Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fashion Entrepreneurship

8310102129

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

12 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Yeni Anistyasari




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-10

Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan perkembangan industri global.

PLO-11

Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi yang relevan dengan industri

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru (C3)

PO - 2

Mampu menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen dalam industri fashion untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif (C4)

PO - 3

Mampu mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan operasional dalam bisnis fashion (C5)

PO - 4

Mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan (C6)

PO - 5

Mampu menerapkan teknologi terkini dalam proses produksi dan pemasaran produk fashion (C3)

PO - 6

Mampu menganalisis dan mengintegrasikan aspek hukum dan etika dalam menjalankan bisnis fashion (C4)

PO - 7

Mampu mengevaluasi dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan bisnis fashion (C5)

PO - 8

Mampu menciptakan strategi adaptasi terhadap perubahan pasar dan teknologi dalam industri fashion (C6)

PO - 9

Mampu menerapkan prinsip desain berkelanjutan dalam pengembangan produk fashion (C3)

PO - 10

Mampu menganalisis kinerja keuangan bisnis fashion untuk pengambilan keputusan strategis (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-10PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Fashion Entrepreneurship pada jenjang S2 program studi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang aspek bisnis dalam industri fashion. Mahasiswa akan mempelajari strategi pemasaran, manajemen merek, analisis pasar, serta konsep-konsep kewirausahaan yang relevan dalam konteks industri fashion. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembahasan tentang perencanaan bisnis, inovasi produk, pengembangan merek, dan strategi keberlanjutan dalam bisnis fashion. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang diperlukan untuk merancang dan mengelola bisnis di industri fashion dengan sukses.

Pustaka

Utama :

  1. Easey, M. (2020). Fashion marketing (5th ed.). Wiley.
  2. Jackson, T., & Shaw, D. (2021). Mastering fashion marketing. Palgrave Macmillan.
  3. Blanchard, T., & Moeran, B. (2020). The world of fashion: Concepts, strategies, and career development (6th ed.). Bloomsbury.
  4. Posner, H. (2021). Marketing fashion: Strategy, branding, and promotion. Laurence King Publishing.
  5. Hines, T., & Bruce, M. (2020). Fashion marketing and merchandising. Routledge.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru.

  1. Analisis konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion
  2. Identifikasi peluang bisnis baru dalam industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion
Materi: Pengertian entrepreneurship, Konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion, Strategi identifikasi peluang bisnis dalam industri fashion
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar entrepreneurship dalam industri fashion untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru.

  1. Analisis potensi pasar fashion
  2. Ide bisnis baru yang inovatif
  3. Pengembangan rencana bisnis
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide bisnis baru dalam industri fashion
Materi: Konsep dasar entrepreneurship, Analisis pasar fashion, Inovasi dalam industri fashion, Pengembangan rencana bisnis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen dalam industri fashion untuk mengidentifikasi peluang bisnis dan mengembangkan strategi yang tepat.

  1. Analisis tren pasar fashion
  2. Analisis perilaku konsumen
  3. Pengembangan strategi bisnis
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang tren pasar fashion dan perilaku konsumen, Analisis kasus studi tentang strategi bisnis dalam industri fashion
Materi: Tren Pasar Fashion, Perilaku Konsumen dalam Industri Fashion, Strategi Bisnis dalam Industri Fashion
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen dalam industri fashion untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif.

  1. Analisis tren pasar fashion
  2. Analisis perilaku konsumen dalam industri fashion
  3. Pengembangan strategi bisnis yang efektif
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Analisis Tren Pasar Fashion
Materi: Konsep tren pasar dalam industri fashion, Teori perilaku konsumen dalam konteks fashion, Strategi bisnis yang efektif dalam industri fashion
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan operasional dalam bisnis fashion.

  1. Analisis strategi pemasaran fashion
  2. Evaluasi strategi operasional bisnis fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang strategi pemasaran fashion
Materi: Pengenalan strategi pemasaran fashion, Penerapan strategi operasional dalam bisnis fashion, Studi kasus strategi pemasaran sukses dalam industri fashion
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan operasional dalam bisnis fashion dengan baik dan dapat memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.

  1. Analisis efektivitas strategi pemasaran
  2. Evaluasi kinerja operasional bisnis fashion
  3. Rekomendasi perbaikan strategi
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang analisis efektivitas strategi pemasaran, Penyusunan portofolio evaluasi kinerja operasional
Materi: Pengukuran efektivitas strategi pemasaran, Analisis kinerja operasional bisnis fashion, Strategi perbaikan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis dalam industri fashion
  2. Kemampuan merancang strategi inovatif dalam model bisnis
  3. Pertimbangan terhadap aspek keberlanjutan dalam model bisnis
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Pengembangan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan
Materi: Analisis peluang bisnis dalam industri fashion, Strategi inovatif dalam model bisnis, Aspek keberlanjutan dalam bisnis fashion
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi perubahan pasar dan teknologi dalam industri fashion, serta mampu merancang strategi adaptasi yang efektif.

  1. Identifikasi perubahan pasar dan teknologi dalam industri fashion
  2. Rancangan strategi adaptasi yang inovatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.

Materi: Trend pasar dalam industri fashion, Teknologi terkini dalam industri fashion, Strategi adaptasi yang sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model bisnis inovatif dalam industri fashion yang berkelanjutan.

  1. Kemampuan merancang model bisnis inovatif
  2. Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep berkelanjutan
  3. Kemampuan menjelaskan dampak positif model bisnis terhadap industri fashion
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif & Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang ide model bisnis inovatif, Penyusunan proposal model bisnis berkelanjutan
Materi: Konsep model bisnis inovatif, Prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri fashion, Studi kasus model bisnis sukses
Pustaka: Handbook Perkuliahan
19%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 47%
99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.