
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Politik |
7020703025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
30 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.
|
Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.
|
MUHAMMAD DANU WINATA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi digital untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi konten komunikasi yang efektif, termasuk media sosial, website, dan platform digital lainnya. |
PLO-8 |
Mahasiswa mampu melakukan riset dan analisis media, termasuk analisis data media sosial, untuk memahami tren, pola, dan efektivitas kampanye komunikasi |
PLO-12 |
Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan presentasi yang efektif dan persuasif, serta memiliki keterampilan negosiasi untuk berinteraksi dengan masyarakat, audiens, klien, mitra, dan segmentasi yang dituju |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami definisi dan konsep komunikasi politik
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengelaborasi peran media dalam memberi ruang bagi berkembangnya opini publik
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi peran media dalam kaitannya dengan aktor politik, pencitraan, kampanye politik
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis langkah dan kebijakan komunikasi politik pemerintah
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-12 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Komunikasi Politik membahas teori dan praktik komunikasi dalam konteks politik, dengan fokus pada proses penyampaian pesan politik antara pemerintah, partai politik, media, dan masyarakat. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang peran komunikasi dalam membentuk opini publik, kampanye politik, propaganda, serta analisis wacana politik. Ruang lingkup mencakup strategi komunikasi politik, media politik, retorika politik, serta penerapannya untuk berkontribusi pada pencapaian SDG 2 (Tanpa Kelaparan) melalui advokasi ketahanan pangan, SDG 10 (Berkurangnya Ketimpangan) melalui komunikasi politik yang inklusif dan partisipatif, serta SDG 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan) melalui kampanye publik yang mendorong pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana komunikasi mempengaruhi proses politik dan demokrasi di tingkat lokal maupun nasional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
- Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
- Irawan, E. P., Retnowati, Y., & Tim Penulis. (2025). Komunikasi politik: Teori, strategi, dan implementasi. Deepublish.
- Rosit, M., Rifa’i, A. B., Mashadi, S., Halim, U., Mirza, H., Handayani, S., & Moenanto, G. (2024). Komunikasi politik digital. Rajagrafindo Persada.
- Sujoko, A., & Widodo, S. (2024). Komunikasi politik: Ruang lingkup, teori, dan metode risetnya. UB Press.
- McNair, B. (2017). An introduction to political communication (6th ed.). Routledge.
- Coleman, S., & Blumler, J. G. (2020). Democracy and the media: Reclaiming the public sphere. Cambridge University Press.
- Vaccari, C. (2021). Digital politics in Western democracies: A comparative study. Johns Hopkins University Press.
|
Pendukung : |
|
- Kuskridho Ambardi. 2009. Politik Kartel. Jakarta: LSI dan KPG
- Walter Lipman. 1998. Public Opinion. New Bruns Wick: Transaction Publishers.
- Gary D. Rawnsley. 2005. Political Communication and Democracy . New York: Palgrave MacMilan
- Darren G. Lilleker. 2006. Key Concepts In Political Communication. London: Sage
- Nurmandi, A. (2018). Komunikasi Politik: Teori dan Praktik. Prenadamedia Group.
|
Dosen Pengampu
|
ONI DWI ARIANTO MUHAMMAD DANU WINATA MUHAMMAD ABDUH Oni Dwi Arianto, S.S., M.I.Kom. Oni Dwi Arianto, S.S., M.I.Kom. Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Definisi dan konsep komunikasi politik |
- Analisis kritis teori komunikasi politik
- Pemahaman dinamika komunikasi politik
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis elemen-elemen dasar dari komunikasi dan politik kemudian mampu menerapkannya dalam analisis realitas politik keindonesiaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dan Definisi Komunikasi Politik (halaman 11-27) Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan Partai sebagai aktor komunikasi politik |
Menilai kedudukan aktor-aktor komunikasi politik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kedudukan aktor-aktor komunikasi politik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Political organisations, Political parties, Elements of political communication, Public organisations, Pressure groups, Terrorist organisations (halaman 3-9) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge Materi: Political organisations, Political parties, Elements of political communication, Public organisations, Pressure groups, Terrorist organisations, The Audience, Media (halaman 3-14) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis Relasi Politik, Demokrasi, dan Media |
Mampu mengkorelasikan antara sistem politik, demokrasi, dan media |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kelompok penekan di Indonesia serta sekaligus mampu menganalisis antara sistem politik, demokrasi, dan media Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Teori Demokrasi liberal, Opini Publik, Ruang Publik, Proses dan kritik Demokrasi-Media (halaman 15-26) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyimpulkan efek komunikasi politik |
Menjelaskan pola komunikasi politik pada Pemerintah Mendiskusikan praktik komunikasi politik Pemerintah |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis pola komunikasi politik pemerintah sekaligus mampu menganalisis secara kritis praktik komunikasi politik pemerintah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Methodological Problems In Political Effects Research, The communication process, The evidence, Surveys, Voting behaviour, Experimental research, The Effect Of Political Advertising (halaman 27-42) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge Materi: Pendapat Umum dan Polling (halaman 123-157) Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan komunikasi politik dalam masyarakat demokratis |
