Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Partai Politik dan Pemilu

6720102029

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Arif Affandi




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

PLO-9

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

-

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7PLO-9
PO-1  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat menganalisis tentang kebijakan partai politik dan pemilu di Indonesia

Pustaka

Utama :

  1. Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana
  2. Budiarjo, M.1982 Partisipasi dan Partai Politik Jakartata; Yayasan Obor dan Gramedia
  3. Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan
  4. Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor
  5. Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate
  6. Michels,R.1984 Partai Politik kecenderungan oligarki dalam birokrasi Jakarta: Rajawali
  7. Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu

Pendukung :

  1. Jurnal Artikel
  2. Rangkuman mahasiswa
  3. Slide Power Point

Dosen Pengampu

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Eko Satriya Hermawan, S.Hum., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis rencana perkuliahan
  2. Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan
Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
100 menit

Materi: Silabus singkat, rencana penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak perkuliahan
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mampu menganalisis tentang asal mula partai politik

Ketetapan mahasiswa menganalisis tentang Asal mula partai politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis sejarah fungsi dan tipologi partai-partai

Ketetpatan mahasiswa menganalisis sejarah, fungsi, dan tipologi partai-partai

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh parpol bagi perkembangan politik

Ketetpatan mahasiswa menganalisis pengaruh parpol bagi perkembangan politik

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Budiarjo, M.1982 Partisipasi dan Partai Politik Jakartata; Yayasan Obor dan Gramedia
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis hukum besi parpol

Mahasiswa mampu menganalisis hukum besi parpol

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Michels,R.1984 Partai Politik kecenderungan oligarki dalam birokrasi Jakarta: Rajawali
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis tentang intitusional parpol

Ketepatan mahasiswa menganalisis institusional parpol

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 Menit

Materi: -
Pustaka: Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis paprpol di era reformasi

Ketepatan mahasiswa menganalisis pemekaran wilayah

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor
3%

8

Minggu ke 8

UTS.

UTS.

Kriteria:

UTS.


Bentuk Penilaian :
Tes
offline
100 menit

Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis sistem pemilu

Ketepatan mahasiswa menganalisis sistem pemilu

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis sistem pemilu proporsional terbuka

Ketepatan mahasiswa menganalisis sistem pemilu proporsional terbuka

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis Daerah Pemilihan dan penentuan kursi

Ketepatan mahasiswa menganalisis daerah pemilihan dan penentuan kursi

Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis lembaga perwakilan dan partai politik

Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang lembaga perwakilan dan partai politik

Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis parlemen yang Refrsentatif

Mahasiswa mampu menganalisis tentang parlemen yang Refrsentatif

Kriteria:
  1. kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Efektivitas parlemen 1

Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang Efektifitas parlemen

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis tentang parpol dan demokrasi dan pemerintahan yang baik

Ketetpatan mahasiswa menganalisishubungan pusat dengan daerah

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate
7%

16

Minggu ke 16

UAS.

UAS.

Kriteria:

Uas


Bentuk Penilaian :
Tes
Uas
120 menit

Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 73%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.