Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Kinerja

7310105016

T=5

P=0

ECTS=11.2

2

4 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog




.......................................




Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar manajemen kinerja

PO - 2

Menganalisis Model Manajemen Kinerja

PO - 3

Menganalisis proses manajemen kinerja

PO - 4

Menjelaskan peran manajerial dalam manajemen kinerja

PO - 5

Merencanakan dan mengukur kinerja secara efektif

PO - 6

Melakukan penilaian kinerja secara objektif

PO - 7

Menerapkan umpan balik dan coaching dalam manajemen kinerja

PO - 8

Melakukan evaluasi kinerja secara efektif

PO - 9

Menganalisis isu dan tantangan dalam manajemen kinerja

PO - 10

Menerapkan manajemen kinerja berbasis teknologi

PO - 11

Mengidentifikasi tren masa depan dalam manajemen kinerja

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5  
PO-6   
PO-7 
PO-8   
PO-9 
PO-10 
PO-11 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik dalam mengelola kinerja individu, tim, dan organisasi. Mahasiswa akan mempelajari strategi perencanaan, pemantauan, evaluasi, dan peningkatan kinerja berbasis data serta pendekatan manajerial yang efektif. Fokus utama mencakup proses manajemen kinerja, perencanaan, pengukuran, penilaian kinerja, dan umpan balik. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya peran teknologi dalam manajemen kinerja modern serta isu dan tantangan masa depan pada konteks manajemen kinerja.

Pustaka

Utama :

  1. Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.
  2. Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson.
  3. Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.
  4. Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran dan Implementasi di Lembaga Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya.
  5. Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.
  6. Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.
  7. Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.
  8. Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
  9. Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc.
  10. DelPo, A. (2007). The Performance Appraisal Handbook: Legal & Practical Rules for Managers. NOLO.
  11. Dyckhoff, H., & Souren, R. (2020). Performance Evaluation: Foundations and Challenges. Springer.
  12. Moseley, J.L., & Dessinger, J.C. (2010). Handbook of Improving Performance in the Workplace, Volume Three: Measurement and Evaluation. Wiley.
  13. Turban, E., et al. (2021). Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. Wiley.

Pendukung :

  1. Adnyana, I, P, A. (2021). Konsep Manajemen Kinerja berbasis digitalisasi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dimasa pandemi covid-19 di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) se-Kabupaten Buleleng. ARTHA SATYA DHARMA, 13(2), 56-60. https://doi.org/10.55822/asd.v13i2.39
  2. Hotimah, H., et al. (2023). Manajemen Kinerja Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 01–15. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.333
  3. Wirdhawan, R. A., & Wibisono, D. (2024). Performance Management System: Literature Review and an Agenda for Future Research. Jurnal Manajemen Indonesia, 24(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.25124/jmi.v24i1.4832
  4. Nair, A. G., & Dev, N. (2023). Emerging Trends in Performance Management. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 12(7(3), 1-7. http://ijmer.in.doi./2023/12.07.41
  5. Pugna, I. N., et al. (2018). Performance management in the data-driven organisation. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, Sciendo, 12(1), 816-828. http://dx.doi.org/10.2478/picbe-2018-0073
  6. Alianto, H., & Wijaya, S. F. (2014). Peranan Sistem Erp dan Perubahan Pola Kerja sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. ComTech, 5(1), 280-289. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i1.2622
  7. HR Research Institue. (2023). The Future of Performance Management 2023. Report. 1-60
  8. Subhadarshini, S., et al. (2024). The Future of Performance Management: Leveraging Ai for Better Feedback and Coaching. Journal of Informatics Education and Research, 4(2), 39-45. http://dx.doi.org/10.52783/jier.v4i2.649
  9. PwC. (2015). The changing performance management paradigm: evolution or revolution? Is there a future for performance management? Report. 1-27
  10. Verma, M., & Mushra, S. (2024). The Future of Performance Management: Shifting from Annual Reviews to Continuous Feedback. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 12(9), 216-229. https://doi.org/10.22214/ijraset.2024.64153
  11. Miragliotta, G., et al. (2018). Data driven management in Industry 4.0: A method to measure Data Productivity. IFAC PapersOnLine 51-11, 19-24. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2018.08.228

Dosen Pengampu

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup manajemen kinerja

Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup manajemen kinerja

Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Learning
Penugasan
5 x 50

Materi: Manajemen kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Manajemen kinerja
Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, serta faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kinerja, serta mengidentifikasi teori yang relevan

  1. Kemampuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kinerja.
  2. Pemahaman teori-teori yang mendasari manajemen kinerja.
  3. Akurasi dalam menjelaskan konsep dasar manajemen kinerja.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran dan Implementasi di Lembaga Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor)
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai model manajemen kinerja yang digunakan dalam organisasi.

  1. Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan prinsip dari berbagai model manajemen kinerja.
  2. Mahasiswa mampu memilih model manajemen kinerja yang sesuai dengan karakteristik organisasi tertentu
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50

Materi: Model manejemen kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Model manejemen kinerja
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Model manejemen kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Model manejemen kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis proses manajemen kinerja

  1. Kemampuan dalam menjelaskan setiap tahap proses manajemen kinerja.
  2. Kejelasan dalam menghubungkan tahapan dengan tujuan organisasi.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50

Materi: Proses Manajemen Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Proses Manajemen Kinerja
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Proses Manajemen Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Proses Manajemen Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran manajer dalam mengelola dan meningkatkan kinerja.

  1. Kemampuan menjelaskan peran manajer dalam konteks manajemen kinerja
  2. Relevansi contoh dalam menggambarkan peran manajerial
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50

Materi: Peran Manajerial dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Peran Manajerial dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun rencana dan indikator untuk mengukur kinerja

Kualitas rencana pengukuran kinerja yang disusun.

Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc.
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun rencana dan indikator untuk mengukur kinerja

Kualitas rencana pengukuran kinerja yang disusun.

Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi & Diskusi Kelompok
Case Study
5 x 50

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.

Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja
Pustaka: Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc.
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

Ujian
5 x 50
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menerapkan teknik penilaian kinerja berbasis data dan objektif.

Kemampuan dalam menggunakan berbagai teknik penilaian kinerja

Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50
Materi: Penilaian Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Penilaian Kinerja
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Penilaian Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Penilaian Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan melakukan coaching untuk peningkatan kinerja.

  1. Kemampuan memberikan umpan balik yang jelas dan membangun.
  2. Keterampilan dalam memberikan coaching yang mendukung perkembangan individu.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study & Diskusi Kelompok
5 x 50
Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan melakukan coaching untuk peningkatan kinerja.

  1. Kemampuan memberikan umpan balik yang jelas dan membangun.
  2. Keterampilan dalam memberikan coaching yang mendukung perkembangan individu.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Case Study & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50
Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi kinerja berbasis tujuan dan data yang akurat

  1. Keakuratan dalam mengidentifikasi hasil evaluasi kinerja.
  2. Kemampuan dalam memberikan rekomendasi berdasarkan evaluasi.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50
Materi: Evaluasi Kinerja
Pustaka: Dyckhoff, H., & Souren, R. (2020). Performance Evaluation: Foundations and Challenges. Springer.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu serta tantangan dalam manajemen kinerja

  1. Kemampuan mengidentifikasi isu yang relevan dalam manajemen kinerja.
  2. Keterampilan dalam merumuskan solusi untuk mengatasi tantangan yang ada.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan
5 x 50
Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson.

Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.

Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.

Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Moseley, J.L., & Dessinger, J.C. (2010). Handbook of Improving Performance in the Workplace, Volume Three: Measurement and Evaluation. Wiley.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menggunakan teknologi yang mendukung manajemen kinerja

Kemampuan dalam memilih dan menggunakan perangkat teknologi untuk manajemen kinerja

Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi & Diskusi Kelompok
Case Study
5 x 50
Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.

Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.

Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Turban, E., et al. (2021). Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. Wiley.

Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Adnyana, I, P, A. (2021). Konsep Manajemen Kinerja berbasis digitalisasi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dimasa pandemi covid-19 di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) se-Kabupaten Buleleng. ARTHA SATYA DHARMA, 13(2), 56-60. https://doi.org/...

Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi
Pustaka: Hotimah, H., et al. (2023). Manajemen Kinerja Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 01–15. https://doi.org/...
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren dan perubahan dalam manajemen kinerja yang relevan di masa depan

  1. Kemampuan meramalkan tren berdasarkan analisis pasar dan teknologi.
  2. Kreativitas dalam merancang pendekatan manajemen kinerja untuk menghadapi tren masa depan.
Kriteria:

Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Penugasan
5 x 50
Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Wirdhawan, R. A., & Wibisono, D. (2024). Performance Management System: Literature Review and an Agenda for Future Research. Jurnal Manajemen Indonesia, 24(1), 1-7. http://dx.doi.org/...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Nair, A. G., & Dev, N. (2023). Emerging Trends in Performance Management. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 12(7(3), 1-7. http://ijmer.in.doi./...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Pugna, I. N., et al. (2018). Performance management in the data-driven organisation. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, Sciendo, 12(1), 816-828. http://dx.doi.org/...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Alianto, H., & Wijaya, S. F. (2014). Peranan Sistem Erp dan Perubahan Pola Kerja sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. ComTech, 5(1), 280-289. https://doi.org/...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: HR Research Institue. (2023). The Future of Performance Management 2023. Report. 1-60

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Subhadarshini, S., et al. (2024). The Future of Performance Management: Leveraging Ai for Better Feedback and Coaching. Journal of Informatics Education and Research, 4(2), 39-45. http://dx.doi.org/...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: PwC. (2015). The changing performance management paradigm: evolution or revolution? Is there a future for performance management? Report. 1-27

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Verma, M., & Mushra, S. (2024). The Future of Performance Management: Shifting from Annual Reviews to Continuous Feedback. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 12(9), 216-229. https://doi.org/...

Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja
Pustaka: Miragliotta, G., et al. (2018). Data driven management in Industry 4.0: A method to measure Data Productivity. IFAC PapersOnLine 51-11, 19-24. https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

UAS
5 x 50
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.