
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Gender dan Inklusi Sosial |
7920102207 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
1 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ririe Rengganis, M.Hum., Prof. Dr. Kisyani Laksono
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
PARMIN |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu dalam memahami konsep dasar aliran-aliran di dunia (sastra). • Menguasai berbagai aliran sastra mampu menerapkannya dalam penelitian atau pembelajaran sastra • Mengambil keputusan strategis dalam menganalisis aliran sastra yang lebih kompleks meliputi hakikat wacana kesastraan. • Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan aliran sastra
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-9 | | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan tentang konsep aliran sastra, jenis-jenis aliran sastra, ciri-ciri dari masing-masing aliran, tokoh, pengaruh aliran sastra pada tokoh selanjutnya, penerapan aliran sastra ke dalam karya sastra baik berupa puisi, cerpen, novel mau pun drama. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company
- Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia.
- Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodelogi dan Teori . Yogyakarta: Layar Kata.
|
Pendukung : |
|
- Buku-buku karya sastra Indonseia
|
Dosen Pengampu
|
RIRIE RENGGANIS Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. Dr. Ririe Rengganis, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan ipteks sebagai alat bantu untuk menelusuri data, mengumpulkan informasi, dan penyelesaian masalah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran aliran sastra.Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang berkait dengan aliran sastra untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat diadaptasikan dalam berbagai kondisi pembelajaran.Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, dan penyusunan produk keterampilan berupa makalah hasil penerapan aliran sastra ke dalam teks sastra baik prosa, puisi mau pun drama Sastra Indonesia dengan pendekatan aliran sastraPengantar “arti aliran sastra” |
1. Menjelaskan konsep dan pengertian aliran sastra, perbedaan aliran sastra dan filsafat sastra 2. Menjelaskan macam-macam aliran sastra dan mengidentifikasi tiap-tiap aliran sastra |
Kriteria:
- TES TULIS:
- 4: uraian benar
- 3: uraian secara umum benar, ada satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 2: uraian secara umum benar, ada lebih dari satu aspek yang penjelasannya tidak tepat
- 1: uraiannya tidak jelas dan salah
- PRODUK:
- Makalah sistematikanya lengkap, datanya lengkap, analisis datanya mendalam, dan menggunakan bahasa baku. (4)Makalah sistematikanya kurang lengkap, datanya lengkap, analisis data kurang mendalam, dan menggunakan bahasa baku(3)Makalah sistematikanya tidak lengkap, datanya tidak lengkap, analisis data tidak mendalam, dan menggunakan bahasa baku (2)Makalah sistematikanya tidak lengkap, data tidak lengkap, analisis tidak mendalam, dan bahasanya tidak baku. (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi dan penugasan 4 X 50 |
|
Materi: Memanfaatkan sumber belajar dan ipteks sebagai alat bantu untuk menelusuri data, mengumpulkan informasi, dan penyelesaian masalah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran aliran sastra.Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang berkait dengan aliran sastra untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat diadaptasikan dalam berbagai kondisi pembelajaran.Memiliki sikap bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, dan penyusunan produk keterampilan berupa makalah hasil penerapan aliran sastra ke dalam teks sastra baik prosa, puisi mau pun drama Sastra Indonesia dengan pendekatan aliran sastraPengantar “arti aliran sastra” Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia. |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Metode yang digunakan: ceramah, diskusi, tugas, dan presentasi |
1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran naturalisme |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Filsafat, aliran sastra, aliran naturalisme, aliran idealisme, aliran romantisme, aliran realisme, aliran eksistensialisme, aliran psikoanalisa, aliran Zen Jepang, aliran mistisme. Pustaka: W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai teori aliran idealisme |
1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran idealisme. 2. Menerapkan aliran idealisme ke dalam karya sastra |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi, 2 X 50 |
|
Materi: 1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh dan contoh karya sastra aliran idealisme. 2. Menerapkan aliran idealisme ke dalam karya sastra Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Sastra: Hakikat, Metodelogi dan Teori . Yogyakarta: Layar Kata. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai teori aliran sastra dan mampu menerapkan untuk menganalisis karya sastra seperti: Aliran Naturalisme dan Karya Emile Zola |
1. Menerapkan aliran naturalisme ke dalam karya-karya Emile Zola 2. Menjelaskan pengaruh tokoh Emile Zola pada tokoh selanjutnya |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: 1. Menerapkan aliran naturalisme ke dalam karya-karya Emile Zola 2. Menjelaskan pengaruh tokoh Emile Zola pada tokoh selanjutnya Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Aliran Romantisme dan Karya Abdul Hadi WM |
1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran romantisme 2. Menerapkan alirann romantisme ke dalam karya-karya Abdul Hadi WM |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: 1. Menjelaskan pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran romantisme 2. Menerapkan alirann romantisme ke dalam karya-karya Abdul Hadi WM Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Aliran Realisme dan Karya Leo Tolstoy |
1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Leo Tolstoy |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: 1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Leo Tolstoy Pustaka: Asoo, Isoji dkk. 1492. Buku Sejarah Kesusastraan Jepang . Depok: Universitas Indonesia. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Aliran Realisme dan Karya Pramudya Ananta Toer |
1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme 2. Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Pramudya Ananta Toer |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: 1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran realisme 2. Menerapkan aliran realisme ke dalam karya-karya Pramudya Ananta Toer Pustaka: W.Holmes, Stewart dan Chimyo Horioka. Zen Art for Maditation .Tokyo:Charles E. Tuttle Company |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
1. Membuat makalah beserta power point berdasarkan kelompok yang telah dibentuk 2. Mempresentasikan hasil kerja dan diskusi bersama masing-masing kelompok |
Kriteria:
- Skor
- Rubrik
- 4
- Makalah sistematikanya lengkap, datanya lengkap, analisis datanya mendalam, dan menggunakan bahasa baku.
