
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Olahraga Permainan |
8520106280 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
4 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Sri Wicahyani, M.Pd.
|
Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.
|
Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
PLO-8 |
KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif |
PLO-11 |
Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif |
PLO-13 |
Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar pembelajaran olahraga permainan, Memahami konsep dasar, sejarah, dan aturan umum dari 8 cabor olahraga permainan (sepak bola, bola basket, bola voli, tenis lapangan, bola tangan, tenis meja, bulutangkis, dan sepak takraw).
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepak bola secara teoritis dan praktis.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan sepak bola: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan sepak bola dalam simulasi game)
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bola basket secara teoritis dan prakti dengan modifikasi
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bola basket: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bola basket dalam simulasi game)
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bolavoli secara teoritis dan praktis dengan modifikasi
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bolavoli: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bolavoli dalam simulasi game)
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepakbola, bola basket dan bolavoli secara teoritis dan praktis dengan modifikasi
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis lapangan secara teoritis dan praktis. 2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan tenis lapangan: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan tenis lapangan dalam simulasi game)
|
PO - 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis meja secara teoritis dan praktis. 2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan tenis meja: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan tenis meja dalam simulasi game)
|
PO - 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepak takraw secara teoritis dan praktis. 2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan sepak takraw: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan sepak takraw dalam simulasi game)
|
PO - 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bola tangan secara teoritis dan praktis. 2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bola tangan: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bola tangan dalam simulasi game)
|
PO - 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bulutangkis secara teoritis dan praktis. 2. Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bulutangkis: (Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bulutangkis dalam simulasi game)
|
PO - 14 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi secara kritis pemahaman teoritis dan keterampilan praktis dari seluruh cabang olahraga permainan yang telah dipelajari, serta menyajikan hasil analisis performa individu dan kelompok berdasarkan simulasi permainan yang telah dilaksanakan, sebagai dasar untuk pengembangan pembelajaran olahraga permainan yang lebih efektif dan inovatif.
|
PO - 15 |
Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi video pembelajaran olahraga permainan edukatif hasil pengembangan bentuk permainan dari salah satu cabang olahraga permainan yang telah dipelajari, dengan menekankan aspek keunikan, kebaruan, dan relevansi pembelajaran, sebagai karya orisinal yang memiliki potensi untuk diajukan sebagai produk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam bidang pendidikan jasmani.
|
PO - 16 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepakbola, bola basket, bolavoli, tenis lapangan, bola tangan, tenis meja, bulutangkis dan sepak takraw secara teoritis dan praktis.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-11 | PLO-13 | PO-1 | | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | PO-3 | | | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | | | | PO-5 | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | PO-7 | | | | ✔ | | | PO-8 | | | | | | ✔ | PO-9 | ✔ | | | | | | PO-10 | | ✔ | | | | | PO-11 | | | | | | | PO-12 | ✔ | | | | | | PO-13 | | | | | | ✔ | PO-14 | | | | ✔ | | | PO-15 | | | ✔ | | | | PO-16 | | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar secara teoritis dan praktis kepada mahasiswa untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran olahraga permainan. Fokus pembelajaran mencakup pengembangan model dan strategi pengajaran pada permainan bola besar dan bola kecil, perencanaan pembelajaran, observasi praktik, project serta evaluasi pembelajaran. Mata kuliah ini juga menekankan nilai-nilai sportivitas, kerja sama, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sujarwo, dkk. (2015). Teori dan Praktek Olahraga Permainan Bola Tangan. Jakarta: LPP Press UNJ.
- Freire, S., Marques, G.,and Miranda, J. 2018. “Teaching Values in Physical Education Classes: The Perception of Brazilian Teachers.” Sport, Education and Society 23(5):449–61. doi: 10.1080/13573322.2016.1213715.
- Haqqi, Zainuddin, and Suroto. 2016. “Meningkatkan Aktifitas Gerak Siswa.” Journal of Research in Special Educational Needs. 109–112.
- Soleh Fudin, M., & Hariyadi, K. (2020). Modifikasi permainan sepakbola untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tingkat sekolah dasar. Trenggalek: Sembilan Mutiara Publishing.
- Saichudin, S., & Munawar, S. A. R. (2019). Buku ajar bolabasket. Malang: Wineka Media. ISBN: 978-623-7607-10-6.
- Mulyadi, D. Y. N., & Pratiwi, E. (2020). Pembelajaran bola voli. Palembang: Bening Media Publishing. ISBN: 978-623-93073-1-8.
