
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Strategik |
8721003150 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
2 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Choirul Nikmah, S.AB, M.AB
|
Dr. Farij Ibadil Maula
|
BRILLIAN ROSY |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya |
PLO-8 |
Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai teori dan model manajemen strategik dalam konteks organisasi bisnis maupun publik, baik skala nasional maupun global.
|
PO - 2 |
Mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal organisasi menggunakan alat analisis strategik seperti SWOT, PESTEL, Porter’s Five Forces, dan VRIO Framework.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu Merancang strategi korporat, bisnis, dan fungsional yang relevan dengan tujuan organisasi serta memperhatikan aspek keberlanjutan dan keunggulan bersaing.
|
PO - 4 |
Mendemonstrasikan kemampuan bekerja dalam tim untuk menyusun dokumen rencana strategik dan mengomunikasikannya secara profesional.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam proses pengambilan keputusan strategik berbasis data dan analisis.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan proses manajemen strategik dalam konteks organisasi pendidikan dan administrasi perkantoran. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Topik meliputi analisis lingkungan internal dan eksternal, formulasi visi dan misi, analisis SWOT, pemilihan strategi kompetitif, serta pengukuran kinerja strategis. Melalui studi kasus dan proyek lapangan, mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dan sistematis dalam pengambilan keputusan strategik yang relevan dengan dunia kerja administrasi perkantoran modern. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David, F. R., & David, F. R. (2023). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases (18th ed.). Pearson Education.
- Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2018). Strategic management and business policy: Globalization, innovation, and sustainability (15th ed.). Pearson.
- Sutojo, S., & Machali, I. (2018). Manajemen strategik dalam pendidikan. Kencana.
- Salusu, J. (2015). Strategi pengambilan keputusan: Untuk organisasi publik dan organisasi non-profit. Grasindo.
- Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis: Reorientasi perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21 (Edisi Revisi). PT Gramedia Pustaka Utama.
- Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic management and competitive advantage: Concepts and cases (6th ed.). Pearson Education.
- Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2021). Strategic management: Concepts and cases: Competitiveness and globalization (14th ed.). Cengage Learning.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar, tujuan, dan proses manajemen strategik. |
|
|
Brainstorming, eksplorasi, dan diskusi 3x50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi level strategi (korporat, bisnis, fungsional). |
|
|
Brainstorming, eksplorasi, dan diskusi 3x50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis lingkungan eksternal menggunakan analisis PESTEL dan Five Forces. |
menganalisis lingkungan eksternal menggunakan analisis PESTEL dan Five Forces. |
|
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi 3x50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menganalisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan rantai nilai. |
menganalisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan rantai nilai. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
3x50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun matriks SWOT dan menentukan implikasi strateginya. |
menyusun matriks SWOT dan menentukan implikasi strateginya. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
3x50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis strategi korporat dan aplikasinya dalam organisasi. |
membedakan jenis-jenis strategi korporat dan aplikasinya dalam organisasi. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
3x50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang strategi bisnis berbasis keunggulan bersaing (cost leadership, dll). |
merancang strategi bisnis berbasis keunggulan bersaing (cost leadership, dll). |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat mengembangkan strategi fungsional (pemasaran, SDM, keuangan, operasional). |
dapat mengembangkan strategi fungsional (pemasaran, SDM, keuangan, operasional). |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix. |
mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix. |
mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat memahami isu etika dan keberlanjutan dalam manajemen strategik |
memahami isu etika dan keberlanjutan dalam manajemen strategik. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menjelaskan proses implementasi strategi dan tantangan utamanya. |
menjelaskan proses implementasi strategi dan tantangan utamanya. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi melalui balanced scorecard dan KPI. |
mengevaluasi efektivitas strategi melalui balanced scorecard dan KPI. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim menyusun rencana strategik dan mempresentasikannya. |
menyusun rencana strategik dan mempresentasikannya |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |