Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Pengkondisian Udara

8320302304

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

12 Juni 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.




Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

PLO-9

Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam sistem pengkondisian udara untuk analisis kinerja sistem (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis siklus refrigerasi dan komponen utama pada sistem pengkondisian udara (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara berdasarkan standar yang berlaku (C5)

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami komponen pada sistem pengkondisian udara

PO - 5

Mahasiswa mampu melakukan analisis kerusakan pada sistem pengkondisian udara

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Sistem Pengkondisian Udara pada program studi Pendidikan Teknik Mesin bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan pengkondisian udara. Mahasiswa akan mempelajari tentang peran sistem pengkondisian udara dalam kendaraan, serta teknologi terkini yang digunakan dalam sistem tersebut. Ruang lingkup mata kuliah mencakup konsep dasar termodinamika, siklus refrigerasi, komponen-komponen sistem pengkondisian udara, perancangan sistem, serta perawatan dan troubleshooting. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengoperasikan, dan memelihara sistem pengkondisian udara secara efisien dan efektif.

Pustaka

Utama :

  1. C.P. Arora. 2010. Refrigeration and Air Conditioning. New Delhi: McGraw Hill Education.

Pendukung :

  1. John W. Mitchell, James E. Braun. 2012. Principles of Heating, Ventilation, and Air Conditioning in Buildings. Hoboken, New Jersey: Wiley.
  2. I Made Muliatna (2010) Materi Ajar AC Mobil, Surabaya: Jurusan PTM – FT Unesa
  3. Toyota Air Conditioner, 1989, Jakarta: Toyota Motor

Dosen Pengampu

Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam konteks sistem pengkondisian udara untuk melakukan analisis kinerja sistem dengan baik.

  1. Analisis kinerja sistem pengkondisian udara berdasarkan prinsip termodinamika
  2. Kemampuan menerapkan konsep termodinamika dalam konteks pengkondisian udara
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip termodinamika dalam sistem pengkondisian udara
Materi: Pengantar Termodinamika, Siklus Refrigerasi, Analisis Kinerja Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam sistem pengkondisian udara untuk melakukan analisis kinerja sistem dengan baik.

  1. Penerapan prinsip termodinamika dalam analisis kinerja sistem pengkondisian udara
  2. Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi permasalahan termodinamika dalam sistem pengkondisian udara
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip termodinamika dalam kasus nyata sistem pengkondisian udara
Materi: Prinsip Dasar Termodinamika, Sistem Pengkondisian Udara, Analisis Kinerja Sistem
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus refrigerasi dan mengidentifikasi komponen utama pada sistem pengkondisian udara.

  1. Analisis siklus refrigerasi
  2. Identifikasi komponen utama
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
Materi: Siklus refrigerasi, Evaporator, Kompresor, Condenser, Expansion valve
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus refrigerasi dan mengidentifikasi komponen utama pada sistem pengkondisian udara.

  1. Analisis siklus refrigerasi
  2. Identifikasi komponen utama
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
Materi: Siklus refrigerasi, Evaporator, Kompresor, Condenser, Expansion valve
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara berdasarkan standar yang berlaku.

  1. Efisiensi sistem pengkondisian udara dievaluasi dengan benar
  2. Efektivitas sistem pengkondisian udara dievaluasi sesuai standar yang berlaku
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem pengkondisian udara
Materi: Konsep efisiensi sistem pengkondisian udara, Konsep efektivitas sistem pengkondisian udara, Standar evaluasi sistem pengkondisian udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara dengan mempertimbangkan standar yang berlaku.

  1. Efisiensi sistem pengkondisian udara dievaluasi dengan benar
  2. Efektivitas sistem pengkondisian udara dievaluasi sesuai standar
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang evaluasi sistem pengkondisian udara berdasarkan studi kasus yang diberikan
Materi: Pengukuran Efisiensi Sistem Pengkondisian Udara, Pengukuran Efektivitas Sistem Pengkondisian Udara, Standar Evaluasi Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu merancang sistem pengkondisian udara yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip rekayasa.

  1. Analisis kebutuhan pengkondisian udara
  2. Perancangan sistem pengkondisian udara yang efisien
  3. Pemahaman prinsip-prinsip rekayasa dalam pengkondisian udara
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan Proyek
Materi: Analisis Kebutuhan Pengkondisian Udara, Prinsip-prinsip Rekayasa dalam Pengkondisian Udara, Perancangan Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik siklus refrigerasi yang digunakan dalam sistem pengkondisian udara serta mengidentifikasi komponen utama yang terlibat dalam proses tersebut.

  1. siklus refrigerasi dipahami dengan baik
  2. komponen utama sistem pengkondisian udara diidentifikasi dengan benar
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
Materi: Siklus Refrigerasi, Komponen Utama Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik siklus refrigerasi yang digunakan dalam sistem pengkondisian udara serta mengidentifikasi komponen utama yang terlibat dalam proses tersebut.

  1. siklus refrigerasi dipahami dengan baik
  2. komponen utama sistem pengkondisian udara diidentifikasi dengan benar
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
Materi: Siklus Refrigerasi, Komponen Utama Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
  2. Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
  3. Kemampuan menciptakan solusi inovatif
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
  2. Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
  3. Kemampuan menciptakan solusi inovatif
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
  2. Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
  3. Kemampuan menciptakan solusi inovatif
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Proyek Kolaboratif
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengkondisian udara yang efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip yang dipelajari.

  1. Desain sistem pengkondisian udara efisien
  2. Penerapan prinsip ramah lingkungan dalam desain
  3. Analisis dampak lingkungan dari desain yang dibuat
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan desain sistem pengkondisian udara efisien dan ramah lingkungan
Materi: Prinsip-prinsip desain sistem pengkondisian udara efisien, Strategi ramah lingkungan dalam pengkondisian udara, Analisis dampak lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengkondisian udara yang efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip yang dipelajari.

  1. Desain sistem pengkondisian udara efisien
  2. Penerapan prinsip ramah lingkungan dalam desain
  3. Analisis dampak lingkungan dari desain yang dibuat
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis proyek.
Penugasan desain sistem pengkondisian udara efisien dan ramah lingkungan
Materi: Prinsip-prinsip desain sistem pengkondisian udara efisien, Strategi ramah lingkungan dalam pengkondisian udara, Analisis dampak lingkungan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi sistem pengkondisian udara dengan penerapan teknologi hijau.

  1. Analisis sistem pengkondisian udara dengan teknologi hijau
  2. Evaluasi efisiensi energi sistem pengkondisian udara
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Prinsip teknologi hijau dalam sistem pengkondisian udara, Metode analisis sistem pengkondisian udara, Kriteria evaluasi efisiensi energi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi sistem pengkondisian udara dengan penerapan teknologi hijau.

  1. Analisis sistem pengkondisian udara dengan teknologi hijau
  2. Evaluasi efisiensi energi sistem pengkondisian udara
Kriteria:

Sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Prinsip teknologi hijau dalam sistem pengkondisian udara, Metode analisis sistem pengkondisian udara, Kriteria evaluasi efisiensi energi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4.5%
3. Penilaian Portofolio 22.5%
4. Tes 21.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.