
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sistem Pengkondisian Udara |
8320302304 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
12 Juni 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.
|
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi) |
PLO-9 |
Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam sistem pengkondisian udara untuk analisis kinerja sistem (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis siklus refrigerasi dan komponen utama pada sistem pengkondisian udara (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara berdasarkan standar yang berlaku (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami komponen pada sistem pengkondisian udara
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis kerusakan pada sistem pengkondisian udara
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Sistem Pengkondisian Udara pada program studi Pendidikan Teknik Mesin bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan pengkondisian udara. Mahasiswa akan mempelajari tentang peran sistem pengkondisian udara dalam kendaraan, serta teknologi terkini yang digunakan dalam sistem tersebut. Ruang lingkup mata kuliah mencakup konsep dasar termodinamika, siklus refrigerasi, komponen-komponen sistem pengkondisian udara, perancangan sistem, serta perawatan dan troubleshooting. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengoperasikan, dan memelihara sistem pengkondisian udara secara efisien dan efektif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- C.P. Arora. 2010. Refrigeration and Air Conditioning. New Delhi: McGraw Hill Education.
|
Pendukung : |
|
- John W. Mitchell, James E. Braun. 2012. Principles of Heating, Ventilation, and Air Conditioning in Buildings. Hoboken, New Jersey: Wiley.
- I Made Muliatna (2010) Materi Ajar AC Mobil, Surabaya: Jurusan PTM – FT Unesa
- Toyota Air Conditioner, 1989, Jakarta: Toyota Motor
|
Dosen Pengampu
|
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam konteks sistem pengkondisian udara untuk melakukan analisis kinerja sistem dengan baik. |
- Analisis kinerja sistem pengkondisian udara berdasarkan prinsip termodinamika
- Kemampuan menerapkan konsep termodinamika dalam konteks pengkondisian udara
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip termodinamika dalam sistem pengkondisian udara
|
Materi: Pengantar Termodinamika, Siklus Refrigerasi, Analisis Kinerja Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam sistem pengkondisian udara untuk melakukan analisis kinerja sistem dengan baik. |
- Penerapan prinsip termodinamika dalam analisis kinerja sistem pengkondisian udara
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi permasalahan termodinamika dalam sistem pengkondisian udara
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip termodinamika dalam kasus nyata sistem pengkondisian udara
|
Materi: Prinsip Dasar Termodinamika, Sistem Pengkondisian Udara, Analisis Kinerja Sistem Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus refrigerasi dan mengidentifikasi komponen utama pada sistem pengkondisian udara. |
- Analisis siklus refrigerasi
- Identifikasi komponen utama
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Siklus refrigerasi, Evaporator, Kompresor, Condenser, Expansion valve Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus refrigerasi dan mengidentifikasi komponen utama pada sistem pengkondisian udara. |
- Analisis siklus refrigerasi
- Identifikasi komponen utama
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Siklus refrigerasi, Evaporator, Kompresor, Condenser, Expansion valve Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara berdasarkan standar yang berlaku. |
- Efisiensi sistem pengkondisian udara dievaluasi dengan benar
- Efektivitas sistem pengkondisian udara dievaluasi sesuai standar yang berlaku
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus evaluasi sistem pengkondisian udara
|
Materi: Konsep efisiensi sistem pengkondisian udara, Konsep efektivitas sistem pengkondisian udara, Standar evaluasi sistem pengkondisian udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem pengkondisian udara dengan mempertimbangkan standar yang berlaku. |
- Efisiensi sistem pengkondisian udara dievaluasi dengan benar
- Efektivitas sistem pengkondisian udara dievaluasi sesuai standar
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang evaluasi sistem pengkondisian udara berdasarkan studi kasus yang diberikan
|
Materi: Pengukuran Efisiensi Sistem Pengkondisian Udara, Pengukuran Efektivitas Sistem Pengkondisian Udara, Standar Evaluasi Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang sistem pengkondisian udara yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip rekayasa. |
- Analisis kebutuhan pengkondisian udara
- Perancangan sistem pengkondisian udara yang efisien
- Pemahaman prinsip-prinsip rekayasa dalam pengkondisian udara
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan Proyek
|
Materi: Analisis Kebutuhan Pengkondisian Udara, Prinsip-prinsip Rekayasa dalam Pengkondisian Udara, Perancangan Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik siklus refrigerasi yang digunakan dalam sistem pengkondisian udara serta mengidentifikasi komponen utama yang terlibat dalam proses tersebut. |
- siklus refrigerasi dipahami dengan baik
- komponen utama sistem pengkondisian udara diidentifikasi dengan benar
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Siklus Refrigerasi, Komponen Utama Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik siklus refrigerasi yang digunakan dalam sistem pengkondisian udara serta mengidentifikasi komponen utama yang terlibat dalam proses tersebut. |
- siklus refrigerasi dipahami dengan baik
- komponen utama sistem pengkondisian udara diidentifikasi dengan benar
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi siklus refrigerasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Siklus Refrigerasi, Komponen Utama Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara. |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
- Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
- Kemampuan menciptakan solusi inovatif
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara. |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
- Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
- Kemampuan menciptakan solusi inovatif
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode penelitian untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi inovatif dalam konteks sistem pengkondisian udara. |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah dalam sistem pengkondisian udara
- Kemampuan mengaplikasikan metode penelitian dengan tepat
- Kemampuan menciptakan solusi inovatif
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek Kolaboratif
|
Materi: Pengenalan Metode Penelitian, Identifikasi Masalah dalam Sistem Pengkondisian Udara, Penerapan Metode Penelitian, Inovasi dalam Sistem Pengkondisian Udara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengkondisian udara yang efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip yang dipelajari. |
- Desain sistem pengkondisian udara efisien
- Penerapan prinsip ramah lingkungan dalam desain
- Analisis dampak lingkungan dari desain yang dibuat
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan desain sistem pengkondisian udara efisien dan ramah lingkungan
|
Materi: Prinsip-prinsip desain sistem pengkondisian udara efisien, Strategi ramah lingkungan dalam pengkondisian udara, Analisis dampak lingkungan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengkondisian udara yang efisien dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip yang dipelajari. |
- Desain sistem pengkondisian udara efisien
- Penerapan prinsip ramah lingkungan dalam desain
- Analisis dampak lingkungan dari desain yang dibuat
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan desain sistem pengkondisian udara efisien dan ramah lingkungan
|
Materi: Prinsip-prinsip desain sistem pengkondisian udara efisien, Strategi ramah lingkungan dalam pengkondisian udara, Analisis dampak lingkungan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi sistem pengkondisian udara dengan penerapan teknologi hijau. |
- Analisis sistem pengkondisian udara dengan teknologi hijau
- Evaluasi efisiensi energi sistem pengkondisian udara
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Prinsip teknologi hijau dalam sistem pengkondisian udara, Metode analisis sistem pengkondisian udara, Kriteria evaluasi efisiensi energi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi sistem pengkondisian udara dengan penerapan teknologi hijau. |
- Analisis sistem pengkondisian udara dengan teknologi hijau
- Evaluasi efisiensi energi sistem pengkondisian udara
|
Kriteria:
Sesuai rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Prinsip teknologi hijau dalam sistem pengkondisian udara, Metode analisis sistem pengkondisian udara, Kriteria evaluasi efisiensi energi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |