interpersonal yang dimiliki yang akan mendukung kesuksesan di bidang profesional dalam dunia kerja.

Pustaka

Utama :

  1. Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
  2. Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
  3. Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication
  4. Timothy Wibowo. Success Begins with Character

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami sikap dan perilaku dalam konteks yang tepat

  1. 1. Kontrak perkuliahanKetepatan memahami konsep sikap dan perilaku Ketepatan memahami dan menganalisi konsep diri serta manajemen waktu
  2. 2. Ketepatan memahami konsep sikap dan perilaku
  3. 3. Ketepatan memahami dan menganalisi konsep diri serta manajemen waktu
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
10%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami kemampuan interpersonal dan intrapersonal dalam dunia kerja

  1. 1. Ketepatan memahami konsep interpersonal
  2. 2. Ketepatan Memahami konsep intrapersonal
  3. 3. Ketepatan Menjelaskan kecerdasan emosional

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisas
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 X 50
Materi: Personality Development & Character
Pustaka: Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami kemampuan interpersonal dan intrapersonal dalam dunia kerja

  1. Ketepatan memahami konsep interpersonal
  2. Ketepatan Memahami konsep intrapersonal
  3. Ketepatan Menjelaskan kecerdasan emosional
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisas
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 X 50
Materi: Personality Development & Character
Pustaka: Vishakha. 2024. Personality Development and Character Building. Agra: Shree Vinayak Publication
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan mengembangkan kesiapan mental sebagai pribadi yang handal dan tangguh

  1. Ketepatan menjelaskan konsep hardskill dalam dunia kerja
  2. Ketepatan Menjelaskan peranan softskill dan hardskill dalam dunia kerja
  3. Ketepatan Memahami fungsi softskill dan hardskill dalam dunia kerja
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan mengembangkan kesiapan mental sebagai pribadi yang handal dan tangguh

  1. Ketepatan menjelaskan konsep hardskill dalam dunia kerja
  2. Ketepatan Menjelaskan peranan softskill dan hardskill dalam dunia kerja
  3. Ketepatan Memahami fungsi softskill dan hardskill dalam dunia kerja
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif

  1. 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
  2. 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
  3. 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif

  1. 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
  2. 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
  3. 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

8

Minggu ke 8

Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang inisiatif

  1. 1. Ketepatan dalam memahami konsep inisiatif
  2. 2. Ketepatan dalam memahami personal excellent
  3. 3. Ketepatan dalam menentukan dan mencapai sasaran
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personal Development
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami dan mengembangkan karakter personal dalam berpikir kritis dan analitis

  1. 1. Ketepatan memahami konsep berpikir kritis
  2. 2. Ketepatan menerapkan perilaku berpikir analitis dalam suatu kondisi
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Analysis & Critical Thinking
Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami dan mengembangkan karakter dalam membangun hubungan sesuai kebutuhan dunia kerja

  1. 1. Ketepatan memahami konsep hubungan bisnis
  2. 2. Ketepatan menerapkan cara membangun hubungan sukses

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Character Development on the Workplace
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan mengembangkan karakter sebagai individu yang adaptif dalam dunia kerja

  1. 1. Ketepatan memahami cara bergaul dalam dunia kerja
  2. 2. Ketepatan menciptakan budaya excellent
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Character Development on the Workplace
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memotivasi diri dan mengembangkan karakter leadership

  1. Ketepatan memahami karakter individu
  2. Ketepatan memotivasi diri
  3. Ketepatan memahami konsep kepemimpinan
  4. Ketepatan menerapkan karakter kepemimpinan dalam dunia kerja
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Leadership Character
Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
5%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan mengembangkan karakter percaya diri dalam dunia kerja

  1. Ketepatan memahami perilaku personal
  2. Ketepatan mengembangkan kepercayaan diri dalam dunia kerja guna menunjang karir profesional
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Character Development
Pustaka: Timothy Wibowo. Success Begins with Character
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami dan mengembangkan diri sebagai profesional yang sukses dalam karir

  1. Ketepatan memahami konsep kesuksesan
  2. Ketepatan memahami manajemen sukses
  3. Ketepatan mengelola dan mengembangkan diri dalam pencapaian prestasi
  4. Ketepatan pengembangan hardskill dan softskill dalam rangka mencapai prestasi profesional
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan pengembangan karakter di lingkungan organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Personality Development & Character
Pustaka: Roel Grit, Roulie Guit & Nico Van Der Sijt. 2019. Managing Your Competencies: Personal Development Plan. Noordhoff Uitgevers
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menerapkan kemampuan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan konsep komunikasi bisnis
  2. Ketepatan memahami konsep negosiasi bisnis
  3. Ketepatan mengimplementasikan komunikasi dan negosiasi dalam dunia profesional
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Menyusun draft laporan akhir
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Leadership Character
Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
10%

16

Minggu ke 16

Mampu menerapkan kemampuan komunikasi dan negosiasi dalam bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan konsep komunikasi bisnis
  2. Ketepatan memahami konsep negosiasi bisnis
  3. Ketepatan mengimplementasikan komunikasi dan negosiasi dalam dunia profesional
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Menyusun draft laporan akhir
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Leadership Character
Pustaka: Mary Crossan, Gerard Seijts & Jeffrey Gandz. 2016. Developing Leadership Character. New York: Routledge
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.