
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Kurikulum |
8620320241 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
2 |
14 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, M.Pd
|
Prof. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep, prinsip, komponen, landasan, dasar-dasar serta pengembangannya dalam perkembangan Kurikulum di Indonesia
|
PO - 2 |
Menguasai desain kurikulum pada setiap satuan Pendidikan dengan cased method
|
PO - 3 |
Menguasai model-model dan organisasi pengembangan kurikulum dengan memanfaatkan teknologi informasi
|
PO - 4 |
Melakukan evaluasi model evaluasi dan pengembangan kurikulum
|
PO - 5 |
Melakukan pengembangan kurikulum baik di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan model pengembangan kurikulum
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, prinsip, komponen, landasan, dimensi, orientasi, evaluasi, pengembangan, telaah kurikulum di tingkat satuan pendidikan, serta memperaktekkan model-model evaluasi dan pengembangan kurikulum. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press.
- 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya
- 3. Daugherty,E. 2001. Shifting Gears: Standards, assessment, curriculum, and instruction. Fulcom Publishers.
- 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin
- 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education.
- 6. Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press.
- 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World.
- 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- 9. Reigeluth, C. M., & Karnopp, J. R. (2020). Vision and Action: Reinventing Schools through Personalized Competency‑Based Education. Bloomington, IN: Marzano Resource
- 10. Fan, G., & Popkewitz, T. S. (Eds.). (2020). Handbook of Education Policy Studies. School/University, Curriculum, and Assessment, Vol. 2. Springer
- 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menganalisis konsep dasar dan dimensi kurikulum |
- Menjelaskan Pengertian kurikulum berbagai ahli dan undang-undang
- Menceritakan perkembangan kurikulum di Indonesia
- Menjelasakan Paradigma pembelajaran
- Menjelasakan Hubungan kurikulum dan pembelajaran
- Membedakan konsep Kurikulum sebagai ide, rencana, kegiatan pembelajaran, hasil belajar
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
|
Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
- Membedakan Organisasi kurikulum ditinjau dari isi dapat diklasifikasikan menjadi 4 yaitu: correlated curriculum, Concentrated curriculum, Integrated curriculum, Problem solving curriculum
- Mengkaji Prinsip manajemen kurikulum
- Menjelaskan kurikulum sebagai tujuan, bahan, metode dan evaluasi pada komponen kurikulum
- Mengidentifikasi komponen kurikulum dari segi tujuan, bahan, metode dan evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
|
Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Materi: Pengertian kurikulum berbagai ahli serta dimensi kurikulum Pustaka: 5. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Boston: Pearson Education. Materi: Organisasi kurikulum Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menelaah kurikulum pada satuan pendidikan dan merekomendasikan model-model Kurikulum |
- Mengidentifikasi Model kurikulum:Model subjek akademik Model humanistic, model rekonstruksi social, IPTEKS
- Menelaah karakteristik masing-masing model kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Luring
|
|
Materi: model kurikulum Pustaka: 8. Arifin, Z. (2017). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum |
- melakukan analisis kurikulum di sekolah
- melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
|
Kriteria:
Kesesuan menganalisis Bentuk Penilaian : Tes |
Luring
|
|
Materi: analisis kurikulum Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat melakukan analalisis kurikulum di lembaga sekolah dan diklat berdasarkan orientasi desain kurikulum |
- melakukan analisis kurikulum di sekolah
- melakukan analisis kurikulum di lembaga diklat
|
Kriteria:
Kesesuan menganalisis Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: analisis kurikulum Pustaka: 11. Juwanda, Cahyo Hasanudin, & Endang Herawan. (2025, 6 Mei). Transformasi Kurikulum di Indonesia. Seval Materi: analisis kurikulum Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
- Menjelaskan konsep evaluasi kurikulum
- Menjelaskan fungsi evaluasi kurikulum
- Menjelaskan tujuan evaluasi kurikulum
- Memberikan contoh-contoh bentuk evaluasi kurikulum
- Menjelaskan landasan evaluasi kurikulum
- Menjelaskan anatomi kurikulum
- Menyebutkan anatomi kurikulum
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
luring
|
|
Materi: anatomi kurikulum Pustaka: 1. Biggs, J. B., & Collis, K. F. (2014). Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). Academic Press. Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menentukan prosedur evaluasi dan menyusun instrumen evalaasi kurikulum |
- Menjelaskan prosedur evaluasi kurikulum secara sistematis
- Memberikan contoh prosedur evaluasi kurikulum
- Mengembangkan kisi-kisi instrument evaluasi kurikulum
- Mengembangkan instrument evaluasi kurikulum \
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian menetapkan dan mengembangkan evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: prosedur evalausi kurikuum dan pengembangan instrumen Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
- Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
- Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
- Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
- Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
- Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain evaluasi kurikulum berdasarkan model kuantitatif dan kualitatif |
- Menjelaskan konsep model evaluasi kurikulum kuantitatif dan kualitatif
- Mendeskripsikan 5 model evaluasi kuantitatif
- Mendeskripsikan 3 model evaluasi kualitatif
- Mendesain 5 model evaluasi kurikulum kuantitatif
- Mendesain 3 model evaluasi kurikulum kualitatif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Model evaluasi kuantitatif dan evaluasi kualitatif Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum |
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi kurikulum sekolah dan diklat sesuai dengan model evaluasi kurikulum |
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kuantitatif
- Mengevaluasi kurikulum di sekolah dan lembaga diklat dengan salah satu model kualitatif
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian meengevaluasi kurikulum berdasarkan model evaluasi kurikulum Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: evaluasi kurikulum Pustaka: 2. Hasan, Hamid. 2015. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Rosda Karya |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis landasan, prinsip, model konsep dan desain pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum
- menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
- memberikan contoh landasan pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
- memberikan contoh prinsip pengembangan kurikulum sekolah dan diklat
- Menjelaskan model konsep kurikulum
- Mendeskripsikan desain kurikulum
|
Kriteria:
ketepatan dan kesesuaian menganalisis konsep pengembangan kurikulum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menetapkan prosedur pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum |
- Menjelaskan 4 model pengembangan kurikulum (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie)
- Merancang prosedur pengembangan kurikulum di sekolah dan diklat berdasarkan 4 model (Tyler, Taba, Olliva, Prin, Bradie) pengembangan kurikulum
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: pengembangan kurikulum Pustaka: 4. Print,M (1989), Curriculum Development and Design, Wellington, Allen & unwin Materi: pengembangan kurikulum model olyva Pustaka: 7. Taba, H. (1962). Curriculum development: Theory and practice. New York: Harcourt Brace & World. |
10% |