Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Politik

7020703025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

30 September 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.




Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.




MUHAMMAD DANU WINATA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi digital untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi konten komunikasi yang efektif, termasuk media sosial, website, dan platform digital lainnya.

PLO-8

Mahasiswa mampu melakukan riset dan analisis media, termasuk analisis data media sosial, untuk memahami tren, pola, dan efektivitas kampanye komunikasi

PLO-12

Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan presentasi yang efektif dan persuasif, serta memiliki keterampilan negosiasi untuk berinteraksi dengan masyarakat, audiens, klien, mitra, dan segmentasi yang dituju

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami definisi dan konsep komunikasi politik

PO - 2

Mahasiswa mampu mengelaborasi peran media dalam memberi ruang bagi berkembangnya opini publik

PO - 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi peran media dalam kaitannya dengan aktor politik, pencitraan, kampanye politik

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis langkah dan kebijakan komunikasi politik pemerintah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8PLO-12
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Politik membahas teori dan praktik komunikasi dalam konteks politik, dengan fokus pada proses penyampaian pesan politik antara pemerintah, partai politik, media, dan masyarakat. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang peran komunikasi dalam membentuk opini publik, kampanye politik, propaganda, serta analisis wacana politik. Ruang lingkup mencakup strategi komunikasi politik, media politik, retorika politik, serta penerapannya untuk berkontribusi pada pencapaian SDG 2 (Tanpa Kelaparan) melalui advokasi ketahanan pangan, SDG 10 (Berkurangnya Ketimpangan) melalui komunikasi politik yang inklusif dan partisipatif, serta SDG 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan) melalui kampanye publik yang mendorong pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana komunikasi mempengaruhi proses politik dan demokrasi di tingkat lokal maupun nasional.

Pustaka

Utama :

  1. Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
  2. Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
  3. Irawan, E. P., Retnowati, Y., & Tim Penulis. (2025). Komunikasi politik: Teori, strategi, dan implementasi. Deepublish.
  4. Rosit, M., Rifa’i, A. B., Mashadi, S., Halim, U., Mirza, H., Handayani, S., & Moenanto, G. (2024). Komunikasi politik digital. Rajagrafindo Persada.
  5. Sujoko, A., & Widodo, S. (2024). Komunikasi politik: Ruang lingkup, teori, dan metode risetnya. UB Press.
  6. McNair, B. (2017). An introduction to political communication (6th ed.). Routledge.
  7. Coleman, S., & Blumler, J. G. (2020). Democracy and the media: Reclaiming the public sphere. Cambridge University Press.
  8. Vaccari, C. (2021). Digital politics in Western democracies: A comparative study. Johns Hopkins University Press.

Pendukung :

  1. Kuskridho Ambardi. 2009. Politik Kartel. Jakarta: LSI dan KPG
  2. Walter Lipman. 1998. Public Opinion. New Bruns Wick: Transaction Publishers.
  3. Gary D. Rawnsley. 2005. Political Communication and Democracy . New York: Palgrave MacMilan
  4. Darren G. Lilleker. 2006. Key Concepts In Political Communication. London: Sage
  5. Nurmandi, A. (2018). Komunikasi Politik: Teori dan Praktik. Prenadamedia Group.

Dosen Pengampu

ONI DWI ARIANTO

MUHAMMAD DANU WINATA

MUHAMMAD ABDUH

Oni Dwi Arianto, S.S., M.I.Kom.

Oni Dwi Arianto, S.S., M.I.Kom.

Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han).

Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han).

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Definisi dan konsep komunikasi politik

  1. Analisis kritis teori komunikasi politik
  2. Pemahaman dinamika komunikasi politik
Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis elemen-elemen dasar dari komunikasi dan politik kemudian mampu menerapkannya dalam analisis realitas politik keindonesiaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: Konsep dan Definisi Komunikasi Politik (halaman 11-27)
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan Partai sebagai aktor komunikasi politik

Menilai kedudukan aktor-aktor komunikasi politik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kedudukan aktor-aktor komunikasi politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: Political organisations, Political parties, Elements of political communication, Public organisations, Pressure groups, Terrorist organisations (halaman 3-9)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge

Materi: Political organisations, Political parties, Elements of political communication, Public organisations, Pressure groups, Terrorist organisations, The Audience, Media (halaman 3-14)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis Relasi Politik, Demokrasi, dan Media

Mampu mengkorelasikan antara sistem politik, demokrasi, dan media

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kelompok penekan di Indonesia serta sekaligus mampu menganalisis antara sistem politik, demokrasi, dan media


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi
3 X 50

Materi: Teori Demokrasi liberal, Opini Publik, Ruang Publik, Proses dan kritik Demokrasi-Media (halaman 15-26)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menyimpulkan efek komunikasi politik

Menjelaskan pola komunikasi politik pada Pemerintah Mendiskusikan praktik komunikasi politik Pemerintah

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis pola komunikasi politik pemerintah sekaligus mampu menganalisis secara kritis praktik komunikasi politik pemerintah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: Methodological Problems In Political Effects Research, The communication process, The evidence, Surveys, Voting behaviour, Experimental research, The Effect Of Political Advertising (halaman 27-42)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge

Materi: Pendapat Umum dan Polling (halaman 123-157)
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan komunikasi politik dalam masyarakat demokratis

Menjelaskan urgensi kebebasan Pers Peran Media dalam Masyarakat Demokratis

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis urgensi kebebasan pers sekaligus mampu menganalisis secara kritis kondisi media dalam kaitannya dengan mediatisasi dalam tinjauan filosofi demokratis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi tanya jawab
6 X 50
ceramah dan diskusi tanya jawab
Materi: Menjelaskan komunikasi politik dalam masyarakat demokratis
Pustaka: Gary D. Rawnsley. 2005. Political Communication and Democracy . New York: Palgrave MacMilan
5%

