
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
8620320239 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
1 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Fajar Arianto, M.Pd
|
Dr Fajar Arianto, M.Pd
|
UTARI DEWI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu menerapkan kaidah ilmiah untuk menghasilkan desain, media, teknologi, serta evaluasi pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
PLO-8 |
Mampu menerapkan metode ilmiah dan berpikir reflektif untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan bidang teknologi pendidikan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan konsep dan karakteristik teori pembelajaran, perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
PO - 2 |
Mampu mengimplementasikan neuroscience dalam pembelajaran
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
PO - 5 |
Mampu menerapkan teori pemrosesan informasi pada kegiatan pembelajaran
|
PO - 6 |
Mampu menerapkan teori konstruktivis dalam pembelajaran
|
PO - 7 |
Mampu menerapkan teori proses belajar kognitif dalam pembelajaran
|
PO - 8 |
Mampu menerapkan teori pengelolaan diri dalam kegiatan pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
mengkaji beberapa teori belajar dalam hubungannya dengan teori pembelajaran dan implikasinya terhadap cara-cara belajar yang efektif dan efisien |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson
- Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education
- Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth
- Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
- Haskell, Robert E. 2000. Transfer of Learning: Cognition, Instruction,and Reasoning.USA: Academic Press
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
FAJAR ARIANTO IRENA YOLANITA MAUREEN CITRA FITRI KHOLIDYA RIZKI FITRI RAHIMA UULAA Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc., Ph.D. Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. Dr. Citra Fitri Kholidya, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
- Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
- ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran 100 menit |
|
Materi: teori belajar Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: Teori pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran
|
- Ketepatan dalam mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
- Ketepatan dalam membedakan teori belajar dengan teori pembelajaran
- ketepatan menentukan teori pembelajaran sebagai dasar dalam mendesain pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
mahasiswa mendiskripsikan konsep, prinsip dan karakteristik teori pembelajaran
Mahasiswa mengadakan diskusi kelompok untuk menganalisis perbedaan teori belajar dengan teori pembelajaran 100 menit |
|
Materi: teori belajar Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: Teori pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
- Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
- Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas 100 menit |
|
Materi: neuroscience dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
- Ketapatan dalam mengkaji tentang penggunaan neurophysiologi belajar
- Ketepatan dalam mengkaji tentang sistem pemrosesan informasi dalam belajar
- Ketapatan dalam mengkaji tentang perkembangan otak dan hubungannya dengan belajar
- Ketepatan dalam mengkaji hubungan antara motivasi dan emosi dalam belajar
- Ketepatan dalam menganalisis penerapan neuroscience dalam pembelajaran
|
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang neuroscience dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang neuroscience dalam pembelajaran
Menyimpulkan hasil diskusi kelas 100 menit |
|
Materi: neuroscience dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
- Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
- Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
- Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
- Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran 100 menit |
|
Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mengkaji hubungan teori thorndike dalam pendidikan
- Mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Mengkaji tentang konsep dasar operant conditioning
- Mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
- Ketepatan dalam menerapkan behavioris dalam belajar dan pembelajaran
- Ketepatan dalam mengkaji tentang proses dasar dari classical conditioning
- Ketepatan dalam mengkaji tujuan pembelajaran dalam behavioris
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori behavioris dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori behavioris dalam pembelajaran 100 menit |
|
Materi: behavioris dalam belajar dan pembelajaran Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
- Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
|
Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: kognitif Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates |
0% |
8
Minggu ke 8 |
- Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
- Ketepatan dalam Menganalisis pengaruh timbal balik antara faktor perilaku, lingkungan dan individu sebagai kognitif
- Ketepatan dalam Mengkaji tentang enaktif dan vicarious dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji pengaturan diri dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji fungsi pemodelan dalam belajar
- Ketepatan dalam mengkaji self efficacy dalam belajar
- Mengkaji penerapan tutoring dan mentoring dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori sosial kognitif dalam pembelajaran
|
|
Materi: teori kognitif, pemodelanm self efficacy Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: kognitif Pustaka: Dai, David Yun dan Robert J. Sternberg. 2004. Motivation, emotion, and cognition : integrative perspectives on intellectual development and functioning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- mengkaji model two store memory dalam belajar
- mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
- Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
- Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran
|
|
Materi: pemrosesan informasi Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- mengkaji model two store memory dalam belajar
- mengkaji penerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
- Ketepatan dalam menganalisis landasan pemrosesn informasi dalam belajar
- ketepatan dalam mengkaji model two store memory dalam belajar
- Ketepatan dalam menerapan pemrosesan informasi dalam belajar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mahasiswa mempresentasikan kajiannya terkait pemerosesan informasi dalam pembelajran 100 |
|
Materi: pemrosesan informasi Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth |
0% |
11
Minggu ke 11 |
- Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
- Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis
|
Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
20% |
12
Minggu ke 12 |
- Mengkaji tentang kontribusi konstuktifis dan penerapan dalam pembelajaran
- Mengkaji tentang penerapan discovery learning dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan inquiry teaching dalam konstruktivis
- Mengkaji tentang penerapan reflective teaching dalam konstruktivis
|
Ketepatan dalam mentuntukan pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivis |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang teori konstrruktivis dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson Materi: pembelajaran konstruktivis Pustaka: Slavin, Robert E. 2016. Educational Psychology: theory and practice. USA: Pearson Education |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
- Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
- Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
|
- Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
- Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: kognitif Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth Materi: pembelajaran kognitf Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
20% |
14
Minggu ke 14 |
- Mengkaji tentang keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran
- Mengkaji hubungan antara metakognisi dan belajar
- Mengkaji pembelajaran berbasis kognitif
|
- Ketepatan dalam pembedakan keterampilan umum dan khusus dalam pembelajaran pada perspektif kognitif
- Ketepatan dalam mengidentifikasi metakognitif dalam pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori proses belajar kogniti dalam pembelajaran
Mahasiswa bertanya jawab dan mendiskusikan tentang proses kogniti teori belajar dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: kognitif Pustaka: Sternberg, R obert J. and Karin Sternberg. 2012. Cognitive Psychology. Ed. Ke-6. USA: Wadsworth Materi: pembelajaran kognitf Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
0% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
- Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
- menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
- Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran
|
Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
30% |
16
Minggu ke 16 |
- Mengkaji tentang memonitor diri yang berhubungan dengan pengelolaan diri
- Mengkaji proses kognitif sosial dalam hubungannya dengan pengelolaan diri
- menganalisis hubungan kemauan dengan motivasi dan pengaturan diri
- Mengkaji penerapan pengelolaan diri dalam pembelajaran
|
Ketepatan dalam menentukan motode pembelajaran yang berhubungan dalam pengaturan diri |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa dalam kelompok mempresentasikan kajiannya tentang teori pengelolaan diri dalam pembelajaran 100 |
|
Materi: pengaturan diri dalam pembelajaran Pustaka: Schunk, Dale H. 2012. Learning theories : an educational perspectiv. Ed. Ke-6. USA: Pearson |
0% |