
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Strategik Bisnis Olahraga |
8930104045 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menerapkan IPTEKS dalam pengembangan keilmuan manajemen olahraga. |
PLO-8 |
Mampu melakukan manajemen setiap event olahraga dengan penganggaran dan pemasaran yang efektif berdasarkan teori manajemen olahraga |
PLO-9 |
Mampu membuat proposal program wirausaha dalam konteks produk dan jasa di bidang olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan konsep dasar dan teori strategi bisnis dalam konteks industri olahraga.
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal organisasi olahraga.
|
PO - 3 |
Mampu merumuskan strategi yang tepat untuk organisasi olahraga berbasis analisis bisnis.
|
PO - 4 |
Mampu mengembangkan model bisnis olahraga berbasis inovasi dan keberlanjutan.
|
PO - 5 |
Mampu memecahkan masalah strategis bisnis olahraga secara profesional dan etis.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas teori dan praktik dalam menyusun dan menerapkan strategi bisnis di bidang olahraga, mencakup analisis lingkungan bisnis olahraga, keunggulan kompetitif, model bisnis, dan studi kasus dari industri olahraga nasional dan global. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson.
- Smith, A. & Stewart, B. (2015). Introduction to Sport Marketing. Routledge.
- Rein, I., Kotler, P., & Shields, B. (2006). The Elusive Fan: Reinventing Sports in a Crowded Marketplace. McGraw-Hill.
- Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics.
- Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
- Pedersen, P. M., & Thibault, L. (Eds.). (2019). Contemporary Sport Management. Human Kinetics.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Erta, S.E., M.M. Suryanto Agung Prabowo, S.Pd., M.Pd. Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar strategi bisnis olahraga |
Pengantar Strategi Bisnis Olahraga: Definisi, Tujuan, dan Pentingnya |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: strategi bisnis olahraga Pustaka: Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami lingkungan industri olahraga |
Analisis Industri Olahraga (PESTEL & 5 Forces) |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: strategi bisnis olahraga Pustaka: Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Sport Marketing Pustaka: Smith, A. & Stewart, B. (2015). Introduction to Sport Marketing. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Formulasi Strategi: Visi, Misi, Tujuan Pustaka: Rein, I., Kotler, P., & Shields, B. (2006). The Elusive Fan: Reinventing Sports in a Crowded Marketplace. McGraw-Hill. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
Analisis SWOT dan Penetapan Strategi |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: SWOT Pustaka: Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 2x50 |
|
Materi: Sport Enterpreuneurship Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Model bisnis olahraga Pustaka: Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Mengembangkan strategi pemasaran olahraga
- Mengelola strategi sponsorship dan media
|
- Strategi Pemasaran dalam Olahraga
- Strategi Sponsorship dan Media dalam Olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Strategi Pemanasaran Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mengembangkan strategi pemasaran olahraga
- Mengelola strategi sponsorship dan media
|
- Strategi Pemasaran dalam Olahraga
- Strategi Sponsorship dan Media dalam Olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50 |
|
Materi: Strategi Pemanasaran Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Strategi digital dalam olahraga
- Strategi keuangan dalam bisnis olahraga
|
- Digital Marketing & Social Media Strategy
- Strategi Keuangan dan Monetisasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Strategi Keuangan dan Monetisasi Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Strategi digital dalam olahraga
- Strategi keuangan dalam bisnis olahraga
|
- Digital Marketing & Social Media Strategy
- Strategi Keuangan dan Monetisasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Strategi Keuangan dan Monetisasi Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
- Merancang strategi bisnis olahraga
- Presentasi proyek strategi bisnis
|
- Inovasi & Sustainability
- Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
- Presentasi Proyek Akhir
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Merancang strategi bisnis olahraga Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
- Merancang strategi bisnis olahraga
- Presentasi proyek strategi bisnis
|
- Inovasi & Sustainability
- Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
- Presentasi Proyek Akhir
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Merancang strategi bisnis olahraga Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
- Merancang strategi bisnis olahraga
- Presentasi proyek strategi bisnis
|
- Inovasi & Sustainability
- Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
- Presentasi Proyek Akhir
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: Merancang strategi bisnis olahraga Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 2x50‘ |
|
Materi: UAS Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge. |
15% |