
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Science, Technology, and Society |
5720103180 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M
|
Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif |
PLO-9 |
Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital |
PLO-15 |
Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan antara sains, teknologi, dan masyarakat dalam konteks sosial
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengaitkan konsep STS dengan praktik desain teknologi digital (termasuk UI/UX), serta mengidentifikasi bagaimana inovasi perangkat lunak berdampak terhadap perilaku dan struktur sosial.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori difusi inovasi, TAM, UTAUT, dan PPM untuk memahami proses adopsi serta pergeseran perilaku dalam penggunaan teknologi informasi.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dan menyusun proyek berbasis masalah sosial-teknologis nyata
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem informasi dalam konteks sosial dan etika, serta memberikan rekomendasi berbasis teori STS yang mempertimbangkan dampak, nilai-nilai sosial, dan prinsip etika teknologi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-9 | PLO-15 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Science, Technology, And Society bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa program studi Sistem Informasi pada hubungan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat. Mata kuliah ini membahas dampak sosial, ekonomi, dan etika dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat. Ruang lingkupnya meliputi analisis tentang bagaimana teknologi memengaruhi kehidupan sehari-hari, perubahan sosial yang diakibatkan oleh inovasi teknologi, serta peran masyarakat dalam mengatur dan mengontrol pengembangan teknologi. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya mempertimbangkan aspek sosial dan etika dalam pengembangan teknologi untuk keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- The Technology Fallacy, Gerald C. Kane
- Diffusion of InnovationsPress (1983), Everett M. Rogers
- The Digital Divide, Bauerlein, Mark
|
Pendukung : |
|
- Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005)
- Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017)
- Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)
|
Dosen Pengampu
|
GHEA SEKAR PALUPI Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M. Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian STS dan urgensi kajian STS dalam studi sistem informasi
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan historis antara teknologi dan masyarakat
- Mahasiswa mampu memberikan contoh nyata peran sistem informasi dalam struktur sosial dan budaya
|
- Pengertian dan hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat
- Mengidentifikasi hubungan historis antara teknologi dan masyarakat
- Memberi contoh nyata penerapan SI dalam struktur sosial
|
Kriteria:
Keaktifan diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, contextual learning 3 X 50 |
|
Materi: Sejarah dan ruang lingkup STS, mengapa SI perlu belajar STS. Diskusi awal: Apakah teknologi itu netral? Pustaka: Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005) |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai paradigma teknologi dalam masyarakat
- Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana paradigma tersebut memengaruhi cara kita memahami hubungan antara sistem informasi dan masyarakat.
|
- Ciri-ciri utama paradigma konstruktivisme sosial
- Ciri-ciri utama paradigma determinisme teknologi
- Peran aktor sosial dalam membentuk atau mengarahkan perkembangan teknologi
- Paradigma teknologi memengaruhi desain dan penggunaan sistem informasi
|
Kriteria:
Keaktifan diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, contextual learning, small discussion group 3 X 50 |
|
Materi: Teori dasar STS: Paradigma teknologi yang berlaku dalam masyarakat Pustaka: Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005) |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi pengaruh teknologi informasi terhadap struktur sosial dan organisasi dengan mempertimbangkan aspek etika dan tanggung jawab sosial. |
- Analisis dampak teknologi informasi
- Analisi dampak media sosial
- Penerapan etika dan tanggung jawab sosial dalam penggunaan teknologi
|
Kriteria:
- Pertimbangan nilai dan prinsip etis
- Penjelasan perubahan sosial akibat adopsi teknologi informasi
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, contextual learning, small group discussion 3 X 50 |
|
Materi: Konsep teknologi informasi, Teori struktur sosial, Etika dalam teknologi informasi, Tanggung jawab sosial dalam penggunaan teknologi Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Etika dalam penggunaan teknologi Pustaka: The Technology Fallacy, Gerald C. Kane |
2% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan difusi inovasi
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi kategori adopter dalam sebuah kasus teknologi
|
- Tahapan adopsi teknologi
- Analisis adopsi teknologi
- Teori Difusi Inovasi
|
Kriteria:
Keaktifan diskusi kelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, contextual learning 3 X 50 |
|
Materi: Teori difusi inovasi Pustaka: Diffusion of InnovationsPress (1983), Everett M. Rogers |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menguraikan faktor penerimaan teknologi (TAM dan UTAUT) dan menerapkannya pada studi kasus adopsi teknologi |
- Faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam sistem informasi
- Teori Technology Acceptance Model
- Teori UTAUT
- Penerapan teori adopsi teknologi
|
Kriteria:
- Pemahaman teori TAM
- Pemahaman teori UTAUT
- Kemampuan Menyampaikan Secara Sistematis
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, contextual learning, collaborative learning 3 X 50 |
|
