Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Strategik

8721003150

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

2 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Choirul Nikmah, S.AB, M.AB




Dr. Farij Ibadil Maula




BRILLIAN ROSY

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya

PLO-8

Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai teori dan model manajemen strategik dalam konteks organisasi bisnis maupun publik, baik skala nasional maupun global.

PO - 2

Mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal organisasi menggunakan alat analisis strategik seperti SWOT, PESTEL, Porter’s Five Forces, dan VRIO Framework.

PO - 3

Mahasiswa mampu Merancang strategi korporat, bisnis, dan fungsional yang relevan dengan tujuan organisasi serta memperhatikan aspek keberlanjutan dan keunggulan bersaing.

PO - 4

Mendemonstrasikan kemampuan bekerja dalam tim untuk menyusun dokumen rencana strategik dan mengomunikasikannya secara profesional.

PO - 5

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, etis, dan bertanggung jawab dalam proses pengambilan keputusan strategik berbasis data dan analisis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan proses manajemen strategik dalam konteks organisasi pendidikan dan administrasi perkantoran. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Topik meliputi analisis lingkungan internal dan eksternal, formulasi visi dan misi, analisis SWOT, pemilihan strategi kompetitif, serta pengukuran kinerja strategis. Melalui studi kasus dan proyek lapangan, mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dan sistematis dalam pengambilan keputusan strategik yang relevan dengan dunia kerja administrasi perkantoran modern.

Pustaka

Utama :

  1. David, F. R., & David, F. R. (2023). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases (18th ed.). Pearson Education.
  2. Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2018). Strategic management and business policy: Globalization, innovation, and sustainability (15th ed.). Pearson.
  3. Sutojo, S., & Machali, I. (2018). Manajemen strategik dalam pendidikan. Kencana.
  4. Salusu, J. (2015). Strategi pengambilan keputusan: Untuk organisasi publik dan organisasi non-profit. Grasindo.
  5. Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis: Reorientasi perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21 (Edisi Revisi). PT Gramedia Pustaka Utama.
  6. Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic management and competitive advantage: Concepts and cases (6th ed.). Pearson Education.
  7. Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2021). Strategic management: Concepts and cases: Competitiveness and globalization (14th ed.). Cengage Learning.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar, tujuan, dan proses manajemen strategik.

Brainstorming, eksplorasi, dan diskusi
3x50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengidentifikasi level strategi (korporat, bisnis, fungsional).

Brainstorming, eksplorasi, dan diskusi
3x50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menganalisis lingkungan eksternal menggunakan analisis PESTEL dan Five Forces.

menganalisis lingkungan eksternal menggunakan analisis PESTEL dan Five Forces.

1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
3x50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menganalisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan rantai nilai.

menganalisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO dan rantai nilai.

Kriteria:

rubrik penilaian


3x50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun matriks SWOT dan menentukan implikasi strateginya.

menyusun matriks SWOT dan menentukan implikasi strateginya.

Kriteria:

rubrik penilaian


3x50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis strategi korporat dan aplikasinya dalam organisasi.

membedakan jenis-jenis strategi korporat dan aplikasinya dalam organisasi.

Kriteria:

rubrik penilaian


3x50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang strategi bisnis berbasis keunggulan bersaing (cost leadership, dll).

merancang strategi bisnis berbasis keunggulan bersaing (cost leadership, dll).

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat mengembangkan strategi fungsional (pemasaran, SDM, keuangan, operasional).

dapat mengembangkan strategi fungsional (pemasaran, SDM, keuangan, operasional).

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix.

mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix.

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix.

mengevaluasi portofolio bisnis dengan pendekatan BCG dan GE Matrix.

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat memahami isu etika dan keberlanjutan dalam manajemen strategik

memahami isu etika dan keberlanjutan dalam manajemen strategik.

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menjelaskan proses implementasi strategi dan tantangan utamanya.

menjelaskan proses implementasi strategi dan tantangan utamanya.

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas strategi melalui balanced scorecard dan KPI.

mengevaluasi efektivitas strategi melalui balanced scorecard dan KPI.

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu bekerja dalam tim menyusun rencana strategik dan mempresentasikannya.

menyusun rencana strategik dan mempresentasikannya

Kriteria:

rubrik penilaian



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.