
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Psikologi Klinis |
7320103092 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
20 Februari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Onny Fransinata Anggara, M.Psi.,Psikolog; Qurrota A‘yuni Fitriana, M.Psi, Psikolog
|
Dr. Diana Rahmasari, M.Si
|
YOHANA WURI SATWIKA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami gangguan psikologis dari perspektif sosiokultural
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami pengaplikasian observasi dan wawancara dalam setting klinis
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Klinis Dewasa
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan Psikologi Komunitas
|
PO - 5 |
Mampu menggunakan teori dan konsep psikologi untuk melakukan asesmen dan intervensi non-klinis dalam bidang psikologi berdasarkan kode etik psikologi
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang definisi, ruang lingkup, dan sejarah psikologi klinis; konsep normal, abnormal dan patologi; perspektif teori psikologi klinis; assesmen dan intervensi dalam psikologi klinis; kerangka kerja terapis psikologi klinis; penelitian dalam psikologi klinis; perluasan bidang kajian psikologi klinis. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, presentasi dan diskusi, tugas analisis, refleksi, dan pembelajaran kooperatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE
- Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP
- Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga
|
Pendukung : |
|
- Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall
|
Dosen Pengampu
|
ONNY FRANSINATA ANGGARA QURROTA A'YUNI FITRIANA NANDA AUDIA VRISABA Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog Onny Fransinata Anggara, S.Psi., M.Psi., Psikolog Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Qurrota A'yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog Nanda Audia Vrisaba, S.Psi., M.Psi., Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami definisi dan ruang lingkup psikologi klinis |
- Memahami definisi psikologi klinis
- Memahami ruang lingkup psikologi klinis
|
Kriteria:
aktif/tidak aktiftepat/tidak tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning 3 X 50 |
direct instruction Small group discussion - Cooperative learning 3 X 50 |
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Ruang Lingkup Psikologi Klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami evolusi (sejarah) psikologi klinis |
- Memahami sejarah psikologi klinis
- Memahami evolusi psikologi klinis
|
Kriteria:
keaktifan mahasiswa di kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Cooperative learning 3 X 50 |
Cooperative learning 3 X 50 |
Materi: evolusi psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Sejarah psikologi klinis Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami kontroversi terkini di Psikologi klinis di Indonesia |
- Memahami kontrovesi dalam psikologi klinis
- Memahami berbagai isu kontrovesi dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: isu dan kontroversi Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP Materi: Kontroversi dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
4
Minggu ke 4 |
menguasai isu kultural dalam psikologi klinis |
- menjelaskan isu kultural dalam psikologi klinis
- menyebutkan isu kultural dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
sistematis lengkap tata bahasa yang sesuai memenuhi kaidah penulisan akademik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
collaborative learning 3 X 50 |
collaborative learning 3 X 50 |
Materi: isu kultural dan psikologi klinis Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga Materi: isu dalam psikologi klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
5
Minggu ke 5 |
menguasai isu etik dalam psikologi klinis |
- memahami isu etis dalam psikologi klinis
- memahami kasus etik dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan instruksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: isu dan etik dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
6
Minggu ke 6 |
memahami penelitian dalam psikologi klinis |
- dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
- dapat menjelaskan perbedaan metode penelitian dalam psikologi klinis
|
Kriteria:
- dapat menyebutkan metode penelitian dalam psikologi klinis
- menjelaskan metode penelitian dalam psikologi klinis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
group discussion 3 X 50 |
group discussion 3 X 50 |
Materi: metodologi penelitian Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga Materi: penelitian dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami mengenai definisi normal dan abnormalitas |
- memahami definisi normal dan abnormal
- pengaruh budaya terhadap konsep abnormalitas
- Diagnostic Statistical Manual
|
Kriteria:
- dapat membedakan normalitas dan abnormalitas
- dapat memahami konsep normalitas dan abnormalitas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case method 3 X 50 |
case method 3 X 50 |
Materi: normalitas dan abnormalitas Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: Normalitas dalam psikologi klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mengerjakan soal UTS |
dapat menjawab pertanyaan dengan baik |
Kriteria:
Kesesuaian dengan instruksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tes tulis 3 X 50 |
Tes tulis 3 X 50 |
Materi: pembahasan materi Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Wawancara klinis |
- memahami wawancara klinis
- tipe-tipe interview
- aspek kultural dalam melaksanakan interview
|
Kriteria:
mampu menjelaskan tahapan wawancara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 3 X 50 |
Diskusi kelompok 3 X 50 |
Materi: wawancara klinis Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai asesmen intelektual dan neurofisiologis |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari Intervensi Klinis |
Kriteria:
menjelaskan bentuk-bentuk intervensi klinis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 3 x 50 |
Diskusi kelompok 3 x 50 |
Materi: neurofisiologis dan psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
11
Minggu ke 11 |
memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku |
- Memahami asesmen kepribadian
- memahami asesmen perilaku
|
Kriteria:
Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: asesmen kepribadian Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
3% |
12
Minggu ke 12 |
memahami mengenai asesmen kepribadian dan perilaku |
- Memahami asesmen kepribadian
- memahami asesmen perilaku
|
Kriteria:
menjelaskan asesmen perilaku Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, Case Method 3 X 50 |
Diskusi kelompok, Case Method 3 X 50 |
Materi: asesmen kepribadian Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP Materi: asesmen perilaku Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
13
Minggu ke 13 |
memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis |
memahami konsep psikoterapi dalam psikologi klinis |
Kriteria:
- dapat menjelaskan konsep psikoterapi
- jenis-jenis psikoterapi dalam psikologi klinis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Study 3 X 50 |
Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE Materi: psikoterapi dalam psikologi klinis Pustaka: Prawitasari, Johana E. 2011. Psikologi Klinis: Pengantar Terapan Mikro & Makro. Jakarta: Erlangga |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai perluasan bidang kajian terapan psikologi klinis |
- Memahami dan menjelaskan Psikologi komunitas
- Memahami dan menjelaskan Psikologi kesehatan
|
Kriteria:
Kebenaran Konsep Kelengkapan gagasan Sistematika Tatabahasa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion 3 X 50 |
Small Group Discussion 3 X 50 |
Materi: terapan Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami Kaitan antara psikologi klinis dengan keilmuan neuropsikologi |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dari neuropsikologi
- Mahasiswa mampu menerangkan Peranan neuropsikologi
- Mahasiswa mampu mengklasifikasikan kajian dalam neuropsikologi
|
Kriteria:
review materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 3 X 50 |
Case Method 3 X 50 |
Materi: review materi Pustaka: Nietzel, M. T., Bernstein, D. A., Kramer, G. P., & Milich, R. (2003). Introduction to clinical psychology (6th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall Materi: review materi Pustaka: Suprapti & Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta : UIP |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mengerjakan soal UAS |
dapat memahami dan menjawab sesuai permintaan soal |
Kriteria:
ketepatan menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
Tes tulis 0 |
Materi: review materi Pustaka: Pomerantz, A.M. 2017. Clinical Psychology 4th ed, science, practice, and culture. Los Angeles: SAGE |
30% |