Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan

8820902514

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

16 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan untuk menguasai teori belajar dan pembelajaran serta kurikulum sekolah.

PLO-10

Mampu mengembangkan dan menciptakan karya bidang seni dan pendidikan seni berbasis teknologi, seni drama, tari dan musik Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur dan bidang seni budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

PO - 2

Menyusun Proposal Bisnis Plan

PO - 3

menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Kewirausahaan dengan model Project-Based Learning (PJBL) mengajak mahasiswa merancang proyek wirausaha nyata. Pembelajaran ini menanamkan semangat belajar sepanjang hayat dan mengasah jiwa kewirausahaan yang aplikatif di berbagai bidang.

Pustaka

Utama :

  1. Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press.
  2. Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
  3. Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
  4. Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
  5. Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
  6. Shahputra. 2000. Prospek Peluang Usaha dalam Menghadapi Persaingan Global . Surabaya : Kadin Jatim.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Enie Wahyuning Handayani, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu Menjelaskan pengertian Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Kewirausahaan dari berbagai pendapat para ahliMahasiswa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan dua deninisi kewirausahaan menurut pendapat ahli dan menurut pendapat senidir dengan baik.
  2. - mahasiwa mampu mendeskripsikan latar belakang adanya mata kuliah kewirausahaan dengan baik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
metode Ceramah dan Diskusi
2 X 50

Materi: Kewirausahaan dan Latar Belakang Adanya mata kuliah Kewirausahaan
Pustaka: Hariyono, Cipto, dkk. 2000. Kewirausahaan . Surabaya : University Press.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
  2. - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
2 X 50

Materi: Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan
Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
3%

3

Minggu ke 3

Mampu Mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

mahasiwa mampu mendeskripsikan Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kewirausahaan menurut pendapat para ahli dengan baik
  2. - Mahasiswa mampu menjelasakn Sifat-Sifat Kewirausahaan dengan baik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Diskusi
4 X 50

Materi: Karakteristik dan Sifat-Sifat Kewirausahaan
Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
3%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha

Mahasiswa mampu Mengidentifikasi Pemilihan Jenis Usaha

Kriteria:
  1. - Mahassiwa mampu menyebutkan 9 dari 11 pertimbangan dalam memilih jenis bidang usaha.dengan baik.
  2. - Mahasiswa mampu memilih 2 alternatif bidang usaha yang dikembangkan.dengan baik.
  3. - Mahasiswa mampu menjelaskan alasan pemilihan dua bidang tersebut dengan baik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pemilihan Jenis Usaha
2 X 50

Materi: Pemilihan Jenis Usaha
Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
2 X 50

Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni
Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
3 X 50

Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni
Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
3%

7

Minggu ke 7

Mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni

Mahasiswa mampu Melakukan Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang yang diobservasi:Analisis SWOT meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman bidang usaha yang diobservasi.

Kriteria:
  1. - Mahasiswa mampu mengana;lis SWOT sebuah bidang usaha dengan baik
  2. - Mahasiwa mampu memilih dan melakukan observasi dunia usaha dengan tepat sesuai bidangnya
  3. - Mahassiwa mampu menyusun laporan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Ceramah- Diskusi- Observasi terhadap pelakudunia usaha di bidang seni- Menyusun laporan observasi
3 X 50

Materi: Analisis SWOT terhadap satu bidang usaha tertentu maupun wirausaha yang terkait dengan bidang seni
Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha (UTS)

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
- Presentasi- Diskusi
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
20%

9

Minggu ke 9

Mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usahaMahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha

Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan baik
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha dengan lancar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Presentasi- Diskusi
2 X 50

Materi: presentasikan hasil wawancara dengan pelaku dunia usaha
Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
4%

10

Minggu ke 10

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompok

Kriteria:

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Menyusun Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
4%

11

Minggu ke 11

Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu menyusun Proposal Bisnis Plan secara kelompokMahasiswa mampu menyiapkan produk bernuansa sendratasik

Kriteria:
  1. Mampu Menyusun Proposal Bisnis Plan dengan baik
  2. Mampu menyiapkan produk yang dijual dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Menyusun Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
4%

12

Minggu ke 12

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Kriteria:

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Diskusi- Penugasan
2 X 50

Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Rhenald Kasali, 2010. Wirausaha Muda Mandiri, Ketika Anak Sekolahan Berbisnis.
4%

13

Minggu ke 13

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Mahasiswa mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan

Kriteria:

Mampu Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Diskusi- Penugasan
2 X 50

Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Suryana. 2003. Kewirausahaan , Jakarta : Salemba Empat.
4%

14

Minggu ke 14

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

Materi: Mempresentasikan Proposal Bisnis Plan
Pustaka: Kiyosaki, Robert K. 2010. The Casflow Kuandrant Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial .
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Mahasiswa mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum

Kriteria:

Mampu menjual produk hasil Proposal Bisnis Plan (UAS) pada masyarakat umum dengan hasil yang maksimal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
- Pengamatan- Wawancara
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Subagya,Heru. 2000. Perencanaan Organisasi dan Bidang Kerja Usaha Kecil . Surabaya : Kadin Jatim.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 58.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 6.83%
3. Praktik / Unjuk Kerja 16.67%
4. Tes 18%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.