Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Interkulturelle Kompetenz

7920602271

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami tentang geografis negara Jerman

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pendidikan di negara Jerman

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami tentang sistem perumahan di Jerman

PO - 5

Mahasiswa mampu memahami sistem perpajakan di Jerman

PO - 6

Mahasiswa mampu memahami sistem keluarga dan kekerabatan di Jerman

PO - 7

Mahasiswa mampu memahami kehidupan beragama di Jerman

PO - 8

Mahasiswa memahami perayaan kebudayaan dan keagamaan di Jerman

PO - 9

Mahasiswa mampu memahami sejarah migrasi di Jerman

PO - 10

Mahasiswa mampu memahami sistem perekonomian Jerman

PO - 11

Mahasiswa mampu memahami sistem pengelolaan kebersihan, penerapan reuse and recycle di Jerman

PO - 12

Mahasiswa mampu memahami sistem transportasi di Jerman

PO - 13

Ujian Tengah Semester

PO - 14

Ujian Akhir Semester

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan tentang kompetensi interkultural yang terdiri atas Kesadaran Diri Budaya (Cultural Self-Awareness), Pemahaman Antarbudaya (Intercultural Understanding), Empati Antarbudaya (Intercultural Empathy), Keterampilan Komunikasi Antarbudaya (Intercultural Communication Skills), dan Pengelolaan Konflik Antarbudaya (Intercultural Conflict Management) yang direalisasikan melalui materi-materi tentang pengenalan budaya dan kebiasaan di Jerman. Adapun materi-materi yang diajarkan terdiri atas 1) definisi, konsep dan cakupan kompetensi interkultural, 2) geografis Jerman, 3) sistem tata kota Jerman, 4) sistem pendidikan di Jerman, 5) perayaan-perayaan di Jerman, 6) politik di Jerman, 6) perekonomian Jerman, 7) sistem tata kelola lingkungan di Jerman, 8) kebudayaan Jerman secara umum, dan 9) tabu di Jerman. Perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Penilaian diambil melalui partisipasi, penugasan individi dan kelompok, UTS , dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber
  2. Tatsachen ueber Deutschand 2023
  3. Mahmuzar. 2022. Sistem Pemerintahan Indonesia Menurut UUD 1945 Sesudah dan Sebelum Amandemen. Bandung:Nusamedia

Pendukung :

  1. https://www.landeskundeaktiv.com/Assets/Images/Arbeitsblaetter_Landeskunde.pdf
  2. https://www.bundesregierung.de/breg-de/bundesregierung/bundeskabinett
  3. https://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/de/deutschland-auf-einen-blick/innovative-wirtschaft
  4. https://www.bundesfinanzministerium.de/Content/DE/Standardartikel/Service/Leichte_Sprache/steuern.html
  5. https://www.bpb.de/kurz-knapp/zahlen-und-fakten/soziale-situation-in-deutschland/61593/familie-und-kinder/
  6. https://www.bpb.de/kurz-knapp/zahlen-und-fakten/soziale-situation-in-deutschland/145148/religion/
  7. https://www.bamf.de/EN/Themen/MigrationAufenthalt/migrationaufenthalt-node.html
  8. https://www.study-in-germany.de/de/deutschland/studienalltag/verkehrsmittel/

Dosen Pengampu

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan batas geografis negara Jerman
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan 16 negara bagian Jerman
  1. Mahasiswa mampu menyebutkan 16 negara bagian Jerman beserta ibukotanya
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan pemimpin masing-masing negara bagian Jerman
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan batas antar negara bagian Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Geografis Negara Jerman
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menyebutkan potensi pada masing-masing negara bagian di Jerman

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan potensi sumber daya alam masing-masing negara bagian di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan destinasi wisata di masing-masing negara bagian di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan nama kota-kota penting di masing-masing negara bagian di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Sumber Daya Alam dan Potensi Pariwisata di Jerman
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
  2. Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
  3. Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
  4. Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai politik yang ada di Jerman
  1. Mahasiswa mampu menyebutkan struktur pemerintahan negara Jerman
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai yang ada di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan proses eleksi di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Sistem Pemerintahan dan Partai di Jerman
Pustaka: https://www.bundesregierung.de/...

