
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Interkulturelle Kompetenz |
7920602271 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
15 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang geografis negara Jerman
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pendidikan di negara Jerman
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem perumahan di Jerman
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami sistem perpajakan di Jerman
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami sistem keluarga dan kekerabatan di Jerman
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu memahami kehidupan beragama di Jerman
|
PO - 8 |
Mahasiswa memahami perayaan kebudayaan dan keagamaan di Jerman
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu memahami sejarah migrasi di Jerman
|
PO - 10 |
Mahasiswa mampu memahami sistem perekonomian Jerman
|
PO - 11 |
Mahasiswa mampu memahami sistem pengelolaan kebersihan, penerapan reuse and recycle di Jerman
|
PO - 12 |
Mahasiswa mampu memahami sistem transportasi di Jerman
|
PO - 13 |
Ujian Tengah Semester
|
PO - 14 |
Ujian Akhir Semester
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PO-1 | ✔ | PO-2 | ✔ | PO-3 | ✔ | PO-4 | ✔ | PO-5 | ✔ | PO-6 | ✔ | PO-7 | ✔ | PO-8 | ✔ | PO-9 | ✔ | PO-10 | ✔ | PO-11 | ✔ | PO-12 | ✔ | PO-13 | ✔ | PO-14 | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-13 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengajarkan tentang kompetensi interkultural yang terdiri atas Kesadaran Diri Budaya (Cultural Self-Awareness), Pemahaman Antarbudaya (Intercultural Understanding), Empati Antarbudaya (Intercultural Empathy), Keterampilan Komunikasi Antarbudaya (Intercultural Communication Skills), dan Pengelolaan Konflik Antarbudaya (Intercultural Conflict Management) yang direalisasikan melalui materi-materi tentang pengenalan budaya dan kebiasaan di Jerman. Adapun materi-materi yang diajarkan terdiri atas 1) definisi, konsep dan cakupan kompetensi interkultural, 2) geografis Jerman, 3) sistem tata kota Jerman, 4) sistem pendidikan di Jerman, 5) perayaan-perayaan di Jerman, 6) politik di Jerman, 6) perekonomian Jerman, 7) sistem tata kelola lingkungan di Jerman, 8) kebudayaan Jerman secara umum, dan 9) tabu di Jerman. Perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Penilaian diambil melalui partisipasi, penugasan individi dan kelompok, UTS , dan UAS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber
- Tatsachen ueber Deutschand 2023
- Mahmuzar. 2022. Sistem Pemerintahan Indonesia Menurut UUD 1945 Sesudah dan Sebelum Amandemen. Bandung:Nusamedia
|
Pendukung : |
|
- https://www.landeskundeaktiv.com/Assets/Images/Arbeitsblaetter_Landeskunde.pdf
- https://www.bundesregierung.de/breg-de/bundesregierung/bundeskabinett
- https://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/de/deutschland-auf-einen-blick/innovative-wirtschaft
- https://www.bundesfinanzministerium.de/Content/DE/Standardartikel/Service/Leichte_Sprache/steuern.html
- https://www.bpb.de/kurz-knapp/zahlen-und-fakten/soziale-situation-in-deutschland/61593/familie-und-kinder/
- https://www.bpb.de/kurz-knapp/zahlen-und-fakten/soziale-situation-in-deutschland/145148/religion/
- https://www.bamf.de/EN/Themen/MigrationAufenthalt/migrationaufenthalt-node.html
- https://www.study-in-germany.de/de/deutschland/studienalltag/verkehrsmittel/
|
Dosen Pengampu
|
Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan batas geografis negara Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan 16 negara bagian Jerman
|
- Mahasiswa mampu menyebutkan 16 negara bagian Jerman beserta ibukotanya
- Mahasiswa mampu menyebutkan pemimpin masing-masing negara bagian Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan batas antar negara bagian Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Geografis Negara Jerman Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyebutkan potensi pada masing-masing negara bagian di Jerman |
- Mahasiswa mampu menyebutkan potensi sumber daya alam masing-masing negara bagian di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan destinasi wisata di masing-masing negara bagian di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan nama kota-kota penting di masing-masing negara bagian di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Sumber Daya Alam dan Potensi Pariwisata di Jerman Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai politik yang ada di Jerman
|
- Mahasiswa mampu menyebutkan struktur pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai yang ada di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses eleksi di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Sistem Pemerintahan dan Partai di Jerman Pustaka: https://www.bundesregierung.de/... Materi: Struktur Pemerintahan di Jerman Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan sistem pemerintahan Jerman dan Indonesia
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pemilu di Jerman dan Indonesia
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Sistem Eleksi di Jerman Pustaka: https://www.bundesregierung.de/... Materi: Sistem Pemerintahan dan Eleksi di Indonesia Pustaka: Mahmuzar. 2022. Sistem Pemerintahan Indonesia Menurut UUD 1945 Sesudah dan Sebelum Amandemen. Bandung:Nusamedia |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di Jerman sejak pendidikan dasar-pendidikan tinggi
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan di Jerman
|
Mahasiswa mempu mempresentasikan perbandingan sistem pemerintahan di Jerman dan Indonesia |