Menjelaskan urgensi kebebasan Pers Peran Media dalam Masyarakat Demokratis |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis urgensi kebebasan pers sekaligus mampu menganalisis secara kritis kondisi media dalam kaitannya dengan mediatisasi dalam tinjauan filosofi demokratis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi tanya jawab 6 X 50 |
ceramah dan diskusi tanya jawab
|
Materi: Menjelaskan komunikasi politik dalam masyarakat demokratis Pustaka: Gary D. Rawnsley. 2005. Political Communication and Democracy . New York: Palgrave MacMilan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menilai hubungan lembaga media dan politik |
Menjelaskan urgensi kebebasan Pers Peran Media dalam Masyarakat Demokratis |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menilai urgensi kebebasan Media dalam kepentingan elit politik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: THE MEDIA ENVIRONMENT, DEMOCRACY AND THE MEDIA, SOME CRITICISMS OF THE MEDIA (halaman 43-66) Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan Ruang Publik sebagai elemen penting komunikasi politik masyarakat demokratis |
Mahasiswa mampu menilai posisi media dalam mempengaruhi keputusan politik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kedudukan media dalam dinamika politik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: DEFINING POLITICAL REALITY, the Press, THE JOURNALIST AS PUNDIT,THE COLUMN, THE FEATURE, THE BARDS, Broadcating, Debates and talk-shows, The Expets (halaman 67-82) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester : Menganalisis peran media dan aktor politik |
- Mahasiswa mampu memahami materi minggu 1-7 sekaligus mampu menganalisis secara kritis implementasi materi-materi tersebut dalam kajian akademis
- Mahasiswa mampu memahami peran komunikasi politik di Indonesia dalam mewujudkan poin SDGs no 2 (Zero Hunger)
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menunjukkan hasil analisis kritisnya terkait dengan berbagai materi minggu 1-7. hasil analisisnya adalah penerapan teori dalam mengkaji fenomena komunikasi politik di Indonesia Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
Materi: materi pertemuan 1-7 Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis kampanye untuk pemasaran politik |
Menilai realitas kampanye untuk pemasaran politik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis dalam bentuk laporan analisis berbagai penerapan dan praktik pemasaran politik dalam prespektif komunikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Pemasaran politik, tim sukses, kampanye, tema dan isi kampanye (halaman 239-299) Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Kehumasan dalam politik |
ketepatan mahasiswa menganalisis Komunikasi politik dan media massa |
Kriteria:
- Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: POLITICAL PUBLIC RELATIONS: A BRIEF HISTORY, Media management, The pseudo-event, Image Management, Internal political communication – Labour, Information management (halaman 118-150) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Kelompok Penekan non partai politik |
Mampu mengeksplorasi praktik komunikasi politik berbagai organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris |
Kriteria:
Mampu menganalisis praktik komunikasi politik berbagai organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi tanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Tentang organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris (Halaman 151-172) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik |
Mahasiswa mampu menganalisis Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengkritisi Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik (halaman 303-326) Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Komunikasi Politik dalam dunia global |
Mahasiswa mampu menganalisis penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyimpulkan penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tentang penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11. (halaman 173-203) Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge Materi: Komunikasi Politik Global (halaman 399-424) Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Penafsirkan opini publik; Identifikasi dalam menjangkau konstituen |
- Mendefinisikan opini publik.
- Mengidentifikasi proses pembentukan opini publik bersadarkan beragam faktor di dalamnya yang berdampak pada keterlibatan warga negara pada kehidupan sosial-politik.
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menghasilkan analisis kritis terkait dengan opini publik dalam kaitannya dengan keterlibatan warga negara di berbagai lini kebijakan publik di Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi
|
Ceramah dan Diskusi
|
Materi: Penafsirkan opini publik; Identifikasi dalam menjangkau konstituen Pustaka: Walter Lipman. 1998. Public Opinion. New Bruns Wick: Transaction Publishers. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Strategi Komunikasi Politik |
Mengidentifikasi beragam pola dan strategi dalam proses komunikasi politik yang dikakukan oleh berbagai aktor politik. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendeteksi aktor-aktor politik kunci di Indonesia serta menganalisis pola dan strategi komunikasi politiknya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Strategi Komunikasi Politik Pustaka: David T. Hill dan Krishna Sein. 2005. The Internet in Indonesia 19s New Democracy. New York: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu memahami materi minggu ke-7 hingga ke-4 serta mampu menerapkan berbagai teori yang dipelajari dalam analisis realitas komunikasi politik di Indonesia |
Kriteria:
Mahasiswa mampu unjuk kerja terkait pemahaman materi minggu ke-7 hingga ke-4 serta mampu menerapkan berbagai teori yang dipelajari dalam analisis realitas komunikasi politik di Indonesia Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Media dan politik Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge Materi: Praktik Partai politik di Indonesia Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016) |
20% |