
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Riset Artistik |
9020103106 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
4 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.; Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Ds.; Wening Hesti Nawa Ruci, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.
|
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Memerinci konsep teoretis, prinsip, dan prosedur dengan menerapkan creative thinking dalam penciptaan karya seni rupa yang berbasis masalah kontekstual |
PLO-8 |
Menganalisis dan mengkaitkan historisitas, konsep ontology, epistimologi, aksiologi dalam ilmu seni rupa untuk mengolah kreativitas. |
PLO-10 |
Melakukan riset artistic yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis dalam bingkai ilmu seni rupa dengan pendekatan ilmu lintas disiplin |
PLO-11 |
Mempublikasikan kinerja, proses, dan komponen secara analitis dengan mempertimbangkan aspek komunikasi efektif, keberlanjutan dan networking. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa menginternalisasi menjalankan nilai, norma, dan etika akademik
|
PO - 2 |
Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain
|
PO - 3 |
Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik seni dalam suatu proses kreatif.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode riset artistik dalam proses penciptaan karya.
|
PO - 6 |
Menyusun artikel riset artistik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Riset artistik merupakan metode yang masih relatif baru. Penelitian artistik adalah pengembangan penelitian seni yang disesuaikan dengan karakteristik seni yang ditekuni dalam kekaryaan seni. Matakuliah ini adalah bidang yang terus berkembang di mana banyak perspektif berbeda di dalam dan melalui produksi seni, tidak hanya untuk karya artistik, tetapi juga suatu proses kreatif. Merupakan terobosan baru dalam metode penelitian, yang selama ini banyak bertumpu kepada paradigma penelitian ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian artistik membangun paradigma penelitian yang mengasumsikan bahwa praktisi adalah peneliti, proses kreatif adalah proses penelitian, karya seni adalah hasil penelitian. Maka ketika seorang praktisi melakukan aktivitas kreatif lantas dari proses kreatif tersebut mewujud ke dalam karya seni serta didiseminasikan kepada publik, maka hal tersebut akan menlahirkan pengetahuan. Oleh karena itu, riset artistik juga dapat menjadi penelitian ilmiah, khususnya interdisipliner. Pengalaman artistik dapat terjadi pada waktu yang berbeda, durasi yang berbeda, dan kepentingan yang berbeda. Matakuliah ini menjelaskan di fase mana penelitian artistik dapat dilakukan? inspirasi, dalam refleksi, diskusi, dalam perumusan pertanyaan penelitian, dalam konsepsi dan komposisi, dalam implementasi, dalam publikasi, dalam evaluasi, dalam cara wacana. Perkuliahan dengan metode case study yang diimplementasikan dalam pembelajaran teoretik dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
- Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
- Shaun McNiff. Art as Research. SAGE Publications. 2013.
- Mika Hannula, Juha Suoranta, Tere Vadén. Artistic Research Methodology: Narrative, Power and the Public. Peter Lang Inc. 2014
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Pengantar Riset Artistik
- Pendahuluan Riset Artistik
|
Pengantar Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Pengantar Riset Artistik Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Metodologi dalam Riset Artistik |
Memahami metodologi dalam Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Metodologi riset artistik Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni |
memahami Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif |
Memahami Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya |
Memahami Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Kajian Literatur dalam Riset Artistik |
Memahami Kajian Literatur dalam Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Kajian Literatur dalam Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Teknik Dokumentasi Proses Kreatif |
Memahami Teknik Dokumentasi Proses Kreatif |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Teknik Dokumentasi Proses Kreatif Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pembuatan Portofolio Riset Artistik |
Memahami Pembuatan Portofolio Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 3x50 |
|
Materi: Pembuatan Portofolio Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni |
Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya |
Memahami Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya Pustaka: Mika Hannula, Juha Suoranta, Tere Vadén. Artistic Research Methodology: Narrative, Power and the Public. Peter Lang Inc. 2014 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik |
Memahami Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan Laporan Riset Artistik |
Memahami Penyusunan Laporan Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Penyusunan Laporan Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik |
Memahami Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik |
Memahami Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
Memahami Praktik Kolaboratif dalam Riset Artistik |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 3x50 |
|
Materi: Praktik Kolaboratif dalam Riset Artistik Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Memahami materi pertemuan 1 sampai 15 |
Kriteria:
a Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cemaha, Presentasi dan diskusi 3x50 |
|
Materi: materi pertemuan 1 -15 Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009 |
15% |