
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI |
8500102014 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
26 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
|
PO - 2 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani
|
PO - 4 |
Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris secara kritis dan sistematis.
|
PO - 5 |
Menghasilkan karya ilmiah atau publikasi yang inovatif dan bereputasi dalam bidang desain dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-10 | PO-1 | | | | ✔ | | | PO-2 | | | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas secara mendalam teori, pendekatan, dan praktik dalam merancang serta mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif, inovatif, dan kontekstual. Mahasiswa akan mengkaji berbagai model desain instruksional, strategi pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik, serta evaluasi formatif dan sumatif dalam konteks pendidikan jasmani.
Fokus utama mata kuliah ini adalah pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis riset, mengevaluasi implementasi kurikulum secara kritis, dan mengembangkan instrumen evaluasi yang valid dan reliabel. Mahasiswa juga didorong untuk mengintegrasikan teknologi, pendekatan inklusif, dan nilai-nilai pedagogis dalam penyusunan desain pembelajaran.
Melalui kajian teori dan praktik berbasis evidence-based research, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan inovasi dan kontribusi ilmiah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan jasmani di berbagai jenjang pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.
- Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
- Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.
- Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).
- Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.
- Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.
|
Pendukung : |
|
- Journal of Teaching in Physical Education
- Physical Education and Sport Pedagogy
- Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
- Asian Journal of Physical Education & Sport Science
- Peraturan dan Panduan Kurikulum Nasional (Kemendikbudristek)
|
Dosen Pengampu
|
SUROTO DWI CAHYO KARTIKO Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D. Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional. |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education Materi: Evaluasi Pembelajaran Pustaka: Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani |
Keaktifan mahasiswa |
Kriteria:
frekuensi tanya jawab dalam diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning. Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE). Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications. Materi: Evaluasi pembelajaran Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education Materi: Evaluasi Pembelajaran Pustaka: Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris secara kritis dan sistematis |
|
Kriteria:
Mampu mengevaluasi pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 menit |
|
Materi: aktivasi pembelajaran Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education. Materi: aktivasi pembelajaran Pustaka: Asian Journal of Physical Education & Sport Science |
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 100 menit |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |