
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Sastra |
7920102160 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
7 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Haris Supratno; Dr. Ririe Rengganis, M.Hum.; Dr. Phil. Moh Rokib, M.A.
|
Prof. Dr. Haris Supratno
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengetahui karya sastra setiap angkatan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menunjukkan kemampuan untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui pembelajaran mandiri, refleksi kritis, dan pemanfaatan berbagai sumber daya belajar. Selain itu, mahasiswa juga mampu bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner, menunjukkan sikap kolaboratif, komunikasi yang baik, serta tanggung jawab terhadap pencapaian tujuan bersama.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dalam menghadapi tantangan, bersikap kolaboratif dan adaptif dalam lingkungan kerja dan sosial yang dinamis, serta berpikir inovatif dalam menyelesaikan masalah. Mahasiswa juga mampu bersikap inklusif dalam berinteraksi lintas budaya dan latar belakang, menunjukkan semangat belajar sepanjang hayat, serta memiliki jiwa kewirausahaan yang proaktif dan bertanggung jawab.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu berkreasi secara kritis dan inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta mampu melakukan komunikasi secara efektif dengan memanfaatkan berbagai media berbasis bahasa dan sastra Indonesia, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, untuk tujuan akademik, profesional, dan sosial.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi sejarah sastra Indonesia beserta problematika kehidupan sastranya yang akan dipresentasikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.
- Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
- Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.
- Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.
- Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara.
- Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
- Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.
- Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat.
- Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa.
- Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.
- Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti
- Suryadi, Linus (ed). 1987. Tonggak: Antologi Puisi Indonesia Modern Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.
|
Pendukung : |
|
- https://sinta.kemdikbud.go.id/journals
- https://scholar.google.com/citations?user=sMyOM9gAAAAJ&hl=en
- https://scholar.google.com/citations?user=JlVafZwAAAAJ&hl=id
- https://ebook.twointomedia.com/
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Haris Supratno Dr. Heny Subandiyah, M.Hum. Dr. Titik Indarti, M.Pd. Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra |
Sikap: memilih teori-teori berkaitan dengan ilmu-ilmu sastra. Pengetahuan: menyintesiskan teori-teori satra dari pendapat para pakar yang telah dibaca. Keterampilan:Mencari informasi-informasi yangberkaitan dengan teori sastra, sejarah sastra, dan kritik sastra. |
Kriteria:
Jawaban tepat dan sistematis (4)Jawaban tepat dan tidak sistematis (3)Jawaban tidak tepat dan sistematis (2)Jawaban tidak tepat dan tidak sistematis (4) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusiceramahtanya jawabpenugasanpresentasi 2 X 50 |
|
Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia |
Sikap: Memilih karya-karya sastra sesuai dengan angkatan atau periodisasi Pengetahuan: Menyintesiskan pengertian angkatan dan periodisasi sastra Keterampilan: Mengumpulkan informasi tentang periodi sastra beserta tokoh-tokohnya. |
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi kelompok Presentasi Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia · Mampu menganlisis karya sastra lama Indonesia |
Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penilaian diri , partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia Mampu menganalisis karya sastra lama Indonesia |
Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penilaian diri , partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari informasi tentang seejarah sastra Indonesia Modern Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia |
Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
· Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia |
· Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode · Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
· Memahami latar sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi sastrawan beserta karya sastranya pada angkatan Balai Pustaka · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Balai Pustaka Mampu bertanggung jawab atas hasil idntifikasi karya sastra angkatan Balai Pustaka |
- Mahasiswa memahami sadar sejarah melalui sastra
- Mahasiswa mampu memahami orisinalitas tokoh utama dalam sejarah sastra
- Mampu memahami orisinalitas tiap angkatan melalui unsur intrinsik dan esktrinsik yang membentuknya.
|
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1) Ceramah 2) Diskusi kelompok Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Paper and pencil test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Paper and pencil test 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: UTS Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: uts Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: uts Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
10% |
9
Minggu ke 9 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari materi tentang Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Pujangga Baru Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra pada angkatan Pujangga Baru. |
Menganilisis/mengidentifikasi karya-kasya sastra yang lahir pada angkatan Pujangga Baru |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Diskusi kelompok Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang |
Mengetahui latar belakang lahirnya zaman Jepang dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 |
Mengetahui latar belakang lahirnya angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
5% |
12
Minggu ke 12 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 50-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 50-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 50-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Inquiri Diskusi Brainstorming 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya periodisasi 50-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya periodisasi 50-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
5% |
13
Minggu ke 13 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 60-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Inquiri Diskusi Brainstorming 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Inquiri Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
Inquiri Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi Sastra Indonesia |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Paper and pencil test 2 X 50 |
|
Materi: uas Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: uas Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: uas Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: uas Pustaka: https://scholar.google.com/... |
20% |