Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Riset Artistik

9020103106

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

4

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.; Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Ds.; Wening Hesti Nawa Ruci, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.




Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Memerinci konsep teoretis, prinsip, dan prosedur dengan menerapkan creative thinking dalam penciptaan karya seni rupa yang berbasis masalah kontekstual

PLO-8

Menganalisis dan mengkaitkan historisitas, konsep ontology, epistimologi, aksiologi dalam ilmu seni rupa untuk mengolah kreativitas.

PLO-10

Melakukan riset artistic yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis dalam bingkai ilmu seni rupa dengan pendekatan ilmu lintas disiplin

PLO-11

Mempublikasikan kinerja, proses, dan komponen secara analitis dengan mempertimbangkan aspek komunikasi efektif, keberlanjutan dan networking.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa menginternalisasi menjalankan nilai, norma, dan etika akademik

PO - 2

Mahasiswa menghargai keanekaragaman budaya, serta pendapat atau temuan orang lain

PO - 3

Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin dan bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri

PO - 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik seni dalam suatu proses kreatif.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode riset artistik dalam proses penciptaan karya.

PO - 6

Menyusun artikel riset artistik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-10PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Riset artistik merupakan metode yang masih relatif baru. Penelitian artistik adalah pengembangan penelitian seni yang disesuaikan dengan karakteristik seni yang ditekuni dalam kekaryaan seni. Matakuliah ini adalah bidang yang terus berkembang di mana banyak perspektif berbeda di dalam dan melalui produksi seni, tidak hanya untuk karya artistik, tetapi juga suatu proses kreatif. Merupakan terobosan baru dalam metode penelitian, yang selama ini banyak bertumpu kepada paradigma penelitian ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian artistik membangun paradigma penelitian yang mengasumsikan bahwa praktisi adalah peneliti, proses kreatif adalah proses penelitian, karya seni adalah hasil penelitian. Maka ketika seorang praktisi melakukan aktivitas kreatif lantas dari proses kreatif tersebut mewujud ke dalam karya seni serta didiseminasikan kepada publik, maka hal tersebut akan menlahirkan pengetahuan. Oleh karena itu, riset artistik juga dapat menjadi penelitian ilmiah, khususnya interdisipliner. Pengalaman artistik dapat terjadi pada waktu yang berbeda, durasi yang berbeda, dan kepentingan yang berbeda. Matakuliah ini menjelaskan di fase mana penelitian artistik dapat dilakukan? inspirasi, dalam refleksi, diskusi, dalam perumusan pertanyaan penelitian, dalam konsepsi dan komposisi, dalam implementasi, dalam publikasi, dalam evaluasi, dalam cara wacana. Perkuliahan dengan metode case study yang diimplementasikan dalam pembelajaran teoretik dan diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
  2. Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
  3. Shaun McNiff. Art as Research. SAGE Publications. 2013.
  4. Mika Hannula, Juha Suoranta, Tere Vadén. Artistic Research Methodology: Narrative, Power and the Public. Peter Lang Inc. 2014

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Pengantar Riset Artistik
  2. Pendahuluan Riset Artistik

Pengantar Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi
2 x 50

Materi: Pengantar Riset Artistik
Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
5%

2

Minggu ke 2

Metodologi dalam Riset Artistik

Memahami metodologi dalam Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Metodologi riset artistik
Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
5%

3

Minggu ke 3

Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni

memahami Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Kerangka Konseptual dan Hipotesis dalam Seni
Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
5%

4

Minggu ke 4

Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif

Memahami Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Observasi dan Eksperimen dalam Proses Kreatif
Pustaka: Sullivan, Graeme. Art Practice as Research. SAGE Publications 2009.
5%

5

Minggu ke 5

Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya

Memahami Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Studi Kasus dalam Seni dan Analisis Karya
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

6

Minggu ke 6

Kajian Literatur dalam Riset Artistik

Memahami Kajian Literatur dalam Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Kajian Literatur dalam Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

7

Minggu ke 7

Teknik Dokumentasi Proses Kreatif

Memahami Teknik Dokumentasi Proses Kreatif

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Teknik Dokumentasi Proses Kreatif
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

8

Minggu ke 8

Pembuatan Portofolio Riset Artistik

Memahami Pembuatan Portofolio Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3x50

Materi: Pembuatan Portofolio Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
15%

9

Minggu ke 9

Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni

Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Analisis Data dan Interpretasi dalam Seni
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

10

Minggu ke 10

Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya

Memahami Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Pengolahan Hasil Riset ke dalam Karya
Pustaka: Mika Hannula, Juha Suoranta, Tere Vadén. Artistic Research Methodology: Narrative, Power and the Public. Peter Lang Inc. 2014
5%

11

Minggu ke 11

Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik

Memahami Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Refleksi dan Evaluasi dalam Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan Laporan Riset Artistik

Memahami Penyusunan Laporan Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Penyusunan Laporan Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

13

Minggu ke 13

Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik

Memahami Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Presentasi Hasil Riset dalam Forum Akademik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

14

Minggu ke 14

Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik

Memahami Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Etika dan Tanggung Jawab dalam Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

15

Minggu ke 15

Memahami Praktik Kolaboratif dalam Riset Artistik

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50

Materi: Praktik Kolaboratif dalam Riset Artistik
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
5%

16

Minggu ke 16

Memahami materi pertemuan 1 sampai 15

Kriteria:

a


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cemaha, Presentasi dan diskusi
3x50

Materi: materi pertemuan 1 -15
Pustaka: Hazel Smith, Roger T. Dean. Practice-led Research, Research-led Practice in the Creative Arts. Edinburgh University Press. 2009
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.