
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Permasalahan Mikro Makro dalam Pendidikan |
7310103027 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan pendidikan baik pada tingkat mikro (individual) maupun makro (sistem pendidikan) serta dampaknya terhadap kualitas pendidikan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menghubungkan teori pendidikan dengan masalah nyata di lapangan, serta merumuskan solusi yang relevan berdasarkan analisis ilmiah.
|
PO - 3 |
Mahasiswa memahami hubungan antara kebijakan pendidikan, implementasinya, dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan secara nasional.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang rekomendasi kebijakan atau solusi pendidikan yang berbasis bukti empiris untuk meningkatkan sistem pendidikan di tingkat mikro dan makro.
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menyusun laporan ilmiah yang berdasarkan pada analisis masalah dan solusi dalam konteks pendidikan mikro dan makro.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik pada level mikro (individu, guru, siswa, kelas) maupun makro (kebijakan pendidikan, sistem pendidikan, masalah sosial dan budaya). Mahasiswa akan mempelajari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia, serta merumuskan solusi berbasis teori dan penelitian yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai tingkatan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.
- Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.
|
Pendukung : |
|
- Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya
- Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan |
menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan |
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 4 definisi, skor 4
- jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 3 definisi, skor 3
- jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 2 definisi, skor 2
- jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 1 definisi, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan |
mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan |
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan menganalisis 4 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 3 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 3
- jika mampu menjelaskan menganalisis 2 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 2
- jika mampu menjelaskan menganalisis 1 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran |
mampu menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran |
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan menganalisis 4 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 3 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 3
- jika mampu menjelaskan menganalisis 2 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 2
- jika mampu menjelaskan menganalisis 1 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya Materi: Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran |
- mampu menganalisis Hubungan antara guru dan siswa.
- mampu menganalisis Lingkungan kelas yang mendukung atau menghambat pembelajaran.
|
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan menganalisis 4 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 3 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 3
- jika mampu menjelaskan menganalisis 2 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 2
- jika mampu menjelaskan menganalisis 1 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan |
- mampu menganalisis Sistem pendidikan nasional dan kebijakan yang mendasarinya.
- mampu mengalisis Implementasi kurikulum, standar pendidikan, dan regulasi pemerintah.
|
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional dan kebijakan yang mendasarinya serta Implementasi kurikulum, standar pendidikan, dan regulasi pemerintah, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional serta Implementasi kurikulum dan regulasi pemerintah, skor 3
- jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional serta Implementasi kurikulum,, skor 2
- jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional saja, skor 4
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan |
- mampu menganalisis Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah.
- mampu menganalisis Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan.
|
Kriteria:
- jika mampu menjelaskan menganalisis 4 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 4 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 3 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 3 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 2 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 2 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
- jika mampu menjelaskan menganalisis 1 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 1 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan |
- mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan.
- mampu menganalisis pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan.
|
Kriteria:
- jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 4 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 4
- jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 3 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 3
- jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 2 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 2
- jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 1 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahaiswa mampu menjelaskan konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya |
mampu menjelaskan konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya |
Kriteria:
- 4, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 4 contoh penerapannya
- 3, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 3 contoh penerapannya
- 2, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 2 contoh penerapannya
- 1, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 1 contoh penerapannya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 150 |
|
Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Pendidikan dan Ekonomi |
- mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan.
- mampu menganalisis Pendidikan sebagai alat pemberdayaan ekonomi.
|
Kriteria:
- 4, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan serta Pendidikan sebagai alat pemberdayaan ekonomi
- 3, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan, serta implikasinya
- 2, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan
- 1, jika mampu menganalisis faktor ekonomi dalam pendidikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Makro: Pendidikan dan Ekonomi Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya |
- mampu menganalisis pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan.
- mampu menganalisis Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
|
Kriteria:
- 4,jika mampu menganalisis 4 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 4 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
- 3,jika mampu menganalisis 3 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 3 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
- 2,jika mampu menganalisis 2 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 2 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
- 1,jika mampu menganalisis 1 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 1 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan |
- mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan: Ujian Nasional, penilaian berbasis kompetensi.
- mampu menganalisis Penilaian kualitas pendidikan dan dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
|
Kriteria:
- 4,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 4 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
- 3,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 3 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
- 2,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 2 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
- 1,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 1 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 |
|
Materi: Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis Reformasi Pendidikan dan Tantangannya |
- mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya.
- mampu menjelaskan Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
|
Kriteria:
- 4, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 4 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
- 3, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 3 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
- 2, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 2 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
- 1, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 1 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis Pendidikan dan Teknologi |
mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan: e-learning dan digitalisasi kurikulum. |
Kriteria:
- 4, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 4 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
- 3, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 3 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
- 2, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 2 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
- 1, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 1 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL 150 |
|
Materi: Pendidikan dan Teknologi Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Pendidikan dan Teknologi Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan |
- mampu menjelaskan solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
- mampu menjelaskan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
|
Kriteria:
- 4, jika mampu menjelaskan 4 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
- 3, jika mampu menjelaskan 3 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
- 2, jika mampu menjelaskan 2 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
- 1, jika mampu menjelaskan 1 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PJBL 150 |
|
Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut |
mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut |
Kriteria:
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 150 |
|
Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut |
mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut |
Kriteria:
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
- Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
- Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 150 |
|
Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer. Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
15% |