Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

6330103074

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




WENI ROSDIANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik.

PLO-7

Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi.

PLO-9

Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep kepemimpinan di sektor publik

PO - 2

Mampu mengembangkan pemikiran kritis dan inovatif dalam menganalisa fenomena kepemimpinan di sektor publik

PO - 3

Mampu memahami dan menganalisa fenomena kepemimpinan dalam perspektif kearifan lokal, pemikiran gender

PO - 4

Mampu memahami dan menganalisa pengambilan keputusan dalam sektor publik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memuah bahan kajian yang meliputi: Konsep Manajemen dan Kepemimpinan, Fungsi-Fungsi Kepemimpinan, Sifat-Sifat Kepemimpinan, Pemimpin dan Kepemimpinan, Teori Lahirnya Pemimpin, Karakteristik Pemimpin dan Pengikut, Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer, Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen, Konsep Peranan dalam Kepemimpinan, Karakteristik Pemimpin yang Ideal, Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan, Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan, Tipe-Tipe Kepemimpinan, Teori Kepemimpinan yang Berprinsip Menurut, Kepemimpinan dalam Birokrasi Pemerintahan, Model-Model Kepemimpinan Pelayanan, Fokus Utama dan Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan, Hambatan dalam Kepemimpinan Pelayanan, Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender, serta Kepemimpinan Feminin dan Maskulin.

Pustaka

Utama :

  1. Sutikno,Sobry. 2014. 1CPemimpin dan Kepemimpinan 1D. Holistica. Jakarta
  2. Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta.
  3. Mohtsham, Saeed M. 2007. 1CVision and Visionary Leadership 13 An IslamicPerspective1D. International Review of Business Research Papers, Vol. 3, No. 2 June, Pp. 248 13 277. Publised at http://www. bizresearchpapers. com/Mohtsham. pdf.
  4. Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara

Pendukung :

  1. UU No 23 Tahun 2014 Tentang ASN
  2. Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.

Dosen Pengampu

AGUS PRASTYAWAN

ABDUL HAFIDZ

YUNI LESTARI

HARYO KUNTO WIBISONO

Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd.

Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd.

Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP.

Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP.

Yuni Lestari, S.AP., M.AP.

Yuni Lestari, S.AP., M.AP.

Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP.

Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si.

Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar kepemimpinan

  1. 1. Memahami dan Menjelaskan Konsep Manajemen dan Kepemimpina,
  2. 2. Memahami dan Menjelaskan Fungsi-Fungsi Kepemimpinan,
  3. 3. Memahami dan Menjelaskan Sifat-Sifat Kepemimpinan
Kriteria:

Kriteria: Kehadiran Bentuk: Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah
• Small Group Discussion (SGD)

[TM 1 (3x50’)]
Tugas 1 – (individu)
Menyusun referensi tentang sifat-sifat pemimpin dari berbagai ahli
3 X 50
• Ceramah
• Small Group Discussion (SGD)

[TM 1 (3x50’)]
Tugas 1 – (individu)
Menyusun referensi tentang sifat-sifat pemimpin dari berbagai ahli
3 x 50
Materi: hubungan antara manajemen dan kepemimpinan
Pustaka: Sutikno,Sobry. 2014. 1CPemimpin dan Kepemimpinan 1D. Holistica. Jakarta
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan antara pemimpin dan manajer

  1. 1. Memahami dan Menjelaskan Pemimpin dan Kepemimpinan
  2. 2. Memahami dan Menjelaskan Teori Lahirnya Pemimpin
  3. 3. Memahami dan Menjelaskan Karakteristik Pemimpin dan Pengikut
  4. 4. Memahami dan Menjelaskan Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer
  5. 5. Memahami dan Menjelaskan Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Ceramah
• SGD
• PBL

[TM 2 (3x50’)]
Tugas 2 – (Kelompok)
Mengumpulkan referensi karakteristik pemimpin dan pengikut dari berbagai jurnal ilmiah
3 X 50
• Ceramah
• SGD
• PBL

[TM 2 (3x50’)]
Tugas 2 – (Kelompok)
Mengumpulkan referensi karakteristik pemimpin dan pengikut dari berbagai jurnal ilmiah
3 X 50
Materi: Perbedaan antara pemimpin dan manajer
Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan antara pemimpin dan manajer

  1. 1. Memahami dan Menjelaskan Pemimpin dan Kepemimpinan
  2. 2. Memahami dan Menjelaskan Teori Lahirnya Pemimpin
  3. 3. Memahami dan Menjelaskan Karakteristik Pemimpin dan Pengikut
  4. 4. Memahami dan Menjelaskan Arti Manajer dan Tugas-Tugas Manajer
  5. 5. Memahami dan Menjelaskan Posisi Manajer dan Fungsi Manajemen
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. small group discussion

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• SGD
• PBL

TM 3 (3x50’)]
Tugas 3 – (Kelompok)
Presentasi Tugas Kelompok
3 X 50
• Ceramah
• SGD
• PBL

[TM 2 (3x50’)]
TM 3 (3x50’)]
Tugas 3 – (Kelompok)
Presentasi Tugas Kelompok
3 X 50
Materi: perbedaan antara pemimpin dan manajer
Pustaka:
4%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi peranan pemimpin dalam kepemimpinan

