
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bioorganik |
4710202021 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
24 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ratih Dewi Saputri, S.Si., M.Si.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si
|
NUNIEK HERDYASTUTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai teori struktur dan sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro dan makromolekul dan terapannya |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep-konsep Kajian biokimia, kimia organik dan bioorganik
|
PO - 2 |
Menguasai konsep-konsep biosintesis, sintesis asam amino dan modifikasi struktur asam amino
|
PO - 3 |
Menguasai konsep-konsep biosintesis protein dan sintesis peptida secara kimia
|
PO - 4 |
Menguasai konsep-konsep proses biotransformasi dalam sintesis organik
|
PO - 5 |
Menguasai peran, biosintesis dan sintesis karbohidrat secara kimia
|
PO - 6 |
Menguasai konsep biosintesis dan sintesis asam nukeat
|
PO - 7 |
Menerapkan proses oksidasi dalam sistem biologis, peranan antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan
|
PO - 8 |
Mampu membedakan konsep mutagenitas dan karsinogenitas
|
PO - 9 |
mampu menjelaskan peran signal transduksi dalam sistem biologis
|
PO - 10 |
Mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan QSAR dan Combinatorial Chemistry
|
PO - 11 |
Mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan SBDD dan LBDD (Ligand Based Drug Design)
|
PO - 12 |
Mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan interaksi molekular reseptor-obat dengan metode docking in silico
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | ✔ | | | | PO-5 | ✔ | | | | PO-6 | ✔ | | | | PO-7 | | | ✔ | | PO-8 | | ✔ | | | PO-9 | | ✔ | | | PO-10 | | | ✔ | | PO-11 | ✔ | | | | PO-12 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berfokus pada teori dasar dan fundamental dalam kimia bioorganik. Dasar-dasar kimia organik sangat penting sebelummemahami biokimia dan biomolekul karena setiap senyawa biologis terdiri dari molekul organik. Pengenalan mata kuliah ini meliputi (1) biosintesis, sintesis secara kimia, modifikasi asam amino, (2); sintesis senyawa organik menggunakan enzim sebagai biokatalisator; (3) Karbohidrat meliputi: struktur dan stereokimia karbohidrat, biosintesis karbohidrat, sintesis karbohidrat secara kimia; (4) Asam nukleat meliputi: struktur asam nukleat, biosintesis asam nukleat, sintesis asam nukleat secara kimia; (5) Signal transduksi meliputi: mekanisme molekular signal transduksi, signal transduksi pada siklus sel, penyakit, dan aplikasi signal transduksi pada desain obat; (6) Drug design melalui pendekatan QSAR, SBDD, LBD dan Combinatorial Chemistry; (7) Oksidasi dalam sistem biologis dan antioksidan, (8) Mutagenitas dan karsinogenitas dasar-dasar kerangka senyawa organik dan gugus fungsinya. Topik tentang struktur dasar senyawa biologis seperti protein, karbohidrat, asam nukleat dan lipid terlampir pada Matakuliah ini. Selain itu, dengan mempelajari struktur dasar senyawa biologism maka mahasiswa dapat merancang kandidat obat baru berdasarkan beberapa karakteristik umum seperti transformasi dan katalisis |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Smith, J.G. (2010). General, Organic and Biological Chemistry. McGraw-Hill Higher Education.
- Denniston, K.J., Toping, J.J. and Caret, R.L. (2008). General, Organic and Biochemistry, 6th edition. McGraw-Hill Higher Education
- Crowe, J., Bradshaw, T. and Monk, P. (2006), Chemistry for the Biosciences: The Essential Concepts, Oxford University Press, Oxford.
- Horton, H.R., Moran, L.A., Scrimgeour, K.G., Perry, M.D. and Rawn J.D. (2006). Principles of Biochemistry, 4th Edition. Pearson International Edition
- Vranken, D.V., and Weiss, G.A., (2013). Introduction to Bioorganic Chemistry and Chemical Biology, Garland Sciences/
|
Pendukung : |
|
- Davydova, M.K. (2022). Bioorganic chemistry and research methods of organic compounds. Part III: Carbohydrates. Amino acids. Peptides.Nucleic acids. Chromatography
- Koehnke, J. (2018). Cyclic peptides: from bioorganic synthesis to application. Royal Society of Chemistry
- Chatwal, G.K., Madhu, A. (2010). Bioorganic Chemistry, Publishing House
- Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley
|
Dosen Pengampu
|
SUYATNO RATIH DEWI SAPUTRI Dr. Ratih Dewi Saputri, S.Si., M.Si. Dr. Ratih Dewi Saputri, S.Si., M.Si. Prof. Dr. Suyatno, M.Si. Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu membedakan kajian biokimia, kimia organik dan bioorganik |
Perbedaan kajian biokimia, kimia organik, dan bioorganic |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: biokimia, kimia organik, dan bioorganic Pustaka: Denniston, K.J., Toping, J.J. and Caret, R.L. (2008). General, Organic and Biochemistry, 6th edition. McGraw-Hill Higher Education |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan biosintesis, sintesis asam amino dan modifikasi struktur asam amino |
Mampu menguraikan biosintesis, sintesis, dan modifikasi struktur asam amino |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: Biosintesis, Sintesis dan modifikasi struktur asam amino Pustaka: Horton, H.R., Moran, L.A., Scrimgeour, K.G., Perry, M.D. and Rawn J.D. (2006). Principles of Biochemistry, 4th Edition. Pearson International Edition |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan biosintesis protein dan sintesis peptida secara kimia |
Mampu menguraikan biosintesis protein dan sintesis peptida |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: protein dan Sintesis peptida Pustaka: Koehnke, J. (2018). Cyclic peptides: from bioorganic synthesis to application. Royal Society of Chemistry |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses biotransformasi dalam sintesis organik |
