Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perancangan Penelitian Pendidikan Fisika

8410303033

T=0

P=0

ECTS=0

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Titin Sunarti, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mengelola dan mengembangkan penelitian Pendidikan fisika untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mendeskripsikan metode penelitian pendidikan Fisika

PO - 2

Menggunakan pengetahuan untuk mengevaluasi metode penelitian Fisika

PO - 3

Kajian empiris metode, instrumen, dan analisis hasil penelitian Fisika

PO - 4

Mengembangkan rancangan penelitian pendidikan Fisika

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.

Prof. Dr. Wasis, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi isu penelitian pendidikan Fisika

Menuliskan isu/gap pembelajaran Fisika


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


0%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi metode penelitian Fisika

Menuliskan isu/gap pembelajaran Fisika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi metode penelitian Fisika

Menuliskan isu/gap pembelajaran Fisika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi metode penelitian Fisika

Menuliskan isu/gap dan permaslahan pembelajaran Fisika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


20%

5

Minggu ke 5

Menganalisis metode dan instrumen penelitian Fisika

Menentukan metode dan instrumen penelitian yang sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis metode dan instrumen penelitian Fisika

Menentukan metode dan instrumen penelitian yang sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


10%

7

Minggu ke 7

Menganalisis hasil penelitian pendidikan Fisika

Menentukan analisis penelitian yang sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


0%

8

Minggu ke 8

Menganalisis hasil penelitian pendidikan Fisika

Menentukan analisis penelitian yang sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja


10%

9

Minggu ke 9

Menulis Bab I penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan latar belakang


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

10

Minggu ke 10

Menulis Bab I penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan rumusan masalah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


15%

11

Minggu ke 11

Menulis Bab II penelitian pendidikan Fisika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

12

Minggu ke 12

Menulis Bab II penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan kajian penelitian dan teori yang relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

13

Minggu ke 13

Menulis Bab II penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan kerangka berpikir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


15%

14

Minggu ke 14

Menulis Bab III penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan jenis, metode, dan desain penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

15

Minggu ke 15

Menulis Bab III penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan data dan instrumen penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


0%

16

Minggu ke 16

Menulis Bab III penelitian pendidikan Fisika

Mempresentasikan dan mendiskusikan analisis data penelitian sesuai rumusan masalah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.