
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan |
8820902514 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
0 |
16 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan untuk menguasai teori belajar dan pembelajaran serta kurikulum sekolah. |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan
|
PO - 2 |
Menyusun Proposal Bisnis Plan
|
PO - 3 |
menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Kewirausahaan dengan model Project-Based Learning (PJBL) mengajak mahasiswa merancang proyek wirausaha nyata. Pembelajaran ini menanamkan semangat belajar sepanjang hayat dan mengasah jiwa kewirausahaan yang aplikatif di berbagai bidang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press.
- Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
- Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
- Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
- Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
- Shahputra. 2000. Prospek Peluang Usaha dalam Menghadapi Persaingan Global . Surabaya : Kadin Jatim.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu Menjelaskan pengertian Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Kewirausahaan dari berbagai pendapat para ahliMahasiswa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan dua deninisi kewirausahaan menurut pendapat ahli dan menurut pendapat senidir dengan baik.
- - mahasiwa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah kewirausahaan dengan baik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
metode Ceramah dan Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan Pustaka: Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
- - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial . |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
- - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha |
Mahasiswa mampu Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha |
Kriteria:
- - Mahassiwa mampu menyebutkan 9 dari 11 pertimbangan dalam memilih jenis bidang usaha.dengan baik.
- - Mahasiswa mampu memilih 2 alternatif bidang usaha yang dikembangkan.dengan baik.
- - Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dua bidang tersebut dengan baik.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pemilihan Jenis Usaha 2 X 50 |
|
Materi: Pemilihan Jenis Usaha Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 2 X 50 |
|
Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 3 X 50 |
|
Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni |
Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi. |
Kriteria:
- - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
- - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
- - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi 3 X 50 |
|
Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha (UTS) |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
- Presentasi- Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial . |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha |
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Presentasi- Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: presentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial . |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompok |
Kriteria:
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menyusun Proposal Bisnis Plan Pustaka: Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompokMahasiswa mampu menyiapkan produk bernuansa sendratasik |
Kriteria:
- Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik
- Mampu menyiapkan produk yang dijual dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menyusun Proposal Bisnis Plan Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Kriteria:
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Diskusi- Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan Pustaka: Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan |
Kriteria:
Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Diskusi- Penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial . |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum |
Kriteria:
Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
- Pengamatan- Wawancara 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim. |
30% |