
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN |
6330103074 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
WENI ROSDIANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik. |
PLO-7 |
Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi. |
PLO-9 |
Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep kepemimpinan di sektor publik
|
PO - 2 |
Mampu mengembangkan pemikiran kritis dan inovatif dalam menganalisa fenomena kepemimpinan di sektor publik
|
PO - 3 |
Mampu memahami dan menganalisa fenomena kepemimpinan dalam perspektif kearifan lokal, pemikiran gender
|
PO - 4 |
Mampu memahami dan menganalisa pengambilan keputusan dalam sektor publik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memuah bahan kajian yang meliputi: Konsep Manajemen dan Kepemimpinan, Fungsi-Fungsi Kepemimpinan, Sifat-Sifat Kepemimpinan, Pemimpin dan Kepemimpinan, Teori Lahirnya Pemimpin, Karakteristik Pemimpin dan Pengikut, Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer, Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen, Konsep Peranan dalam Kepemimpinan, Karakteristik Pemimpin yang Ideal, Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan, Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan, Tipe-Tipe Kepemimpinan, Teori Kepemimpinan yang Berprinsip Menurut, Kepemimpinan dalam Birokrasi Pemerintahan, Model-Model Kepemimpinan Pelayanan, Fokus Utama dan Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan, Hambatan dalam Kepemimpinan Pelayanan, Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender, serta Kepemimpinan Feminin dan Maskulin. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sutikno,Sobry. 2014. 1CPemimpin dan Kepemimpinan 1D. Holistica. Jakarta
- Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta.
- Mohtsham, Saeed M. 2007. 1CVision and Visionary Leadership 13 An IslamicPerspective1D. International Review of Business Research Papers, Vol. 3, No. 2 June, Pp. 248 13 277. Publised at http://www. bizresearchpapers. com/Mohtsham. pdf.
- Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara
|
Pendukung : |
|
- UU No 23 Tahun 2014 Tentang ASN
- Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
|
Dosen Pengampu
|
AGUS PRASTYAWAN ABDUL HAFIDZ YUNI LESTARI HARYO KUNTO WIBISONO Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd. Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Yuni Lestari, S.AP., M.AP. Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si. Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar kepemimpinan |
- 1. Memahami dan Menjelaskan Konsep Manajemen dan Kepemimpina,
- 2. Memahami dan Menjelaskan Fungsi-Fungsi Kepemimpinan,
- 3. Memahami dan Menjelaskan Sifat-Sifat Kepemimpinan
|
Kriteria:
Kriteria: Kehadiran Bentuk: Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Ceramah
• Small Group Discussion (SGD)
[TM 1 (3x50’)]
Tugas 1 – (individu)
Menyusun referensi tentang sifat-sifat pemimpin dari berbagai ahli 3 X 50 |
• Ceramah
• Small Group Discussion (SGD)
[TM 1 (3x50’)]
Tugas 1 – (individu)
Menyusun referensi tentang sifat-sifat pemimpin dari berbagai ahli 3 x 50 |
Materi: hubungan antara manajemen dan kepemimpinan Pustaka: Sutikno,Sobry. 2014. 1CPemimpin dan Kepemimpinan 1D. Holistica. Jakarta |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan antara pemimpin dan manajer |
- 1. Memahami dan Menjelaskan Pemimpin dan Kepemimpinan
- 2. Memahami dan Menjelaskan Teori Lahirnya Pemimpin
- 3. Memahami dan Menjelaskan Karakteristik Pemimpin dan Pengikut
- 4. Memahami dan Menjelaskan Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer
- 5. Memahami dan Menjelaskan Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen
|
Kriteria:
- Partisipasi
- Kehadiran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Ceramah
• SGD
• PBL
[TM 2 (3x50’)]
Tugas 2 – (Kelompok)
Mengumpulkan referensi karakteristik pemimpin dan pengikut dari berbagai jurnal ilmiah 3 X 50 |
• Ceramah
• SGD
• PBL
[TM 2 (3x50’)]
Tugas 2 – (Kelompok)
Mengumpulkan referensi karakteristik pemimpin dan pengikut dari berbagai jurnal ilmiah 3 X 50 |
Materi: Perbedaan antara pemimpin dan manajer Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan antara pemimpin dan manajer |
- 1. Memahami dan Menjelaskan Pemimpin dan Kepemimpinan
- 2. Memahami dan Menjelaskan Teori Lahirnya Pemimpin
- 3. Memahami dan Menjelaskan Karakteristik Pemimpin dan Pengikut
- 4. Memahami dan Menjelaskan Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer
- 5. Memahami dan Menjelaskan Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen
|
Kriteria:
- Partisipasi
- small group discussion
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• SGD
• PBL
TM 3 (3x50’)]
Tugas 3 – (Kelompok)
Presentasi Tugas Kelompok 3 X 50 |
• Ceramah
• SGD
• PBL
[TM 2 (3x50’)]
TM 3 (3x50’)]
Tugas 3 – (Kelompok)
Presentasi Tugas Kelompok 3 X 50 |
Materi: perbedaan antara pemimpin dan manajer Pustaka: |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengidentifikasi peranan pemimpin dalam kepemimpinan |
Memahami Konsep Peranan dalam Kepemimpinan |
Kriteria:
Partisipasi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Role play dan simulation 3 X 50 |
