Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Blockchain

5720103175

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

19 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

PLO-13

Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan pentingnya keamanan sistem informasi dalam mengelola data dan informasi serta mengidentifikasi hal - hal tentang kebocoran data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep blockchain, cryptocurrency, bitcoin dan altcoin serta regulasi yang berlaku di masyarakat

PO - 2

Mampu membuat model program pengamanan, penyimpanan dan penambangan dalam blockchain

PO - 3

Mampu mengimplementasikan dalam rancang bangunan aplikasi platform dalam blockchain

PO - 4

Mampu menyelesaikan kasus-kasus penggunaan blockchain pada bisnis

PO - 5

Mampu merancang proyek berbasis blockchain yang dapat diintegrasikan dengan teknologi lain

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-13
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar dan aplikasi teknologi blockchain. Mahasiswa akan memahami prinsip-prinsip blockchain, smart contracts, dan berbagai implementasi blockchain dalam industri. Fokus juga diberikan pada pengembangan proyek blockchain dan penerapan teknologi ini dalam konteks sistem informasi dan keamanan data.

Pustaka

Utama :

  1. Nakamoto, S. (2008). Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System
  2. Allen, D. W. E., & Yelowitz, A. (2020). Cryptocurrency Regulation: A Global Review. Cambridge University Press.
  3. Antonopoulos, A. M. (2017). Mastering Bitcoin: Unlocking Digital Cryptocurrencies. O'Reilly Media.
  4. Mougayar, W. (2016). The Business Blockchain: Promise, Practice, and the Application of the Next Internet Internet. Wiley.
  5. Nakamoto, S. (2008). Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.
  6. Hertig, A. (2020). Ethereum Smart Contract Development: Build blockchain-based decentralized applications using solidity. Packt Publishing.
  7. Tapscott, D., & Tapscott, A. (2016). Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin Is Changing Money, Business, and the World. Penguin.
  8. Swan, M. (2015). Blockchain: Blueprint for a New Economy. O'Reilly Media.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan menjelaskan karasteristik utama blockchain, menjelaskan perbedaan anatara cryptocurrency, bitcoin, dan altcoin

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas= 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Tes
Mempelajari definisi, sejarah, dan karakteristik dasar blockchain, cryptocurrency, bitcoin, dan altcoin melalui ceramah tatap muka dan diskusi kelompok
3 X 50
Diskusi mengenai blockchain dan cryptocurrency, diikuti dengan penulisan artikel.
3 X 50
Materi: Definisi dan sejarah Blockchain, Cryptocurrency, Bitcoin, dan Altcoin
Pustaka: Nakamoto, S. (2008). Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System
2%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami regulasi dan kebijakan yang berlaku untuk cryptocurrency dan teknologi blockchain di masyarakat

Mampu memahami tentang regulasi cryptocurrency, dan menjelaskan kebijakan local dan internasional yang mempengaruhi teknologi blockchain

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan studi kasus mengenai regulasi cryptocurrency dan blockchain
3 X 50
Memahami regulasi dan kebijakan cryptocurrency
3 X 50
Materi: Regulasi Cryptocurrency dan Teknologi Blockchain
Pustaka: Allen, D. W. E., & Yelowitz, A. (2020). Cryptocurrency Regulation: A Global Review. Cambridge University Press.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan menjelaskan dan menerapkan mekanisme kripografi dalam blockchain

  1. Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar kriptografi dan menerapkan teknik kriptografi dalam model blockchain
  2. Ketepatan mahassiwa dalam menguji keamanan data dalam blockchain menggunakan metode kriptografi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik pembuatan mekanisme kriptografi dalam blockchain di laboratorium, diikuti dengan tugas implementasi kriptografi dalam proyek kelompok
3 X 50
Memahami mekanisme kriptografi dalam blockchain, diikuti dengan tugas praktikum online.
Materi: Mekanisme Kriptografi dalam Blockchain
Pustaka: Antonopoulos, A. M. (2017). Mastering Bitcoin: Unlocking Digital Cryptocurrencies. O'Reilly Media.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu membuat model pengamanan dan penyimpanan data dalam blockchain

  1. Mampu memahami dan membuat model pengamanan data berbasis blockchain dan mengimplementasikan teknik penyimpanan data dalam blockchain
  2. Mampu memahami dan menguji efektivitas model pengamanan dalam scenario simulasi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembuatan model pengamanan dan penyimpanan data dalam blockchain dengan tugas praktik membuat model
3 X 50
Tugas praktikum untuk model pengamanan dan penyimpanan data dalam blockchain.
3 X 50
Materi: Pengamanan dan Penyimpanan Data dalam Blockchain
Pustaka: Mougayar, W. (2016). The Business Blockchain: Promise, Practice, and the Application of the Next Internet Internet. Wiley.
2%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu memahami dan menjelaskan mekasime penambangan dan menerapkan teknik peambangan dalam lingkungan blockchain
  2. Ketepatan mahasiswa dalam menganalisisi efisiensi dan dampak mekanisme penambangan pada blockchain
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Memahami mekanisme penambangan blockchain diikuti dengan tugas praktikum
3 X 50
Memahami Modul e-learning tentang mekanisme penambangan blockchain
Materi: Mekanisme Penambangan dalam Blockchain
Pustaka: Nakamoto, S. (2008). Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System.
4%

6

Minggu ke 6

Mampu merancang dan mengembangakan smart contract

  1. Mampu memahami dan menyusun spesifikasi untuk smart contract yang akan dikembangkan
  2. Mampu memahami dan menilai keamanan dan fungsionalitas smart contract yang dikembangkan
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Memahami smart contract dan penugasan praktikum untuk merancang dan mengembangkan smart contract.
3 X 50
Memahami smart contract, diikuti dengan tugas pembuatan smart contract
3 X 50
Materi: Pengembangan Smart Contract
Pustaka: Hertig, A. (2020). Ethereum Smart Contract Development: Build blockchain-based decentralized applications using solidity. Packt Publishing.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu memahami dan memodelkan serta mengimplementasikan aplikasi berbasis blockchain sederhana

  1. Mampu membuat model aplikasi berbasis blockchain sederhana
  2. Mengimplementasikan aplikasi blockchain menggunakan framework yang relevan
  3. Ketepatan mahasiswa dalam mengujia dan memastikan kinerja dan keamanan aplikasi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktikum pengembangan aplikasi blockchain sederhana
3 X 50
Pengembangan aplikasi blockchain sederhana
3 X 50
Materi: Implementasi Aplikasi Blockchain Sederhana
Pustaka: Antonopoulos, A. M. (2017). Mastering Bitcoin: Unlocking Digital Cryptocurrencies. O'Reilly Media.
3%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
3 X 50
UTS
3 X 50
Materi: UTS
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami dan mnegenalisis serta menyelesaikan kasus penggunaan blockchain pada bisnis

  1. Mampu memahami dan megidentifikasi serta menganalisis kasus enggunaan blockchain dalam sector bisnis
  2. Mampu mengembangkan solusi berbasis blockchain untuk masalah bisnis yang nyata
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan analisis kasus bisnis blockchain, disertai penugasan analisis kasus secara individu.
3 X 50
Analisis kasus penggunaan blockchain dalam bisnis melalui studi kasus online
3 X 50
Materi: Kasus Penggunaan Blockchain dalam Bisnis
Pustaka: Tapscott, D., & Tapscott, A. (2016). Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin Is Changing Money, Business, and the World. Penguin.
4%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami dan menganalisis serta menyelesaikan kasus penggunaan blockchain dalam bisnis

Mampu memahami dan mengidentifikasi kasus penggunaan blockchain dalam bisnis dan mengembangkan solusi berbasis blockchain

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS =20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus dan tugas kelompok mengenai implementasi blockchain dalam bisnis.
3 X 50
Diskusi dan analisis kasus bisnis blockchain
3 X 50
Materi: Studi Kasus Blockchain dalam Bisnis
Pustaka: Swan, M. (2015). Blockchain: Blueprint for a New Economy. O'Reilly Media.
4%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan merancang aplikasi blockchain yang dapat diintegrasikan dengan teknologi lain

  1. Mampu merancang aplikasi blockchain yang dapat berintegrasi dengan teknologi IoT atau AI
  2. Menyusun arsitektur sistem yang menggabingkan blockchain dengan teknologi lain
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS =30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Memahami perancangan aplikasi blockchain terintegrasi dengan teknologi lain, diikuti dengan tugas perancangan aplikasi.
3 X 50
Memahami aplikasi blockchain terintegrasi dengan teknologi lain, diikuti dengan tugas perancangan aplikasi secara daring.
Materi: Integrasi Aplikasi Blockchain dengan Teknologi Lain
Pustaka: Mougayar, W. (2016). The Business Blockchain: Promise, Practice, and the Application of the Next Internet Internet. Wiley.
4%

12

Minggu ke 12

Mampu mengimplementasikan dan menguji prototype aplikasi berbasis blockchain yang terintegrasi dengan teknologi lain

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan prototype aplikasi berbasis blockchain yang mengintegrasikan teknologi lain
  2. Ketepatan mahasiswa dalam melakukan pengujian terhadap integrase dan fungsionalitas aplikasi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktikum implementasi dan pengujian prototype aplikasi blockchain
3 X 50
Praktikum daring untuk implementasi dan pengujian prototype aplikasi blockchain yang terintegrasi
3 X 50
Materi: Implementasi dan Pengujian Prototype Aplikasi Blockchain
Pustaka: Hertig, A. (2020). Ethereum Smart Contract Development: Build blockchain-based decentralized applications using solidity. Packt Publishing.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan menyusun serta mengimplementasikan strategi pengembangan dan pengelolaa proyek berbasis blockchain

  1. Menyusun strategi pengembangan proyek blockchain, termasuk perencanaan dan manajemen
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan strategi pengelolaan proyek
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Memahami strategi pengembangan proyek blockchain dengan tugas merancang strategi proyek berbasis blockchain.
3 X 50
Diskusi strategi pengembangan proyek blockchain
3 X 50
Materi: Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Proyek Blockchain
Pustaka: Tapscott, D., & Tapscott, A. (2016). Blockchain Revolution: How the Technology Behind Bitcoin Is Changing Money, Business, and the World. Penguin.
2%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu memahami dan mengevaluasi kinerja an efisiensi sistem blockchain yang telah dirancang
  2. Mampu mengidentifikasi area untuk perbaikan dan mengoptimalkan sistem
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan studi kasus evaluasi sistem blockchain, diikuti dengan tugas evaluasi dan optimasi sistem.
3 X 50
Menyelesaiakn studi kasus mengenai evaluasi sistem blockchain
3 X 50
Materi: Evaluasi dan Optimisasi Sistem Blockchain
Pustaka: Antonopoulos, A. M. (2017). Mastering Bitcoin: Unlocking Digital Cryptocurrencies. O'Reilly Media.
2%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami dan menyiapkan laporan dan presentasi akhir untuk proyek berbasis blockchain

Mampu menyusn laporan akhir yang mendokumentasikan proyek blockchain termasuk desain, implementasi dan hasil

Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi proyek akhir dan penyusunan laporan akhir proyek blockchain.
3 X 50
Presentasi akhir proyek dan laporan proyek blockchain
3 X 50
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir Proyek Blockchain
Pustaka: Mougayar, W. (2016). The Business Blockchain: Promise, Practice, and the Application of the Next Internet Internet. Wiley.
7%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3 X 50
UAS
3 X 50
Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32%
2. Penilaian Portofolio 4%
3. Praktik / Unjuk Kerja 9%
4. Tes 35%
80%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.