6

Minggu ke 6

Menilai hubungan lembaga media dan politik

Menjelaskan urgensi kebebasan Pers Peran Media dalam Masyarakat Demokratis

Kriteria:

Mahasiswa mampu menilai urgensi kebebasan Media dalam kepentingan elit politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: THE MEDIA ENVIRONMENT, DEMOCRACY AND THE MEDIA, SOME CRITICISMS OF THE MEDIA (halaman 43-66)
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan Ruang Publik sebagai elemen penting komunikasi politik masyarakat demokratis

Mahasiswa mampu menilai posisi media dalam mempengaruhi keputusan politik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kedudukan media dalam dinamika politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: DEFINING POLITICAL REALITY, the Press, THE JOURNALIST AS PUNDIT,THE COLUMN, THE FEATURE, THE BARDS, Broadcating, Debates and talk-shows, The Expets (halaman 67-82)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester : Menganalisis peran media dan aktor politik

  1. Mahasiswa mampu memahami materi minggu 1-7 sekaligus mampu menganalisis secara kritis implementasi materi-materi tersebut dalam kajian akademis
  2. Mahasiswa mampu memahami peran komunikasi politik di Indonesia dalam mewujudkan poin SDGs no 2 (Zero Hunger)
Kriteria:

Mahasiswa mampu menunjukkan hasil analisis kritisnya terkait dengan berbagai materi minggu 1-7. hasil analisisnya adalah penerapan teori dalam mengkaji fenomena komunikasi politik di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tengah Semester
3 X 50
Ujian Tengah Semester
3 X 50
Materi: materi pertemuan 1-7
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis kampanye untuk pemasaran politik

Menilai realitas kampanye untuk pemasaran politik

Kriteria:

Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis dalam bentuk laporan analisis berbagai penerapan dan praktik pemasaran politik dalam prespektif komunikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: Pemasaran politik, tim sukses, kampanye, tema dan isi kampanye (halaman 239-299)
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
5%

10

Minggu ke 10

Kehumasan dalam politik

ketepatan mahasiswa menganalisis Komunikasi politik dan media massa

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: POLITICAL PUBLIC RELATIONS: A BRIEF HISTORY, Media management, The pseudo-event, Image Management, Internal political communication – Labour, Information management (halaman 118-150)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
5%

11

Minggu ke 11

Kelompok Penekan non partai politik

Mampu mengeksplorasi praktik komunikasi politik berbagai organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris

Kriteria:

Mampu menganalisis praktik komunikasi politik berbagai organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi tanya jawab
3 X 50

Materi: Tentang organisasi politik non-partai, seperti Serikat pekerja, Kelompok lobi isu tunggal dan korporasi, Organisasi teroris (Halaman 151-172)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
5%

12

Minggu ke 12

Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik

Mahasiswa mampu menganalisis Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengkritisi Iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang iklan Politik, Kampanye Hitam, Humor Politik, Perempuan dalam Politik, dan Artis dalam politik (halaman 303-326)
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
5%

13

Minggu ke 13

Komunikasi Politik dalam dunia global

Mahasiswa mampu menganalisis penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyimpulkan penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Tentang penerapan teknik komunikasi politik dalam berbagai konflik, antara lain: • Perang Dingin • Perang Vietnam • Perang Falkland • Perang Teluk tahun 1991 • Konflik etnis di bekas Yugoslavia • Invasi ke Irak dan Afghanistan setelah 9/11. (halaman 173-203)
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge

Materi: Komunikasi Politik Global (halaman 399-424)
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
5%

14

Minggu ke 14

Penafsirkan opini publik; Identifikasi dalam menjangkau konstituen

  1. Mendefinisikan opini publik.
  2. Mengidentifikasi proses pembentukan opini publik bersadarkan beragam faktor di dalamnya yang berdampak pada keterlibatan warga negara pada kehidupan sosial-politik.
Kriteria:

Mahasiswa mampu menghasilkan analisis kritis terkait dengan opini publik dalam kaitannya dengan keterlibatan warga negara di berbagai lini kebijakan publik di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
Ceramah dan Diskusi
Materi: Penafsirkan opini publik; Identifikasi dalam menjangkau konstituen
Pustaka: Walter Lipman. 1998. Public Opinion. New Bruns Wick: Transaction Publishers.
5%

15

Minggu ke 15

Strategi Komunikasi Politik

Mengidentifikasi beragam pola dan strategi dalam proses komunikasi politik yang dikakukan oleh berbagai aktor politik.

Kriteria:

Mahasiswa mampu mendeteksi aktor-aktor politik kunci di Indonesia serta menganalisis pola dan strategi komunikasi politiknya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Strategi Komunikasi Politik
Pustaka: David T. Hill dan Krishna Sein. 2005. The Internet in Indonesia 19s New Democracy. New York: Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mampu memahami materi minggu ke-7 hingga ke-4 serta mampu menerapkan berbagai teori yang dipelajari dalam analisis realitas komunikasi politik di Indonesia

Kriteria:

Mahasiswa mampu unjuk kerja terkait pemahaman materi minggu ke-7 hingga ke-4 serta mampu menerapkan berbagai teori yang dipelajari dalam analisis realitas komunikasi politik di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Media dan politik
Pustaka: Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge

Materi: Praktik Partai politik di Indonesia
Pustaka: Hafied Cangara. 2016. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi (edisi Revisi 2016)
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.