Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DESAIN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

8500102014

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-6

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

PO - 2

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani

PO - 4

Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris secara kritis dan sistematis.

PO - 5

Menghasilkan karya ilmiah atau publikasi yang inovatif dan bereputasi dalam bidang desain dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-10
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas secara mendalam teori, pendekatan, dan praktik dalam merancang serta mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif, inovatif, dan kontekstual. Mahasiswa akan mengkaji berbagai model desain instruksional, strategi pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik, serta evaluasi formatif dan sumatif dalam konteks pendidikan jasmani. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis riset, mengevaluasi implementasi kurikulum secara kritis, dan mengembangkan instrumen evaluasi yang valid dan reliabel. Mahasiswa juga didorong untuk mengintegrasikan teknologi, pendekatan inklusif, dan nilai-nilai pedagogis dalam penyusunan desain pembelajaran. Melalui kajian teori dan praktik berbasis evidence-based research, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan inovasi dan kontribusi ilmiah dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan jasmani di berbagai jenjang pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.
  2. Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
  3. Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.
  4. Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).
  5. Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.
  6. Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.

Pendukung :

  1. Journal of Teaching in Physical Education
  2. Physical Education and Sport Pedagogy
  3. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
  4. Asian Journal of Physical Education & Sport Science
  5. Peraturan dan Panduan Kurikulum Nasional (Kemendikbudristek)

Dosen Pengampu

SUROTO

DWI CAHYO KARTIKO

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.

Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.
3%

2

Minggu ke 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
3%

3

Minggu ke 3

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.
3%

4

Minggu ke 4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).
3%

7

Minggu ke 7

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

Keaktifan mahasiswa

Kriteria:

frekuensi tanya jawab dalam diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

Materi: Evaluasi pembelajaran
Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.
3%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.
    15%

    9

    Minggu ke 9

    Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

    Keaktifan mahasiswa

    Kriteria:

    frekuensi tanya jawab dalam diskusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.
    3%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

    Keaktifan mahasiswa

    Kriteria:

    frekuensi tanya jawab dalam diskusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.
    3%

    11

    Minggu ke 11

    Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesainkan tugas bidan Pendidikan Jasmin secara profesional.

    Keaktifan mahasiswa

    Kriteria:

    frekuensi tanya jawab dalam diskusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education
    3%

    12

    Minggu ke 12

    Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani

    Keaktifan mahasiswa

    Kriteria:

    frekuensi tanya jawab dalam diskusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education

    Materi: Evaluasi Pembelajaran
    Pustaka: Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
    3%

    13

    Minggu ke 13

    Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan bank Dalam menyelesaikan masala yang timbul Dalam bidang Pendidikan Jasmani

    Keaktifan mahasiswa

    Kriteria:

    frekuensi tanya jawab dalam diskusi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100menit

    Materi: Desain dan evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Bailey, R., & Kirk, D. (Eds.). (2009). The Routledge Physical Education Reader. Routledge.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Rink, J. E. (2019). Teaching Physical Education for Learning (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

    Materi: kaidah ilmiah evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Wright, P. M., & Craig, M. W. (2011). Tool for Assessing Responsibility-Based Education (TARE).

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Darst, P. W., Pangrazi, R. P., Brusseau, T. A., & Erwin, H. (2014). Dynamic Physical Education for Secondary School Students (8th ed.). Pearson.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Shulha, L. M., & Cousins, J. B. (1997). Evaluation Use: Theory, Research, and Practice. Sage Publications.

    Materi: Evaluasi pembelajaran
    Pustaka: Journal of Teaching in Physical Education

    Materi: Evaluasi Pembelajaran
    Pustaka: Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
    3%

    14

    Minggu ke 14

    Melakukan refleksi dan evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan data empiris secara kritis dan sistematis

    Kriteria:

    Mampu mengevaluasi pembelajaran


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100 menit

    Materi: aktivasi pembelajaran
    Pustaka: Graham, G., Holt/Hale, S. A., & Parker, M. (2020). Children Moving: A Reflective Approach to Teaching Physical Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

    Materi: aktivasi pembelajaran
    Pustaka: Asian Journal of Physical Education & Sport Science
    0%

    15

    Minggu ke 15


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Luring
    100 menit

    0%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 39.75%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3.75%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 3.75%
    4. Tes 3.75%
    51%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.