
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Information and Communications Technology (ICT) |
6220104165 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
6 |
8 Mei 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ika Permatasari, SE., Ak., M.Ak., CA.
|
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu merancang sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, menerapkan perangkat lunak, serta mengevaluasi pengendalian internal berbasis teknologi informasi sesuai kode etik profesi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
|
PO - 2 |
Mengembangkan pemikiran sistematis dan kreatif dalam melakukan pekerjaan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
|
PO - 3 |
Mampu merancang sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan menerapkan perangkat lunak berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini melibatkan teknologi, teknik, dan proses yang sudah ada dan sedang berkembang yang digunakan untuk menangkap, mengelola, mengubah, atau mengkomunikasikan data dan informasi. Selama mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk (1) menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis, (2) menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan, (3) menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi, (4) menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi, (5) menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi, (6) menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi, (7) menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK, (8) mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK, dan (9) mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing.
- Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU.
- Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis Pustaka: Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU. Materi: Auditing in an IT environment Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: Auditing in an IT environment Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap lingkungan organisasi dan model bisnis Pustaka: Gelinas, U. J., Dull, R. B., & Wheeler, P. (2018). Accounting information systems. Cengage AU. Materi: Auditing in an IT environment Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: Auditing in an IT environment Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung analisis data dan pengambilan keputusan. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis bagaimana TIK mendukung identifikasi, pelaporan, dan manajemen risiko dalam suatu organisasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi |
Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi |
Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi |
Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk menganalisis data dan informasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan kemajuan.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi |
Ketepatan dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi |
Ketepatan dalam menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi |
Ketepatan dalam menerapkan TIK untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem organisasi. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK |
Ketepatan dalam menganalisis kecukupan proses dan pengendalian TIK. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK |
Ketepatan dalam mengidentifikasi perbaikan pada proses dan pengendalian TIK. |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Proyek Mahasiswa
Mengamati dan melaporkan lingkungan organisasi dan model bisnis.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
Materi: IT audit approach Pustaka: Perdana, A., & Wang, T. (2024). Digital Transformation in Accounting and Auditing. Springer International Publishing. Materi: IT audit approach Pustaka: Osmani, M., Hindi, N., & Weerakkody, V. (2020). Incorporating information communication technology skills in accounting education. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 16(4), 100-110. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Ketepatan dalam mengevaluasi lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengidentifikasi pengendalian yang berhubungan dengan laporan keuangan untuk menentukan dampaknya terhadap strategi audit secara keseluruhan |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran
Praktik lapangan
Metode Pembelajaran
Project-based Learning
Penugasan Mahasiswa
Setiap mahasiswa menyusun draft laporan akhir.
Estimasi Waktu
28,55 x (3 sks x 1.59) = 136,18 jam/Semester
|
|
|
15% |