Memahami Konsep Peranan dalam Kepemimpinan

Kriteria:

Partisipasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Role play dan simulation
3 X 50
Ceramah, Role play dan simulation
Materi: Interpersonal Role - Memahami dan menjelaskan Informational Role - Memahami dan menjelaskan Decisional Role
Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi peranan pemimpin dalam kepemimpinan

Memahami dan mengidentifikasi Karakteristik Pemimpin yang Ideal

Kriteria:

Kehadiran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• FGD
• Ceramah
• FGD
3 X 50
Materi: peranan pemimpin dalam kepemimpinan
Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan teori-teori kepemimpinan

  1. Memahami dan mengidentifikasi Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan
  2. Memahami dan mengidentifikasi Sumber-Sumber Kekuasaan
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. small group discussion

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• fGD
3 X 50
• Ceramah
• fGD
3 X 50
Materi: Perkembangan Teori-Teori Kepemimpinan • Sumber-Sumber Kekuasaan
Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengidentifikasi gaya kepemimpinan seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi

Mengidentifikasi Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan

Kriteria:
  1. Partisipasi kelompok
  2. Evaluasi hasil tugas kelompok

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• Diskusi kelas
3 X 50
• Ceramah
• Diskusi kelas
3 X 50
Materi: Pendekatan dalam Gaya Kepemimpinan
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Sesuai dengan penugasan UTS

Kriteria:

Terselesaikan penugasan UTS


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

Materi: materi pertemuan 1-7
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Sumber-sumber kekuasaan pemimpin

Menjelaskan berbagai tipe kepemimpinan, yang meliputi: - Tipe Otokratis - Tipe Militeris - Tipe Paternalistis - Tipe Karismatik - Tipe Demokratis - Tipe Laissez Faire

Kriteria:

Partisipasi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• FGD
• PBL
3 X 50
• Ceramah
• fGD
• PBL
3 X 50
Materi: Tipe-Tipe Kepemimpinan (Otokratik, Militeris, Paternalistik, Karismatik, Demokratik, dan Laissez Faire)
Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara
3%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami mengidentifikasi tipe-tipe kepemimpinan

Menjelaskan berbagai tipe kepemimpinan, yang meliputi: - Tipe Otokratis - Tipe Militeris - Tipe Paternalistis - Tipe Karismatik - Tipe Demokratis - Tipe Laissez Faire

Kriteria:

penugasan kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• FGD
• PBL
3 X 50
• Ceramah
• fGD
• PBL
3 X 50
Materi: Tipe-Tipe Kepemimpinan (Otokratik, Militeris, Paternalistik, Karismatik, Demokratik, dan Laissez Faire)
Pustaka: Usman Husaini. 2020. Kepemimpinan Efektif Teori dan Praktek. Bumi Aksara
3%

11

Minggu ke 11

Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik

Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab sesuai dengan Teori Kepemimpinan yang Berprinsip

Kriteria:

penilaian laporan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
• Ceramah
• FGD
3 x 50
• Ceramah
• FGD
3 x 50
Materi: Kepemimpinan
Pustaka: Mohtsham, Saeed M. 2007. 1CVision and Visionary Leadership 13 An IslamicPerspective1D. International Review of Business Research Papers, Vol. 3, No. 2 June, Pp. 248 13 277. Publised at http://www/.... bizresearchpapers. com/Mohtsham. pdf.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik

  1. Mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan kobflik/hambatan dalam kepemimpinan pelayanan
  2. memahami dan menganalisa fenomena pengambilan keputusan dalam sektor publik
Kriteria:

penugasan kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion
3 X 50
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion
3 X 50
Materi: -
Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu bersikap berani dan bertanggung jawab dalam mengelola konflik kepemimpinan dalam organisasi publik

  1. Mampu memahami dan mengidentifikasi Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan
  2. Mampu bertanggung jawab dalam menyelesaikan kobflik/hambatan dalam kepemimpinan pelayanan
Kriteria:

penugasan kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion
3 X 50
• Ceramah
• DL
• Small Group Discussion
3 X 50
Materi: Model-Model Kepemimpinan Pelayanan • Fokus Utama dan Karakteristik Kepemimpinan Pelayanan • Hambatan dalam Kepemimpinan Pelayanan
Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan kesetaraan gender

Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender

Kriteria:

small group discussion


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

• Ceramah
• DL
• PjBL
3 X 50
Materi: Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender • Kepemimpinan Feminin dan Maskulin
Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan kesetaraan gender

Mampu memainkan peran pengambil keputusan dengan pendekatan Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender

Kriteria:

penugasan kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Ceramah
• DL
• PjBL
3 X 50
• Ceramah
• DL
• PjBL
3 X 50
Materi: Kepemimpinan Berbasis Kesetaraan Gender • Kepemimpinan Feminin dan Maskulin
Pustaka: Sedarmayanti, 2009. 1CReformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan KepemimpinanMasa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik 1D. RafikaAditama. Bandung.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

penugasan kelompok


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Presentasi Final Project
3 x 50
Presentasi Final Project
3 x 50
Materi: UAS
Pustaka: Blanchard,Ken etc. 2014. 1CLeadership and The OneMinute Manager1D. Elex Media Komutindo. Jakarta.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 22.67%
3. Praktik / Unjuk Kerja 30.17%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.