Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Kurikulum

8620320241

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

2

14 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, M.Pd




Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan

PLO-8

Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep, prinsip, komponen, landasan, dasar-dasar serta pengembangannya dalam perkembangan Kurikulum di Indonesia

PO - 2

Menguasai desain kurikulum pada setiap satuan Pendidikan dengan cased method

PO - 3

Menguasai model-model dan organisasi pengembangan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi informasi

PO - 4

Melakukan evaluasi model evaluasi dan pengembangan kurikulum

PO - 5

Melakukan pengembangan kurikulum baik di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan model pengembangan kurikulum

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip, komponen, landasan, dimensi, orientasi, evaluasi, pengembangan, telaah kurikulum di tingkat satuan pendidikan, serta memperaktekkan model-model evaluasi dan pengembangan kurikulum.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press.
  2. 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
  3. 3. Daugherty,E. 2001. Shifting Gears: Standards, assessment, curriculum, and instruction. Fulcom Publishers.
  4. 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin
  5. 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education.
  6. 6. Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press.
  7. 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
  8. 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. 9. Reigeluth, C. M., & Karnopp, J. R. (2020). Vision and Action: Reinventing Schools through Personalized Competency‑Based Education. Bloomington, IN: Marzano Resource
  10. 10. Fan, G., & Popkewitz, T. S. (Eds.). (2020). Handbook of Education Policy Studies. School/University, Curriculum, and Assessment, Vol. 2. Springer
  11. 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.

Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa menganalisis konsep dasar dan dimensi kurikulum

  1. Menjelaskan Pengertian kurikulum berbagai ahli dan undang-undang
  2. Menceritakan perkembangan kurikulum di Indonesia
  3. Menjelasakan Paradigma pembelajaran
  4. Menjelasakan Hubungan kurikulum dan pembelajaran
  5. Membedakan konsep Kurikulum sebagai ide, rencana, kegiatan pembelajaran, hasil belajar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum
Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum
Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education.
0%

2

Minggu ke 2

    1. Membedakan Organisasi kurikulum ditinjau dari isi dapat diklasifikasikan menjadi 4 yaitu: correlated curriculum, Concentrated curriculum, Integrated curriculum, Problem solving curriculum
    2. Mengkaji Prinsip manajemen kurikulum
    3. Menjelaskan kurikulum sebagai tujuan, bahan, metode dan evaluasi pada komponen kurikulum
    4. Mengidentifikasi komponen kurikulum dari segi tujuan, bahan, metode dan evaluasi

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    luring

    Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum
    Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum
    Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education.

    Materi: Organisasi kurikulum
    Pustaka:
    0%

    3

    Minggu ke 3

    Mahasiswa mampu menelaah kurikulum pada satuan pendidikan dan merekomendasikan model-model Kurikulum

    1. Mengidentifikasi Model kurikulum:Model subjek akademik Model humanistic, model rekonstruksi social, IPTEKS
    2. Menelaah karakteristik masing-masing model kurikulum

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
    Luring

    Materi: model kurikulum
    Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    5%

    4

    Minggu ke 4

    Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum

    1. melakukan analisis kurikulum di sekolah
    2. melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
    Kriteria:

    Kesesuan menganalisis


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Luring

    Materi: analisis kurikulum
    Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval
    5%

    5

    Minggu ke 5

    Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum

    1. melakukan analisis kurikulum di sekolah
    2. melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
    Kriteria:

    Kesesuan menganalisis


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: analisis kurikulum
    Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval

    Materi: analisis kurikulum
    Pustaka:
    5%

    6

    Minggu ke 6

    1. Menjelaskan konsep evaluasi kurikulum
    2. Menjelaskan fungsi evaluasi kurikulum
    3. Menjelaskan tujuan evaluasi kurikulum
    4. Memberikan contoh-contoh bentuk evaluasi kurikulum
    5. Menjelaskan landasan evaluasi kurikulum
    6. Menjelaskan anatomi kurikulum
    7. Menyebutkan anatomi kurikulum
    Kriteria:

    Ketepatan dalam menjelaskan


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    luring

    Materi: anatomi kurikulum
    Pustaka: 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press.

    Materi: evaluasi kurikulum
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    5%

    7

    Minggu ke 7

    Mahasiswa dapat menentukan prosedur evaluasi dan menyusun instrumen evalaasi kurikulum

    1. Menjelaskan prosedur evaluasi kurikulum secara sistematis
    2. Memberikan contoh prosedur evaluasi kurikulum
    3. Mengembangkan kisi-kisi instrument evaluasi kurikulum
    4. Mengembangkan instrument evaluasi kurikulum \
    Kriteria:

    ketepatan dan kesesuaian menetapkan dan mengembangkan evaluasi kurikulum


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: prosedur evalausi kurikuum dan pengembangan instrumen
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    5%

    8

    Minggu ke 8

    1. Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
    2. Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
    3. Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
    4. Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
    5. Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    5%

    9

    Minggu ke 9

    Mendesain evaluasi kurikulum berdasarkan model kuantitatif dan kualitatif

    1. Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
    2. Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
    3. Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
    4. Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
    5. Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    10%

    10

    Minggu ke 10

    Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum

    1. Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
    2. Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
    Kriteria:

    ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum


    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: evaluasi kurikulum
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    10%

    11

    Minggu ke 11

    Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum

    1. Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
    2. Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
    Kriteria:

    ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum


    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: evaluasi kurikulum
    Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
    10%

    12

    Minggu ke 12

    Menganalisis landasan, prinsip, model konsep dan desain pengembangan kurikulum

    1. Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum
    2. menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
    3. memberikan contoh landasan pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
    4. memberikan contoh prinsip pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
    5. Menjelaskan model konsep kurikulum
    6. Mendeskripsikan desain kurikulum
    Kriteria:

    ketepatan dan kesesuaian menganalisis konsep pengembangan kurikulum


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    Materi: pengembangan kurikulum
    Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum

    1. Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
    2. Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: pengembangan kurikulum
    Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin

    Materi: pengembangan kurikulum model olyva
    Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum

    1. Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
    2. Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: pengembangan kurikulum
    Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin

    Materi: pengembangan kurikulum model olyva
    Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
    10%

    15

    Minggu ke 15

    Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum

    1. Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
    2. Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: pengembangan kurikulum
    Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin

    Materi: pengembangan kurikulum model olyva
    Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
    10%

    16

    Minggu ke 16

    Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum

    1. Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
    2. Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum

    Bentuk Penilaian :
    Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: pengembangan kurikulum
    Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin

    Materi: pengembangan kurikulum model olyva
    Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 11.67%
    2. Penilaian Portofolio 4.17%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 75%
    4. Tes 9.17%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.