
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Kinerja |
7310105016 |
|
T=5 |
P=0 |
ECTS=11.2 |
2 |
4 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar manajemen kinerja
|
PO - 2 |
Menganalisis Model Manajemen Kinerja
|
PO - 3 |
Menganalisis proses manajemen kinerja
|
PO - 4 |
Menjelaskan peran manajerial dalam manajemen kinerja
|
PO - 5 |
Merencanakan dan mengukur kinerja secara efektif
|
PO - 6 |
Melakukan penilaian kinerja secara objektif
|
PO - 7 |
Menerapkan umpan balik dan coaching dalam manajemen kinerja
|
PO - 8 |
Melakukan evaluasi kinerja secara efektif
|
PO - 9 |
Menganalisis isu dan tantangan dalam manajemen kinerja
|
PO - 10 |
Menerapkan manajemen kinerja berbasis teknologi
|
PO - 11 |
Mengidentifikasi tren masa depan dalam manajemen kinerja
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | | PO-7 | ✔ | ✔ | | PO-8 | | | | PO-9 | | ✔ | ✔ | PO-10 | ✔ | | ✔ | PO-11 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik dalam mengelola kinerja individu, tim, dan organisasi. Mahasiswa akan mempelajari strategi perencanaan, pemantauan, evaluasi, dan peningkatan kinerja berbasis data serta pendekatan manajerial yang efektif. Fokus utama mencakup proses manajemen kinerja, perencanaan, pengukuran, penilaian kinerja, dan umpan balik. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya peran teknologi dalam manajemen kinerja modern serta isu dan tantangan masa depan pada konteks manajemen kinerja. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page.
- Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson.
- Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press.
- Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran dan Implementasi di Lembaga Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya.
- Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc.
- Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press.
- Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia.
- Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing.
- Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc.
- DelPo, A. (2007). The Performance Appraisal Handbook: Legal & Practical Rules for Managers. NOLO.
- Dyckhoff, H., & Souren, R. (2020). Performance Evaluation: Foundations and Challenges. Springer.
- Moseley, J.L., & Dessinger, J.C. (2010). Handbook of Improving Performance in the Workplace, Volume Three: Measurement and Evaluation. Wiley.
- Turban, E., et al. (2021). Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. Wiley.
|
Pendukung : |
|
- Adnyana, I, P, A. (2021). Konsep Manajemen Kinerja berbasis digitalisasi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dimasa pandemi covid-19 di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) se-Kabupaten Buleleng. ARTHA SATYA DHARMA, 13(2), 56-60. https://doi.org/10.55822/asd.v13i2.39
- Hotimah, H., et al. (2023). Manajemen Kinerja Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 01–15. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.333
- Wirdhawan, R. A., & Wibisono, D. (2024). Performance Management System: Literature Review and an Agenda for Future Research. Jurnal Manajemen Indonesia, 24(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.25124/jmi.v24i1.4832
- Nair, A. G., & Dev, N. (2023). Emerging Trends in Performance Management. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 12(7(3), 1-7. http://ijmer.in.doi./2023/12.07.41
- Pugna, I. N., et al. (2018). Performance management in the data-driven organisation. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, Sciendo, 12(1), 816-828. http://dx.doi.org/10.2478/picbe-2018-0073
- Alianto, H., & Wijaya, S. F. (2014). Peranan Sistem Erp dan Perubahan Pola Kerja sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. ComTech, 5(1), 280-289. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i1.2622
- HR Research Institue. (2023). The Future of Performance Management 2023. Report. 1-60
- Subhadarshini, S., et al. (2024). The Future of Performance Management: Leveraging Ai for Better Feedback and Coaching. Journal of Informatics Education and Research, 4(2), 39-45. http://dx.doi.org/10.52783/jier.v4i2.649
- PwC. (2015). The changing performance management paradigm: evolution or revolution? Is there a future for performance management? Report. 1-27
- Verma, M., & Mushra, S. (2024). The Future of Performance Management: Shifting from Annual Reviews to Continuous Feedback. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 12(9), 216-229. https://doi.org/10.22214/ijraset.2024.64153
- Miragliotta, G., et al. (2018). Data driven management in Industry 4.0: A method to measure Data Productivity. IFAC PapersOnLine 51-11, 19-24. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2018.08.228
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup manajemen kinerja |
Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup manajemen kinerja |
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Learning
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Manajemen kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Manajemen kinerja Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, serta faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kinerja, serta mengidentifikasi teori yang relevan |
- Kemampuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kinerja.
- Pemahaman teori-teori yang mendasari manajemen kinerja.
- Akurasi dalam menjelaskan konsep dasar manajemen kinerja.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran dan Implementasi di Lembaga Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Konsep dasar manajemen kinerja (definisi, tujuan, prinsip, manfaat, ruang lingkup, teori, faktor) Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai model manajemen kinerja yang digunakan dalam organisasi. |
- Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan prinsip dari berbagai model manajemen kinerja.
- Mahasiswa mampu memilih model manajemen kinerja yang sesuai dengan karakteristik organisasi tertentu
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Model manejemen kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Model manejemen kinerja Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Model manejemen kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Model manejemen kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis proses manajemen kinerja |
- Kemampuan dalam menjelaskan setiap tahap proses manajemen kinerja.
- Kejelasan dalam menghubungkan tahapan dengan tujuan organisasi.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Proses Manajemen Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Proses Manajemen Kinerja Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Proses Manajemen Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Proses Manajemen Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran manajer dalam mengelola dan meningkatkan kinerja. |
- Kemampuan menjelaskan peran manajer dalam konteks manajemen kinerja
- Relevansi contoh dalam menggambarkan peran manajerial
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Peran Manajerial dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Peran Manajerial dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun rencana dan indikator untuk mengukur kinerja |
Kualitas rencana pengukuran kinerja yang disusun. |
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
|
Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun rencana dan indikator untuk mengukur kinerja |
Kualitas rencana pengukuran kinerja yang disusun. |
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi & Diskusi Kelompok
Case Study 5 x 50 |
|
Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. Materi: Perencanaan & Pengukuran Kinerja Pustaka: Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators (KPI): Developing, Implementing, and Using Winning KPIs. John Wiley & Sons, Inc. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Ujian 5 x 50 |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik penilaian kinerja berbasis data dan objektif. |
Kemampuan dalam menggunakan berbagai teknik penilaian kinerja |
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
Materi: Penilaian Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Penilaian Kinerja Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Penilaian Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Penilaian Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan melakukan coaching untuk peningkatan kinerja. |
- Kemampuan memberikan umpan balik yang jelas dan membangun.
- Keterampilan dalam memberikan coaching yang mendukung perkembangan individu.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Case Study & Diskusi Kelompok 5 x 50 |
Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan melakukan coaching untuk peningkatan kinerja. |
- Kemampuan memberikan umpan balik yang jelas dan membangun.
- Keterampilan dalam memberikan coaching yang mendukung perkembangan individu.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Case Study & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Rumawas, W. (2021). Manajemen Kinerja. Unsrat Press. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Umpan Balik dan Coaching Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan evaluasi kinerja berbasis tujuan dan data yang akurat |
- Keakuratan dalam mengidentifikasi hasil evaluasi kinerja.
- Kemampuan dalam memberikan rekomendasi berdasarkan evaluasi.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
Materi: Evaluasi Kinerja Pustaka: Dyckhoff, H., & Souren, R. (2020). Performance Evaluation: Foundations and Challenges. Springer. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis isu serta tantangan dalam manajemen kinerja |
- Kemampuan mengidentifikasi isu yang relevan dalam manajemen kinerja.
- Keterampilan dalam merumuskan solusi untuk mengatasi tantangan yang ada.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi & Diskusi Kelompok
Penugasan 5 x 50 |
Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Aguinis, H. (2014). Performance Management, Third Edition. Pearson. Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja (Performance Management). STAIN Jember Press. Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Barth, A.L., & Beer, W.D. (2018). Performance Management Success: A Best Practices and Implementation Guide for Leaders and Managers of All Organizations. Springer International Publishing. Materi: Isu dan Tantangan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Moseley, J.L., & Dessinger, J.C. (2010). Handbook of Improving Performance in the Workplace, Volume Three: Measurement and Evaluation. Wiley. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menggunakan teknologi yang mendukung manajemen kinerja |
Kemampuan dalam memilih dan menggunakan perangkat teknologi untuk manajemen kinerja |
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi & Diskusi Kelompok
Case Study 5 x 50 |
Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Armstrong, M. (2009). Armstrong's Handbook of Performance Management: An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance, Fourth Edition. Kogan Page. Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Cokins, G. (2004). Performance Management: Finding the Missing Pieces (to Close the Intelligence Gap). John Wiley & Sons, Inc. Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Fahlevi, R., et al. (2023). Manajemen Kinerja. Get Press Indonesia. Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Turban, E., et al. (2021). Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. Wiley. Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Adnyana, I, P, A. (2021). Konsep Manajemen Kinerja berbasis digitalisasi dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan dimasa pandemi covid-19 di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) se-Kabupaten Buleleng. ARTHA SATYA DHARMA, 13(2), 56-60. https://doi.org/... Materi: Manajemen Kinerja Berbasis Teknologi Pustaka: Hotimah, H., et al. (2023). Manajemen Kinerja Digital. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(6), 01–15. https://doi.org/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren dan perubahan dalam manajemen kinerja yang relevan di masa depan |
- Kemampuan meramalkan tren berdasarkan analisis pasar dan teknologi.
- Kreativitas dalam merancang pendekatan manajemen kinerja untuk menghadapi tren masa depan.
|
Kriteria:
Rubrik: Skor 4 jika dilakukan dengan sangat baikSkor 3 jika dilakukan dengan baikSkor 2 jika dilakukan dengan cukupSkor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan 5 x 50 |
Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Wirdhawan, R. A., & Wibisono, D. (2024). Performance Management System: Literature Review and an Agenda for Future Research. Jurnal Manajemen Indonesia, 24(1), 1-7. http://dx.doi.org/... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Nair, A. G., & Dev, N. (2023). Emerging Trends in Performance Management. International Journal of Multidisciplinary Educational Research, 12(7(3), 1-7. http://ijmer.in.doi./... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Pugna, I. N., et al. (2018). Performance management in the data-driven organisation. Proceedings of the International Conference on Business Excellence, Sciendo, 12(1), 816-828. http://dx.doi.org/... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Alianto, H., & Wijaya, S. F. (2014). Peranan Sistem Erp dan Perubahan Pola Kerja sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. ComTech, 5(1), 280-289. https://doi.org/... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: HR Research Institue. (2023). The Future of Performance Management 2023. Report. 1-60 Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Subhadarshini, S., et al. (2024). The Future of Performance Management: Leveraging Ai for Better Feedback and Coaching. Journal of Informatics Education and Research, 4(2), 39-45. http://dx.doi.org/... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: PwC. (2015). The changing performance management paradigm: evolution or revolution? Is there a future for performance management? Report. 1-27 Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Verma, M., & Mushra, S. (2024). The Future of Performance Management: Shifting from Annual Reviews to Continuous Feedback. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 12(9), 216-229. https://doi.org/... Materi: Tren Masa Depan dalam Manajemen Kinerja Pustaka: Miragliotta, G., et al. (2018). Data driven management in Industry 4.0: A method to measure Data Productivity. IFAC PapersOnLine 51-11, 19-24. https://doi.org/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
|
UAS 5 x 50 |
|
30% |