
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Pendidikan |
8620702025 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
1 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Suharti, S.Pd.I., M.Pd.
|
Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd
|
KARTIKA RINAKIT ADHE |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan hakekat filsafat pendidikan, perkembangan filsafat pendidikan dan hubungan manusia, filsafat dan pendidikan
|
PO - 2 |
Mengklasifikasi sistem filsafat, filsafat pendidikan dan jenis-jenis aliran filsafat
|
PO - 3 |
Menganalisis kasus-kasus Paud, serta inovasi Paud berdasar filsafat pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam hakikat filsafat dan filsafat pendidikan dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa akan diperkenalkan pada konsep-konsep dasar filsafat seperti ontologi (hakikat keberadaan), epistemologi (hakikat pengetahuan), dan aksiologi (nilai dan etika) serta bagaimana ketiga ranah ini membentuk dasar pemikiran dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis terhadap berbagai aliran filsafat dan implikasinya terhadap pendekatan, strategi, dan tujuan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman teoritis dan praktis mengenai peran filsafat dalam merumuskan arah dan kebijakan pendidikan, serta bagaimana pemikiran para filsuf besar, khususnya Ki Hajar Dewantara, dapat diterapkan dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. Melalui pendekatan yang integratif antara teori dan praktik, mata kuliah ini juga memberikan pengalaman belajar yang holistik, mencakup pengembangan kognitif (pemahaman konsep), afektif (penghayatan nilai), dan psikomotor (keterampilan praktis) dalam mengimplementasikan nilai-nilai filsafat dalam pembelajaran anak usia dini. Mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengaplikasikan, memodifikasi, dan mengevaluasi strategi pembelajaran berdasarkan pemikiran filosofis yang relevan. Di akhir perkuliahan, mahasiswa dibekali kemampuan untuk mengambil keputusan yang reflektif dan bijaksana dalam menghadapi permasalahan pembelajaran anak usia dini, serta mampu menemukan alternatif solusi berdasarkan pemikiran tokoh pendidikan, terutama dari perspektif nilai-nilai luhur yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
- Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.
- Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya
- Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.
- Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul
- Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.
- Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana
- Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.
- Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka
- Kizel, A. (Ed.). (2021). Philosophy with children and teacher education: Global perspectives on critical, creative, and caring thinking. Routledge.
- Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-94-011-2586-4
- Dewey, J. (2015). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. China Intercontinental Press. (Original work published 1916)
- Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668
- Moore, T. W. (1982). Philosophy of education: An introduction (Vol. 14). Routledge & Kegan Paul. https://doi.org/10.4324/9780203861103
- Noddings, N. (2016). Philosophy of education (4th ed.). Routledge. ISBN 9780813349725
- Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed.; M. B. Ramos, Trans.; Introduction by D. Macedo). Bloomsbury Academic. (Original work published 1970)
|
Pendukung : |
|
- Tuncdemir, A. T., Burroughs, M. D., & Moore, G. (2022). Effects of philosophical ethics in early childhood on preschool children's social–emotional competence and theory of mind. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1), 1–18.
- Johnston, J. S. (2019). Problems in philosophy of education: A systematic approach. Bloomsbury Academic. ISBN 9781350076648
- Hart, J. S. (1868). In the school-room: Chapters in the philosophy of education. Eldredge & Brother. (Original work digitized by Project Gutenberg, 2010)
- Johnston, J. S. (2019). Problems in philosophy of education: A systematic approach. Bloomsbury Academic. ISBN 9781350076648
- Suharti, S., Hapidin, H., Pujianti, Y., Suwandi, E., & Fairuzillah, M. N. (2025). Integrating Local Wisdom and Scientific Inquiry in Early Childhood Education: A Contextualized Science Learning Approach. Atfaluna Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(1).
- Suharti. (2018). Regular habits and a conducive environment in the treatment of children with delayed speech development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 169, 227–231. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.57
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Suharti, S.Pd.I., M.Pd. Dr. Achmad Sya'dullah, S.Psi., M.Pd Hirnanda Dimas Pradana, M.Pd. Muhammad Naufal Fairuzillah, B.A., B.S.Ed., M.Pd., M.Ed. Melia Dwi Widayanti, M.Pd. Novi Anggraeni, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Anak Usia Dini dan kontrak perkuliahan |
Menyebutkan kompetensi, deskripsi, sekuensi materi mata kuliah Filsafat Pendidikan bagi PAUD |
Kriteria:
- 4: menyebut dan menjelaskan 4 CP dengan dengan tepat
- 3: hanya meneyebut dan menjelaskand engan tepat 3 CP
- 2: menyebut dan menjelaskan dengan tepat 2 CP
- 1: mneyebut dan menjelaskan 1 CP
- 0: tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: pengertian filsafat Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: karakteristik berpikir filosofis Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Materi: Filsafat dan pengetahuan ilmiah Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami hakikat Filsafat Memahami ruang lingkup Filsafat Pendidikan |
mendiskripsikan hakikat filsafat Menguraikan ruang lingkup Filsafat Pendidikan |
Kriteria:
- Menjelaskan hakikat filsafat secara komprehensif, mencakup asal-usul, tujuan, dan fungsi filsafat dalam pendidikan dengan contoh relevan.
- Mampu menjelaskan hubungan antara filsafat umum dan filsafat pendidikan secara logis dan sistematis, mencakup tujuan, metode, dan relevansinya bagi pendidikan anak usia dini.
- Merumuskan ketiga konsep dengan jelas dan kritis, menunjukkan keterkaitan antara realitas, pengetahuan, dan nilai dalam konteks pendidikan.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Saintifik Kolaboratif Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: Pengertian filsafat pendidikan Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: Objek pembahasan filsafat pendidikan Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: Kegunaan filsafat pendidikan Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya Materi: Cabang filsafat Pustaka: Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mendiskripsikan hakikat filsafat pendidikan Mendiskripsikan tiga landasan utama filsafat pendidikan |
Merumuskan konsep filsafat pendidikan Merumuskan konsep ontologi, epistemologi, aksiologi dalam filsafat pendidikan |
Kriteria:
- 4: tulisan mendekati sama atau 200 kata, dan menguraikan konsep filsafat pendidikan, tiga landasan filsafat pendidikan secara benar.
- 3: tulisan secara umum benar, hanya satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: tulisan hanya mengadung dua aspek yang benar.
- 1: tulisan secara umu tidak menjawab perintah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik Resitasi Direct instruction 2 X 50 |
|
Materi: pemikiran filsafat spiritualisme kuno Pustaka: Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul Materi: hakekat pendidikan dan nilai Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: reaksi terhadap spiritualisme di yunani Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education. Materi: perkembangan filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: Berpikir filosofis Pustaka: Hart, J. S. (1868). In the school-room: Chapters in the philosophy of education. Eldredge & Brother. (Original work digitized by Project Gutenberg, 2010) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi implikasi aliran filsafat idealisme dalam pendidikan anak usia dini |
Menunjukkan implikasi aliran filsafat idealisme dalam pembelajaran anak usia dini |
Kriteria:
- 4: benar isi dan penempatannya;
- 3: benar isi, ada kesalahan penempatan, ATAU benar penempatan salah isi
- 2: isi sebagian benar, dan sebagaian benar penempatan
- 1: sebagaian benar dan salah penempatan ATAU benar pnempatan dan salah isi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik inquiri 2 X 50 |
|
Materi: hubungan manusia, filsafat dan pendidikan Pustaka: Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya Materi: plato, ariestoteles Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: MJ. Langeveld Pustaka: Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education. Materi: filsafat dan pengetahuan ilmiah Pustaka: Moore, T. W. (1982). Philosophy of education: An introduction (Vol. 14). Routledge & Kegan Paul. https://doi.org/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendeskripsikan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pendidikan anak usia dini |
Merumuskan implikasi aliran filsafat naturalisme dalam pembelajaran anak usia dini |
Kriteria:
- 4: isi benar, runtut/padu, panjang maksimal 150 kata.
