Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Information and Communications Technology (ICT)

6220104165

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

6

8 Mei 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ika Permatasari, SE., Ak., M.Ak., CA.




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu merancang sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, menerapkan perangkat lunak, serta mengevaluasi pengendalian internal berbasis teknologi informasi sesuai kode etik profesi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

PO - 2

Mengembangkan pemikiran sistematis dan kreatif dalam melakukan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

PO - 3

Mampu merancang sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan menerapkan perangkat lunak berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini melibatkan teknologi, teknik, dan proses yang sudah ada dan sedang berkembang yang digunakan untuk menangkap, mengelola, mengubah, atau mengkomunikasikan data dan informasi. Selama mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk (1) menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis, (2) menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan, (3) menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi, (4) menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi, (5) menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi, (6) menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi, (7) menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK, (8) mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK, dan (9) mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan.

Pustaka

Utama :

  1. Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.
  2. Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU.
  3. Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis
Pustaka: Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU.

Materi: Auditing in an IT environment
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: Auditing in an IT environment
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis
Pustaka: Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU.

Materi: Auditing in an IT environment
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: Auditing in an IT environment
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi

Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

6

Minggu ke 6

Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi

Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

7

Minggu ke 7

Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi

Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

8

Minggu ke 8

Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi

Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

10%

9

Minggu ke 9

Menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi

Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

10

Minggu ke 10

Menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi

Ketepatan dalam menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

11

Minggu ke 11

Menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi

Ketepatan dalam menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
10%

12

Minggu ke 12

Menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK

Ketepatan dalam menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

13

Minggu ke 13

Mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK

Ketepatan dalam mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK.

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

14

Minggu ke 14

Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

15

Minggu ke 15

Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

Materi: IT audit approach
Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.

Materi: IT audit approach
Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
5%

16

Minggu ke 16

Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan

Metode Pembelajaran
Project-based Learning

Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.

Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.