
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Kebangsaan Indonesia |
8720502204 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si.
|
Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan. |
PLO-8 |
Mampu menyajikan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan, sosial, politik, dan hukum kewarganegaraan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa perintis.
|
PO - 2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
|
PO - 3 |
Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan
|
PO - 4 |
Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan.
|
PO - 5 |
Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa mempertahankan kemerdekaan
|
PO - 6 |
Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa mengisi kemerdekaan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sejarah Perjuangan Bangsa memberikan pemahaman dan wawasan mengenai Proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia, strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 yang terbagi dalam 3 masa yaitu masa perintis 1908, masa penegas 1928, dan masa pendobrak 1945 serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Pengalaman belajar diambil dari ceramah, tanya jawab dan diskusi kelas, penyajian makalah di kelas serta pengumpulan data lapangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
- Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
- Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak.
- Aizid Rizem. 2014. Menguak Kontroversi-Kontroversi Sejarah Indonesia. Jakarta: Saufa.
- Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.
- Pringgodigdo, AK. 1994. Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat Rahman, Abdul, Momom, dkk. 2006. Jong Islaminten Bond. Pergerakan Pemuda Islam1952-1942. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda
- Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud.
- Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
- Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
- Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
- Arta, Ketut Sedana dan Margi, I . 2014. Ketut Sejarah Indonesia : dari Proklamasi sampai Orde Reformasi. Jakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.
- Suparno, Basuki Agus. 2012. Reformasi dan Jatuhnya Soeharto. Jakarta: Kompas Media Nusantara
|
Pendukung : |
|
- O'Rourke, Kevin. 2003. Reformasi: The Struggle for Power in Post-Soeharto Indonesia. Australia: Allen & Unwin
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si. Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Mendeskripsikan Nasionalisme Indonesia
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang Mempengaruhi Timbulnya Pergerakan Nasional
- Menganalisis Sifat dan Corak Pergerakan Nasional Indonesia
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Brainstorming Tanya jawab Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Zaman Kebangkitan Pergerakan Indonesia Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Kebangkitan Nasional Pustaka: Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927) |
- Menganalisis munculnya organisasi Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional.
- Menganalisis munculnya organisasi Sarekat Islam sebagai pelopor pergerakan nasional
- Menganalisis munculnya organisasi Indische Partij sebagai pelopor pergerakan nasional
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kooperatif; diskusi tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927) Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Materi: awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927) Pustaka: Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938) dan maknanya dalam membangun nasionalisme Indonesia. |
- Mahasiswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938)
- Menjelaskan makna pergerakan nasional pada masa Penegas dalam membangun nasionalisme Indonesia.
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Partai Nasional Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis peristiwa Sumpah Pemuda dan maknanya dalam membangun nasionalisme Indonesia. |
- Mahasiswa mampu menganalisis peristiwa Sumpah Pemuda (Konggres 1 dan 2)
- Menjelaskan makna Sumpah Pemuda dalam membangun nasionalisme Indonesia.
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Partai Nasional Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938) dan masa pencoba (1938-1942) |
- Menganalisis masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kooperatif Jigsaw; diskusi tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Masa Pergerakan Indonesia Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga |
10% |
6
Minggu ke 6 |
- Menganalisis perkembangan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Menjelaskan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Rengas Dengklok Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis perkembangan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Mendeskripsikan Pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
- Menjelaskan Proses Perumusan Dasar Negara dan UUD 1945
- Mendeskripsikan Peristiwa Rengas Dengklok dan proklamasi kemerdekaan Indonesia
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Zaman Jepang Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia dan menganalisis awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis, penegas, pencoba dan pendobrak (1908-1945) |
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya Pergerakan Nasional pada masa Pendudukan Belanda
- Menjelaskan Pelopor Pergerakan Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij
- Menjelaskan Usaha Menggalang Persatuan
- Mendeskripsikan peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
- Mendeskripsikan Pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
- Mendeskripsikan Perumusan Dasar Negara dan UUD 1945
- Mendeskripsikan Peristiwa Rengas Dengklok
|
Kriteria:
Menjelaskan peristiwa sejarah pada masa Perintis, penegas, pencoba dan pendobrak (1908-1945) dengan lengkap Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2 X 50 |
|
Materi: Pergerakan masa penjajahan Belanda Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Pergerakan masa kebangkitan nasional Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Pergerakan masa kemerdekaan Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
- Memahami berbagai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Menjelaskan peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
- Menjekaskan penyusunan dasar negara dan UUD 1945
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Sejarah dan Nilai Budaya Pustaka: Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud. Materi: Rengasdengklok Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas. |
0% |
10
Minggu ke 10 |
- Memahami berbagai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Menjelaskan peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
- Menjekaskan penyusunan dasar negara dan UUD 1945
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cooperatif learning diskusi tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Sejarah dan Nilai Budaya Pustaka: Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud. Materi: Rengasdengklok Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
- Memahami peristiwa akhir perang kemerdekaan dan pengakuan kedaulatan
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Menjelaskan Pendekatan RI dengan negara-negara federal
- Mendeskripsikan peristiwa Konferensi Meja Bundar (KMB)
- Sejarah Indonesia pada Masa Konstitusi RIS
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Masa Perang Kemerdekaan dan Pengakuan Kedaulatan Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
- Memahami sejarah Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
- Mendeskripsikan peristiwa Kembali ke negara Kesatuan
- Sejarah Indonesia pada masa UUDS 50 (Masa Demokrasi Parlementer)
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi tanya jawab 4 X 50 |
|
Materi: Akhir perng kemerdekaan dan pengakuan kedaulatan Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Menganalisis sejarah Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin |
- Menganalisis Pemberontakan APRA
- Menganalisis Pemberontakan Andi Azis
- Menganalisis Pemberontaka RMS
- Menganalisis Pemberontakan DI/TII
- Mendeskripsikan Pergolakan di Daerah-daerah
- Mendeskripsikan Pemberontakan PRRI dan Permesta
- Menjelaskan peristiwa Menuju Demokrasi Terpimpin
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Sejarah gangguan kemerdekaan Indonesia Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Sejarah pergerakan Indonesia melawan gangguan dalam negeri Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis sejarah Indonesia pada masa Orde Baru |
menjelaskan sejarah Indonesia pada masa Orde Baru |
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: masa demokrasi terpimpin Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami sejarah Indonesia pada masa Reformasi |
- Memahami sejarah Indonesia pada masa Reformasi
- Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa Reformasi
|
Kriteria:
1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Reformasi Pustaka: Arta, Ketut Sedana dan Margi, I . 2014. Ketut Sejarah Indonesia : dari Proklamasi sampai Orde Reformasi. Jakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press. Materi: Pertarungan Bahasa Politik Pustaka: Suparno, Basuki Agus. 2012. Reformasi dan Jatuhnya Soeharto. Jakarta: Kompas Media Nusantara |
5% |
16
Minggu ke 16 |
- Peran Pemuda dan Perempuan dalam sejarah pergerakan Indonesia
- Menulis refleksi sejarah dalam bentuk narasi untuk membentuk kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia.
|
Menulis refleksi sejarah dalam bentuk narasi untuk membentuk kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia. |
Kriteria:
Memuat deskripsi dan narasi refleksi peristiwa sejarah serta umplikasinya dalam membangun kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia. Bentuk Penilaian : Tes |
Penugasan 2X50 |
|
Materi: Masa pergerakan nasional Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. Materi: Masa perintis, penegas dan pendobrak perjuangan bangsa Indonesia Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga Materi: Masa kemerdekaan RI Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas. Materi: Masa setelah proklamasi kemerdekaan RI Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka. |
20% |