
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Partai Politik dan Pemilu |
6720102029 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
25 September 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Arif Affandi
|
.......................................
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
PLO-9 |
Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
-
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat menganalisis tentang kebijakan partai politik dan pemilu di Indonesia |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana
- Budiarjo, M.1982 Partisipasi dan Partai Politik Jakartata; Yayasan Obor dan Gramedia
- Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan
- Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor
- Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate
- Michels,R.1984 Partai Politik kecenderungan oligarki dalam birokrasi Jakarta: Rajawali
- Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu
|
Pendukung : |
|
- Jurnal Artikel
- Rangkuman mahasiswa
- Slide Power Point
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si. Eko Satriya Hermawan, S.Hum., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganilisis silabus singkat, rencana, penugasan, dan kontrak perkuliahan |
- Mahasiswa mampu menganalisis rencana perkuliahan
- Mahasiswa mampu merespon dengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan
|
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: Silabus singkat, rencana penugasan Pustaka: Materi: Kontrak perkuliahan Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu menganalisis tentang asal mula partai politik |
Ketetapan mahasiswa menganalisis tentang Asal mula partai politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis sejarah fungsi dan tipologi partai-partai |
Ketetpatan mahasiswa menganalisis sejarah, fungsi, dan tipologi partai-partai |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Amal. I. 1996. Teori-teori mutakir partai poltik.Yogyakarta: Tiara wacana |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh parpol bagi perkembangan politik |
Ketetpatan mahasiswa menganalisis pengaruh parpol bagi perkembangan politik |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Budiarjo, M.1982 Partisipasi dan Partai Politik Jakartata; Yayasan Obor dan Gramedia |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis hukum besi parpol |
Mahasiswa mampu menganalisis hukum besi parpol |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Michels,R.1984 Partai Politik kecenderungan oligarki dalam birokrasi Jakarta: Rajawali |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang intitusional parpol |
Ketepatan mahasiswa menganalisis institusional parpol |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 Menit |
|
Materi: - Pustaka: Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis paprpol di era reformasi |
Ketepatan mahasiswa menganalisis pemekaran wilayah |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Haris,S. 2014. Partai, Pemilu dan Parlemen di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Obor |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS. |
UTS. |
Kriteria:
UTS. Bentuk Penilaian : Tes |
offline 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis sistem pemilu |
Ketepatan mahasiswa menganalisis sistem pemilu |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis sistem pemilu proporsional terbuka |
Ketepatan mahasiswa menganalisis sistem pemilu proporsional terbuka |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis Daerah Pemilihan dan penentuan kursi |
Ketepatan mahasiswa menganalisis daerah pemilihan dan penentuan kursi |
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Musa, Ali Maskur, 2003.Sistem pemilu proporsional terbuka setengah hati.Jakarta:Pustaka Indonesia Satu |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis lembaga perwakilan dan partai politik |
Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang lembaga perwakilan dan partai politik |
Kriteria:
Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis parlemen yang Refrsentatif |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang parlemen yang Refrsentatif |
Kriteria:
- kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Efektivitas parlemen 1 |
Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang Efektifitas parlemen |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Hanan,J. 2014. Menakar presidensialisme multipartai di Indonesia, Bandung:MIzan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang parpol dan demokrasi dan pemerintahan yang baik |
Ketetpatan mahasiswa menganalisishubungan pusat dengan daerah |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Tes |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Hopskin, N.2001 Parliamentary Democracy: Is There a Perfect Model. Sydney: Ashgate |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS. |
UAS. |
Kriteria:
Uas Bentuk Penilaian : Tes |
Uas 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
30% |