Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Permasalahan Mikro Makro dalam Pendidikan

7310103027

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan pendidikan baik pada tingkat mikro (individual) maupun makro (sistem pendidikan) serta dampaknya terhadap kualitas pendidikan.

PO - 2

Mahasiswa mampu menghubungkan teori pendidikan dengan masalah nyata di lapangan, serta merumuskan solusi yang relevan berdasarkan analisis ilmiah.

PO - 3

Mahasiswa memahami hubungan antara kebijakan pendidikan, implementasinya, dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan secara nasional.

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang rekomendasi kebijakan atau solusi pendidikan yang berbasis bukti empiris untuk meningkatkan sistem pendidikan di tingkat mikro dan makro.

PO - 5

Mahasiswa dapat menyusun laporan ilmiah yang berdasarkan pada analisis masalah dan solusi dalam konteks pendidikan mikro dan makro.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik pada level mikro (individu, guru, siswa, kelas) maupun makro (kebijakan pendidikan, sistem pendidikan, masalah sosial dan budaya). Mahasiswa akan mempelajari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia, serta merumuskan solusi berbasis teori dan penelitian yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai tingkatan.

Pustaka

Utama :

  1. Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.
  3. Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Pendukung :

  1. Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya
  3. Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya

Dosen Pengampu

Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan

menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan

Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 4 definisi, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 3 definisi, skor 3
  3. jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 2 definisi, skor 2
  4. jika mampu menjelaskan konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan dari 1 definisi, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya

Materi: konsep Mikro dan Makro dalam Pendidikan
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan

mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan

Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan menganalisis 4 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan menganalisis 3 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 3
  3. jika mampu menjelaskan menganalisis 2 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 2
  4. jika mampu menjelaskan menganalisis 1 penyebab permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Mikro: Siswa dalam Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran

mampu menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran

Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan menganalisis 4 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan menganalisis 3 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 3
  3. jika mampu menjelaskan menganalisis 2 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 2
  4. jika mampu menjelaskan menganalisis 1 dampak permasalahan Mikro: : Guru dan Pembelajaran, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: menganalisa Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya

Materi: Permasalahan Mikro: Guru dan Pembelajaran
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran

  1. mampu menganalisis Hubungan antara guru dan siswa.
  2. mampu menganalisis Lingkungan kelas yang mendukung atau menghambat pembelajaran.
Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan menganalisis 4 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan menganalisis 3 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 3
  3. jika mampu menjelaskan menganalisis 2 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 2
  4. jika mampu menjelaskan menganalisis 1 penyebab permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Permasalahan Mikro: Interaksi dalam Proses Pembelajaran
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan

  1. mampu menganalisis Sistem pendidikan nasional dan kebijakan yang mendasarinya.
  2. mampu mengalisis Implementasi kurikulum, standar pendidikan, dan regulasi pemerintah.
Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional dan kebijakan yang mendasarinya serta Implementasi kurikulum, standar pendidikan, dan regulasi pemerintah, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional serta Implementasi kurikulum dan regulasi pemerintah, skor 3
  3. jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional serta Implementasi kurikulum,, skor 2
  4. jika mampu menjelaskan menganalisis Sistem pendidikan nasional saja, skor 4

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Permasalahan Makro: Kebijakan Pendidikan
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan

  1. mampu menganalisis Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah.
  2. mampu menganalisis Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan.
Kriteria:
  1. jika mampu menjelaskan menganalisis 4 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 4 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
  2. jika mampu menjelaskan menganalisis 3 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 3 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
  3. jika mampu menjelaskan menganalisis 2 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 2 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4
  4. jika mampu menjelaskan menganalisis 1 Ketimpangan dalam distribusi pendidikan di berbagai daerah dan 1 Perbedaan kualitas pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan, skor 4

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Permasalahan Makro: Akses dan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan

  1. mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan.
  2. mampu menganalisis pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan.
Kriteria:
  1. jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 4 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 4
  2. jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 3 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 3
  3. jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 2 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 2
  4. jika mampu menganalisis kebijakan pendanaan pendidikan dan 1 pengaruh keterbatasan sumber daya terhadap kualitas pendidikan, skor 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Permasalahan Makro: Sumber Daya dan Pendanaan Pendidikan
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

8

Minggu ke 8

Mahaiswa mampu menjelaskan konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya

mampu menjelaskan konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya

Kriteria:
  1. 4, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 4 contoh penerapannya
  2. 3, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 3 contoh penerapannya
  3. 2, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 2 contoh penerapannya
  4. 1, jika mampu menjelaskan konsep permasalahan mikro dan makro serta 1 contoh penerapannya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
150

Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: konsep Permasalahan Mikro dan Makro dalam Pendidikan dan penerapannya
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Makro: Pendidikan dan Ekonomi

  1. mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan.
  2. mampu menganalisis Pendidikan sebagai alat pemberdayaan ekonomi.
Kriteria:
  1. 4, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan serta Pendidikan sebagai alat pemberdayaan ekonomi
  2. 3, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan, serta implikasinya
  3. 2, jika mampu menganalisis Hubungan antara faktor sosial ekonomi dan akses pendidikan
  4. 1, jika mampu menganalisis faktor ekonomi dalam pendidikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Makro: Pendidikan dan Ekonomi
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya

  1. mampu menganalisis pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan.
  2. mampu menganalisis Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
Kriteria:
  1. 4,jika mampu menganalisis 4 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 4 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
  2. 3,jika mampu menganalisis 3 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 3 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
  3. 2,jika mampu menganalisis 2 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 2 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).
  4. 1,jika mampu menganalisis 1 pengaruh budaya lokal terhadap pendidikan dan 1 Hambatan sosial dalam sistem pendidikan (diskriminasi, stereotip, dan inklusivitas).

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya

Materi: Permasalahan Pendidikan dalam Konteks Sosial dan Budaya
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan

  1. mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan: Ujian Nasional, penilaian berbasis kompetensi.
  2. mampu menganalisis Penilaian kualitas pendidikan dan dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
Kriteria:
  1. 4,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 4 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
  2. 3,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 3 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
  3. 2,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 2 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.
  4. 1,jika mampu menganalisis Sistem evaluasi pendidikan, penilaian kualitas pendidikan dan 1 dampaknya terhadap kebijakan pendidikan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150

Materi: Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Evaluasi dan Pengukuran Kualitas Pendidikan
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis Reformasi Pendidikan dan Tantangannya

  1. mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya.
  2. mampu menjelaskan Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
Kriteria:
  1. 4, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 4 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
  2. 3, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 3 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
  3. 2, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 2 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.
  4. 1, jika mampu menjelaskan Perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia dan tantangan implementasinya serta 1 Dampak globalisasi terhadap pendidikan nasional.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: Reformasi Pendidikan dan Tantangannya
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis Pendidikan dan Teknologi

mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan: e-learning dan digitalisasi kurikulum.

Kriteria:
  1. 4, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 4 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
  2. 3, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 3 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
  3. 2, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 2 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.
  4. 1, jika mampu menjelaskan Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan 1 Tantangan dan peluang teknologi dalam pendidikan.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL
150

Materi: Pendidikan dan Teknologi
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Pendidikan dan Teknologi
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan

  1. mampu menjelaskan solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  2. mampu menjelaskan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
Kriteria:
  1. 4, jika mampu menjelaskan 4 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
  2. 3, jika mampu menjelaskan 3 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
  3. 2, jika mampu menjelaskan 2 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.
  4. 1, jika mampu menjelaskan 1 solusi berbasis kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan studi kasus keberhasilan kebijakan pendidikan di berbagai negara.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PJBL
150

Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Future Time Perspective Mahasiswa. Laporan Penelitan Kebijakan Fakultas. Surabaya

Materi: Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Pustaka: Khoirunnisa, R.N., dkk. (2025). Optimalisasi Psychological Well-Being pada Pengurus Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara (KOPPATARA). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Kebijakan Fakultas. Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut

mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut

Kriteria:
  1. Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
  2. Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
  3. Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
  4. Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
150

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut

mampu Presentasi laporan permasalahan mikro makro dalam pendidikan dan Rencana Tindak Lanjut

Kriteria:
  1. Mampu mempresentasikan dan menyediakan media presentasi (ppt), video, dan modul maka memperoleh nilai 10
  2. Mampu mempresentasikan dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, atau modul) maka mendapat 5
  3. Tidak mampu presentasi dan menyediakan dua buah dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 5
  4. Tidak mampu presentasi dan menyediakan salah satu dari tiga hal pendukung (media presentasi (ppt), video, dan modul) maka mendapat 3

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL
150

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Tan, S. M. (2020). Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Fullan, M. (2018). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Cummings, W.K. (2016). Education and Social Change in East Asia: The Case of Hong Kong. Springer.

Materi: Presentasi Makalah dan Rencana Tindak Lanjut
Pustaka: Depdiknas. (2019). Pendidikan di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.