
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Kurikulum |
8620320241 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
2 |
14 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, M.Pd
|
Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd
|
UTARI DEWI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep, prinsip, komponen, landasan, dasar-dasar serta pengembangannya dalam perkembangan Kurikulum di Indonesia
|
PO - 2 |
Menguasai desain kurikulum pada setiap satuan Pendidikan dengan cased method
|
PO - 3 |
Menguasai model-model dan organisasi pengembangan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi informasi
|
PO - 4 |
Melakukan evaluasi model evaluasi dan pengembangan kurikulum
|
PO - 5 |
Melakukan pengembangan kurikulum baik di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan model pengembangan kurikulum
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip, komponen, landasan, dimensi, orientasi, evaluasi, pengembangan, telaah kurikulum di tingkat satuan pendidikan, serta memperaktekkan model-model evaluasi dan pengembangan kurikulum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press.
- 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
- 3. Daugherty,E. 2001. Shifting Gears: Standards, assessment, curriculum, and instruction. Fulcom Publishers.
- 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin
- 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education.
- 6. Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press.
- 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
- 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- 9. Reigeluth, C. M., & Karnopp, J. R. (2020). Vision and Action: Reinventing Schools through Personalized Competency‑Based Education. Bloomington, IN: Marzano Resource
- 10. Fan, G., & Popkewitz, T. S. (Eds.). (2020). Handbook of Education Policy Studies. School/University, Curriculum, and Assessment, Vol. 2. Springer
- 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
LAMIJAN HADI SUSARNO BACHTIAR SYAIFUL BACHRI CITRA FITRI KHOLIDYA Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menganalisis konsep dasar dan dimensi kurikulum |
- Menjelaskan Pengertian kurikulum berbagai ahli dan undang-undang
- Menceritakan perkembangan kurikulum di Indonesia
- Menjelasakan Paradigma pembelajaran
- Menjelasakan Hubungan kurikulum dan pembelajaran
- Membedakan konsep Kurikulum sebagai ide, rencana, kegiatan pembelajaran, hasil belajar
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
|
Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
- Membedakan Organisasi kurikulum ditinjau dari isi dapat diklasifikasikan menjadi 4 yaitu: correlated curriculum, Concentrated curriculum, Integrated curriculum, Problem solving curriculum
- Mengkaji Prinsip manajemen kurikulum
- Menjelaskan kurikulum sebagai tujuan, bahan, metode dan evaluasi pada komponen kurikulum
- Mengidentifikasi komponen kurikulum dari segi tujuan, bahan, metode dan evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
|
Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education. Materi: Organisasi kurikulum Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menelaah kurikulum pada satuan pendidikan dan merekomendasikan model-model Kurikulum |
- Mengidentifikasi Model kurikulum:Model subjek akademik Model humanistic, model rekonstruksi social, IPTEKS
- Menelaah karakteristik masing-masing model kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Luring
|
|
Materi: model kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum |
- melakukan analisis kurikulum di sekolah
- melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
|
Kriteria:
Kesesuan menganalisis Bentuk Penilaian : Tes |
Luring
|
|
Materi: analisis kurikulum Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum |
- melakukan analisis kurikulum di sekolah
- melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
|
Kriteria:
Kesesuan menganalisis Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: analisis kurikulum Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval Materi: analisis kurikulum Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
- Menjelaskan konsep evaluasi kurikulum
- Menjelaskan fungsi evaluasi kurikulum
- Menjelaskan tujuan evaluasi kurikulum
- Memberikan contoh-contoh bentuk evaluasi kurikulum
- Menjelaskan landasan evaluasi kurikulum
- Menjelaskan anatomi kurikulum
- Menyebutkan anatomi kurikulum
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring
|
|
Materi: anatomi kurikulum Pustaka: 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press. Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menentukan prosedur evaluasi dan menyusun instrumen evalaasi kurikulum |
- Menjelaskan prosedur evaluasi kurikulum secara sistematis
- Memberikan contoh prosedur evaluasi kurikulum
- Mengembangkan kisi-kisi instrument evaluasi kurikulum
- Mengembangkan instrument evaluasi kurikulum \
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian menetapkan dan mengembangkan evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: prosedur evalausi kurikuum dan pengembangan instrumen Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
- Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
- Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
- Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
- Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
- Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain evaluasi kurikulum berdasarkan model kuantitatif dan kualitatif |
- Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
- Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
- Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
- Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
- Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum |
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum |
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis landasan, prinsip, model konsep dan desain pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum
- menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
- memberikan contoh landasan pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
- memberikan contoh prinsip pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
- Menjelaskan model konsep kurikulum
- Mendeskripsikan desain kurikulum
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian menganalisis konsep pengembangan kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |