Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Apresiasi Sastra

8820102228

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

12 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




RESDIANTO PERMATA RAHARJO




.......................................




RESDIANTO PERMATA RAHARJO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

mengusai Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.

PO - 2

Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.

PO - 3

Mengimplementasikan apresiasi prosa dengan analisis karya sastra

PO - 4

Berkolaborasi mengembangkan karya prosa fiksi dengan konsep gabungan bahasa dan sastra

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-8
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan aspek-aspek apresiasi prosa fiksi dengan berbagai pendekatan maupun teori tertentu melalui kegiatan terstruktur seperti kegiatan pertemuan kelas dan pelatihan guna menghasilkan formulasi apresiasi atau artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. >

  2. Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.

  3. Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.

  4. Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

  5. S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut

  6. Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.

  7. Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendukung :

  1. artikel-artikel jurnal

Dosen Pengampu

Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

· Memahami konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra · Menerapkan dasar-dasar konsep antara sastra dan apresiasi sastra

· Menjelaskan konsep persinggungan antara sastra dan apresiasi sastra

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Ruang Lingkup Apresiasi Sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Konsep-konsep Apresiasi Sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.

5%

2

Minggu ke 2

memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra

  1. Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
  2. Memanfaatkan internet untuk mencari konsep fungsi apresiasi
Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep fungsi apresiasi karya sastra Memahami paradigma fungsi apresiasi sastra untuk kajian sastra
Pustaka:

Materi: Fungsi apresiasi sastra
Pustaka: >

3%

3

Minggu ke 3

Memahami Unsur Intrinsik Prosa

Memahami konsep Unsur Intrinsik Prosa

Kriteria:
  1. 4: uraian benar
  2. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  3. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 1: uraiannya salah

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep fungsi apresiasi
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: Memahami konsep fungsi apresiasi karya sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: konsep fungsi apresiasi
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Memahami faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Nadjid, Moh. 2002. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama (Sebuah Perbincangan) . Surabaya: Taman Nadia Azzala.

5%

4

Minggu ke 4

  1. Menguasai konsep Unsur Ekstrinsik Prosa
  2. Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra

Menguasai konsep Unsur Ekstrinsik Prosa

Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Suminto A. Sayuti. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gama Media.


Materi: Menguasai faktor pendorong kehadiran apresiasi sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5%

5

Minggu ke 5

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami Cerpen: Struktur dan Gaya

Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami Cerpen: Struktur dan Gaya

Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: memahami ruang lingkp apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Mengapresiasi cerpen
Pustaka: S. Suharianto. 2009. Apresiasi Cerita Pendek. Semarang: Bandungan Institut

5%

6

Minggu ke 6

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra

Menganalisis Cerpen: Studi kasus cerpen klasik dan modern

Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

7

Minggu ke 7

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami ruang lingkup ruang lingkp apresiasi sastra· Menguasai ruang lingkup apresiasi sastra

  1. Menjelaskan Novel: Struktur dan Narasi
  2. Memanfaatkan internet untuk mendeskripsikan ruang lingkup apresiasi sastra
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 4 kali.
  6. 3
  7. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada maksimal 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 3 kali.
  8. 2
  9. Artikel sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id, tiap komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel (namun ada lebih dari 2 komponen yang ditulis tidak sesuai pedoman), artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan dengan langkah-langkah sesuai perintah, ada bukti konsultasi paling tidak 2 kali.
  10. 1
  11. Artikel ditulis, namun tidak sesuai format template www.ejournal.unesa.ac.id.

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Praktik mengapresiasi cerpen
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik karya prosa
  2. Ketepatan dalam menganalisis isi, gaya, dan pesan moral dalam karya
  3. Kejelasan argumentasi dalam menyampaikan pendapat kritis
  4. Keterlibatan aktif dalam diskusi dan presentasi hasil analisis
Kriteria:
  1. Analisis disajikan secara logis dan mendalam
  2. Bahasa dan struktur penulisan sesuai kaidah akademik
  3. Argumentasi didukung dengan kutipan dan referensi yang relevan
  4. Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan presentasi kelas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS menganalisis karya sastra
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

  1. 1. Menjelaskan bekal awal apresiasi dalam kajian sastra
  2. 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
  1. Kemampuan menyebutkan dan menjelaskan berbagai pendekatan kritik sastra
  2. Ketepatan menerapkan pendekatan tertentu dalam penulisan artikel
  3. Kesesuaian struktur dan isi artikel dengan standar akademik
Kriteria:
  1. Artikel sesuai format template ejournal Unesa, seluruh komponen ditulis dengan kaidah sesuai pedoman pengembangan artikel, dikembangkan dari penelitian pendahuluan, terdapat bukti konsultasi minimal 4 kali.
  2. Artikel sesuai format, maksimal 2 komponen tidak sesuai kaidah penulisan, artikel dikembangkan dari penelitian pendahuluan, bukti konsultasi minimal 3 kali.
  3. Artikel sesuai format, lebih dari 2 komponen tidak sesuai kaidah, dikembangkan dari penelitian pendahuluan, bukti konsultasi minimal 2 kali.
  4. Artikel ditulis tidak sesuai format template ejournal Unesa.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

10

Minggu ke 10

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu memahami bekal apresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia · Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Ketepatan dalam mengidentifikasi elemen sosial dalam novel
  2. Kemampuan menghubungkan unsur cerita dengan realitas sosial
  3. Kecermatan dalam menjelaskan konteks sosial pengarang dan pengaruhnya terhadap isi novel
  4. Partisipasi aktif dalam diskusi dan penugasan
Kriteria:
  1. Analisis disusun logis dan mendalam sesuai dengan tema sosial novel (20)
  2. Argumentasi kritis dan relevan dengan latar konteks pengarang (30)
  3. Format penulisan rapi, sesuai aturan akademik (20)
  4. Referensi dan kutipan digunakan secara tepat (30)

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia

  1. Kemampuan mengenali perbedaan dan persamaan unsur prosa dari budaya berbeda
  2. Kecermatan dalam menjelaskan latar budaya, nilai, dan ideologi yang terkandung dalam prosa
  3. Ketepatan struktur dan argumentasi dalam tulisan komparatif
  4. Keaktifan dan kontribusi dalam diskusi kelompok dan forum
Kriteria:
  1. Tulisan mencerminkan pemahaman mendalam terhadap teks dan konteks budaya
  2. Analisis komparatif logis dan berdasarkan teori yang relevan
  3. Penulisan sesuai kaidah akademik dan sistematika penulisan ilmiah
  4. Menyertakan kutipan dan referensi yang relevan dan terpercaya

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: konsep-konsep dasar apresiasi sastra
Pustaka:
10%

12

Minggu ke 12

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mengapresiasi sastra · Menguasai konsep-konsep dasar apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis aspek-aspek sastra · Mengambil keputusan strategis dalam analisis prosa· Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi sastra dalam teks sastra Indonesia

  1. Kemampuan membandingkan struktur naratif antara prosa dan adaptasinya
  2. Ketepatan dalam menjelaskan perubahan tokoh, alur, atau suasana
  3. Kualitas argumentasi dalam menilai keberhasilan adaptasi
  4. Kreativitas dalam menyampaikan hasil analisis (tulisan atau presentasi)
Kriteria:
  1. Analisis menunjukkan pemahaman mendalam terhadap teks asli dan adaptasi (20)
  2. Alasan perubahan adaptasi disampaikan secara logis dan didukung data (30)
  3. Bahasa dan format penyampaian sesuai dengan standar akademik atau kreatif (jika dalam bentuk media) (20)
  4. Tugas dilengkapi referensi, kutipan, atau tangkapan adegan sebagai bukti analisis (30)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar bekal apresiasi sastra yang mencerminkan kemampuan menganalisis sastra Indonesia
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: mengapresiasi novel
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

10%

13

Minggu ke 13

Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Kemampuan menyebutkan dan menjelaskan teknik dasar penulisan prosa
  2. Ketepatan penggunaan unsur intrinsik dalam karya tulis yang dibuat
  3. Koherensi dan kreativitas dalam menyusun alur dan tokoh cerita
  4. Kemampuan menyunting dan merevisi tulisan berdasarkan umpan balik
Kriteria:
  1. Teks prosa yang dibuat sesuai dengan struktur naratif dasar (20)
  2. Bahasa yang digunakan komunikatif, deskriptif, dan efektif (10)
  3. Originalitas ide dan keterpaduan antarunsur cerita (40)
  4. Kesesuaian hasil tulisan dengan instruksi penugasan dan tema (30)

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Mengapresiasi sastra
Pustaka: Didipu, Herman. 2013. Prosa Fiksi dan Drama: Pengantar Apresiasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish.


Materi: mengapresiasi novel
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.

5%

14

Minggu ke 14

Memahami penetapan fokus apresiasi sastra Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi prosa fiksiMengambil keputusan strategis dalam apresiasi sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aspek-aspek apresiasi dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan penetapan fokus apresiasi prosa
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Konsep-konsep apresiasi sastra
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5%

15

Minggu ke 15

Memahami teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu mencari contoh-contoh apresiasi novel-novel Mengambil keputusan strategis dalam apresiasi prosa khususnya novel-novel dalam sastra Indonesia Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan apresiasi prosa dalam teks sastra Indonesia

  1. Menjelaskan teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa
  2. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa khususnya novel dalam sastra Indonesia
Kriteria:
  1. Rubrik:
  2. Skor
  3. Rubrik
  4. 4
  5. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  6. 3
  7. Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  8. 2
  9. Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, berbantuan media ppt namun tidak sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  10. 1
  11. Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting penelitian, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: teknik-teknik dalam mengapresiasi prosa
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya prosa.
  2. Melakukan analisis mendalam terhadap struktur, gaya, dan tema karya prosa fiksi.
  3. Menginterpretasikan makna karya prosa secara kontekstual dan kritis.
  4. Menyusun laporan hasil analisis apresiasi prosa berdasarkan teori yang relevan.
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan unsur prosa yang dianalisis.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan teknik apresiasi dalam menganalisis karya sastra.
  3. Mahasiswa mampu menyampaikan hasil analisis secara runtut dan logis.
  4. Mahasiswa mampu mengaitkan hasil analisis dengan konteks sosial-budaya atau nilai kemanusiaan.
Kriteria:
  1. Menunjukkan pemahaman yang tepat dan mendalam terhadap unsur prosa 30
  2. Analisis logis, kritis, dan berbasis teori 30
  3. Runtut, sistematis, dan komunikatif 20
  4. Aktif, reflektif, dan membangun 20

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi/Presentasi
2x50

Materi: penyelesaian masalah apresiasi prosa
Pustaka: Saryono, Djoko. 2009 . Dasar Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Elmatera Publishing.


Materi: Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah apresiasi prosa
Pustaka: Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

12%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 58%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.