Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sejarah Kebangsaan Indonesia

8720502204

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.




Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si.




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan.

PLO-8

Mampu menyajikan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan, sosial, politik, dan hukum kewarganegaraan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa perintis.

PO - 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PO - 3

Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan

PO - 4

Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan.

PO - 5

Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa mempertahankan kemerdekaan

PO - 6

Memahami tahapan sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa mengisi kemerdekaan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-7PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sejarah Perjuangan Bangsa memberikan pemahaman dan wawasan mengenai Proses masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia, strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 yang terbagi dalam 3 masa yaitu masa perintis 1908, masa penegas 1928, dan masa pendobrak 1945 serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Pengalaman belajar diambil dari ceramah, tanya jawab dan diskusi kelas, penyajian makalah di kelas serta pengumpulan data lapangan.

Pustaka

Utama :

  1. Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  2. Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
  3. Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak.
  4. Aizid Rizem. 2014. Menguak Kontroversi-Kontroversi Sejarah Indonesia. Jakarta: Saufa.
  5. Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.
  6. Pringgodigdo, AK. 1994. Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat Rahman, Abdul, Momom, dkk. 2006. Jong Islaminten Bond. Pergerakan Pemuda Islam1952-1942. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda
  7. Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud.
  8. Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
  9. Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
  10. Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
  11. Arta, Ketut Sedana dan Margi, I . 2014. Ketut Sejarah Indonesia : dari Proklamasi sampai Orde Reformasi. Jakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.
  12. Suparno, Basuki Agus. 2012. Reformasi dan Jatuhnya Soeharto. Jakarta: Kompas Media Nusantara

Pendukung :

  1. O'Rourke, Kevin. 2003. Reformasi: The Struggle for Power in Post-Soeharto Indonesia. Australia: Allen & Unwin

Dosen Pengampu

Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si.

Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Mendeskripsikan Nasionalisme Indonesia
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang Mempengaruhi Timbulnya Pergerakan Nasional
  3. Menganalisis Sifat dan Corak Pergerakan Nasional Indonesia
  4. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming Tanya jawab Diskusi
2 X 50

Materi: Zaman Kebangkitan Pergerakan Indonesia
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.

Materi: Kebangkitan Nasional
Pustaka: Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak.
0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927)

  1. Menganalisis munculnya organisasi Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional.
  2. Menganalisis munculnya organisasi Sarekat Islam sebagai pelopor pergerakan nasional
  3. Menganalisis munculnya organisasi Indische Partij sebagai pelopor pergerakan nasional
  4. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif; diskusi tanya jawab
2 X 50

Materi: awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927)
Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Materi: awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis (1908-1927)
Pustaka: Kartodirdjo, Sartono. 2014. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Ombak.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938) dan maknanya dalam membangun nasionalisme Indonesia.

  1. Mahasiswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938)
  2. Menjelaskan makna pergerakan nasional pada masa Penegas dalam membangun nasionalisme Indonesia.
  3. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Presentasi
2 X 50

Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia
Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Partai Nasional
Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis peristiwa Sumpah Pemuda dan maknanya dalam membangun nasionalisme Indonesia.

  1. Mahasiswa mampu menganalisis peristiwa Sumpah Pemuda (Konggres 1 dan 2)
  2. Menjelaskan makna Sumpah Pemuda dalam membangun nasionalisme Indonesia.
  3. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif
2 X 50

Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia
Pustaka: Posponegoro, Marwati. Djoened. dan Notosusanto, Nugroho. 2010. Sejarah Nasional Indonesia V. Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Materi: Masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Partai Nasional
Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis pergerakan nasional pada masa Penegas (1927-1938) dan masa pencoba (1938-1942)

  1. Menganalisis masa penegas dalam pergerakan nasional melalui Perhimpunan Indonesia
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran kooperatif Jigsaw; diskusi tanya jawab
2 X 50

Materi: Masa Pergerakan Indonesia
Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
10%

6

Minggu ke 6

  1. Menganalisis perkembangan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Menjelaskan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

Skor 4 jika mahasiswa mampu melakukan 4 indikator penilaian dengan baik; Skor 3 jika mahasiswa mampu melakukan 3 indikator penilaian dengan baik; Skor 2 jika mahasiswa mampu melakukan dua indikator penilaian dengan baik; Skor 1 jika mahasiswa mampu melakukan satu indikator penilaian dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Rengas Dengklok
Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.
10%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis perkembangan pergerakan nasional pada masa Pendobrak (masa pendudukan Jepang di Indonesia 1942-1945)
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Mendeskripsikan Pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
  2. Menjelaskan Proses Perumusan Dasar Negara dan UUD 1945
  3. Mendeskripsikan Peristiwa Rengas Dengklok dan proklamasi kemerdekaan Indonesia
  4. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Zaman Jepang
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
10%

8

Minggu ke 8

Memahami Bangkitnya Pergerakan Nasionalisme Indonesia dan menganalisis awal lahirnya pergerakan nasional pada masa Perintis, penegas, pencoba dan pendobrak (1908-1945)

  1. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya Pergerakan Nasional pada masa Pendudukan Belanda
  2. Menjelaskan Pelopor Pergerakan Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij
  3. Menjelaskan Usaha Menggalang Persatuan
  4. Mendeskripsikan peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
  5. Mendeskripsikan Pergerakan Indonesia pada masa pendudukan Jepang
  6. Mendeskripsikan Perumusan Dasar Negara dan UUD 1945
  7. Mendeskripsikan Peristiwa Rengas Dengklok
Kriteria:

Menjelaskan peristiwa sejarah pada masa Perintis, penegas, pencoba dan pendobrak (1908-1945) dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
2 X 50

Materi: Pergerakan masa penjajahan Belanda
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.

