
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Ilmu Hukum (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Hukum Perlindungan Konsumen |
7420902057 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
4 |
20 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
SYAHID AKHMAD FAISOL |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu memahami dasar-dasar ilmu hukum |
PLO-6 |
Mampu memahami aspek-aspek hukum materiil dan formil. |
PLO-10 |
Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dengan mengkaji/implementasi pengembangan ilmu hukum dengan mendasarkan pada nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan asas perlindungan konsumen.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis instrumen hukum dan regulasi perlindungan konsumen.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kasus sengketa konsumen dan solusi hukumnya.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menyusun dokumen hukum sederhana terkait perlindungan konsumen.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-10 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
- ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017
- Rosmawati, Pokok-Pokok Perlindungan Konsumen, Kencana: 2017
- Abdul Halim Barkatullah, Hak-Hak Konsumen, Hikam Mendia utama: 2019
- Abdul Atsar et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Deep Publisher: 2019
- Esther Masri et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Jakad Media Publishing: 2019
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar dan tujuan perlindungan konsumen |
Mampu menjelaskan pengertian dan tujuan hukum konsumen |
Kriteria:
Kejelasan dan ketepatan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 100 Menit |
|
Materi: Pengantar Hukum Perlindungan Konsumen Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menguraikan sejarah perlindungan konsumen di Indonesia dan dunia |
Mampu menjelaskan perkembangan historis perlindungan konsumen |
Kriteria:
Sistematika dan relevansi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi literatur 100 Menit |
|
Materi: Sejarah dan Perkembangan Hukum Konsumen Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan asas tanggung jawab, keadilan, dan keseimbangan |
Mampu menyebut dan menerangkan asas hukum konsumen |
Kriteria:
Ketepatan konsep dan argumentasi hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi pustaka 100 menit |
|
Materi: Asas dan Prinsip Perlindungan Konsumen Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan UU No. 8 Tahun 1999 dan peraturan turunan lainnya |
Mampu mengidentifikasi ketentuan penting dalam UU Perlindungan Konsumen |
Kriteria:
Ketepatan pemahaman dan relevansi pasal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi UU, diskusi hukum 100 Menit |
|
Materi: Dasar Hukum Perlindungan Konsumen Pustaka: Abdul Atsar et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Deep Publisher: 2019 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menguraikan hak-hak konsumen dan bentuk pelanggarannya |
Mampu menjelaskan hak dan kasus pelanggaran konsumen |
Kriteria:
Kejelasan pemaparan dan contoh konkrit Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi kasus 100 Menit |
|
Materi: Hak dan Kewajiban Konsumen Pustaka: Abdul Atsar et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Deep Publisher: 2019 Materi: Hak dan Kewajiban Konsumen Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan tanggung jawab pelaku usaha menurut hukum |
Mampu mengidentifikasi kewajiban pelaku usaha |
Kriteria:
Ketepatan pasal dan relevansi dengan praktik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi pasal 100 menit |
|
Materi: Kewajiban Pelaku Usaha Pustaka: Esther Masri et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Jakad Media Publishing: 2019 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Membedakan mekanisme penyelesaian sengketa |
Mampu menjelaskan kelebihan kekurangan forum sengketa |
Kriteria:
Logika perbandingan dan dasar hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, simulasi 100 menit |
|
Materi: Mekanisme Sengketa Konsumen: Litigasi dan Non-Litigasi Pustaka: Esther Masri et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Jakad Media Publishing: 2019 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyelesaikan studi kasus perlindungan konsumen Ujian Tengah Semester (UTS) |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester (UTS) Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tengah Semester (UTS) 100 Menit |
|
Materi: Ujian Tengah Semester (UTS) Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 Materi: Ujian Tengah Semester (UTS) Pustaka: Abdul Atsar et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Deep Publisher: 2019 Materi: Ujian Tengah Semester (UTS) Pustaka: Esther Masri et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Jakad Media Publishing: 2019 |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan fungsi lembaga perlindungan konsumen |
Mampu menjelaskan peran lembaga seperti BPKN, LPKSM |
Kriteria:
Ketepatan uraian dan ilustrasi kelembagaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 100 Menit |
|
Materi: Peran Badan Perlindungan Konsumen dan LPKSM Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengkaji aspek hukum dalam promosi dan label produk |
Mampu menganalisis pelanggaran iklan menyesatkan |
Kriteria:
Relevansi contoh dan ketajaman analisis hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis iklan, diskusi 100 Menit |
|
Materi: Iklan dan Label Produk Pustaka: Esther Masri et al, Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen, Jakad Media Publishing: 2019 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan ketentuan produk cacat dan tanggung jawab produsen |
Mampu menjelaskan produk cacat dan bentuk tanggung jawab |
Kriteria:
Ketepatan contoh dan dasar yuridis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi putusan 100 Menit |
|
Materi: Produk Tidak Aman dan Tanggung Jawab Produk Pustaka: Rosmawati, Pokok-Pokok Perlindungan Konsumen, Kencana: 2017 |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis tantangan e-commerce terhadap perlindungan konsumen |
Mampu menjelaskan isu hukum dalam transaksi digital |
Kriteria:
Relevansi isu dan kedalaman evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Digital Pustaka: Rosmawati, Pokok-Pokok Perlindungan Konsumen, Kencana: 2017 |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan prinsip hukum konsumen internasional (UN Guidelines, OECD) |
Mampu membandingkan prinsip global dan nasional |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi pustaka 100 Menit |
|
Materi: Hukum Konsumen dalam Perspektif Internasional Pustaka: Abdul Halim Barkatullah, Hak-Hak Konsumen, Hikam Mendia utama: 2019 |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis kasus nyata dan penyelesaiannya |
Mampu menguraikan solusi dari kasus aktual |
Kriteria:
Ketepatan solusi dan argumentasi hukum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi kelompok 100 Menit |
|
Materi: Studi Kasus Pelanggaran Konsumen di Indonesia Pustaka: Abdul Halim Barkatullah, Hak-Hak Konsumen, Hikam Mendia utama: 2019 |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun draft gugatan pelanggaran konsumen sederhana |
Mampu menyusun gugatan dengan sistematika yang tepat |
Kriteria:
Struktur, bahasa hukum, ketepatan pasal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi praktik hukum 100 Menit |
|
Materi: Penyusunan Gugatan Konsumen Pustaka: Abdul Halim Barkatullah, Hak-Hak Konsumen, Hikam Mendia utama: 2019 |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Menganalisis studi kasus komprehensif perlindungan konsumen |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester (UAS) Bentuk Penilaian : Tes |
100 menit |
|
Materi: Ujian Akhir Semester (UAS) Pustaka: Rosmawati, Pokok-Pokok Perlindungan Konsumen, Kencana: 2017 Materi: Ujian Akhir Semester (UAS) Pustaka: Abdul Halim Barkatullah, Hak-Hak Konsumen, Hikam Mendia utama: 2019 Materi: Ujian Akhir Semester (UAS) Pustaka: ABD. Haris Hamid, Hukum perlindungan konsumen Indonesia, Sah Media : 2017 |
30% |