- Yasriuddin, Y., & Wahyudin, W. (2017). Tenis lapangan: Metode mengajar & teknik dasar (65 hlm.). Makassar: Fahmis Pustaka. ISBN: 978-602-61223-4-6.
- Juniarisca, Dwi dan Andrijanto, Dony. 2017. Permainan Tenis Meja. Surabaya: Unesa University Press.
|
Pendukung : |
|
- Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 107-114. doi:10.20884/1.paju.2020.1.2.2172
- Bambang Hermansyah. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Mahasiswa. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41.
- Ermawan Susanto. (2017). Pengembangan Tes Keterampilan Dasar Olahraga Bola Tangan Bagi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 116–125.
- Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. (2020). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157-172. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14005
- putra, yusuf adhi, & Sistiasih, V. S. (2022). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705
- Sukardi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bulu Tangkis melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 20–26. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.134
- Subarkah, A., & Marani, I. N. (2020). Analisis Teknik Dasar Pukulan Dalam Permainan Bulutangkis. Jurnal MensSana, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.24036/MensSana.050220.02
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd. Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Dr. Nanang Indriarsa, S.Pd., M.Psi.T. Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. Sri Wicahyani, M.Pd. Diva Ristie Valentina, S.Pd., M.Pd. RAHMAWATI AL ADHA NIKMAH |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, sejarah dan prinsip dasar pembelajaran olahraga permainan 8 cabor sebagai bagian dari pendidikan jasmani.
- Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan aturan dasar permainan dari setiap cabang olahraga permainan yang dibahas.
- Mahasiswa mampu mengkaji relevansi materi pembelajaran olahraga permainan dengan karakteristik peserta didik dan jenjang pendidikan.
|
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 3X50 |
|
Materi: pengertian, sejarah dan prinsip dasar pembelajaran olahraga permainan 8 cabor sebagai bagian dari pendidikan jasmani. Pustaka: Freire, S., Marques, G.,and Miranda, J. 2018. “Teaching Values in Physical Education Classes: The Perception of Brazilian Teachers.” Sport, Education and Society 23(5):449–61. doi: 10.1080/13573322.2016.1213715. Materi: materi pembelajaran olahraga permainan dengan karakteristik peserta didik dan jenjang pendidikan. Pustaka: Silberman, M. L. (2006). Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Nuansa. Materi: aturan dasar permainan dari 8 cabang olahraga permainan Pustaka: Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan secara sistematis teknik dasar permainan sepak bola (passing, dribbling, shooting, control, dan heading) beserta prinsip mekanik geraknya berdasarkan kajian teori pendidikan jasmani.
- Mahasiswa mampu merancang variasi permainan teknik dasar sepak bola yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3X50 |
|
Materi: prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepak bola secara teoritis dan praktis. Pustaka: Soleh Fudin, M., & Hariyadi, K. (2020). Modifikasi permainan sepakbola untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tingkat sekolah dasar. Trenggalek: Sembilan Mutiara Publishing. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan sepak bola
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan sepak bola dalam simulasi game
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: Pembelajaran Permainan Sepakbola Pustaka: Soleh Fudin, M., & Hariyadi, K. (2020). Modifikasi permainan sepakbola untuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tingkat sekolah dasar. Trenggalek: Sembilan Mutiara Publishing. |
8% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu menganalisis kelebihan dan kelemahan penerapan teknik dasar bola basket (dribble, passing, shooting, pivot, lay-up) berdasarkan observasi situasi permainan.
- Mahasiswa mampu merancang variasi permainan teknik dasar bola basket yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3X50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip dasar teknik permainan bola basket Pustaka: Saichudin, S., & Munawar, S. A. R. (2019). Buku ajar bolabasket. Malang: Wineka Media. ISBN: 978-623-7607-10-6. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bola basket
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bola basket dalam simulasi game
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: pembelajaran permainan bola basket Pustaka: Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. (2020). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157-172. https://doi.org/... |
8% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan secara sistematis teknik dasar permainan bolavoli (servis, passing, set-up, smash, dan block) beserta prinsip mekanik geraknya berdasarkan kajian teori pendidikan jasmani.
