Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Cyber Learning

8600303077

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=7.56

1

27 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




MUSTAJI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-22

Menguasai metodologi penelitian untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dalam rangka menciptakan, mengelola, dan menggunakan proses dan sumber belajar (P1 dan P2)

PLO-23

Mempu mengekplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode penelitian dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja (P1)

PLO-24

Mampu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi pada Jenjang pendidikan S1/S2/S3 dan mengeloa pendidikan dan pelatihan berlandaskan prinsip dan teori pedagogi dan andragogi (P2)

PLO-25

Mampu mengelola dan mengambil kebijakan bidang teknologi pendidikan, teknologi kinerja dan pelatihan (P3)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep cyber learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan (C3)

PO - 2

Menganalisis berbagai metode cyber learning untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan tertentu (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknologi cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis (C5)

PO - 4

Menciptakan solusi pembelajaran berbasis cyber yang inovatif untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learning terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa (C4)

PO - 7

Mengevaluasi berbagai platform cyber learning untuk menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi pendidikan (C5)

PO - 8

Menciptakan kerangka kerja kolaboratif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan (C6)

PO - 9

Menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-22PLO-23PLO-24PLO-25
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Cyber Learning pada jenjang S3 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahami konsep-konsep dasar cyber learning, mengembangkan keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi, serta menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang e-learning, pembelajaran jarak jauh, desain instruksional digital, manajemen pembelajaran online, evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, dan tren terkini dalam cyber learning.

Pustaka

Utama :

  1. Handbook of Research on Cyber Learning Authors: K. Kennedy, R. Ferdig Publisher: IGI Global Year: 2020
  2. Cyberlearning: The Future of Education Authors: H. M. Sosnovsky, A. V. Kuznetsov Publisher: Springer Year: 2018

Pendukung :

  1. The Impact of Cyberlearning on Education Authors: J. Smith, M. Johnson Journal: International Journal of Educational Technology Year: 2019
  2. Enhancing Learning Through Cyberlearning Technologies Authors: A. Brown, S. Lee Journal: Computers & Education Year: 2021

Dosen Pengampu

ANDI MARIONO

ALIM SUMARNO

KHUSNUL KHOTIMAH

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Dr. Alim Sumarno, M.Pd.

Dr. Alim Sumarno, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan.

  1. Penerapan konsep Cyber Learning
  2. Inovasi dalam desain pembelajaran
  3. Efektivitas pendidikan
Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran
aktif melalui
diskusi dan
studi kasus
3 x 50

Materi: Pengertian Cyber Learning
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapka mamou menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pemblajaran inovatif untuk meningktakn efektivitas pendidikan

Menerapkan konsep dalam desain pembelajaran

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Pembelajaran kolaboratif
3 x 50

Materi: Manfaat Cyber Learning
Pustaka:
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai metode cyber learning dan memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks pendidikan yang diberikan

Analisis cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi
3 x 50

Materi: Taksonomi bloom dalam pendidikan
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharpkan mampu mengevaluasi efektivitas cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis

Identifikasi keleibhan dan kekurangan cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, studi kasus, presentasi
3 x 50

Materi: Kriteria evaluasi cyber learning
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mamou mengevaluasi efektivitas teknology cuber learning dengan mempertimbangkan aspek pedagogis dan teknis secara komprehensif

Analisis Kriteria pedagogis

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus
3 x 50

Materi: kriteria pedagogis dalam cyber learning
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi pembelajran berbasis cyber yang inovatif untuk mengtasi masalah pendidikan yang kompleks

Inovatif dalam slusi pembelajaran cyber

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran kolaboratif
3 x 50

Materi: pengembangan solusi pembelajaran berbasis cyber
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Penggunaan metode analisis data yang tepat

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajran berbasis proyek
3 x 50

Materi: Metode analisis data
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UTS
3 x 50

Materi: UTS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharpkan mampu menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learnign terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan taksonomi bloom pada level menganalisa

Analisis dampak cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, studi kasus, analisis literatur
3 x 50

Materi: Manfaat penggunan teknologi dalam cyber learning
Pustaka:
4%

10

Minggu ke 10

M a h a sis w a dih a r a p k a n m a m p u m e n gid e n tifik a si kebutuhan organis a si pendidikan dalam memilih platform cyber learning, serta mampu mengevaluasi berbagai platform yang ada untuk menentukan yang paling sesuai.

Mengidentifikasi kebutuhan organisasi pendidikan

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi, STudi Kasus, Presentasi
3 x 50

Materi: Pengenalan platform cyber learning
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharpkan mampu menciptakan kerangka kerja kolabortif menggunakan teknologi cyber learning unruk mendukung pembelajaran berkelanjutan

merancnag kerangka kerja kolaboratif

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran kolaboratif
3 x 50

Materi: KOnsep kolaborasi dalam pembelajaran cyber
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan kerangka kerja kolaboratif yang efektif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan

Merancnag kerangka kerja kolaboratif

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajarn aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi
3 x 50

Materi: Penerapan cyber learning
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik

strategi cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi
3 x 50

Materi: Manfaat Cyber Learning
Pustaka:
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan

Analisis tren terkini dalam cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, studi kasus, presentasi
3 x 50

Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning, serta mampu mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan dengan baik.

Evluasi integrasi cyber learning

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi
3 x 50

Materi: Tren terkini dalam cyber learning
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
3 x 50

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 77.5%
3. Penilaian Portofolio 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.