Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Strategik Bisnis Olahraga

8930104045

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menerapkan IPTEKS dalam pengembangan keilmuan manajemen olahraga.

PLO-8

Mampu melakukan manajemen setiap event olahraga dengan penganggaran dan pemasaran yang efektif berdasarkan teori manajemen olahraga

PLO-9

Mampu membuat proposal program wirausaha dalam konteks produk dan jasa di bidang olahraga.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan konsep dasar dan teori strategi bisnis dalam konteks industri olahraga.

PO - 2

Mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal organisasi olahraga.

PO - 3

Mampu merumuskan strategi yang tepat untuk organisasi olahraga berbasis analisis bisnis.

PO - 4

Mampu mengembangkan model bisnis olahraga berbasis inovasi dan keberlanjutan.

PO - 5

Mampu memecahkan masalah strategis bisnis olahraga secara profesional dan etis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori dan praktik dalam menyusun dan menerapkan strategi bisnis di bidang olahraga, mencakup analisis lingkungan bisnis olahraga, keunggulan kompetitif, model bisnis, dan studi kasus dari industri olahraga nasional dan global.

Pustaka

Utama :

  1. Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson.
  2. Smith, A. & Stewart, B. (2015). Introduction to Sport Marketing. Routledge.
  3. Rein, I., Kotler, P., & Shields, B. (2006). The Elusive Fan: Reinventing Sports in a Crowded Marketplace. McGraw-Hill.
  4. Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics.
  5. Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
  6. Pedersen, P. M., & Thibault, L. (Eds.). (2019). Contemporary Sport Management. Human Kinetics.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Erta, S.E., M.M.

Suryanto Agung Prabowo, S.Pd., M.Pd.

Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar strategi bisnis olahraga

Pengantar Strategi Bisnis Olahraga: Definisi, Tujuan, dan Pentingnya

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50‘

Materi: strategi bisnis olahraga
Pustaka: Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami lingkungan industri olahraga

Analisis Industri Olahraga (PESTEL & 5 Forces)

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
2x50‘

Materi: strategi bisnis olahraga
Pustaka: Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Pearson.
5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
2x50‘

Materi: Sport Marketing
Pustaka: Smith, A. & Stewart, B. (2015). Introduction to Sport Marketing. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
2x50‘

Materi: Formulasi Strategi: Visi, Misi, Tujuan
Pustaka: Rein, I., Kotler, P., & Shields, B. (2006). The Elusive Fan: Reinventing Sports in a Crowded Marketplace. McGraw-Hill.
5%

5

Minggu ke 5

Analisis SWOT dan Penetapan Strategi

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
2x50‘

Materi: SWOT
Pustaka: Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics.
5%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
2x50

Materi: Sport Enterpreuneurship
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Model bisnis olahraga
Pustaka: Hoye, R., Smith, A., Nicholson, M., & Stewart, B. (2018). Sport Management: Principles and Applications. Routledge. Porter, M. E. (2008). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press. Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley. Shank, M. D., & Lyberger, M. R. (2014). Sports Marketing: A Strategic Perspective. Routledge. Mullin, B. J., Hardy, S., & Sutton, W. A. (2014). Sport Marketing. Human Kinetics.
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: UTS
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
15%

9

Minggu ke 9

  1. Mengembangkan strategi pemasaran olahraga
  2. Mengelola strategi sponsorship dan media
  1. Strategi Pemasaran dalam Olahraga
  2. Strategi Sponsorship dan Media dalam Olahraga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Strategi Pemanasaran
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mengembangkan strategi pemasaran olahraga
  2. Mengelola strategi sponsorship dan media
  1. Strategi Pemasaran dalam Olahraga
  2. Strategi Sponsorship dan Media dalam Olahraga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50

Materi: Strategi Pemanasaran
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Strategi digital dalam olahraga
  2. Strategi keuangan dalam bisnis olahraga
  1. Digital Marketing & Social Media Strategy
  2. Strategi Keuangan dan Monetisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50‘

Materi: Strategi Keuangan dan Monetisasi
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Strategi digital dalam olahraga
  2. Strategi keuangan dalam bisnis olahraga
  1. Digital Marketing & Social Media Strategy
  2. Strategi Keuangan dan Monetisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2x50‘

Materi: Strategi Keuangan dan Monetisasi
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
  2. Merancang strategi bisnis olahraga
  3. Presentasi proyek strategi bisnis
  1. Inovasi & Sustainability
  2. Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
  3. Presentasi Proyek Akhir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2x50‘

Materi: Merancang strategi bisnis olahraga
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
  2. Merancang strategi bisnis olahraga
  3. Presentasi proyek strategi bisnis
  1. Inovasi & Sustainability
  2. Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
  3. Presentasi Proyek Akhir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2x50‘

Materi: Merancang strategi bisnis olahraga
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Inovasi dan keberlanjutan bisnis olahraga
  2. Merancang strategi bisnis olahraga
  3. Presentasi proyek strategi bisnis
  1. Inovasi & Sustainability
  2. Perancangan Strategi Bisnis (proyek kelompok)
  3. Presentasi Proyek Akhir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2x50‘

Materi: Merancang strategi bisnis olahraga
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
2x50‘

Materi: UAS
Pustaka: Ratten, V. (2016). Sport Entrepreneurship and Innovation. Routledge.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 71.67%
2. Penilaian Portofolio 4.17%
3. Praktik / Unjuk Kerja 9.17%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.