Materi: Pergerakan masa kebangkitan nasional
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.

Materi: Pergerakan masa kemerdekaan
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
15%

9

Minggu ke 9

  1. Memahami berbagai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Menjelaskan peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  2. Menjekaskan penyusunan dasar negara dan UUD 1945
  3. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
2 X 50

Materi: Sejarah dan Nilai Budaya
Pustaka: Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud.

Materi: Rengasdengklok
Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.
0%

10

Minggu ke 10

  1. Memahami berbagai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Menjelaskan peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  2. Menjekaskan penyusunan dasar negara dan UUD 1945
  3. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cooperatif learning diskusi tanya jawab
4 X 50

Materi: Sejarah dan Nilai Budaya
Pustaka: Gunawan, Restu, dkk. 2015. Sejarah Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: BDirektorat Sejarah dan Nilai Budaya Dirjen Kemendikbud.

Materi: Rengasdengklok
Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.
3%

11

Minggu ke 11

  1. Memahami peristiwa akhir perang kemerdekaan dan pengakuan kedaulatan
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Menjelaskan Pendekatan RI dengan negara-negara federal
  2. Mendeskripsikan peristiwa Konferensi Meja Bundar (KMB)
  3. Sejarah Indonesia pada Masa Konstitusi RIS
  4. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi tanya jawab
4 X 50

Materi: Masa Perang Kemerdekaan dan Pengakuan Kedaulatan
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
3%

12

Minggu ke 12

  1. Memahami sejarah Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
  1. Mendeskripsikan peristiwa Kembali ke negara Kesatuan
  2. Sejarah Indonesia pada masa UUDS 50 (Masa Demokrasi Parlementer)
  3. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa pergerakan ini
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Kejelasan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi tanya jawab
4 X 50

Materi: Akhir perng kemerdekaan dan pengakuan kedaulatan
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
3%

13

Minggu ke 13

Menganalisis sejarah Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

  1. Menganalisis Pemberontakan APRA
  2. Menganalisis Pemberontakan Andi Azis
  3. Menganalisis Pemberontaka RMS
  4. Menganalisis Pemberontakan DI/TII
  5. Mendeskripsikan Pergolakan di Daerah-daerah
  6. Mendeskripsikan Pemberontakan PRRI dan Permesta
  7. Menjelaskan peristiwa Menuju Demokrasi Terpimpin
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Sejarah gangguan kemerdekaan Indonesia
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.

Materi: Sejarah pergerakan Indonesia melawan gangguan dalam negeri
Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga
4%

14

Minggu ke 14

Menganalisis sejarah Indonesia pada masa Orde Baru

menjelaskan sejarah Indonesia pada masa Orde Baru

Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: masa demokrasi terpimpin
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
2%

15

Minggu ke 15

Memahami sejarah Indonesia pada masa Reformasi

  1. Memahami sejarah Indonesia pada masa Reformasi
  2. Memahami peran pemuda dan perempuan pada masa Reformasi
Kriteria:

1. Keaktifan dalam diskusi 2. Kebenaran dalam menyampaikan pendapat berdasar sumber 3. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: Reformasi
Pustaka: Arta, Ketut Sedana dan Margi, I . 2014. Ketut Sejarah Indonesia : dari Proklamasi sampai Orde Reformasi. Jakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.

Materi: Pertarungan Bahasa Politik
Pustaka: Suparno, Basuki Agus. 2012. Reformasi dan Jatuhnya Soeharto. Jakarta: Kompas Media Nusantara
5%

16

Minggu ke 16

  1. Peran Pemuda dan Perempuan dalam sejarah pergerakan Indonesia
  2. Menulis refleksi sejarah dalam bentuk narasi untuk membentuk kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia.

Menulis refleksi sejarah dalam bentuk narasi untuk membentuk kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia.

Kriteria:

Memuat deskripsi dan narasi refleksi peristiwa sejarah serta umplikasinya dalam membangun kesadaran diri sebagai bangsa Indonesia.


Bentuk Penilaian :
Tes
Penugasan
2X50

Materi: Masa pergerakan nasional
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.

Materi: Masa perintis, penegas dan pendobrak perjuangan bangsa Indonesia
Pustaka: Kansil, CST dan Julianto. 1985. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga

Materi: Masa kemerdekaan RI
Pustaka: Suganda, Her. 2009. Rengasdengklok Revolusi dan Peristiwa 16 Agustus 1945. Jakarta: Kompas6. Sularto, ST dan Yunarti, Rini, D. 2010. Dibalik Proklamasi. Jakarta. Kompas.

Materi: Masa setelah proklamasi kemerdekaan RI
Pustaka: Notosusanto, Nugroho. 2019. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Edisi Pemutakhiran. Jakarta: Balai Pustaka.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.