Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Artikel Ilmiah

8410502035

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Yuliani, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.

PLO-9

Mampu mengelola pembelajaran dan memecahkan masalah bidang pendidikan Biologi dengan mengembangkan model inovatif (HOTS atau TPACK) berciri eduecopreneurship berbasis kearifan lokal.

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK 1: Mampu menguasai pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah pendidikan biologi serta proses publikasinya baik pada jurnal nasional atau internasional

PO - 2

CPMK 2: Mampu menyusun ide artikel dari hasil penelitian pendidikan biologi yang siap dipublikasikan ke masyarakat akademik baik secara nasional maupun internasional.

PO - 3

CPMK 3: Mampu memecahkan masalah pembelajaran biologi melalui pengembangan model atau program Pendidikan berbasis HOTS, TPACK, dan kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk artikel

PO - 4

CPMK 4: Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tentang penyusunan artikel penelitian pendidikan biologi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Praktik terkait dengan keterampilan menulis artikel hasil penelitian tesis yang siap dipublikasikan pada suatu jurnal terakreditasi Sinta 1-4 atau jurnal internasional bereputasi/terindeks Praktik menulis artikel termasuk keterampilan submit artikel dan terampil melakukan prosedur revisi artikel yang telah disubmit.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Hailman J.P., Strier K.B, 2006. Planning, Proposing, and Presenting Science Effectively, 2nd Edition. Cambridge University Press. Cambridge
  2. 2. McMillan V.E. 2001. Writing papers in the Biological Sciences. Bedford/St. Martin’s. New York
  3. 3. Day R.A., 1998. How to write & publish a scientific paper. Oryx Press. Arizona

Pendukung :

  1. 1. Susantini, E., Puspitawati, R.P., Raharjo, & Suaidah, H.L. 2021. E-book of Metacognitive learning strategies: design and implementation to activate student’s self regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning. Vol. 16(13).
  2. 2. Susantini, E., Indana, S., Isnawati, & Nursangi, A. 2019. Enabling Indonesian Pre-Service Teachers to Design Biology Learning Tools Using Metacognitive Strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.8(3):391-397
  3. 3. Syahrawati, E.Y., Susantini, E.,& Indana, S. 2022. ProfilI of Blended Learning Implementation in Learning Activities. IJORER( International Journal of Recent Educational Research). Vol.3(1):45-60.
  4. 4. Evendi, Susantini, E., Wasis, W., & Prahani, B. K. (2018). Improving Students’ Scientific Asking Skills through the Implementation of Question Webs Based Learning Model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108).

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.

Dr. Sifak Indana, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


3%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


5%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes


5%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


5%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

14

Minggu ke 14


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


    10%

    15

    Minggu ke 15


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


    10%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


    7%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 18%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 56%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
    4. Tes 6%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.