Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Media Rekam dan Kepurbakalaan Sejarah

8720102273

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

26 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd. Riyadi, S.Pd., M.A. Corry Liana, S.Pd., M.Pd.




Riyadi, S.Pd., M.A.




WISNU

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam merancang, menggunakan, dan memanfaatkan media rekam untuk dokumentasi, publikasi, serta pelestarian tinggalan kepurbakalaan.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis, mengolah, serta menginterpretasikan data kepurbakalaan menggunakan berbagai media rekam sesuai standar kompetensi akademik dan profesional.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui pembelajaran mandiri dan kolaboratif dalam pemanfaatan teknologi media rekam mutakhir untuk penelitian, edukasi, dan publikasi bidang kepurbakalaan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Membekali mahasiswa untuk memahami teori serta keterampilan praktik pembuatan serta pengembangan produksi media rekam

Pustaka

Utama :

  1. Demesticha, S. (2024). Photogrammetry for archaeological objects: A manual. Routledge.
  2. Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge.
  3. Forte, M. (2022). Archaeological 3D GIS. Routledge.
  4. Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge.
  5. Ioannides, M., Magnenat-Thalmann, N., Papagiannakis, G., & Yen, A. Y. (Eds.). (2021). Digital heritage: Progress in cultural heritage—Documentation, preservation, and protection (EuroMed 2020, revised selected papers). Springer.
  6. Vincent, M. L., & López-Menchero Bendicho, V. M. (Eds.). (2023). 3D research challenges in cultural heritage III. Springer.
  7. D’Agnolo, A. (2020). Photogrammetric survey for the recording and documentation of historic buildings. CRC Press.
  8. Barazzetti, L., & Banfi, F. (2021). Heritage building information modelling for implementing UNESCO procedures: Challenges, potentialities, and issues. Springer.
  9. Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer.
  10. Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar media rekam dan relevansinya dalam studi kepurbakalaan.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan kelemahan media rekam tradisional dan modern.
  1. Ketepatan analisis konsep.
  2. Argumentasi kritis kelebihan/kelemahan.
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Teori, ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Konsep dasar media rekam dalam studi sejarah dan kepurbakalaan
Pustaka: Demesticha, S. (2024). Photogrammetry for archaeological objects: A manual. Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Menganalisis perkembangan teknologi media rekam dari tradisional ke digital.
  2. Mendesain bagan perkembangan teknologi media rekam dan implikasinya pada studi arkeologi.
  1. Relevansi analisis kronologis.
  2. Orisinalitas dan sistematika desain bagan
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
2 X 50

Materi: Perkembangan teknologi media rekam (audio, visual, digital)
Pustaka: Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menganalisis fungsi media rekam dalam pelestarian artefak.
  2. Mengevaluasi efektivitas media rekam tertentu dalam dokumentasi situs.
  1. Kedalaman analisis fungsi.
  2. Logika evaluasi efektivitas.
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Offline
2 X 50

Materi: Peran media rekam dalam dokumentasi tinggalan arkeologis
Pustaka: Forte, M. (2022). Archaeological 3D GIS. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengevaluasi teknik fotografi arkeologis sesuai standar etika.
  2. Merancang prosedur fotografi arkeologis untuk dokumentasi situs.
  1. Argumentasi kritis etika.
  2. Kesesuaian rancangan prosedur.
Kriteria:


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Teori, ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Teknik fotografi arkeologis & etika pendokumentasian
Pustaka: Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis kelebihan audio & video dalam sejarah lisan.
  2. Membuat prototipe rekaman wawancara sejarah lisan.
  1. Analisis komparatif jelas.
  2. Kualitas prototipe rekaman.
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Teori, ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: Perekaman audio & video sejarah lisan
Pustaka: Ioannides, M., Magnenat-Thalmann, N., Papagiannakis, G., & Yen, A. Y. (Eds.). (2021). Digital heritage: Progress in cultural heritage—Documentation, preservation, and protection (EuroMed 2020, revised selected papers). Springer.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Menganalisis manfaat digitalisasi arsip kepurbakalaan.
  2. Mendesain model digitalisasi koleksi kepurbakalaan.
  1. Kedalaman analisis manfaat.
  2. Kreativitas rancangan model.
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Offline
2 X 50

Materi: Digitalisasi arsip & koleksi kepurbakalaan
Pustaka: Vincent, M. L., & López-Menchero Bendicho, V. M. (Eds.). (2023). 3D research challenges in cultural heritage III. Springer.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Menganalisis penerapan GIS dalam arkeologi.
  2. Merancang peta digital situs kepurbakalaan.
  1. Analisis akurat & kontekstual.
  2. Kualitas peta digital.
Kriteria:

keaktifan dalam perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Teori, ceramah dan diskusi
2 X 50

Materi: GIS & pemetaan situs kepurbakalaan
Pustaka: D’Agnolo, A. (2020). Photogrammetric survey for the recording and documentation of historic buildings. CRC Press.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mengevaluasi metode konservasi digital.
  2. Merancang strategi konservasi digital berbasis studi kasus.
  1. Argumentasi kritis metode.
  2. Orisinalitas strategi rancangan.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Konservasi digital peninggalan budaya
Pustaka: Barazzetti, L., & Banfi, F. (2021). Heritage building information modelling for implementing UNESCO procedures: Challenges, potentialities, and issues. Springer.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menganalisis makna visual dalam representasi arkeologi.
  2. Mengevaluasi kualitas interpretasi visual dari studi kasus.
  1. Relevansi analisis simbolik.
  2. Kejelasan evaluasi kualitas.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Interpretasi visual dalam media rekam
Pustaka: Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menganalisis efektivitas media rekam untuk publikasi edukasi publik.
  2. Membuat rancangan media publikasi edukatif.
  1. Ketepatan analisis efektivitas.
  2. Kreativitas rancangan publikasi.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Media rekam untuk publikasi & edukasi publik
Pustaka: Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Menganalisis manfaat drone & 3D scanning.
  2. Mendesain simulasi 3D artefak dengan perangkat lunak.
  1. Analisis teknologi kontekstual.
  2. Kualitas simulasi 3D.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Drone & 3D scanning dalam arkeologi modern
Pustaka: Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mengevaluasi isu etika & hukum dalam media rekam.
  2. Merumuskan kode etik pemanfaatan media rekam.
  1. Kedalaman evaluasi isu.
  2. Kejelasan kode etik.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Tantangan etika & hukum media rekam
Pustaka: Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Menganalisis studi kasus penggunaan media rekam di Indonesia.
  2. Mengevaluasi hasil dokumentasi dari studi kasus tersebut
  1. Kedalaman analisis studi kasus.
  2. Logika evaluasi hasil.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Studi kasus media rekam situs arkeologi Indonesia
Pustaka: Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mengevaluasi inovasi media rekam dalam pelestarian budaya.
  2. Merancang ide inovasi baru media rekam.
  1. Kritis dalam menilai inovasi.
  2. Orisinalitas ide baru.
Kriteria:

Keaktifan dalam membuat produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Offline
2 X 50

Materi: Inovasi media rekam untuk pelestarian warisan budaya
Pustaka: Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 20%
4. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.