Ceramah, Role play dan simulation
|
Materi: Interpersonal Role - Memahami dan menjelaskan Informational Role - Memahami dan menjelaskan Decisional Role Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengidentifikasi peranan pemimpin dalam kepemimpinan |
Memahami dan mengidentifikasi Karakteristik Pemimpin yang Ideal |
Kriteria:
Kehadiran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• FGD
|
• Ceramah
• FGD 3 X 50 |
Materi: peranan pemimpin dalam kepemimpinan Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan teori-teori kepemimpinan |
- Memahami dan mengidentifikasi Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan
- Memahami dan mengidentifikasi Sumber-Sumber Kekuasaan
|
Kriteria:
- Partisipasi
- small group discussion
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• fGD 3 X 50 |
• Ceramah
• fGD 3 X 50 |
Materi: Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan • Sumber-Sumber Kekuasaan Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi gaya kepemimpinan seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi |
Mengidentifikasi Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan |
Kriteria:
- Partisipasi kelompok
- Evaluasi hasil tugas kelompok
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• Diskusi kelas 3 X 50 |
• Ceramah
• Diskusi kelas 3 X 50 |
Materi: Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Sesuai dengan penugasan UTS |
Kriteria:
Terselesaikan penugasan UTS Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
Materi: materi pertemuan 1-7 Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Sumber-sumber kekuasaan pemimpin |
Menjelaskan berbagai tipe kepemimpinan, yang meliputi: - Tipe Otokratis - Tipe Militeris - Tipe Paternalistis - Tipe Karismatik - Tipe Demokratis - Tipe Laissez Faire |
Kriteria:
Partisipasi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• FGD
• PBL 3 X 50 |
• Ceramah
• fGD
• PBL 3 X 50 |
Materi: Tipe-Tipe Kepemimpinan (Otokratik, Militeris, Paternalistik, Karismatik, Demokratik, dan Laissez Faire) Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami mengidentifikasi tipe-tipe kepemimpinan |
Menjelaskan berbagai tipe kepemimpinan, yang meliputi: - Tipe Otokratis - Tipe Militeris - Tipe Paternalistis - Tipe Karismatik - Tipe Demokratis - Tipe Laissez Faire |
Kriteria:
penugasan kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• FGD
• PBL 3 X 50 |
• Ceramah
• fGD
• PBL 3 X 50 |
Materi: Tipe-Tipe Kepemimpinan (Otokratik, Militeris, Paternalistik, Karismatik, Demokratik, dan Laissez Faire) Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik |
Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab sesuai dengan Teori Kepemimpinan yang Berprinsip |
Kriteria:
penilaian laporan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
• Ceramah
• FGD 3 x 50 |
• Ceramah
• FGD 3 x 50 |
Materi: Kepemimpinan Pustaka: Mohtsham, Saeed M. 2007. 1CVision and Visionary Leadership 13 An IslamicPerspective1D. International Review of Business Research Papers, Vol. 3, No. 2 June, Pp. 248 13 277. Publised at http://www/.... bizresearchpapers. com/Mohtsham. pdf. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik |
- Mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan kobflik/hambatan dalam kepemimpinan pelayanan
- memahami dan menganalisa fenomena pengambilan keputusan dalam sektor publik
|
Kriteria:
penugasan kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion 3 X 50 |
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion 3 X 50 |
Materi: - Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik |
- Mampu memahami dan mengidentifikasi Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan
- Mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan kobflik/hambatan dalam kepemimpinan pelayanan
|
Kriteria:
penugasan kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion 3 X 50 |
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion 3 X 50 |
Materi: Model-Model Kepemimpinan Pelayanan • Fokus Utama dan Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan • Hambatan dalam Kepemimpinan Pelayanan Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan kesetaraan gender |
Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender |
Kriteria:
small group discussion Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
• Ceramah
• DL
• PjBL 3 X 50 |
Materi: Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender • Kepemimpinan Feminin dan Maskulin Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan kesetaraan gender |
Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender |
Kriteria:
penugasan kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Ceramah
• DL
• PjBL 3 X 50 |
• Ceramah
• DL
• PjBL 3 X 50 |
Materi: Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender • Kepemimpinan Feminin dan Maskulin Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
penugasan kelompok Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Presentasi Final Project 3 x 50 |
Presentasi Final Project 3 x 50 |
Materi: UAS Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta. |
30% |