- 3
- Makalah sistematikanya kurang lengkap, datanya lengkap, analisis data kurang mendalam, dan menggunakan bahasa baku
- 2
- Makalah sistematikanya tidak lengkap, datanya tidak lengkap, analisis data tidak mendalam, dan menggunakan bahasa baku
- 1 Makalah sistematikanya tidak lengkap, data tidak lengkap, analisis tidak mendalam, dan bahasanya tidak baku.
- Skor
- Rubrik
- 4
- Presentasi dilakukan secara sistematik dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, berbantuan media IT sesuai kriteria media, jawaban dari penanya benar dn lancar, bahasa yang digunakan sistematik dan baku, dan memformulasikan saran untuk perbaikan
- 3
- Presentasi dilakukan dengan sistematik dengan intonasi, namun kurang menekankan aspek-aspek penting dalam makalah, berbantuan media IT sesuai kriteria media, jawaban dari penanya secara umum benar , tetapi kurang lancar, memformulasikan saran untuk perbaikan
- 2
- Presentasi dilakukan, kurang sitematikdan/atau tidak menekankan aspek-aspek penting dalam makalah, menggunakan media IT, namun tidak mampu memanfaatkan media secara maksimal, jawaban dari penanya secara umum tidak benar tidak lancar , memformulasikan saran untuk perbaikan
- 1
- Presentasi dilakukan, namun tidak sistematikt dan tidak menekankan aspek-aspek penting makalah, tidak berbantuan media, jawaban dari penanya tidak benar dan tidak lancar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, ceramah 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Aliran Surealisme |
1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran surealisme 2. Menerapkan aliran surealisme ke dalam karya sastra. |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Surealisme Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Aliran Eksistensialisme dan Karya Budi Dharma |
1. Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran eksistensialisme 2. Menerapkan aliran eksistensialisme ke dalam karya-karya Budhi Dharma |
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi , tanya jawab, diskusi, 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Eksistensialisme dan Karya Budi Dharma Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Aliran Psikoanalisa dan Karya Djenar Maesa Ayu |
- Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran Psikoanalisa
- Menerapkan aliran psikoanalisa ke dalam karya-karya Djenar Maesa Ayu
|
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Psikoanalisa dan Karya Djenar Maesa Ayu Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Aliran Zen Jepang dan Karya Matsuo Basho |
- Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran Zen Jepang
- Menerapkan aliran Zen Jepang ke dalam karya-karya Matsuo Basho
|
Kriteria:
- Menjawab urut, lengkap, dan tepat, nilainya 5
- Menjawab urut, lengkap, dan kurang tepat, nilainya 3
- Menjawab tidak urut, kurang lengkap, dan kurang tepat, nilainya 2
- Menjawab tetapi salah, nilainya 1
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Zen Jepang dan Karya Matsuo Basho Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Aliran Mistisme dan Karya Jalaludin Rumi |
- Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran mistisme
- Menerapkan aliran mistisme ke dalam karya-karya Jalaludin Rumi
|
Kriteria:
Menjelaskan Pengertian, latar belakang kemunculan aliran, ciri-ciri, tokoh, pengaruh, dan contoh karya sastra aliran mistisme Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Aliran Mistisme dan Karya Jalaludin Rumi Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Kriteria:
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Kriteria:
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra |
Kriteria:
Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Penjelasan, tanya jawab, ceramah, diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Mengulas kembali macam-macam aliran sastra, pengaruh dan penerapannya dalam suatu karya sastra Pustaka: Buku-buku karya sastra Indonseia |
5% |