Materi: Struktur Pemerintahan di Jerman
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
  2. Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
  3. Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan sistem pemerintahan Jerman dan Indonesia
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pemilu di Jerman dan Indonesia
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Sistem Eleksi di Jerman
Pustaka: https://www.bundesregierung.de/...

Materi: Sistem Pemerintahan dan Eleksi di Indonesia
Pustaka: Mahmuzar. 2022. Sistem Pemerintahan Indonesia Menurut UUD 1945 Sesudah dan Sebelum Amandemen. Bandung:Nusamedia
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di Jerman sejak pendidikan dasar-pendidikan tinggi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan di Jerman

Mahasiswa mempu mempresentasikan perbandingan sistem pemerintahan di Jerman dan Indonesia

Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Sistem Pendidikan di Jerman
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis tempat tinggal di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan cara mencari tempat tinggal di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan proses pembelian dan sewa tempat tinggal di Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis-jenis tempat tinggal di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan cara membeli dan menyewa tempat tinggal di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Tinggal di Jerman
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan pajak-pajak di negara Jerman
  2. Mahasiswa mampu membandingkan jenis pajak di Indonesia dan Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan macam-macam jenis pajak di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis-jenis pajak di Jerman dan di Indonesia
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 sedang
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Jenis-jenis Pajak di Jerman
Pustaka: https://www.bundesfinanzministerium.de/...
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa menyebutkan macam-macam tempat tinggal di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jenis tempat tinggal di Indonesia dan Jerman

Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan ragam tempat tinggal di Jerman dan Indonesia

Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
1x50 menit

Materi: Situasi Keluarga dan Anak di Jerman
Pustaka: https://www.bpb.de/...
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun makalah tentang materi yang diajarkan dari pertemuan 1 sampai dengan 8

  1. Mahasiswa mampu menyusun makalah
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan makalah
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: deutsche Landeskunde
Pustaka: Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu menyebutkan agama-agama yang ada di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan kehidupan beragam di Jerman
  1. Mahasiswa mempresentasikan agama-agama yang di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan kehidupan beragama di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Religionen in Deutschland
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan kondisi keluarga di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan aturan pemerintah tenang tunjangan keluarga di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan asal usul marga di Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang sistem kekerabatan di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan regulasi tunjangan anak dan keluarga di Jerman
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang asal usul marga di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Religionen in Deutschland
Pustaka: https://www.bpb.de/...
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu menyebutkan tentang hari-hari besar di Jerman
  2. Mahasiswa menjelaskan hari-hari besar di Jerman

Mahasiswa mampu mempresentasikan hari-hari besar dan perayaan di Jerman

Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Feste und Brauche inDeutschland
Pustaka: Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah migrasi di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan migrasi di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menjeaskan krisis migrasi di Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan sejarah migrasi di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan kebijakan migrasi di Jerman
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan krisis migrasi di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Migration in Deutschland
Pustaka: https://www.bamf.de/...
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang isu-isu kepedulian lingkungan di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem reuse dan recycle yang diterapkan di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pemilahan sampah di Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang isu-isu lingkungan di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem reuse dan recycle di Jerman
  3. Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem pemilahan sampah di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Mulltrennung in Deutschland
Pustaka: https://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/...
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem transportasi di Jerman
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis transportasi di Jerman
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan tata cara menggunakan transportasi di Jerman
  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan ragam alat transportasi di Jerman
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan cara memesan/membeli tiket untuk transportasi umum di Jerman
  3. Mahasiwa mampu memahami sistem kepemilikan transportasi pribadi di Jerman
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
55

Materi: Verkehrsmittel in Deutschland
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023

Materi: Offentliche Verkehrsmittel in Deutschland
Pustaka: https://www.study-in-germany.de/...
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menghasilkan makalah dan infografis tentang aspek kehidupan di Jerman

  1. Mahasiswa mampu mempresentasikan aspek kehidupan di Jerman sesuai dengan tema yang dipilih
  2. Mahasiswa mampu menghasilkn infografis yang jelas dan mudah dimengerti tentang aspek kehidupan di Jerman sesuai dengan tema yang dipilih
Kriteria:
  1. 90-100 baik
  2. 70-80 cukup
  3. 50-60 kurang

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
55

Materi: Daten und Fakten Deutschlands
Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 87.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.