Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Enterprise Resource Planning

5720103139

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.




Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep, integrasi dan arsitektur Enterprise System

PO - 2

Mampu memahami tahapan implementasi ERP secara keseluruhan yang dikaitkan dengan isu terkini

PO - 3

Mampu menggunakan dan mendemonstrasikan sistem ERP berdasarkan studi kasus

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-15
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, fungsi, dan implementasi sistem ERP dalam konteks bisnis modern. Pembahasan inti dari mata kuliah ini mencakup komponen utama sistem ERP, menajemen proses bisnis, bagaimana tahapan implementasi dan post-implementasi hingga tantangan dari penerapan sistem ERP dalam sebuah organisasi. Capaian yang diharapkan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami tentang integrasi data, informasi dan sistem yang nantinya bisa dianalisa dan dibuat dalam wujud pelaporan. Kemampuan yang diharapkan adalah kemampuan analisis dan praktis yang bisa dijadikan modal mahasiswa dalam memahami penerapan ERP pada organisasi

Pustaka

Utama :

  1. Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher

Pendukung :

  1. https://www.odoo.com/

Dosen Pengampu

I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep sistem enterprise

Mahasiswa mampu memahami konsep sistem enterprise

Kriteria:

Kuis pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Introduction to Enterprise Systems for Management
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep integrasi sistem "

Mahasiswa mampu memahami konsep integrasi sistem

Kriteria:

Kuis pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Systems Integration
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

3

Minggu ke 3

Memahami arsitektur sistem enterprise

Mahasiswa mampu memahami arsitektur sistem enterprise

Kriteria:

Kuis pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceamah dan Diskusi
3 x 50‘

Materi: Enterprise Systems Architecture
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

4

Minggu ke 4

Memahami siklus pengembangan sistem ERP

Mahasiswa mampu memahami siklus pengembangan sistem ERP

Kriteria:

UTS pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Development Life Cycle
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

5

Minggu ke 5

Memahami tentang strategi implementasi sistem ERP

Mahasiswa mampu memahami tentang strategi implementasi sistem ERP

Kriteria:

UTS pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan Diskusi
3x50‘

Materi: Implementation Strategies
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

6

Minggu ke 6

Memahami proses operasi dan post-implementation

Mahasiswa mampu memahami proses operasi dan post-implementation

Kriteria:

UTS pilihan ganda


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Operations and Post implementation
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
10%

7

Minggu ke 7

Memahami program dan manajemen proyek pada implementasi sistem ERP

Mahasiswa mampu memahami program dan manajemen proyek pada implementasi sistem ERP

Kriteria:

UTS Esai


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan diskusi

Materi: Program and Project Management
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
10%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. Mahasiswa mampu memahami siklus pengembangan sistem ERP
  2. Mahasiswa mampu memahami tentang strategi implementasi sistem ERP
  3. Mahasiswa mampu memahami proses operasi dan post-implementation
  4. Mahasiswa mampu memahami program dan manajemen proyek pada implementasi sistem ERP
Kriteria:

UTS Pilihan ganda dan esai


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tulis
3x50‘

Materi: Materi Pertemuan 4-7
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
0%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi isu perubahan organisasi dalam penerapan sistem ERP

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu perubahan organisasi dalam penerapan sistem ERP

Kriteria:

Tugas individu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Studi kasus penerapan sistem ERP
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi peran Artificial Intelligence pada sistem ERP

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran Artificial Intelligence pada sistem ERP

Kriteria:

Tugas individu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Implementasi ERP yang dibantu oleh AI
Pustaka: Enterprise System for Management - Luvai F. Motiwalla , Jeff Thompson, Pearson Publisher
5%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi modul-modul yang ada pada Sistem ERP

Mahasiswa mampu mengidentifikasi modul-modul yang ada pada Sistem ERP

Kriteria:

Tugas studi kasus kelompok untuk project akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
5%

12

Minggu ke 12

Melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Mahasiswa mampu melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Kriteria:

Konsultasi progress project akhir oleh kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan demonstrasi
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
10%

13

Minggu ke 13

Melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Mahasiswa mampu melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Kriteria:

Konsultasi progress project akhir oleh kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan demonstrasi
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
10%

14

Minggu ke 14

Melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Mahasiswa mampu melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Kriteria:

Konsultasi progress project akhir oleh kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan demonstrasi
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
10%

15

Minggu ke 15

Melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Mahasiswa mampu melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP (1)

Kriteria:

Konsultasi progress project akhir oleh kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi dan demonstrasi
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
10%

16

Minggu ke 16

Melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP

Mahasiswa mampu melakukan simulasi dan demonstrasi untuk pemanfaatan modul-modul pada sistem ERP

Kriteria:

Presentasi akhir tugas project kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi per Kelompok
3x50‘

Materi: Modul-modul pada Odoo
Pustaka: https://www.odoo.com/...
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.