Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Gender dan Inklusi Sosial

7920102207

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

1 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ririe Rengganis, M.Hum., Prof. Dr. Kisyani Laksono




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




PARMIN

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu dalam memahami konsep dasar aliran-aliran di dunia (sastra). • Menguasai berbagai aliran sastra mampu menerapkannya dalam penelitian atau pembelajaran sastra • Mengambil keputusan strategis dalam menganalisis aliran sastra yang lebih kompleks meliputi hakikat wacana kesastraan. • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aliran sastra

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-7PLO-9
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan tentang konsep aliran sastra, jenis-jenis aliran sastra, ciri-ciri dari masing-masing aliran, tokoh, pengaruh aliran sastra pada tokoh selanjutnya, penerapan aliran sastra ke dalam karya sastra baik berupa puisi, cerpen, novel mau pun drama.

Pustaka

Utama :

  1. W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company
  2. Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
  3. Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodelogi dan Teori . Yogyakarta: Layar Kata.

Pendukung :

  1. Buku-buku karya sastra Indonseia

Dosen Pengampu

RIRIE RENGGANIS

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memanfaatkan sumber belajar dan ipteks sebagai alat bantu untuk menelusuri data, mengumpulkan informasi, dan penyelesaian masalah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran aliran sastra.Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang berkait dengan aliran sastra untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat diadaptasikan dalam berbagai kondisi pembelajaran.Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, dan penyusunan produk keterampilan berupa makalah hasil penerapan aliran sastra ke dalam teks sastra baik prosa, puisi mau pun drama Sastra Indonesia dengan pendekatan aliran sastraPengantar “arti aliran sastra”

1. Menjelaskan konsep dan pengertian aliran sastra, perbedaan aliran sastra dan filsafat sastra 2. Menjelaskan macam-macam aliran sastra dan mengidentifikasi tiap-tiap aliran sastra

Kriteria:
  1. TES TULIS:
  2. 4: uraian benar
  3. 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  4. 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
  5. 1: uraiannya tidak jelas dan salah
  6. PRODUK:
  7. Makalah sistematikanya lengkap, datanya lengkap, analisis datanya mendalam, dan menggunakan bahasa baku. (4)Makalah sistematikanya kurang lengkap, datanya lengkap, analisis data kurang mendalam, dan menggunakan bahasa baku(3)Makalah sistematikanya tidak lengkap, datanya tidak lengkap, analisis data tidak mendalam, dan menggunakan bahasa baku (2)Makalah sistematikanya tidak lengkap, data tidak lengkap, analisis tidak mendalam, dan bahasanya tidak baku. (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi dan penugasan
4 X 50

Materi: Memanfaatkan sumber belajar dan ipteks sebagai alat bantu untuk menelusuri data, mengumpulkan informasi, dan penyelesaian masalah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran aliran sastra.Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang berkait dengan aliran sastra untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat diadaptasikan dalam berbagai kondisi pembelajaran.Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, dan penyusunan produk keterampilan berupa makalah hasil penerapan aliran sastra ke dalam teks sastra baik prosa, puisi mau pun drama Sastra Indonesia dengan pendekatan aliran sastraPengantar “arti aliran sastra”
Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
6%

2

Minggu ke 2

Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi

1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran naturalisme

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, tanya jawab, diskusi
4 X 50

Materi: Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme.
Pustaka: W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company
10%

3

Minggu ke 3

Menguasai teori aliran idealisme

1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran idealisme. 2. Menerapkan aliran idealisme ke dalam karya sastra

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, tanya jawab, diskusi,
2 X 50

Materi: 1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran idealisme. 2. Menerapkan aliran idealisme ke dalam karya sastra
Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodelogi dan Teori . Yogyakarta: Layar Kata.
5%

4

Minggu ke 4

Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Aliran Naturalisme dan Karya Emile Zola

1. Menerapkan aliran naturalisme ke dalam karya-karya Emile Zola 2. Menjelaskan pengaruh tokoh Emile Zola pada tokoh selanjutnya

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, tanya jawab, diskusi
2 X 50

Materi: 1. Menerapkan aliran naturalisme ke dalam karya-karya Emile Zola 2. Menjelaskan pengaruh tokoh Emile Zola pada tokoh selanjutnya
Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
5%

5

Minggu ke 5

Aliran Romantisme dan Karya Abdul Hadi WM

1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran romantisme 2. Menerapkan alirann romantisme ke dalam karya-karya Abdul Hadi WM

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, tanya jawab, diskusi
2 X 50

Materi: 1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran romantisme 2. Menerapkan alirann romantisme ke dalam karya-karya Abdul Hadi WM
Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
5%

6

Minggu ke 6

Aliran Realisme dan Karya Leo Tolstoy

1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Leo Tolstoy

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, tanya jawab, diskusi
2 X 50

Materi: 1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Leo Tolstoy
Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
5%

7

Minggu ke 7

Aliran Realisme dan Karya Pramudya Ananta Toer

1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme 2. Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Pramudya Ananta Toer

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, tanya jawab, diskusi
2 X 50

Materi: 1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme 2. Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Pramudya Ananta Toer
Pustaka: W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company
5%

8

Minggu ke 8

UTS

1. Membuat makalah beserta power point berdasarkan kelompok yang telah dibentuk 2. Mempresentasikan hasil kerja dan diskusi bersama masing-masing kelompok

Kriteria:
  1. Skor
  2. Rubrik
  3. 4
  4. Makalah sistematikanya lengkap, datanya lengkap, analisis datanya mendalam, dan menggunakan bahasa baku.
  5. 3
  6. Makalah sistematikanya kurang lengkap, datanya lengkap, analisis data kurang mendalam, dan menggunakan bahasa baku
  7. 2
  8. Makalah sistematikanya tidak lengkap, datanya tidak lengkap, analisis data tidak mendalam, dan menggunakan bahasa baku
  9. 1 Makalah sistematikanya tidak lengkap, data tidak lengkap, analisis tidak mendalam, dan bahasanya tidak baku.
  10. Skor
  11. Rubrik
  12. 4
  13. Presentasi dilakukan secara sistematik dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media IT sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar dn lancar, bahasa yang digunakan sistematik dan baku, dan memformulasikan saran untuk perbaikan
  14. 3
  15. Presentasi dilakukan dengan sistematik dengan intonasi, namun kurang menekankan aspek-aspek penting dalam makalah, berbantuan media IT sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar , tetapi kurang lancar, memformulasikan saran untuk perbaikan
  16. 2
  17. Presentasi dilakukan, kurang sitematikdan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting dalam makalah, menggunakan media IT, namun tidak mampu memanfaatkan media secara maksimal, jawaban dari penanya secara umum tidak benar tidak lancar , memformulasikan saran untuk perbaikan
  18. 1
  19. Presentasi dilakukan, namun tidak sistematikt dan tidak menekankan aspek-aspek penting makalah, tidak berbantuan media, jawaban dari penanya tidak benar dan tidak lancar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, ceramah
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
20%

9

Minggu ke 9

Aliran Surealisme

1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran surealisme 2. Menerapkan aliran surealisme ke dalam karya sastra.

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, tanya jawab, diskusi
2 X 50

Materi: Aliran Surealisme
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

10

Minggu ke 10

Aliran Eksistensialisme dan Karya Budi Dharma

1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran eksistensialisme 2. Menerapkan aliran eksistensialisme ke dalam karya-karya Budhi Dharma

Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi , tanya jawab, diskusi,
2 X 50

Materi: Aliran Eksistensialisme dan Karya Budi Dharma
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
4%

11

Minggu ke 11

Aliran Psikoanalisa dan Karya Djenar Maesa Ayu

  1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran Psikoanalisa
  2. Menerapkan aliran psikoanalisa ke dalam karya-karya Djenar Maesa Ayu
Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Aliran Psikoanalisa dan Karya Djenar Maesa Ayu
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

12

Minggu ke 12

Aliran Zen Jepang dan Karya Matsuo Basho

  1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran Zen Jepang
  2. Menerapkan aliran Zen Jepang ke dalam karya-karya Matsuo Basho
Kriteria:
  1. Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
  2. Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
  3. Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
  4. Menjawab tetapi salah, nilainya 1

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Aliran Zen Jepang dan Karya Matsuo Basho
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

13

Minggu ke 13

Aliran Mistisme dan Karya Jalaludin Rumi

  1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran mistisme
  2. Menerapkan aliran mistisme ke dalam karya-karya Jalaludin Rumi
Kriteria:

Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran mistisme


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Penjelasan, tanya jawab, diskusi
4 X 50

Materi: Aliran Mistisme dan Karya Jalaludin Rumi
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

14

Minggu ke 14

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Kriteria:

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi
6 X 50

Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

15

Minggu ke 15

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Kriteria:

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi
6 X 50

Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%

16

Minggu ke 16

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra

Kriteria:

Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi
6 X 50

Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra
Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 54.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 13.35%
3. Penilaian Portofolio 9.17%
4. Tes 22.85%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.