
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Apresiasi Sastra |
8820102228 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
12 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
RESDIANTO PERMATA RAHARJO
|
.......................................
|
RESDIANTO PERMATA RAHARJO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mengusai Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.
|
PO - 2 |
Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.
|
PO - 3 |
Mengimplementasikan apresiasi prosa dengan analisis karya sastra
|
PO - 4 |
Berkolaborasi mengembangkan karya prosa fiksi dengan konsep gabungan bahasa dan sastra
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-8 | | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- >
- Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.
- Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.
- Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.
- S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut
- Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.
- Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Pendukung : |
|
- artikel-artikel jurnal
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Memahami konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra · Menerapkan dasar-dasar konsep antara sastra dan apresiasi sastra |
· Menjelaskan konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Ruang Lingkup Apresiasi Sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Konsep-konsep Apresiasi Sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra |
- Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
- Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
|
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra Pustaka: Materi: Fungsi apresiasi sastra Pustaka: > |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Unsur Intrinsik Prosa |
Memahami konsep Unsur Intrinsik Prosa |
Kriteria:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya salah
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep fungsi apresiasi Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: konsep fungsi apresiasi Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menguasai konsep Unsur Ekstrinsik Prosa
- Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
|
Menguasai konsep Unsur Ekstrinsik Prosa |
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media. Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami Cerpen: Struktur dan Gaya |
Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami Cerpen: Struktur dan Gaya |
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: memahami ruang lingkp apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Mengapresiasi cerpen Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut |
5% |
6
Minggu ke 6 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra |
Menganalisis Cerpen: Studi kasus cerpen klasik dan modern |
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra |
- Menjelaskan Novel: Struktur dan Narasi
- Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
- 3
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
- 2
- Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
- 1
- Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Praktik mengapresiasi cerpen Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik karya prosa
- Ketepatan dalam menganalisis isi, gaya, dan pesan moral dalam karya
- Kejelasan argumentasi dalam menyampaikan pendapat kritis
- Keterlibatan aktif dalam diskusi dan presentasi hasil analisis
|
Kriteria:
- Analisis disajikan secara logis dan mendalam
- Bahasa dan struktur penulisan sesuai kaidah akademik
- Argumentasi didukung dengan kutipan dan referensi yang relevan
- Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan presentasi kelas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS menganalisis karya sastra 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- 1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
- 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
|
- Kemampuan menyebutkan dan menjelaskan berbagai pendekatan kritik sastra
- Ketepatan menerapkan pendekatan tertentu dalam penulisan artikel
- Kesesuaian struktur dan isi artikel dengan standar akademik
|
Kriteria:
- Artikel sesuai format template ejournal Unesa, seluruh komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, dikembangkan dari penelitian pendahuluan, terdapat bukti konsultasi minimal 4 kali.
- Artikel sesuai format, maksimal 2 komponen tidak sesuai kaidah penulisan, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan, bukti konsultasi minimal 3 kali.
- Artikel sesuai format, lebih dari 2 komponen tidak sesuai kaidah, dikembangkan dari penelitian pendahuluan, bukti konsultasi minimal 2 kali.
- Artikel ditulis tidak sesuai format template ejournal Unesa.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami bekal apresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia · Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Ketepatan dalam mengidentifikasi elemen sosial dalam novel
- Kemampuan menghubungkan unsur cerita dengan realitas sosial
- Kecermatan dalam menjelaskan konteks sosial pengarang dan pengaruhnya terhadap isi novel
- Partisipasi aktif dalam diskusi dan penugasan
|
Kriteria:
- Analisis disusun logis dan mendalam sesuai dengan tema sosial novel (20)
- Argumentasi kritis dan relevan dengan latar konteks pengarang (30)
- Format penulisan rapi, sesuai aturan akademik (20)
- Referensi dan kutipan digunakan secara tepat (30)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia |
- Kemampuan mengenali perbedaan dan persamaan unsur prosa dari budaya berbeda
- Kecermatan dalam menjelaskan latar budaya, nilai, dan ideologi yang terkandung dalam prosa
- Ketepatan struktur dan argumentasi dalam tulisan komparatif
- Keaktifan dan kontribusi dalam diskusi kelompok dan forum
|
Kriteria:
- Tulisan mencerminkan pemahaman mendalam terhadap teks dan konteks budaya
- Analisis komparatif logis dan berdasarkan teori yang relevan
- Penulisan sesuai kaidah akademik dan sistematika penulisan ilmiah
- Menyertakan kutipan dan referensi yang relevan dan terpercaya
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: konsep-konsep dasar apresiasi sastra Pustaka: |
10% |
12
Minggu ke 12 |
· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia |
- Kemampuan membandingkan struktur naratif antara prosa dan adaptasinya
- Ketepatan dalam menjelaskan perubahan tokoh, alur, atau suasana
- Kualitas argumentasi dalam menilai keberhasilan adaptasi
- Kreativitas dalam menyampaikan hasil analisis (tulisan atau presentasi)
|
Kriteria:
- Analisis menunjukkan pemahaman mendalam terhadap teks asli dan adaptasi (20)
- Alasan perubahan adaptasi disampaikan secara logis dan didukung data (30)
- Bahasa dan format penyampaian sesuai dengan standar akademik atau kreatif (jika dalam bentuk media) (20)
- Tugas dilengkapi referensi, kutipan, atau tangkapan adegan sebagai bukti analisis (30)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: mengapresiasi novel Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Kemampuan menyebutkan dan menjelaskan teknik dasar penulisan prosa
- Ketepatan penggunaan unsur intrinsik dalam karya tulis yang dibuat
- Koherensi dan kreativitas dalam menyusun alur dan tokoh cerita
- Kemampuan menyunting dan merevisi tulisan berdasarkan umpan balik
|
Kriteria:
- Teks prosa yang dibuat sesuai dengan struktur naratif dasar (20)
- Bahasa yang digunakan komunikatif, deskriptif, dan efektif (10)
- Originalitas ide dan keterpaduan antarunsur cerita (40)
- Kesesuaian hasil tulisan dengan instruksi penugasan dan tema (30)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mengapresiasi sastra Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Materi: mengapresiasi novel Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi novel-novel Mengambil keputusan strategis dalam apresiasi prosa khususnya novel-novel dalam sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa dalam teks sastra Indonesia |
- Menjelaskan teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa khususnya novel dalam sastra Indonesia
|
Kriteria:
- Rubrik:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya prosa.
- Melakukan analisis mendalam terhadap struktur, gaya, dan tema karya prosa fiksi.
- Menginterpretasikan makna karya prosa secara kontekstual dan kritis.
- Menyusun laporan hasil analisis apresiasi prosa berdasarkan teori yang relevan.
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan unsur prosa yang dianalisis.
- Mahasiswa mampu menerapkan teknik apresiasi dalam menganalisis karya sastra.
- Mahasiswa mampu menyampaikan hasil analisis secara runtut dan logis.
- Mahasiswa mampu mengaitkan hasil analisis dengan konteks sosial-budaya atau nilai kemanusiaan.
|
Kriteria:
- Menunjukkan pemahaman yang tepat dan mendalam terhadap unsur prosa 30
- Analisis logis, kritis, dan berbasis teori 30
- Runtut, sistematis, dan komunikatif 20
- Aktif, reflektif, dan membangun 20
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi/Presentasi 2x50 |
|
Materi: penyelesaian masalah apresiasi prosa Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing. Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
12% |