Materi: Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam sistem informasi. Aplikasi praktis: survei minat pakai e-learning. Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024) |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep push, pull, dan mooring serta menganalisis perilaku migrasi pengguna teknologi |
- Teori push-pull mooring
- Analisis perilaku migrasi pengguna
|
Kriteria:
- Keaktifan diskusi kelas
- Presentasi Kelompok
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, small group discussison, contextual learning 3 X 50 |
|
Materi: Identifikasi dan analisis bersama "Mengapa orang pindah platform digital? Studi kasus: migrasi dari Twitter ke Tiktok atau Threads. Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024) |
2% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa dapat menjelaskan konsep kesenjangan digital
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak kesenjangan digital terhadap individu dan kelompok masyarakat
- Mahasiswa mampu mengevaluasi peran sistem informasi dan prinsip desain UI/UX dalam menciptakan akses teknologi yang adil, inklusif, dan etis
|
- Pemahaman konsep kesenjangan digital
- Analisis faktor penyebab dan dampak kesenjangan digital
- Keterkaitan dengan sistem informasi
- Evaluasi sistem informasi
|
Kriteria:
- Aktif berkontribusi
- Presentasi Kelompok
- Menghargai pendapat teman
- Membantu membangun kesimpulan kelompok
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, collaborative learning 3 X 50 |
|
Materi: Definisi dan dimensi digital divide; analisis studi kasus nyata masyarakat yang terdampak kesenjangan digital, eksplorasi bagaimana desain UI/UX dapat memperluas atau membatasi akses digital Pustaka: The Digital Divide, Bauerlein, Mark |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal-soal esai yang menguji pemahaman terhadap teori-teori utama STS yang telah dibahas |
- Pemahaman konsep
- Penerapan teori adopsi
- Keterpaduan dan kejelasan jawaban
|
Kriteria:
- Kelengkapan jawaban
- Kaitan teori tepat dan benar
- Analisis tajam
- Penulisan runtut dan jelas
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merumuskan isu sosial-teknologis yang relevan |
- Pemahaman konteks
- Identifikasi masalah
- Relevansi masalah
- Keterkaitan awal teori
|
Kriteria:
- Identifikasi masalah jelas
- Berbasis konteks nyata
- Argumentatif
- Keterkaitan dengan teori
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun isu proyek akhir berbasis fenomena nyata di sekitar kampus atau masyarakat Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017) |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Integrasi teori STS dalam analisis sistem informasi
- Analisis perilaku pengguna
- Pengelompokan pengguna
- Relevansi analisis
|
Kriteria:
- Identifikasi dan menggunakan teori yang relevan
- Faktor-faktor pendorong dan penghambat adopsi teknologi
- Klasifikasi pengguna
- Kaitan temuan lapangan dengan konsep teori
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Tahap analisis teori: Adopsi, Resistensi, dan Pergeseran. Menerapkan teori Rogers, TAM/UTAUT, dan PPM pada masalah yang diangkat. Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024) |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Integrasi teori STS dalam analisis sistem informasi
- Analisis perilaku pengguna
- Pengelompokan pengguna
- Relevansi analisis
|
Kriteria:
- Identifikasi dan menggunakan teori yang relevan
- Faktor-faktor pendorong dan penghambat adopsi teknologi
- Klasifikasi pengguna
- Kaitan temuan lapangan dengan konsep teori
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Teori Science, Technology, and Society, Prinsip-prinsip analisis sistem informasi, Perancangan sistem informasi berkelanjutan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Tahap analisis teori: Adopsi, Resistensi, dan Pergeseran. Menerapkan teori Rogers, TAM/UTAUT, dan PPM pada masalah yang diangkat. Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024) |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Pemahaman etika teknologi
- Evaluasi nilai teknologi
- Analisis dampak sosial
- Intergrasi dalam desain teknologi informasi
|
Kriteria:
- Evaluasi sistem
- Argumentasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Mengaitkan etika inklusif, tanggung jawab sosial, sustainability dengan teknologi informasi yang akan diusulkan sebagai solusi. Integrasi nilai dalam desain teknologi. Pustaka: |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Kesesuaian solusi
- Solusi didukung teori
- Inklusivitas sistem
- Kelayakan sistem
|
Kriteria:
- Relevansi solusi
- Reflektif
- Realistis
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun rekomendasi solusi awal berbasis teori STS, hasil analisis adopsi, evaluasi etika, serta prinsip UI/UX dan inklusi digital. Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017) |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Kesesuaian solusi
- Solusi didukung teori
- Inklusivitas sistem
- Kelayakan sistem
|
Kriteria:
- Relevansi solusi
- Reflektif
- Realistis
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun rekomendasi solusi awal berbasis teori STS, hasil analisis adopsi, evaluasi etika, serta prinsip UI/UX dan inklusi digital. Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017) |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan. |
- Kesesuaian solusi
- Solusi didukung teori
- Inklusivitas sistem
- Kelayakan sistem
|
Kriteria:
- Relevansi solusi
- Reflektif
- Realistis
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
Materi: Melakukan validasi rekomendasi solusi berdasar hasil analisis Pustaka: |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dan rekomendasi proyek sosial-teknologis secara sistematis, serta merefleksikan keterkaitan antara teori STS dan fenomena yang diteliti dalam konteks sistem informasi. |
- Penyampaian presentasi
- Integrasi teori STS
- Kedalaman analisis dan Relevansi solusi
- Kerja tim dan kolaborasi
|
Kriteria:
- Presentasi sistematis
- Kritis dan mendalam
- Solusi relevan dan etis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Collaborative learning, PBL 3 X 50 |
|
|
20% |