- Mahasiswa mampu merancang variasi permainan teknik dasar bolavoli yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3X50 |
|
Materi: Pembelajaran Olahraga Permainan bolavoli Pustaka: Mulyadi, D. Y. N., & Pratiwi, E. (2020). Pembelajaran bola voli. Palembang: Bening Media Publishing. ISBN: 978-623-93073-1-8. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran permainan bolavoli
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil permainan teknik dasar dan aturan permainan bolavoli dalam simulasi game
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: pembelajaran permainan bolavoli Pustaka: putra, yusuf adhi, & Sistiasih, V. S. (2022). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/... |
8% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip teknik dasar permainan sepak bola, bola basket, dan bola voli berdasarkan analisis teoritis dan karakteristik gerak masing-masing cabang olahraga.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan bentuk latihan kreatif untuk masing-masing teknik dasar dari ketiga cabang olahraga (sepak bola, bola basket, dan bola voli), yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran jasmani di sekolah.
|
UTS |
Kriteria:
ujian tulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 3X50 |
|
Materi: Prinsip Gerak Pustaka: Haqqi, Zainuddin, and Suroto. 2016. “Meningkatkan Aktifitas Gerak Siswa.” Journal of Research in Special Educational Needs. 109–112. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis lapangan secara teoritis dan praktis.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan variasi permainan teknik dasar tenis lapangan yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis lapangan Pustaka: Yasriuddin, Y., & Wahyudin, W. (2017). Tenis lapangan: Metode mengajar & teknik dasar (65 hlm.). Makassar: Fahmis Pustaka. ISBN: 978-602-61223-4-6. |
8% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis meja secara teoritis dan praktis.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan variasi permainan teknik dasar tenis meja yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: prinsip-prinsip dasar teknik permainan tenis meja Pustaka: Juniarisca, Dwi dan Andrijanto, Dony. 2017. Permainan Tenis Meja. Surabaya: Unesa University Press. Materi: pembelajan olahraga permainan tenis meja Pustaka: omoliyus, T. (n.d.). Sukses melatih keterampilan dasar permainan tenis meja dan penilaian (138 hlm.). Yogyakarta: Penerbit CV. Sarnu Untung. ISBN: 978-602-5650-15-4. |
8% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan sepak takraw secara teoritis dan praktis.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan variasi permainan teknik dasar sepak takraw yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: Prinsip gerak sepak takraw Pustaka: Haqqi, Zainuddin, and Suroto. 2016. “Meningkatkan Aktifitas Gerak Siswa.” Journal of Research in Special Educational Needs. 109–112. |
8% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bola tangan secara teoritis dan praktis.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan variasi permainan teknik dasar bola tangan yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip dasar teknik permainan bola tangan Pustaka: Bambang Hermansyah. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Mahasiswa. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41. Materi: Pembelajan olahraga permainan bola tangan Pustaka: Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 107-114. doi:10.20884/1.paju.2020.1.2.2172 |
8% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar teknik permainan bulutangkis secara teoritis dan praktis.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan variasi permainan teknik dasar bulutangkis yang bersifat kreatif dan adaptif sesuai dengan jenjang usia peserta didik serta konteks pembelajaran.
|
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: Prinsip-prinsip dasar teknik permainan bulutangkis Pustaka: Subarkah, A., & Marani, I. N. (2020). Analisis Teknik Dasar Pukulan Dalam Permainan Bulutangkis. Jurnal MensSana, 5(2), 106–114. https://doi.org/... |
8% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap kekuatan dan kelemahan performa individu dan tim dalam simulasi permainan dari berbagai cabang olahraga berdasarkan indikator teknik, taktik, dan kerja sama tim.
- Mahasiswa mampu menyusun laporan analisis hasil olahraga simulasi yang memuat refleksi kritis, data observasi, dan rekomendasi pengembangan model pembelajaran olahraga permainan yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.
|
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3X50 |
|
Materi: Penguatan Materi sepak bola, bola basket, bola voli, tenis lapangan, bola tangan, tenis meja, bulutangkis dan sepak takraw Pustaka: Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan analisis hasil simulasi yang memuat refleksi kritis, data observasi, dan rekomendasi pengembangan pembelajaran olahraga permainan yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. |
Aktifitas Partisipasi |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3X50 |
|
Materi: Penguatan Materi sepak bola, bola basket, bola voli, tenis lapangan, bola tangan, tenis meja, bulutangkis dan sepak takraw Pustaka: Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika. |
1% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Penilaian Produk |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Permainan yang telah dibuat (HKI) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 3X50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Silberman, M. L. (2006). Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Nuansa. |
10% |