Mampu mnguraikan sintesis senyawa organik menggunakan enzim |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: sintesis senyawa organik menggunakan enzim Pustaka: Denniston, K.J., Toping, J.J. and Caret, R.L. (2008). General, Organic and Biochemistry, 6th edition. McGraw-Hill Higher Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan peran, biosintesis dan sintesis karbohidrat secara kimia |
Mampu menjelaskan peran, biosintesis dan sintesis karbohidrat |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: peran, biosintesis dan sintesis karbohidrat Pustaka: Vranken, D.V., and Weiss, G.A., (2013). Introduction to Bioorganic Chemistry and Chemical Biology, Garland Sciences/ Materi: peran, biosintesis dan sintesis karbohidrat Pustaka: Horton, H.R., Moran, L.A., Scrimgeour, K.G., Perry, M.D. and Rawn J.D. (2006). Principles of Biochemistry, 4th Edition. Pearson International Edition |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan biosintesis dan sintesis asam nukeat |
Mampu menguraikan biosintesis dan sintesis asam nukleat |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: biosintesis dan sintesis asam nukleat Pustaka: Koehnke, J. (2018). Cyclic peptides: from bioorganic synthesis to application. Royal Society of Chemistry Materi: biosintesis dan sintesis asam nukleat Pustaka: Horton, H.R., Moran, L.A., Scrimgeour, K.G., Perry, M.D. and Rawn J.D. (2006). Principles of Biochemistry, 4th Edition. Pearson International Edition |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menjelaskan proses oksidasi dalam sistem biologis, peranan antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan |
Mampu menjelaskan proses oksidasi dalam sistem biologis dan peran antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: proses oksidasi dalam sistem biologis dan peran antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan Pustaka: Crowe, J., Bradshaw, T. and Monk, P. (2006), Chemistry for the Biosciences: The Essential Concepts, Oxford University Press, Oxford. Materi: proses oksidasi dalam sistem biologis dan peran antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan Pustaka: Horton, H.R., Moran, L.A., Scrimgeour, K.G., Perry, M.D. and Rawn J.D. (2006). Principles of Biochemistry, 4th Edition. Pearson International Edition |
5% |
8
Minggu ke 8 |
peranan antioksidan dan peranan nutrisi sebagai sumber antioksidan |
Materi Pada TM 1-7 |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Smith, J.G. (2010). General, Organic and Biological Chemistry. McGraw-Hill Higher Education. Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Chatwal, G.K., Madhu, A. (2010). Bioorganic Chemistry, Publishing House |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu membedakan konsep mutagenitas dan karsinogenitas |
Mampu membedakan mutagenitas dan karsinogenitas |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: mutagenitas dan karsinogenitas Pustaka: Smith, J.G. (2010). General, Organic and Biological Chemistry. McGraw-Hill Higher Education. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan peran signal transduksi dalam sistem biologis |
Mampu menjelaskan peran signal transduksi |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: peran signal transduksi Pustaka: Vranken, D.V., and Weiss, G.A., (2013). Introduction to Bioorganic Chemistry and Chemical Biology, Garland Sciences/ |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan QSAR dan Combinatorial Chemistry |
- Mampu mengaplikasikan QSAR sebagai dasar drug design
- Mampu mengaplikasikan combinatorial chemistry dalam drug design
|
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: Drug design menggunakan pendekatan QSAR dan Combinatorial Chemistry Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan QSAR dan Combinatorial Chemistry |
- Mampu mengaplikasikan QSAR sebagai dasar drug design
- Mampu mengaplikasikan combinatorial chemistry dalam drug design
|
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: Drug design menggunakan pendekatan QSAR dan Combinatorial Chemistry Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley Materi: Combinatorial Chemistry Pustaka: Davydova, M.K. (2022). Bioorganic chemistry and research methods of organic compounds. Part III: Carbohydrates. Amino acids. Peptides.Nucleic acids. Chromatography |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan SBDD dan LBDD (Ligand Based Drug Design) |
- Mampu mengaplikasikan SBDD dalam drug design
- Mampu mengaplikasikan LBDD untuk drug design
|
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Daring 2x50 menit |
Materi: SBDD dan LBDD untuk drug design Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan SBDD dan LBDD (Ligand Based Drug Design) |
- Mampu mengaplikasikan SBDD dalam drug design
- Mampu mengaplikasikan LBDD untuk drug design
|
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 2x50 menti |
2x50 menit |
Materi: SBDD dan LBDD untuk drug design Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan interaksi molekular reseptor-obat dengan metode docking in silico |
Mampu melakukan docking analisis molekular reseptor obat |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 2x50 menit |
|
Materi: Mengaplikasikan konsep dasar Drug design menggunakan pendekatan interaksi molekular reseptor-obat dengan metode docking in silico Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley Materi: konsep dasar Drug design Pustaka: Chatwal, G.K., Madhu, A. (2010). Bioorganic Chemistry, Publishing House |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mata Kuliah pada Pertemuan 9-15 |
Kriteria:
Kesesuaian jawaban dengan rubrik penilaian masing-masing indikator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
|
DARING 2x50 menit |
Materi: Topik Pertemuan 9-15 Pustaka: Miller, B.L. (2009). Dynamic Combinatorial Chemistry: In Drug Discovery, Bioorganic Chemistry, and Material Sciences, Wiley |
10% |