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Sistem Pendidikan di Jerman Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis tempat tinggal di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan cara mencari tempat tinggal di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan proses pembelian dan sewa tempat tinggal di Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis-jenis tempat tinggal di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan cara membeli dan menyewa tempat tinggal di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Tinggal di Jerman Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan pajak-pajak di negara Jerman
- Mahasiswa mampu membandingkan jenis pajak di Indonesia dan Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan macam-macam jenis pajak di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis-jenis pajak di Jerman dan di Indonesia
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 sedang
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Jenis-jenis Pajak di Jerman Pustaka: https://www.bundesfinanzministerium.de/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa menyebutkan macam-macam tempat tinggal di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jenis tempat tinggal di Indonesia dan Jerman
|
Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan ragam tempat tinggal di Jerman dan Indonesia |
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 1x50 menit |
|
Materi: Situasi Keluarga dan Anak di Jerman Pustaka: https://www.bpb.de/... |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun makalah tentang materi yang diajarkan dari pertemuan 1 sampai dengan 8 |
- Mahasiswa mampu menyusun makalah
- Mahasiswa mampu mempresentasikan makalah
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: deutsche Landeskunde Pustaka: Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan agama-agama yang ada di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan kehidupan beragam di Jerman
|
- Mahasiswa mempresentasikan agama-agama yang di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan kehidupan beragama di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Religionen in Deutschland Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan kondisi keluarga di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan aturan pemerintah tenang tunjangan keluarga di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan asal usul marga di Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang sistem kekerabatan di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan regulasi tunjangan anak dan keluarga di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang asal usul marga di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Religionen in Deutschland Pustaka: https://www.bpb.de/... |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu menyebutkan tentang hari-hari besar di Jerman
- Mahasiswa menjelaskan hari-hari besar di Jerman
|
Mahasiswa mampu mempresentasikan hari-hari besar dan perayaan di Jerman |
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Feste und Brauche inDeutschland Pustaka: Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menjeaskan krisis migrasi di Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan sejarah migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan kebijakan migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan krisis migrasi di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Migration in Deutschland Pustaka: https://www.bamf.de/... |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang isu-isu kepedulian lingkungan di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem reuse dan recycle yang diterapkan di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pemilahan sampah di Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan tentang isu-isu lingkungan di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem reuse dan recycle di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem pemilahan sampah di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Mulltrennung in Deutschland Pustaka: https://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/... |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem transportasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis transportasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan tata cara menggunakan transportasi di Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan ragam alat transportasi di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan cara memesan/membeli tiket untuk transportasi umum di Jerman
- Mahasiwa mampu memahami sistem kepemilikan transportasi pribadi di Jerman
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
Materi: Verkehrsmittel in Deutschland Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 Materi: Offentliche Verkehrsmittel in Deutschland Pustaka: https://www.study-in-germany.de/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menghasilkan makalah dan infografis tentang aspek kehidupan di Jerman |
- Mahasiswa mampu mempresentasikan aspek kehidupan di Jerman sesuai dengan tema yang dipilih
- Mahasiswa mampu menghasilkn infografis yang jelas dan mudah dimengerti tentang aspek kehidupan di Jerman sesuai dengan tema yang dipilih
|
Kriteria:
- 90-100 baik
- 70-80 cukup
- 50-60 kurang
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 55 |
|
Materi: Daten und Fakten Deutschlands Pustaka: Tatsachen ueber Deutschand 2023 |
25% |