- 3: isi benar, kurang runtut/padu, maksimal 150 kata,
- 2: isi sebagian salah, kurang runtut/padu, panjang kurang 100 kata,
- 1: isi salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Saintifik discovery 2 X 50 |
|
Materi: sistem filsafat Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: metafisika Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Materi: ontologi, epistimologi, aksiologi Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: Filsafat pendidikan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: filsafat pendidikan dan implikasinya dalam konteks PAUD Pustaka: Tuncdemir, A. T., Burroughs, M. D., & Moore, G. (2022). Effects of philosophical ethics in early childhood on preschool children's social–emotional competence and theory of mind. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1), 1–18. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendeskripsikan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini |
Menunjukkan prinsip-prinsip aliran filsafat rekonstruksionisme dalam pendidikan anak usia dini |
Kriteria:
- 4: meneyebut lengkap dan menjelaskan benar
- 3: menyebut tidak lengkap dan menjelaskan benar
- 2: menyebut sebagian dan menjelaskan benar
- 1: menyebut sebagian dan menjelaskan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
saintifikdiscovery 2 X 50 |
|
Materi: sitem filsafat pendidikan Pustaka: Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya Materi: idealism dan realism Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: praagmatism dan islam Pustaka: Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta Materi: perkembangan filsafat Pendidikan Pustaka: Noddings, N. (2016). Philosophy of education (4th ed.). Routledge. ISBN 9780813349725 Materi: perkembangan filsafat Pendidikan Pustaka: Hart, J. S. (1868). In the school-room: Chapters in the philosophy of education. Eldredge & Brother. (Original work digitized by Project Gutenberg, 2010) |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Membagankan konsep eksistensialisme pada pendidikan anak usia dini |
- Menyusun bagan konsep eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
- Menyajikan bagan prinsip dasar aliran eksistensialisme dalam pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar dan penampilan menarik
- 3: isi lengkap dan benar, penampilan tidak menarik ATAU penampirlan menarik namun ada ketidakmtepatan isi
- 2: isi sebagian benar, penampilan menarik
- 1: isi tidak benar dan penampilann tidak menarik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
saintifikkolaboratif 2 X 50 |
|
Materi: Aliran progresivism konsep dasar Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: pandangan progresivism tentang realita Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana Materi: pandangan progresivism tentang pengetahuan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: hubungan manusai filsafat pendidkan Pustaka: Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan. Materi: hubungan manusai filsafat pendidkan Pustaka: Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai konsep pertemuan 1-7 |
menguasai konsep pertemuan 1-7 |
Kriteria:
Penilaian Ujian Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: konsep pertemuan 1-7 Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: Konsep pertemuan 1-7 Pustaka: Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/... Materi: Konsep pertemuan 1-7 Pustaka: Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran perenialisme Membuat analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkan hakekat aliran perenialisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran perenialisme pada pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
- 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
- 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
- 1: menyebut salah dan menjelaskan salah.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
siantifik dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Kebebaasan dalam pendidikan Pustaka: Dewey, J. (2015). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. China Intercontinental Press. (Original work published 1916) Materi: Pendidikan kaum tertindas Pustaka: Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed.; M. B. Ramos, Trans.; Introduction by D. Macedo). Bloomsbury Academic. (Original work published 1970) Materi: kesetaraan pendidikan dalan tinjauan filsafat Pustaka: Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menerapkan dasar aliran esensialisme |
- Menyusun makalah konsep dasar aliran esensialisme di pendidikan anak usia dini
- Menganalisis implikasi esensialisme pada kurikulum, metode, dan guru
|
Kriteria:
- 4: menyebut 2 bidang dan menjelaskan dengan benar.
- 3: menyebut 2 bidang, dan menjelaskan ada yang salah.
- 2: menyebut 2 bidang, menjelaskan salah semua
- 1: menyebut salah dan menjelaskan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
saintifik kolaboratif 2 X 50 |
|
Materi: aliran filsafat eksistensialisme Pustaka: Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty. Materi: aliran filsafat eksistensialisme Pustaka: Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668 Materi: aliran filsafat eksistensialisme Pustaka: Noddings, N. (2016). Philosophy of education (4th ed.). Routledge. ISBN 9780813349725 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran realisme Membuat analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkan hakekat aliran realisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran realisme pada pendidikan anak usia dini
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
saintifik diskusi 2 X 50 |
|
Materi: aliran progresivisme dalam pendidikan Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: aliran progresivisme dalam pendidikan anak usia dini Pustaka: Kizel, A. (Ed.). (2021). Philosophy with children and teacher education: Global perspectives on critical, creative, and caring thinking. Routledge. Materi: aliran progresivisme dalam pendidikan Pustaka: Johnston, J. S. (2019). Problems in philosophy of education: A systematic approach. Bloomsbury Academic. ISBN 9781350076648 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis dari jurnal tentang hakikat aliran pragmatisme Membuat analisis implikasi aliran pragmatisme pada pendidikan anak usia dini |
- Memaparkanhakikat aliran esensialisme
- Mamaparkan hasil analisis implikasi aliran hakikat aliran esensialisme pada konteks PAUD
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: hakikat aliran esensialisme dalam pendidikan Pustaka: Kizel, A. (Ed.). (2021). Philosophy with children and teacher education: Global perspectives on critical, creative, and caring thinking. Routledge. Materi: hakikat aliran esensialisme dalam pendidikan Pustaka: Hart, J. S. (1868). In the school-room: Chapters in the philosophy of education. Eldredge & Brother. (Original work digitized by Project Gutenberg, 2010) Materi: hakikat aliran esensialisme Pustaka: Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menerapkan dasar filsafat pendidikan di Indonesia |
- Menguraikan konsep hakikat aliran perenialsisme
- Menganalisis implikasi aliran perenialisme dalam konteks PAUD
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
saintifik diskusi 2 X 50 |
|
Materi: pandangan perenialisme tentang nilai Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: pandangan perenialisme tentang belajar Pustaka: Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press. Materi: pandangan perenialisme tentang kurikulum Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: Aliran perenialisme dalam pendidikan Pustaka: Noddings, N. (2016). Philosophy of education (4th ed.). Routledge. ISBN 9780813349725 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
memahami kasus-kasus paud yang terjadi disekitar |
- Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
- Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
saintifikdiskusi 2 X 50 |
|
Materi: pendidikan karakter dan moral sosial dalam tinjuan filsafat pendidikan Pustaka: Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/... Materi: pendidikan karakter dan moral sosial dalam tinjuan filsafat pendidikan Pustaka: Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668 Materi: pendidikan karakter dan moral sosial dalam tinjuan filsafat pendidikan Pustaka: Hart, J. S. (1868). In the school-room: Chapters in the philosophy of education. Eldredge & Brother. (Original work digitized by Project Gutenberg, 2010) |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis kasus-kasus dengan sudut pandang filsafat pendidikan dan merancang solusinya |
- Menjelaskan pemikiran Kihajar Dewantara dalam pendidikan
- Menganalisis komponen kunci pemikiran Kihajar Dewantara dalam kurikulum, metode
|
Kriteria:
- 4: isi lengkap dan benar, runtut/padu
- 3: isi kurang lengkap, penjelasan benar, kurang runtut/padu
- 2: isi kurang lengkap penjelasan sebagian salah, kurang runtut/padu
- 1: isi, penjelasan, keruntutan salah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
saintifik inquiri dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Kesetaraan pendidikan Pustaka: Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniversary ed.; M. B. Ramos, Trans.; Introduction by D. Macedo). Bloomsbury Academic. (Original work published 1970) Materi: Kebebaasan pendidikan Pustaka: Dewey, J. (2015). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. China Intercontinental Press. (Original work published 1916) Materi: Permasalahan pendidikan dalam tinjauan filososfi Pustaka: Johnston, J. S. (2019). Problems in philosophy of education: A systematic approach. Bloomsbury Academic. ISBN 9781350076648 Materi: Pendekatan budaya dalam pendidikan Pustaka: Suharti, S., Hapidin, H., Pujianti, Y., Suwandi, E., & Fairuzillah, M. N. (2025). Integrating Local Wisdom and Scientific Inquiry in Early Childhood Education: A Contextualized Science Learning Approach. Atfaluna Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(1). |
5% |
16
Minggu ke 16 |
kompetensi 1-15 |
menguasai konsep materi 1-15 |
Kriteria:
Ketepatan mengerjakan ujian Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
UAS tes tulis 2 X 50 |
|
Materi: Konsep filsafat pertemuan 1-15 Pustaka: Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Materi: Konsep filsafat pertemuan 1-15 Pustaka: Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana Materi: Konsep filsafat pertemuan 1-15 Pustaka: Rusijono, Rusdiana Fendi, 2021. Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka Materi: Konsep filsafat pertemuan 1-15 Pustaka: Brezinka, W. (1992). Philosophy of educational knowledge: An introduction to the foundations of science of education, philosophy of education and practical pedagogics (J. S. Brice & R. Eshelman, Trans.). Springer Science+Business Media. https://doi.org/... Materi: Konsep filsafat pertemuan 1-15 Pustaka: Heilbronn, R., & Foreman-Peck, L. (Eds.). (2015). Philosophical perspectives on teacher education. Wiley-Blackwell. ISBN 9781118977668 |
15% |