
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Geografi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Inovatif II (Magang 2) |
8720203113 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
13 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
NUGROHO HARI PURNOMO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach (9th Edition ) . New York: McGraw-Hill Humanities. Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany ;learning to teach . New York: McGraw-Hill Book Company. Bruce Joyce, Marsha Weil and Emily Calhoun. 2014. Models of Teaching (9th Edition) . Newyork: Pearson Education Kemp, J.E and Ross, S.M. 1994. Designing Effective Instruction . New York: Macmillan College Publishing Company. Bruner, J. (2000). The process of education . Cambridge, M.A: Harvard University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SULISTINAH SRI MURTINI BAMBANG SIGIT WIDODO AIDA KURNIAWATI Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. Dr. Sri Murtini, M.Si. Dr. Sri Murtini, M.Si. Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa Memiliki sikap & persepsi positif terhadap teori-teori belajar |
- Menjelaskan persepsi positif teori belajar - Menjelaskan teori belajar secara deskriptif dan prespektif |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Behavioristik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori bevioristik - Mengidentifikasi teori behavioristik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori behavioristik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori behavioristik dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kognitif dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Kognitif - Mengidentifikasi teori Kognitif - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Kognitif dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Kognitif dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab - penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Konstruktivistik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Konstruktivistik - Mengidentifikasi teori Konstruktivistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Konstruktivistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Konstruktivistik dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Penugasan - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Sosio-kultural dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Sosio-kultural - Mengidentifikasi teori Sosio-kultural - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Sosio-kultural dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Sosio-kultural dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kecerdasan Ganda dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Teori Kecerdasan Ganda - Mengidentifikasi teori Teori Kecerdasan Ganda - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Humanistik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Humanistik - Mengidentifikasi teori Humanistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Humanistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Humanistik dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
(USS) |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Pemrosesan Informasi dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Pemrosesan Informasi - Mengidentifikasi teori Pemrosesan Informasi - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Neuroscience dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Neuroscience - Mengidentifikasi teori Neuroscience - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Neuroscience dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Neuroscience dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran konstruktivisme - Mengidentifikasi Model pembelajaran konstruktivisme - Mengaplikasikan Model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Problem based learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Problem based learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengidentifikasi Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengaplikasikan Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Cooperative learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Cooperative learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Contextual learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Contextual learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengidentifikasi Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengaplikasikan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |