
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Cyber Learning |
8600303077 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=7.56 |
1 |
27 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
MUSTAJI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-22 |
Menguasai metodologi penelitian untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dalam rangka menciptakan, mengelola, dan menggunakan proses dan sumber belajar (P1 dan P2) |
PLO-23 |
Mempu mengekplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode penelitian dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja (P1) |
PLO-24 |
Mampu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi pada Jenjang pendidikan S1/S2/S3 dan mengeloa pendidikan dan pelatihan berlandaskan prinsip dan teori pedagogi dan andragogi (P2) |
PLO-25 |
Mampu mengelola dan mengambil kebijakan bidang teknologi pendidikan, teknologi kinerja dan pelatihan (P3) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep cyber learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis berbagai metode cyber learning untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan tertentu (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas teknologi cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi pembelajaran berbasis cyber yang inovatif untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learning terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi berbagai platform cyber learning untuk menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi pendidikan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan kerangka kerja kolaboratif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-22 | PLO-23 | PLO-24 | PLO-25 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | | PO-7 | | | | ✔ | | PO-8 | ✔ | | | | | PO-9 | ✔ | | | | | PO-10 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Cyber Learning pada jenjang S3 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahami konsep-konsep dasar cyber learning, mengembangkan keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi, serta menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang e-learning, pembelajaran jarak jauh, desain instruksional digital, manajemen pembelajaran online, evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, dan tren terkini dalam cyber learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Handbook of Research on Cyber Learning Authors: K. Kennedy, R. Ferdig Publisher: IGI Global Year: 2020
- Cyberlearning: The Future of Education Authors: H. M. Sosnovsky, A. V. Kuznetsov Publisher: Springer Year: 2018
|
Pendukung : |
|
- The Impact of Cyberlearning on Education Authors: J. Smith, M. Johnson Journal: International Journal of Educational Technology Year: 2019
- Enhancing Learning Through Cyberlearning Technologies Authors: A. Brown, S. Lee Journal: Computers & Education Year: 2021
|
Dosen Pengampu
|
ANDI MARIONO ALIM SUMARNO KHUSNUL KHOTIMAH Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. Alim Sumarno, M.Pd. Dr. Alim Sumarno, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. |
- Penerapan konsep Cyber Learning
- Inovasi dalam desain pembelajaran
- Efektivitas pendidikan
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran
aktif melalui
diskusi dan
studi kasus 3 x 50 |
|
Materi: Pengertian Cyber Learning Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapka mamou menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pemblajaran inovatif untuk meningktakn efektivitas pendidikan |
Menerapkan konsep dalam desain pembelajaran |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat Cyber Learning Pustaka: |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai metode cyber learning dan memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks pendidikan yang diberikan |
Analisis cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Taksonomi bloom dalam pendidikan Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharpkan mampu mengevaluasi efektivitas cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis |
Identifikasi keleibhan dan kekurangan cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Kriteria evaluasi cyber learning Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mamou mengevaluasi efektivitas teknology cuber learning dengan mempertimbangkan aspek pedagogis dan teknis secara komprehensif |
Analisis Kriteria pedagogis |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan studi kasus 3 x 50 |
|
Materi: kriteria pedagogis dalam cyber learning Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi pembelajran berbasis cyber yang inovatif untuk mengtasi masalah pendidikan yang kompleks |
Inovatif dalam slusi pembelajaran cyber |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: pengembangan solusi pembelajaran berbasis cyber Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran |
Penggunaan metode analisis data yang tepat |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajran berbasis proyek 3 x 50 |
|
Materi: Metode analisis data Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 3 x 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharpkan mampu menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learnign terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan taksonomi bloom pada level menganalisa |
Analisis dampak cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, analisis literatur 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat penggunan teknologi dalam cyber learning Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
M a h a sis w a dih a r a p k a n m a m p u m e n gid e n tifik a si kebutuhan organis a si pendidikan dalam memilih platform cyber learning, serta mampu mengevaluasi berbagai platform yang ada untuk menentukan yang paling sesuai. |
Mengidentifikasi kebutuhan organisasi pendidikan |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, STudi Kasus, Presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Pengenalan platform cyber learning Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharpkan mampu menciptakan kerangka kerja kolabortif menggunakan teknologi cyber learning unruk mendukung pembelajaran berkelanjutan |
merancnag kerangka kerja kolaboratif |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: KOnsep kolaborasi dalam pembelajaran cyber Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan kerangka kerja kolaboratif yang efektif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan |
Merancnag kerangka kerja kolaboratif |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajarn aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi 3 x 50 |
|
Materi: Penerapan cyber learning Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik |
strategi cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat Cyber Learning Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan |
Analisis tren terkini dalam cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning, serta mampu mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan dengan baik. |
Evluasi integrasi cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Tren terkini dalam cyber learning Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 3 x 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |