Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Science, Technology, and Society

5720103180

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M




Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan antara sains, teknologi, dan masyarakat dalam konteks sosial

PO - 2

Mahasiswa mampu mengaitkan konsep STS dengan praktik desain teknologi digital (termasuk UI/UX), serta mengidentifikasi bagaimana inovasi perangkat lunak berdampak terhadap perilaku dan struktur sosial.

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan teori difusi inovasi, TAM, UTAUT, dan PPM untuk memahami proses adopsi serta pergeseran perilaku dalam penggunaan teknologi informasi.

PO - 4

Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dan menyusun proyek berbasis masalah sosial-teknologis nyata

PO - 5

Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem informasi dalam konteks sosial dan etika, serta memberikan rekomendasi berbasis teori STS yang mempertimbangkan dampak, nilai-nilai sosial, dan prinsip etika teknologi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-9PLO-15
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Science, Technology, And Society bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa program studi Sistem Informasi pada hubungan antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat. Mata kuliah ini membahas dampak sosial, ekonomi, dan etika dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat. Ruang lingkupnya meliputi analisis tentang bagaimana teknologi memengaruhi kehidupan sehari-hari, perubahan sosial yang diakibatkan oleh inovasi teknologi, serta peran masyarakat dalam mengatur dan mengontrol pengembangan teknologi. Mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya mempertimbangkan aspek sosial dan etika dalam pengembangan teknologi untuk keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. The Technology Fallacy, Gerald C. Kane
  2. Diffusion of InnovationsPress (1983), Everett M. Rogers
  3. The Digital Divide, Bauerlein, Mark

Pendukung :

  1. Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005)
  2. Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017)
  3. Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)

Dosen Pengampu

GHEA SEKAR PALUPI

Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M.

Ghea Sekar Palupi, S.Kom., M.I.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian STS dan urgensi kajian STS dalam studi sistem informasi
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan historis antara teknologi dan masyarakat
  3. Mahasiswa mampu memberikan contoh nyata peran sistem informasi dalam struktur sosial dan budaya
  1. Pengertian dan hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat
  2. Mengidentifikasi hubungan historis antara teknologi dan masyarakat
  3. Memberi contoh nyata penerapan SI dalam struktur sosial
Kriteria:

Keaktifan diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, contextual learning
3 X 50

Materi: Sejarah dan ruang lingkup STS, mengapa SI perlu belajar STS. Diskusi awal: Apakah teknologi itu netral?
Pustaka: Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005)
2%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai paradigma teknologi dalam masyarakat
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana paradigma tersebut memengaruhi cara kita memahami hubungan antara sistem informasi dan masyarakat.
  1. Ciri-ciri utama paradigma konstruktivisme sosial
  2. Ciri-ciri utama paradigma determinisme teknologi
  3. Peran aktor sosial dalam membentuk atau mengarahkan perkembangan teknologi
  4. Paradigma teknologi memengaruhi desain dan penggunaan sistem informasi
Kriteria:

Keaktifan diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, contextual learning, small discussion group
3 X 50

Materi: Teori dasar STS: Paradigma teknologi yang berlaku dalam masyarakat
Pustaka: Wenda K. Bauchspies, Jennifer Croissant, Sal Restivo - Science, Technology and Society_ A Sociological Approach-Wiley-Blackwell (2005)
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi pengaruh teknologi informasi terhadap struktur sosial dan organisasi dengan mempertimbangkan aspek etika dan tanggung jawab sosial.

  1. Analisis dampak teknologi informasi
  2. Analisi dampak media sosial
  3. Penerapan etika dan tanggung jawab sosial dalam penggunaan teknologi
Kriteria:
  1. Pertimbangan nilai dan prinsip etis
  2. Penjelasan perubahan sosial akibat adopsi teknologi informasi

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, contextual learning, small group discussion
3 X 50

Materi: Konsep teknologi informasi, Teori struktur sosial, Etika dalam teknologi informasi, Tanggung jawab sosial dalam penggunaan teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Etika dalam penggunaan teknologi
Pustaka: The Technology Fallacy, Gerald C. Kane
2%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan difusi inovasi
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi kategori adopter dalam sebuah kasus teknologi
  1. Tahapan adopsi teknologi
  2. Analisis adopsi teknologi
  3. Teori Difusi Inovasi
Kriteria:

Keaktifan diskusi kelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, contextual learning
3 X 50

Materi: Teori difusi inovasi
Pustaka: Diffusion of InnovationsPress (1983), Everett M. Rogers
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menguraikan faktor penerimaan teknologi (TAM dan UTAUT) dan menerapkannya pada studi kasus adopsi teknologi

  1. Faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam sistem informasi
  2. Teori Technology Acceptance Model
  3. Teori UTAUT
  4. Penerapan teori adopsi teknologi
Kriteria:
  1. Pemahaman teori TAM
  2. Pemahaman teori UTAUT
  3. Kemampuan Menyampaikan Secara Sistematis

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, contextual learning, collaborative learning
3 X 50

Materi: Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi dalam sistem informasi. Aplikasi praktis: survei minat pakai e-learning.
Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep push, pull, dan mooring serta menganalisis perilaku migrasi pengguna teknologi

  1. Teori push-pull mooring
  2. Analisis perilaku migrasi pengguna
Kriteria:
  1. Keaktifan diskusi kelas
  2. Presentasi Kelompok

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, small group discussison, contextual learning
3 X 50

Materi: Identifikasi dan analisis bersama "Mengapa orang pindah platform digital? Studi kasus: migrasi dari Twitter ke Tiktok atau Threads.
Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)
2%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep kesenjangan digital
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak kesenjangan digital terhadap individu dan kelompok masyarakat
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi peran sistem informasi dan prinsip desain UI/UX dalam menciptakan akses teknologi yang adil, inklusif, dan etis
  1. Pemahaman konsep kesenjangan digital
  2. Analisis faktor penyebab dan dampak kesenjangan digital
  3. Keterkaitan dengan sistem informasi
  4. Evaluasi sistem informasi
Kriteria:
  1. Aktif berkontribusi
  2. Presentasi Kelompok
  3. Menghargai pendapat teman
  4. Membantu membangun kesimpulan kelompok

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, collaborative learning
3 X 50

Materi: Definisi dan dimensi digital divide; analisis studi kasus nyata masyarakat yang terdampak kesenjangan digital, eksplorasi bagaimana desain UI/UX dapat memperluas atau membatasi akses digital
Pustaka: The Digital Divide, Bauerlein, Mark
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal-soal esai yang menguji pemahaman terhadap teori-teori utama STS yang telah dibahas

  1. Pemahaman konsep
  2. Penerapan teori adopsi
  3. Keterpaduan dan kejelasan jawaban
Kriteria:
  1. Kelengkapan jawaban
  2. Kaitan teori tepat dan benar
  3. Analisis tajam
  4. Penulisan runtut dan jelas

Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu merumuskan isu sosial-teknologis yang relevan

  1. Pemahaman konteks
  2. Identifikasi masalah
  3. Relevansi masalah
  4. Keterkaitan awal teori
Kriteria:
  1. Identifikasi masalah jelas
  2. Berbasis konteks nyata
  3. Argumentatif
  4. Keterkaitan dengan teori

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Menyusun isu proyek akhir berbasis fenomena nyata di sekitar kampus atau masyarakat
Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017)
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Integrasi teori STS dalam analisis sistem informasi
  2. Analisis perilaku pengguna
  3. Pengelompokan pengguna
  4. Relevansi analisis
Kriteria:
  1. Identifikasi dan menggunakan teori yang relevan
  2. Faktor-faktor pendorong dan penghambat adopsi teknologi
  3. Klasifikasi pengguna
  4. Kaitan temuan lapangan dengan konsep teori

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Tahap analisis teori: Adopsi, Resistensi, dan Pergeseran. Menerapkan teori Rogers, TAM/UTAUT, dan PPM pada masalah yang diangkat.
Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)
8%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Integrasi teori STS dalam analisis sistem informasi
  2. Analisis perilaku pengguna
  3. Pengelompokan pengguna
  4. Relevansi analisis
Kriteria:
  1. Identifikasi dan menggunakan teori yang relevan
  2. Faktor-faktor pendorong dan penghambat adopsi teknologi
  3. Klasifikasi pengguna
  4. Kaitan temuan lapangan dengan konsep teori

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Teori Science, Technology, and Society, Prinsip-prinsip analisis sistem informasi, Perancangan sistem informasi berkelanjutan
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Tahap analisis teori: Adopsi, Resistensi, dan Pergeseran. Menerapkan teori Rogers, TAM/UTAUT, dan PPM pada masalah yang diangkat.
Pustaka: Fred D. Davis, Andrina Granić - The Technology Acceptance Model_ 30 Years of TAM (Human–Computer Interaction Series)-Springer (2024)
8%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Pemahaman etika teknologi
  2. Evaluasi nilai teknologi
  3. Analisis dampak sosial
  4. Intergrasi dalam desain teknologi informasi
Kriteria:
  1. Evaluasi sistem
  2. Argumentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Mengaitkan etika inklusif, tanggung jawab sosial, sustainability dengan teknologi informasi yang akan diusulkan sebagai solusi. Integrasi nilai dalam desain teknologi.
Pustaka:
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Kesesuaian solusi
  2. Solusi didukung teori
  3. Inklusivitas sistem
  4. Kelayakan sistem
Kriteria:
  1. Relevansi solusi
  2. Reflektif
  3. Realistis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Menyusun rekomendasi solusi awal berbasis teori STS, hasil analisis adopsi, evaluasi etika, serta prinsip UI/UX dan inklusi digital.
Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017)
8%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Kesesuaian solusi
  2. Solusi didukung teori
  3. Inklusivitas sistem
  4. Kelayakan sistem
Kriteria:
  1. Relevansi solusi
  2. Reflektif
  3. Realistis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Menyusun rekomendasi solusi awal berbasis teori STS, hasil analisis adopsi, evaluasi etika, serta prinsip UI/UX dan inklusi digital.
Pustaka: Max Tegmark - Life 3.0_ Being Human in the Age of Artificial Intelligence-Alfred A. Knopf (2017)
8%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori dan prinsip Science, Technology, and Society dalam analisis dan perancangan sistem informasi yang berkelanjutan.

  1. Kesesuaian solusi
  2. Solusi didukung teori
  3. Inklusivitas sistem
  4. Kelayakan sistem
Kriteria:
  1. Relevansi solusi
  2. Reflektif
  3. Realistis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Collaborative learning, PBL
3 X 50

Materi: Melakukan validasi rekomendasi solusi berdasar hasil analisis
Pustaka:
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dan rekomendasi proyek sosial-teknologis secara sistematis, serta merefleksikan keterkaitan antara teori STS dan fenomena yang diteliti dalam konteks sistem informasi.

  1. Penyampaian presentasi
  2. Integrasi teori STS
  3. Kedalaman analisis dan Relevansi solusi
  4. Kerja tim dan kolaborasi
Kriteria:
  1. Presentasi sistematis
  2. Kritis dan mendalam
  3. Solusi relevan dan etis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Collaborative learning, PBL
3 X 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Portofolio 50%
4. Praktik / Unjuk Kerja 15%
5. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.